carisinyal web banner retina

Yuk, Simak 10 Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 12 5G

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

Setelah sukses diluncurkan untuk pasar Cina pada Oktober 2022. Kabarnya, Xiaomi akan meluncurkan HP terbarunya itu secara global di India pada 5 Januari 2023. Adapun HP yang akan diluncurkan Xiaomi adalah Redmi Note 12 Series. Terdapat tiga model yang akan mengisi lini Redmi Note 12 Series, salah satunya adalah Redmi Note 12 5G versi reguler.

Redmi Note 12 5G hadir terlebih dahulu di Tiongkok pada akhir 2022. Redmi Note 12 5G dirilis bersama dengan Redmi Note 12 Pro dan Redmi Note 12 Pro Plus.

Untuk pasar global, HP ini hadir pada 5 Januari 2023 dimulai di India.

Redmi Note 12 5G hadir dengan cip Snapdragon 4 Gen 1. Chipset ini dirilis Qualcomm pada awal September 2022. Cip ini tergolong cukup mumpuni untuk produktivitas dan tugas sehari-hari.

Kemampuan layar yang dimiliki Redmi Note 12 5G ini juga cukup oke dengan beberapa peningkatannya. Namun, hal menarik yang dimiliki oleh HP ini bukan hanya sekadar itu saja. Carisinyal telah merangkum beberapa kelebihan sekaligus kekurangan dari Redmi Note 12 5G ini ke dalam tabel. Simak tabelnya berikut ini.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
Kelebihan
Kekurangan
Desain ramping dan ringan
Tidak ada kamera Ultra-wide
Layar AMOLED 120 Hz
Hasil kamera selfie bukan yang terbaik
Performa chipset bisa diandalkan
Masalah rekaman video 60 fps
Ketahanan baterai tangguh
Mono speaker
Pengisian daya cepat
Kamera utama oke

Pada tabel tersebut, terdapat beberapa kelebihan yang menjadi nilai jual dari Redmi Note 12 5G. Tidak hanya itu, HP ini juga masih memiliki kekurangan sebagai pertimbangannya. Jika masih kurang jelas, Anda bisa membaca artikel ini secara menyeluruh. Sebelum itu, sila simak terlebih dahulu spesifikasi utama dari Redmi Note 12 5G berikut ini.

Spesifikasi Redmi Note 12 5G

Redmi Note 12_
Layar Samsung AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 4 Gen 1
RAM 4 GB, 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 48 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan Redmi Note 12 5G

Berikut adalah poin-poin yang jadi kelebihan Redmi Note 12 5G alias jadi nilai jual kenapa Redmi Note 12 5G layak dibeli. Langsung saja simak daftarnya berikut ini.

1. Desain Ramping dan Ringan

redmi note 12 5G

Dari segi desain, Redmi Note 12 5G ini dirancang dengan tampilan yang sederhana dan minimalis. Di bagian belakangnya terdapat sebuah modul kamera berbentuk persegi panjang dengan sudut melingkar. Di dalamnya terdapat dua buah kamera yang disusun secara vertikal, dilengkapi lampu LED Flash untuk mengisi celah kosongnya.

Menariknya, modul kamera dari HP ini diberi warna selaras atau serasi dengan warna bodinya. Selain itu, bodi belakangnya juga dibuat mengkilap dengan akhiran matte yang cantik. Dengan begitu, Anda tidak usah khawatir akan meninggalkan noda sidik jari dengan mudah di situ.

Jika beralih ke bagian depan, terdapat sebuah punch hole di tengah atas layar sebagai tempat bagi kamera depan atau kamera selfie. Selain itu, layar HP Redmi Note 12 5G ini terlihat cukup luas dan mewah berkat desain bezelnya yang cukup tipis.

Untuk ukuran ketebalannya, Xiaomi Redmi Note 12 5G ini cukup tipis dibanding pendahulunya. HP ini memiliki ketebalan dengan dimensi 165,9 x 76,2 x 8 mm. Sementara bobotnya hanya 188 gram saja.

2. Layar AMOLED 120 Hz

redmi note 12 5G

Beralih ke sektor layarnya, HP ini memiliki layar yang cukup memukau. Layar Redmi Note 12 5G ini memiliki ukuran 6,67 inci menggunakan panel Samsung AMOLED. Panel ini mampu menghasilkan gambar yang lebih jernih dan ketajaman yang pas.

Kualitas gambar yang dihasilkan oleh layar ini sangat cocok digunakan untuk aktivitas multimedia seperti menonton hingga bermain game. Bahkan, layar HP ini sudah mendukung refresh rate yang cukup tinggi yaitu 120 Hz. Ini merupakan sebuah peningkatan dari pendahulunya yaitu Redmi Note 11 dengan 90 Hz saja.

Selain itu, kecerahan puncak yang dimilikinya juga sudah ditingkatkan hingga 1200 nit kecerahan puncak. Anda tidak perlu khawatir lagi ketika harus menggunakan HP di luar ruangan.

Hal menarik yang masih dipertahankan oleh Redmi Note 12 5G ini adalah ketahanannya. Sama seperti pendahulunya, Redmi Note 12 5G ini sudah dibekali sertifikasi IP53. Dengan begitu, HP ini mampu bertahan dari debu dan percikan air.

3. Performa Chipset Bisa Diandalkan

redmi note 12 5G

Salah satu hal yang paling menarik dari HP ini berasal dari sektor dapur pacunya. Redmi Note 12 5G ini dibekali oleh chipset terbaru dari Qualcomm yaitu Snapdragon 4 Gen 1. Chipset ini baru dirilis pada awal September 2022. Untuk performanya tentu bisa diandalkan karena menggunakan teknologi AI yang membuat interaksi lebih mulus dan intuitif.

Agar mampu menghasilkan performa yang lebih optimal, chipset ini dipadukan dengan RAM LPDDR4X dengan kapasitas 4 GB, 6 GB, dan 8 GB. Sementara untuk penyimpanan internalnya menggunakan UFS 2.2 dengan kapasitas mulai dari 128 GB hingga 256 GB.

Chipset dengan fabrikasi 6 nm ini ditenagai oleh prosesor octa-core. Prosesor tersebut terdiri dari dua Cortex A78 frekuensi 2,0 GHz untuk performa dan enam Cortex A55 frekuensi 1,8 GHz untuk efisiensi dayanya. Selain itu, terdapat kartu pengolah grafis atau GPU Adreno 619.

Lantas, seperti apa performa yang dimiliki oleh Redmi Note 12 5G ini? Dengan mengandalkan Snapdragon 4 Gen 1 yang dipadukan dengan komponen lainnya, performa yang dihasilkan HP ini sudah cukup oke di kelasnya.

Berdasarkan pengujian yang sudah dilakukan oleh Nanoreview melalui aplikasi Benchmark sintetis, hasilnya sudah cukup memuaskan. Mulai dari AnTuTu 9, Redmi Note 12 5G ini mampu menghasilkan skor 378.885 poin. Sementara pengujian yang dilakukan melalui GeekBench 5, skor single-core dan multi-core-nya mencapai angka 609 dan 1899 poin.

Dengan performa tersebut, HP ini sudah mampu memainkan berbagai game populer yang ada, mulai dari Mobile Legend, PUBG Mobile, hingga Genshin Impact. Hanya saja, Anda perlu menyesuaikan setelan untuk Genshin Impact agar bisa berjalan lancar.

4. Ketahanan Baterai Tangguh

redmi note 12 5G

Sebagai sebuah HP, tentu akan memiliki nilai lebih jika memiliki baterai yang berkapasitas besar. Sebab, dengan begitu HP akan menjadi awet dan bisa digunakan dalam waktu lama.

Redmi Note 12 5G ini dibekali kapasitas baterai yang sama dengan pendahulunya yaitu 5000 mAh. Namun, berkat chipset Snapdragon 4 Gen 1 yang digunakannya, Redmi Note 12 5G ini memiliki ketahanan baterai yang lebih tangguh.

Chipset tersebut diklaim mampu memberikan pengalaman penggunaan yang lebih nyaman. Sebab, konsumsi daya yang dibutuhkan dalam mengoperasikan sistem lebih efisien. 

Berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh Nanoreview terhadap tingkat efisiensi daya baterai. Redmi Note 12 5G ini sedikit lebih awet dibandingkan Redmi Note 12 Pro 5G yang menggunakan Dimensity 1080. Skor yang diraih oleh Redmi Note 12 5G adalah 85 poin, sedangkan Redmi Note 12 Pro 5G hanya 84 poin.

5. Pengisian Daya Cepat

redmi note 12 5G

Selain ketahanan baterai, fitur yang sering dicari oleh pengguna HP adalah fast charging. Untuk sebagian orang, fitur ini masih termasuk penting kehadirannya. Hal tersebut tentu agar HP bisa selalu siap digunakan tanpa menunggu lama proses pengisian dayanya.

Untungnya, Redmi Note 12 5G ini sudah dibekali fitur fast charging hingga 33 W. Menurut klaimnya, HP ini bisa mengisi daya hingga 50 persen dalam waktu sekitar 30 menit saja. Sementara untuk sampai 100 persen membutuhkan waktu sekitar 1 jam 16 menit.

6. Kamera Utama Oke

redmi note 12 5G

Beralih ke sektor kamera, Redmi Note 12 5G ini hanya dibekali dua kamera di bagian belakang. Meski begitu, kamera utama yang dimilikinya sudah cukup baik yaitu 48 MP berukuran 0,8 mikro. Selain kamera utama, terdapat kamera depth atau sensor kedalaman dengan resolusi 2 MP (f/2.4).

Meski tanpa adanya kamera ultrawide, kamera utama yang dimiliki HP ini mampu menghasilkan foto yang cukup baik. Hal itu bisa saja didukung oleh ISP baru dari Snapdragon 4 Gen 1 yang mumpuni. Pemotretan di malam hari juga sudah cukup baik, terutama jika menggunakan mode Malam.

Hal menarik dari kamera ini adalah pada hasil gambar potraitnya. Tidak seperti Redmi Note sebelumnya, Redmi Note 12 5G ini lebih mampu menghasilkan warna yang lebih natural terutama warna kulit. Berikut adalah beberapa tangkapan foto oleh Redmi Note 12 5G yang bisa Anda lihat sendiri.

redmi note 12 5GSumber: gadgetbyte
redmi note 12 5GSumber: gadgetbyte
redmi note 12 5GSumber: gadgetbyte

Kekurangan Redmi Note 12 5G

Redmi Note 12 5G agaknya masih belum bisa menjadi HP yang sempurna. Sebab, dibalik kelebihan yang dimilikinya, masih terdapat kekurangan yang harus diperhatikan. Berikuta adalah beberapa kekurangan yang dimiliki oleh Redmi Note 12 5G.

1. Tidak Ada Kamera Ultra-wide

redmi note 12 5G

Salah satu hal yang menjadi kekurangan dari HP ini adalah berasal dari sektor kameranya. Meski HP ini sudah sangat baik dengan kamera utamanya, Redmi Note 12 5G ini justru malah melupakan kamera ultrawide.

Absennya kamera ultrawide ini pada Redmi Note 12 5G agaknya cukup disayangkan. Sebab, sebagian orang justru berpendapat bahwa kamera ultrawide itu lebih berguna daripada sensor kedalaman. Sayang, HP ini hanya dilengkapi oleh kamera sensor kedalaman saja di bagian belakangnya.

Pada akhirnya, pengguna justru membandingkannya dengan Redmi Note 11 sebagai pendahulunya. Pasalnya, Redmi Note 11 ini sudah dibekali kamera ultrawide, bahkan dilengkapi oleh kamera makro.

2. Hasil Kamera Selfie Bukan yang Terbaik

redmi note 12 5G

Lagi-lagi kekurangan HP ini berasal dari sektor kameranya. Tidak hanya karena kamera ultrawide yang absen, kamera depan atau kamera selfie Redmi Note 12 5G ini juga masih belum mampu menghasilkan gambar yang terbaik.

Gambar yang dihasilkan oleh kamera selfie dengan 8 MP (f/2.0) ini memiliki warna yang tidak terlalu tajam. Bahkan, warna kulit yang terlihat di gambar justru memiliki warna yang mengarah ke merah muda. Hal tersebut cukup disayangkan, padahal kamera selfie merupakan salah satu kamera yang tidak kalah penting dari kamera utama.

3. Masalah Rekaman Video 60 fps

redmi note 12 5G

Dalam keterangan spesifikasi tertulis bahwa kualitas rekaman video dari Redmi Note 12 5G ini sudah mencapai 1080 dengan 60 fps. Namun, hal tersebut sepertinya masih harus diperhatikan oleh pihak Xiaomi. Sebab, 60 fps pada perekamannya justru masih tidak bisa digunakan.

Mungkin, Anda harus menunggu update yang bakal dilakukan agar format 60 fps dari kamera belakang bisa digunakan.

4. Mono Speaker

redmi note 12 5G

Kekurangan lain yang masih dimiliki oleh Redmi Note 12 5G ini berasal dari speakernya. Berbeda dari pendahulunya yaitu Redmi Note 11, Redmi Note 12 5G ini justru hanya dibekali mono speaker saja.

Hal ini tentu cukup disayangkan, sebab suara yang dihasilkan HP ini tidak sekencang speaker stereo. Selain itu, pengalaman menonton juga akan terasa kurang karena hanya mendengar suara dari satu arah saja. Jika ingin menonton atau bermain game, maka lebih disarankan menggunakan earphone agar suara lebih enak untuk didengar.

Simpulan

Redmi Note 12 5G ini memiliki posisi sebagai model reguler di dalam lini Redmi Note 12 Series. Maka dari itu, meski Redmi Note 12 5G ini masih memiliki beberapa catatan mengenai kekurangan, hal itu masih bisa dibilang wajar. Sebab, HP ini masih memiliki beberapa kelebihan yang menjadi daya tariknya tersendiri.

Salah satu kelebihan yang cukup menarik dari Redmi Note 12 5G adalah sektor layarnya yang sudah menggunakan panel AMOLED dengan refresh rate mencapai 120 Hz. Namun, salah satu sektor yang paling menarik perhatian adalah chipset yang digunakannya. Pasalnya, chipset yang digunakan adalah Snapdragon 4 Gen 1 sebagai chipset baru dari Qualcomm.

Nah, jika mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan yang ada, apakah Anda masih tertarik dengan Redmi Note 12 5G ini? Jangan lupa sesuaikan dengan kebutuhan Anda sebelum memutuskan membeli HP terbaru dari Xiaomi ini.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram