Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan ASUS ZenFone 8 Flip

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Senang rasanya jika inovasi-inovasi terus berdatangan pada jajaran produk smartphone. Kali ini, inovasi yang dimaksud adalah keberadaan flip camera pada ASUS ZenFone 8 Flip yang meluncur di Eropa dan Taiwan pada Mei 2021.

Sebenarnya kamera seperti ini bukanlah yang pertama kalinya karena sebelumnya pun sudah ada ASUS ZenFone 7 Pro yang hadir di tahun 2020, gunakan mekanisme kamera yang serupa.

Karena ponsel ini berada di segmen harga flagship, maka pengguna pun kualitas merasakan kualitas yang tiada duanya dari segi performa chipset, kualitas tampilan layar, dan juga tampilan fotografi.

Spesifikasi ASUS ZenFone 8 Flip

  • Rilis: Mei 2021
  • Layar: Super AMOLED, 90Hz, 6,67 inci Full HD Plus
  • Chipset: Qualcomm SM8350 Snapdragon 888 5G (5 nm)
  • GPU: Adreno 660
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot terpisah)
  • Kamera Belakang: Triple 64 MP + 8 MP + 12 MP
  • Kamera Depan: Menggunakan kamera belakang (sistem kamera berotasi)
  • Baterai: Li-Pro 5000 mAh

Kelebihan ASUS ZenFone 8 Flip

Penasaran dengan kelebihan-kelebihan ponsel ASUS yang satu ini? Anda tidak sendirian, banyak yang dibuat penasaran berkat adanya fitur kamera unik yang jarang ditemukan pada ponsel lain. Daripada penasaran, yuk simak saja poin-poin kelebihan di bawah ini!

1. Kamera Belakang Sekaligus Jadi Kamera Depan

Pastinya Anda tidak sabar ingin mengetahui seluk beluk kameranya, bukan? Itu mengapa kami sengaja simpan poin ini paling atas. Yang namanya inovasi, pasti selalu bisa diapresiasi. Apalagi kalau bukan kamera ASUS ZenFone 8 Flip yang kamera belakangnya bisa dibalik agar menjadi kamera depan?

Hal pertama yang muncul di benak pasti adalah ketahanannya. Apakah mekanisme seperti ini langgeng dan tidak mudah macet? Untuk menjawabnya tentu harus tahu sepak terjang inovasi tersebut.

Kami bisa yakin kalau ketahanan dan kelancaran mekanisme ini sudah teruji, karena inovasi ini bukanlah yang pertama hadir di produk ASUS. Ya, kamera berotasi ini sebelumnya dimiliki oleh ASUS ZenFone 7, jadi kita bisa percaya kalau ASUS memang berpengalaman dalam hadirkan kamera unik seperti ini.

Memang apa saja sih kamera yang dimiliki ZenFone 8 Flip ini? Pertama-tama Anda disuguhkan lensa utama 64 MP dengan bukaan apertur f/1.8 serta ukuran sensor 1/1.73 inci. Lensa yang merupakan sensor Sony IMX686 ini juga hadirkan ukuran piksel yang besar 1.6 µm dan juga focal length 26 mm.

Kamera ini juga turut gunakan teknologi Quad Bayer seperti kamera ponsel pada umumnya sehingga setiap piksel yang ditangkap memiliki ukuran yang lebih besar, menghasilkan foto beresolusikan 16 MP secara default.

Pengguna juga tidak akan merasa kesulitan memfokuskan reticle ke arah subjek karena sudah terdapat autofokus PDAF yang cepat dan praktis. Fitur PDAF ini juga tersedia pada lensa keduanya yakni sensor 8 MP telefoto berupa OmniVision OV08A yang mampu membidik objek secara zoom optik 3x.

Zoom optik ini berfungsi agar pengguna dapat melakukan zoom tanpa menyebabkan kualitas jadi berkurang sama sekali. Juga, tersedia fitur digital zoom yang maksimal bisa dilakukan hingga 12x.

Nah, lalu untuk lensa ketiganya, Anda pun disuguhkan sensor ultrawide yang keberadaan fungsinya memang lebih penting dibanding makro. Lensa ultra-lebar ini punya resolusi 12 MP dan mampu mengambil foto dengan sudut keluasan 112 derajat. Serta, sudah terdapat fitur dual pixel PDAF di dalamnya.

Bagaimana dengan kamera depannya? Seperti yang sudah kami sampaikan tadi, ASUS ZenFone 8 Flip punya sistem kamera berotasi yang artinya kamera belakang ini bisa diatur agar menghadap ke wajah penggunanya. Otomatis, Anda bisa rasakan kualitas fotografi selfie yang sama dengan kamera belakang. Menarik, bukan?

Karena HP ASUS ini merupakan jajaran flagship, maka wajar jika kameranya sudah bisa menangkap video dengan resolusi hingga 8K dan juga 4K (pada frame rate 60 FPS).

Ini membuatnya sungguh layak untuk dijadikan sarana videografi profesional agar pengguna bisa melakukan pengeditan video berkelanjutan pada PC, pun hadirkan ketajaman lebih memukau saat ditampilkan pada layar TV.

Eh iya, kamera yang bisa berputar ini juga punya tambahan fitur ekstra menarik, yakni Auto Panorama dan juga Motion Tracking. Sesuai namanya, panorama mengizinkan pengguna untuk tangkap foto dengan ukuran memanjang. Bedanya, kali ini panorama berjalan secara otomatis.

Ya, Anda tidak perlu gerakkan ponsel sama sekali dan tinggal biarkan kamera berputar sendiri agar dapat menangkap panorama secara vertikal. Begitu pun dengan motion tracking, di mana kamera akan senantiasa mendeteksi setiap perpindahan pada subjek agar reticle tak pernah lepas dari subjek.

Sudah pasti, pengguna pun dibuat penasaran dengan bagaimana kualitas hasil kameranya. Untuk itu kami hadirkan beberapa contoh sampel fotonya yang kami ambil dari beberapa sumber berikut ini.

ASUS ZenFone 8 Flip: Main Camera. *source: GSMArena.com
ASUS ZenFone 8 Flip: Night Mode 6s. *source: GSMArena.com
ASUS ZenFone 8 Flip: Ultrawide. *source: www.digitalcameraworld.com
ASUS ZenFone 8 Flip: Telefoto. *source: www.digitalcameraworld.com

Oke, kini setelah beberapa sampel foto telah ditampilkan, Anda bisa menilai sendiri bukan hasilnya sebagus apa? Pokoknya di setiap mode, ASUS ZenFone 8 Flip sungguh hadirkan kualitas yang memang sekelas flagship.

Terlihat jelas dari contoh sampel main camera yang hasilkan detil tajam baik pada gedung maupun dedaunan yang tertangkap. Pun pada hasil mode malamnya, sungguh meningkatkan sisi ketajaman, detil, dan pencahayaan pada setiap sudutnya.

Mode malam yang tersedia memiliki durasi exposure selama 4 detik dan 6 detik. Sudah jelas, mengambil opsi 6 detik memberikan waktu lebih lama pada software maupun kamera untuk memproses hasil tangkapan foto malam hari sehingga jadi lebih bagus kualitasnya.

1 234»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram