carisinyal web banner retina

10 Kelebihan & Kekurangan Smartphone vivo Y33T, Apa Saja?

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Bagi yang sedang mencari HP vivo di harga Rp3 jutaan dengan kemampuan fotografi maksimal, silakan merapat. Ada vivo Y33t yang memasuki pasar smartphone Indonesia sejak Mei 2022. Berada di kelas harga tidak terlalu mahal, vivo Y33t dirancang untuk berikan hasil foto kece baik saat siang hari maupun malam hari.

Ya, vivo Y series memang dikenal tidak terlalu punya price-to-performance terbaik, dan fitur-fitur vivo Y33t pun ada sebagian yang cukup tertinggal jika dibandingkan dengan HP sebayanya. Akan tetapi, bukan berarti HP ini tidak hadir tanpa kelebihannya tersendiri. Anda bisa lihat sekilas kelebihan dan kekurangannya pada tabel di bawah, ya.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
Kelebihan
Kekurangan
Kualitas layar yang oke, dukung 90 Hz
Tanpa kamera ultrawide
Kemampuan fotografi yang solid
Tanpa NFC
Baterai tahan sepanjang hari
Mono Speaker
Desain bodi khas vivo, slim dan trendi
Tanpa 5G
Performa cukup dapat diandalkan
Tanpa IP Rating dan pelindung layar

Kalau dilihat sekilas sih, tampaknya vivo Y33t masih terbilang oke untuk penggunaan all-rounder, ya. Meski sebenarnya ia lebih berfokus pada desain dan kamera, tapi performanya untuk jalankan keseharian masih terasa smooth berkat chipset dan optimasi sistem yang cukup baik.

Nah, penasaran dengan HP di kelas mid-range ini? Jangan khawatir, karena di bawah ini telah kami beberkan spesifikasi, kelebihan, dan kekurangan vivo Y33t yang pastinya wajib Anda simak sebelum membeli.

Spesifikasi vivo Y33t

vivo Y33T
Layar IPS LCD 6.58 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 680
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan vivo Y33t

Punya budget Rp3 jutaan tapi bingung ingin beli HP vivo yang mana? Anda bisa pertimbangkan vivo Y33t yang punya desain kece, layar memadai, serta kamera yang bikin aktivitas memotret jadi tidak membosankan. Simak kelebihan HP ini sebagai berikut.

1. Kualitas Tampilan Layar yang Terbilang Oke, Dukung Refresh Rate 90 Hz

vivo y33t

Mengingat hampir semua aktivitas bisa dilakukan di smartphone, vivo Y33t pun dirancang untuk hadirkan kenyamanan layar yang mumpuni agar pengguna betah berlama-lama menatap layar. Ponsel pintar vivo Y series ini didukung dengan panel IPS LCD dengan dimensi 6,58 inci. Pastinya, sudah berada dalam resolusi tajam pula yaitu Full HD+ (1080 x 2048 piksel).

Mungkin sebagian dari Anda akan kecewa lantaran vivo Y33t tidak dibekali dengan AMOLED. Padahal, sejumlah kompetitor di harga serupa sudah banyak tawarkan panel tersebut. Tapi jangan khawatir, karena vivo menyematkan fitur P3 Color Gamut yang membuat reproduksi warnanya begitu memukau. Meski tidak setara AMOLED, tapi sudah cukup lah ya untuk hiburan sehari-hari.

Toh, hadirnya IPS LCD di HP ini setidaknya tidak akan membuat pengguna khawatir jika suatu nanti akan terjadi burn-in. Pasalnya, isu layar burn-in ini lebih sering terjadi pada AMOLED ketimbang IPS LCD.

Desain layarnya pun dibuat cukup atraktif, dengan bezel yang tipis agar menyisakan ruang lebih banyak untuk menampilkan layar. Maka tidak heran, rasio bodi-ke-layar yang diraihnya pun sangat tinggi yaitu di kisaran 90,6%.

Agar dapat melindungi mata dari kelelahan akibat menatap layar lama-lama, layar vivo Y33t juga dibekali dengan filter penyaring warna biru, yang konon menjadi salah satu alasan mata cepat lelah. Membaca, browsing, bermain gim, hingga menonton film kini bisa terasa lebih nyaman meski dalam durasi yang lama.

Sejatinya, vivo Y33t bukanlah smartphone yang dikhususkan untuk gaming. Namun hal ini tidak lantas mencegah vivo untuk hadirkan fitur layar yang cocok bermain gim, yakni refresh rate 90 Hz. Dengan begini, pengguna dapat rasakan pergeseran layar yang 50% lebih licin dari 60 Hz konvensional. Laju penyegaran tinggi juga dapat membuat grafik di gim terasa lebih mulus.

Seorang YouTuber bernama Lim Reviews mengatakan bahwa vivo Y33t memiliki kecerahan layar yang menakjubkan. Bahkan ketika digunakan di luar ruangan di bawah terik matahari, layar tetap dapat menampilkan isi dengan maksimal.

2. Kemampuan Fotografi yang Solid

vivo Y33tSumber: Phoneyear

Bukan vivo namanya kalau tidak mengutamakan sisi fotografi. Kali ini, vivo Y33t akan memanjakan pengguna dengan kameranya yang menakjubkan, sanggup memotret dengan hasil foto memukau pada segala kondisi. Termasuk pada malam hari.

Perangkat pintar ini dibekali dengan kamera 50 MP Night Camera dengan dua lensa pendamping di bagian belakang. Kamera utama 50 MP tersebut memiliki bukaan f/1.8 pada fungsi wide-angle, disertai dengan PDAF agar fokus bisa terkunci otomatis dengan cepat.

Pada kamera kedua dan ketiganya, menghadirkan lensa 2 MP makro dan depth sensor pada bukaan f/2.4. Kedua kamera ini sebenarnya bisa tergantikan oleh fungsi software, sehingga tidak akan begitu memengaruhi kemampuan fotografi HP secara keseluruhan.

Pada bagian depan, vivo Y33t disematkan dengan kamera selfie 16 MP (f/2.0) yang mampu mendeteksi kontras cahaya dengan baik melalui fitur HDR.

Nyaris tidak ada yang bisa dikeluhkan dari kemampuan fotografinya. Bahkan saat memotret pada malam hari, exposure dan detail yang ditampilkan begitu memuaskan dan layak dibagikan ke media sosial. Terdapat sedikit noise di sisi-sisi gelap, namun masih terbilang wajar untuk di kelas harganya. Simak sampel foto vivo Y33t di bawah ini.

vivo y33t camera sample_Sumber: Lim Reviews
vivo y33t camera sample 2_Sumber: Lim Reviews
vivo y33t camera sample night mode_Sumber: Lim Reviews

Bagaimana menurut Anda hasilnya? Cukup bagus, bukan? Meski begitu, sayangnya fitur perekaman videonya tidak mendukung hingga 1080p di 60 FPS, melainkan hanya mentok di 30 FPS. Dengan frame rate lebih rendah, dikhawatirkan video yang diunggah ke Instagram akan mengalami penurunan kualitas.

Ponsel keluaran tahun 2022 di rentang harga mid-range ke bawah memang jarang menghadirkan perekaman Full HD+ 60 FPS, disinyalir karena terkena dampak isu kelangkaan chipset. Sehingga, vendor mesti cari akal untuk mengurangi fitur demi menekan harga. Oh ya, ekspektasikan rekaman video yang berguncang-guncang ya, karena HP ini belum dibekali gyro-EIS.

3. Baterai Tahan Sepanjang Hari

vivo y33t baterai_

Tidak hanya HP gaming yang memerlukan baterai badag. HP khusus fotografi seperti vivo Y33t pun memerlukan ketahanan baterai yang memadai, agar dapat memotret dan merekam video dalam durasi panjang tanpa khawatir low-batt.

Nah, vivo Y33t untungnya telah dibekali kapasitas 5.000 mAh yang tahan seharian. Didukung dengan chipset 6 nm yang hemat daya, baterai ponsel dapat bertahan lebih lama meski digunakan untuk kegiatan berat.

HP ini juga didukung dengan vivo Energy Guardian yang dapat mengoptimalkan kinerja baterai agar dapat lebih awet lagi. Tidak lupa, kemampuan baterai HP ini didukung pula dengan fast charging 18 W guna mempercepat durasi pengecasan.

Keberadaan fast charging 18 W di sini memang terbilang kalah saing dengan ponsel sebayanya. Rata-rata, HP Rp3 jutaan sudah dibekali 33 W atau bahkan 64 W. Tapi, masih cukup layak diapresiasi daripada tidak ada sama sekali, bukan?

Berdasarkan ulasan dari Lim Reviews pada video YouTube-nya, vivo Y33t hadir dengan casan 18 W di dalam boks penjualannya. Meski tidak dihitung secara rinci, namun disebutkan bahwa ponsel dapat diisi hingga penuh dalam waktu sejam lebih sedikit.

Sedangkan untuk ketahanan baterainya, diklaim bahwa ponsel bisa kuat hingga seharian penuh pada pemakaian normal. Ini merupakan kinerja baterai yang umum untuk ponsel berkapasitas 5.000 mAh.

Mengingat baterainya yang agak besar, vivo pun memutuskan untuk menambatkan fitur reverse charging, kendati hanya dengan daya 2,5 W. Dengan begini, vivo Y33t bisa dipakai untuk cas perangkat lain seperti ponsel atau smartband, melalui kabel adapter on-the-go.

4. Desain Bodi Khas vivo, Slim dan Trendi

vivo y33t desain_

Kalau memilih HP vivo, siap-siap mendapatkan tampilan desain bodi yang cantik. Bukan tanpa alasan HP vivo sering disukai oleh kaum hawa, lantaran punya bodi yang langsing sehingga cocok di tangan yang ukurannya kecil, serta punya bodi belakang yang begitu aesthetic.

Termasuk pada vivo Y33t ini, menawarkan desain bodi berwarna Starry Gold yang memiliki tekstur fluorite glitter memukau. Bodi belakang HP ini mengusung perpaduan teknologi pelapisan warna gradien nano, sehingga tampilannya menunjukkan keemasan berkilau yang sulit disaingi ponsel lain.

Pada sisi modul kameranya, vivo merancang desain Dual Tone Step untuk semakin menekankan sisi aesthetic yang cemerlang. Selain cantik, ponsel pun nyaman digenggam lantaran hanya punya ketebalan 8 mm dengan bobot 182 gram. Mengusung rancang bangun 2.5D Flat Frame, ponsel lebih terasa aman di tangan karena tidak mudah tergelincir.

Selain Starry Gold, opsi warna lain yang saya sukai adalah Mirror Black yang mampu tampilkan warna hitam elegan dengan kilauan cahaya mengkilap selayaknya cermin. Khusus untuk Anda yang menyukai keindahan dan ergonomika di harga menengah, vivo Y33t sungguh tidak mengecewakan.

5. Performa Cukup Dapat Diandalkan

redmi note 11

Menyajikan spesifikasi yang cukup menggiurkan untuk para fotografer, vivo Y33t tidak lantas melupakan kebutuhan pengguna akan performa gim yang memadai. Di balik cangkang ponsel ini, terdapat chipset berperforma tinggi berupa Snapdragon 680 (6 nm).

Chipset ini cukup terbilang istimewa, menyuguhkan fabrikasi yang kecil demi menghantarkan pengalaman gaming menakjubkan tanpa bikin HP cepat panas atau habis baterai. Di dalam chipset ini terdapat CPU sebanyak delapan inti yang terdiri dari empat core utama Kryo 265 Gold (Cortex A73) hingga 2.4 GHz, serta empat inti hemat daya Kryo 265 Silver (Cortex A53) dengan frekuensi 1.9 GHz.

Selain CPU yang gegas, chipset mengandalkan GPU Adreno 610 yang berlari pada kecepatan hingga 1.1 GHz. Terdapat pula kapasitas RAM tunggal sebesar 8 GB yang dapat ditingkatkan hingga 12 GB melalui fitur Extended RAM. Tentu saja, tipe RAM yang digunakan pun sudah LPDDR4X agar aktivitas buka-tutup aplikasi jadi lebih cepat dan menyenangkan.

Tidak hanya RAM yang besar, vivo Y33t juga dilengkapi dengan penyimpanan internal 128 GB pada standar UFS 2.1. Ini sudah lebih dari cukup untuk menampung aplikasi dan gim yang Anda butuhkan. Jika ingin menyimpan hasil rekaman video berjam-jam, Anda bisa sematkan microSD hingga kapasitas 1 TB pada slot terpisah.

Agar dapat meningkatkan aktivitas bermain, vivo Y33t yang ditenagai FunTouch OS 12 ini juga turut dibekali fitur-fitur gaming yang lengkap. Terdapat Multi-Turbo 5.0 yang dapat mengoptimalkan kinerja prosesor, koneksi data, hingga efisiensi daya. Bahkan, ponsel ini juga dilengkapi sistem pendinginan di empat komponen agar terhindar dari throttling atau overheating.

Tidak suka distraksi saat sedang push rank? No problemo. Sudah ada fitur Ultra Game Mode yang menampilkan opsi DND (do not disturb) agar notifikasi dari chat dan aplikasi lain dapat di-suspend. Selain itu, ponsel juga punya efek getaran 4D, mode esport, serta game picture-in-picture sebagai persenjataan gaming ekstra agar semakin seru.

vivo Y33t diketahui memiliki skor benchmark AnTuTu v9 sebesar 276.587 poin, dan skor tersebut tersebut sejalan dengan skor Snapdragon 680 pada umumnya yaitu 267.364 poin, menurut NanoReview. Pada pengujian Geekbench 5, SoC ini mendapatkan skor 374 poin pada single core dan 1570 pada multi-core.

Jika Anda menggunakan HP ini untuk memainkan gim ringan seperti Mobile Legends, Anda akan merasakan pengalaman yang cukup memuaskan. vivo Y33t sanggup meraih setting-an grafis Ultra pada gim MOBA tersebut, dan permainan pun berjalan dengan begitu mulus tanpa hambatan.

Kekurangan vivo Y33t

Tidak mudah menembus persaingan pasar HP Rp3 jutaan, karena vivo Y33t pun rupanya kalah saing dengan sejumlah mid-ranger lain. Ini dia beberapa kekurangannya.

1. Tanpa Kamera Ultrawide

vivo Y33t

Terlepas dari misi vivo Y33t untuk memenuhi kebutuhan fotografi muda-mudi, cukup disayangkan HP ini tidak hadir dengan ultrawide. Padahal, kamera dengan sudut penglihatan luas tersebut sering dijumpai pada HP kelas menengah. Bahkan tak jarang HP seharga Rp2 jutaan pun sudah memilikinya.

vivo malah memutuskan untuk menambatkan kamera makro dan depth, yang sering disebut sebagai kamera gimmick lantaran kehadirannya yang tidak begitu diperlukan. Seandainya hadir dengan kamera ultrawide, vivo Y33t tentu akan menjadi pilihan sarana fotografi yang no-brainer di kalangan penggiat kreasi konten.

2. Tanpa NFC

vivo Y33t

Oke, kekurangan yang satu ini tampaknya agak terkesan nit-picky. vivo Y33t tidak hadir dengan konektivitas NFC yang merupakan singkatan dari Near Field Communication. Sehingga, ponsel tidak dapat dipakai untuk cek saldo eMoney, serta tidak dapat melakukan transaksi digital dengan praktis.

Biasanya fitur NFC hanya tersedia pada HP flagship. Mengingat rentang harga Rp3 jutaan memiliki peminat yang dianggap jarang butuh NFC, para vendor pun lantas tidak begitu gencar memasukkan NFC di harga segini. Lambat laun, akhirnya cukup banyak bermunculan HP terjangkau yang sudah dibekali NFC. Itu mengapa, saya anggap absennya NFC di vivo Y33t jadi kekurangan.

Intinya sih jika Anda benar-benar membutuhkan HP dengan NFC di harga murah Rp3 jutaan, ada banyak opsi lain yang bisa didapatkan, sebut saja Samsung Galaxy A32, Redmi Note 10 5G, ataupun vivo V20 SE.

3. Masih Gunakan Mono Speaker

vivo Y33tSumber: Lim Reviews

Pada intinya, speaker pada smartphone hanya perlu keras dan layak didengar. Tapi jika Anda ingin dapatkan pengalaman menonton film yang lebih sinematik dan menghanyutkan, tidak ada salahnya pilih HP yang ada stereo speaker-nya. Sayangnya, vivo Y33t hanya disuguhkan dengan mono speaker alias speaker tunggal.

Terlepas dari itu, untung saja ponsel masih menyediakan port audio 3.5mm earphone jack untuk dihubungkan dengan headset, tanpa harus menggunakan adapter.

4. Tanpa 5G

vivo y33t tanpa 5g_

Butuh smartphone dengan konektivitas jaringan yang future-proof? Tentu sebaiknya memilih yang sudah gunakan 5G. Tidak hanya menguntungkan dari sisi konektivitas, HP yang sudah dukung 5G juga biasanya punya performa lebih kencang berkat chipset yang lebih mutakhir.

Pada tahun 2022 saat HP ini diluncurkan, memang belum terlihat "hilal"-nya bahwa 5G akan mulai menjamah seluruh sisi di Indonesia. Itu mengapa, keberadaan 5G di harga ini sebenarnya tidak begitu penting.

Tapi jikalau Anda kebetulan sering ada di lokasi yang sudah dukung 5G (misalnya, berkuliah di kampus Telkom atau ITB di Bandung), Anda bisa sekaligus manfaatkan 5G untuk mendukung produktivitas bekerja.

5. Tanpa IP Rating dan Pelindung Layar

vivo Y33t

Untuk Anda yang menginginkan peace of mind berlebih saat gunakan HP, sebaiknya pilih yang sudah pakai sertifikasi anti percikan air yakni rating IP53 atau 54. Di rentang harga Rp3 jutaan, cukup banyak lho HP yang gunakan fitur menarik tersebut. Biasanya sih kalau bukan HP Xiaomi ya HP POCO.

Atau, Anda juga bisa pilih HP Samsung Galaxy A32 yang sudah pakai Gorilla Glass 5 di layarnya, guna mengurangi risiko baret atau retak saat tergores dan terbentur. Cukup disayangkan vivo Y33t tidak menghadirkan dua fitur ini. Jadi, Anda perlu ekstra hati-hati agar HP tidak mudah rusak, atau menggunakan tempered glass sebagai solusinya.

Simpulan

vivo Y33t hadir sebagai ponsel fotografi yang cukup menjanjikan di rentang harga mid-range. Tidak hanya dibekali konfigurasi kamera yang cukup oke, hasil fotonya pun punya kualitas yang bukan kaleng-kaleng. Ini berkat tuning-an vivo yang selalu spot on demi hadirkan hasil foto terbaik di setiap produknya.

HP ini juga satu dari sekian ponsel yang bisa menggabungkan kehebatan dari dua sisi, yaitu baterai berkapasitas besar sekaligus desain bodi yang slim dan ringan. Enak digenggam, tapi juga enak dipakai seharian penuh tanpa harus khawatir habis baterai. Apalagi dengan chipset 6 nm yang powerful dan hemat daya, berfoto ria sambil sesekali bermain gim tidak akan begitu menguras tenaga.

Namun apakah vivo Y33t sudah sanggup dikatakan sempurna? Sayangnya ya belum. Snapdragon 680 yang powerful lebih banyak ditemukan pada HP Rp2 jutaan. Bahkan Redmi 10C di harga Rp1 jutaan pun sudah pakai chipset ini. Meski kuat untuk gim ringan, tidak dapat disamakan dengan HP sebayanya yang pakai Helio G9 series (G95, G96, atau G99).

Per Desember 2022, harga vivo Y33t masih bertahan di Rp3.399.000,- untuk versi penyimpanan 128 GB + RAM 8 GB, jika menilik dari laman resminya. Melihat harganya, tampaknya ia menjadi pesaing bagi realme 9i, Samsung Galaxy A32, dan Redmi Note 11 Pro. Tertarik membeli vivo Y33t?

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram