carisinyal web banner retina

10 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y33s yang Perlu Diketahui

Ditulis oleh Ahmad Tsalis - Diperbaharui 15 Oktober 2021

vivo memperkenalkan sebuah ponsel baru pada 24 Agustus 2021. Namanya adalah vivo Y33s dan diposisikan untuk mengisi segmen kelas menengah. Kehadiran ponsel ini kemungkinan besar untuk meneruskan vivo Y31 2021 yang lebih dahulu muncul pada Januari 2021.

India menjadi tempat pendaratan pertama vivo Y33s. Beberapa negara di Asia menyusul setelah India, termasuk Indonesia. Kehadiran ponsel ini di Tanah Air tercium setelah Kementerian Perindustrian Republik Indonesia mengeluarkan sertifikat lolos TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri).

Sertifikat tersebut bernomor 4573/SJ-IND.8/TKDN/7/2021. Dalam sertifikat tersebut, vivo Y33s yang punya kode produk vivo V2109 dinyatakan memiliki TKDN sebesar 32,9%. Satu hal yang menarik dari HP ini adanya fitur extended RAM layaknya HP flagship vivo.

Namun, vivo Y33s masih memiliki beragam hal menarik lainnya. Hal itu coba kami uraikan dalam artikel kelebihan dan kekurangan vivo Y33s ini. Simak pembahasannya sampai tuntas, dimulai dari spesifikasi utama si ponsel sebagai berikut.

Spesifikasi vivo Y33s

10 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y33s yang Perlu Diketahui 1
Layar IPS LCD 6.58 inci
Chipset MediaTek Helio G80
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 3.399.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan vivo Y33s

Kami menemukan enam hal menarik dari vivo Y33s yang masuk dalam kategori kelebihan. Kami merasa bahwa enam hal itu adalah sektor yang mampu meningkatkan nilai tawar dari ponsel ini. Apa saja itu? Simak penjelasannya berikut.

1. Desain Tipis dan Ringan

10 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y33s yang Perlu Diketahui 3Sumber: vivo

Desain yang dimiliki vivo Y33s memang sudah generik alias umum. Artinya, vivo sudah sangat sering menggunakan corak desain seperti vivo Y33s pada model lain. Karena itu, Anda mungkin sudah sangat kenal atau bahkan agak bosan.

vivo bukannya tidak mau melakukan riset untuk menghasilkan kreasi desain lain. Akan tetapi, desain ini adalah desain terbaik yang mereka miliki dan peminatnya pun masih cukup banyak.

vivo memberi judul pada desain yang digunakan vivo Y33s dengan "Slim and Trendy with Luxe Feel". Sederhananya, HP ini memiliki bentuk yang tipis, trendi, serta bernuansa mewah. Hal itu memang benar karena ketebalan HP ini cuma 8 mm. Bobotnya pun cukup ringan, yaitu 182 gram.

Kemudian, kesan trendi dari vivo Y33s diperlihatkan pada modul kamera belakang dengan dua polesan. Bagian atas yang ditempati lensa kamera dipoles dengan kelir hitam. Sementara itu, bagian bawahnya yang dihuni lampu flash memiliki polesan selaras dengan penutup belakang.

Bagian samping HP ini turut menyumbang kesan trendi. Soalnya, ada rangka berbentuk datar yang punya sisi lengkung. Menurut klaim vivo, hal ini membuat Y33s sangat nyaman digenggam, apalagi bobotnya juga ringan.

Terakhir, nuansa mewah diperlihatkan oleh dua varian warna penutup belakangnya: Mirror Black dan Midday Dream. Varian Mirror Black dipoles glossy yang berkilauan saat terkena cahaya. Anda pun bisa bercermin menggunakan penutup belakang ini.

Sementara itu, varian Midday Dream memakai polesan antisilau, sehingga menimbulkan kesan buram. Bekas sidik jari jadi sulit menempel pada varian ini. Kendati punya kesan buram, varian ini tetap elegan berkat warna perpaduan antara biru dan ungu yang bisa berubah-ubah tergantung sudut pandang.

2. Tampilan Oke

10 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y33s yang Perlu Diketahui 5Sumber: vivo

vivo tidak aneh-aneh terkait sektor tampilan. Alasannya, spesifikasi layar vivo Y33s masih sama dengan vivo Y31, yakni panel IPS LCD 6,58 inci dengan resolusi Full HD+ (1080 x 2408 piksel). Ukuran layar HP ini terbilang pas, tidak terlalu besar, tidak pula kekecilan.

Sementara itu, resolusi Full HD+ jelas membuat layarnya bisa menampilkan konten dengan tajam. Adapun kedalaman warna layar vivo Y33s masih standar (96% NTSC), belum tembus DCI-P3.

Kendati demikian, warna yang keluar masih enak ditonton baik untuk menonton film atau main gim. Menurut kanal YouTube KLGadgetTV, warna yang dikeluarkan layar HP ini cukup menyala. Walau begitu, level kecerahannya belum yang terbaik.

Yang menarik, vivo sudah membekali layar ini dengan fitur Eye Protection. Fitur ini menyaring cahaya yang muncul dari layar si ponsel, sehingga radiasi biru penyebab mata kelelahan bisa dikurangi. Alhasil, mata Anda tetap aman kendati menonton film secara maraton melalui layar vivo Y33s.

3. Performa Oke

10 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y33s yang Perlu Diketahui 7Sumber: vivo

vivo Y33s memakai chipset MediaTek Helio G80 yang sudah sering dipakai oleh HP-HP kelas menengah. Helio G80 dipilih karena tangguh dan irit konsumsi daya. Adapun chipset ini dibikin dengan fabrikasi 12 nm.

Di dalam chipset ini terdapat delapan inti CPU dengan dua klaster berbeda. Klaster performa diisi oleh dua inti dengan arsitektur Cortex A75 (2,0 GHz). Sementara itu, klaster hemat daya diisi oleh Cortex A55 (1,8 GHz) sebanyak enam inti. Delapan inti CPU ini ditemani GPU Mali-G52 MC2 (950 MHz).

Di atas kertas, Helio G80 adalah chipset yang masih oke dipakai ponsel keluaran 2021. Skor AnTuTu 8 chipset ini ada di angka 200.460, menurut NanoReview. Sumber yang sama menyebut bahwa Helio G80 mencetak skor singlecore 350 dan multicore 1283 pada aplikasi GeekBench 5.

Angka-angka itu jika diterjemahkan pada pemakaian sehari-hari artinya lancar. Tidak ada kendala berarti untuk aktivitas seperti mengirim pesan, menonton video, browsing, bahkan main game.

Kanal YouTube KLGadgetTV sempat mencoba memainkan gim PUBG Mobile di HP ini. Hasilnya, gim mampu berjalan dengan lancar. Hanya saja, tidak disebutkan setelan grafis seperti apa yang dipilih.

Yang menarik, vivo membekali HP ini dengan fitur Multi-Turbo 5.0 dan Ultra Game Mode. Multi-Turbo 5.0 berfungsi memperbaiki koneksi, mengatur kecepatan CPU, mengatur konsumsi daya, agar ponsel berjalan dengan optimal saat pengguna bermain gim.

Sementara itu, fitur Ultra Game Mode dapat meningkatkan pengalaman bermain gim. Di dalam fitur ini Anda bisa mengaktifkan vibrasi getaran 4D dan memblok seluruh panggilan atau notifikasi yang masuk.

4. Kamera Sip

10 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y33s yang Perlu Diketahui 9Sumber: vivo

Ada tiga kamera belakang yang menghiasi sisi buritan vivo Y33s. Tiga kamera itu meliputi kamera utama 50 MP, f/1.8; kamera makro 2 MP, f/2.4; dan sensor kedalaman 2 MP, f/2.4. Mereka semua ditemani satu lampu flash. Dari tiga kamera ini, hanya ada dua yang mampu mengambil gambar, yaitu kamera utama dan kamera makro.

Sementara itu, sensor kedalaman berfungsi untuk mengambil data-data, seperti jarak lensa ke objek, warna objek dan sekitarnya, hingga intensitas cahaya yang menerpa objek. Informasi tersebut diolah untuk menghasilkan foto yang bagus.

Adapun kamera depan vivo Y33s memiliki resolusi 16 MP dengan bukaan f/2.0. Kamera depan ini memang tidak memiliki lampu flash seperti kamera belakang. Namun, Anda dapat memanfaatkan fitur kedipan cahaya layar saat berada di tempat yang tidak terang.

Kamera vivo Y33s secara umum dapat menghasilkan gambar yang tajam dengan warna yang menyala. Demikian seperti dinyatakan kanal YouTube KLGadgetTV. Sesekali gambar terlihat lebih gelap ketimbang kondisi aslinya.

Namun, masalah itu bisa diselesaikan dengan mengaktifkan mode HDR. Kemudian, kamera makro HP ini bisa menghasilkan foto yang cukup bagus ketika membidik objek pada jarak dekat. Meski begitu, menurut kami, detailnya agak kurang mengingat resolusinya hanya 2 MP.

Kemampuan fotografi malam hari ponsel ini biasa saja. Detailnya kurang dan blur ada di sana sini, sangat wajar untuk kelas harganya. Namun, adanya campur tangan kecerdasan buatan (AI) dalam pemrosesan lanjut membuat hasil akhir foto masih bisa dinikmati.

Adapun foto jepretan kamera depan vivo Y33s tampak tajam. Warna yang ditampilkan, terutama warna kulit manusia, akurat baik di kondisi luar ruangan maupun di dalam ruangan.

5. Sensor, Port, dan Konektivitas

10 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y33s yang Perlu Diketahui 21Sumber: vivo

vivo Y33s punya sensor-sensor yang lengkap. Mulai dari akselerometer, cahaya, proksimitas, kompas, dan giroskop pun ada. Pemindai sidik jari pun tidak ketinggalan dan letaknya ada di posisi terbaik, yaitu samping, menyatu dengan tombol power.

Kelengkapan selanjutnya ada di sisi port alias colokan. HP ini memiliki port USB C 2.0 yang kekinian, dan masih punya jack audio 3,55 mm kendati bodinya cukup tipis.

Tidak hanya sensor dan port yang lengkap, konektivitas HP ini pun juga beragam. Jaringan 5G memang belum didukung oleh vivo Y33s, sangat wajar buat kelas harganya. Namun, HP ini memiliki konektivitas NFC yang sangat penting untuk menunjang transaksi nontunai.

Selain NFC, HP ini dibekali kemampuan menangkap sinyal WiFi 5 GHz, sinyal Radio FM, dan terhubung dalam teknologi nirkabel Bluetooth 5.0

6. Memori Lapang

10 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y33s yang Perlu Diketahui 23Sumber: vivo

vivo memberikan konfigurasi memori yang tak tanggung-tanggung buat HP ini. Ya, vivo Y33s dibekali RAM 8 GB dengan memori internal 128 GB. RAM yang besar memungkinkan Anda berpindah-pindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain tanpa ada jeda.

Belasan aplikasi yang berjalan di latar belakang pun tidak akan terhenti prosesnya jika Anda mau. Pertanyaannya, kenapa hal itu bisa dilakukan? Jawabannya adalah, vivo sudah menyematkan fitur extended RAM pada HP ini.

Fitur ini memungkinkan Anda menambah RAM dengan mengubah sebagian ruang kosong di dalam memori internal. Extended RAM bisa menambah RAM maksimal 4 GB, sehingga secara teori RAM maksimal HP ini bisa mencapai 12 GB.

Sementara itu, memori internal 128 GB membuat Anda bisa lebih leluasa memasang beragam aplikasi, menyimpan bejibun file media dan dokumen. Jika 128 GB dirasa kurang, masih ada slot microSD khusus yang bisa dimanfaatkan untuk menambah ruang simpan sampai 1 TB.

7. Baterai Besar

10 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y33s yang Perlu Diketahui 25Sumber: vivo

Baterai yang dibawa vivo Y33s memiliki kapasitas yang cukup besar, yaitu 5000 mAh. Kapasitas ini terbilang besar karena standar ukuran baterai smartphone masa kini adalah 4000-an mAh. Kami berasumsi bahwa kapasitas 5000 mAh mampu menjaga nyala ponsel sehari penuh.

Hal itu bisa tercapai jika si ponsel digunakan dengan gaya pemakaian kasual. Adapun sektor daya vivo Y33s turut ditunjang teknologi pengisian daya 18 W dan teknologi pengisian balik.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan kanal YouTube Techno Nabeel, mengisi baterai HP ini dari kondisi kosong sampai penuh butuh waktu 2 jam 30 menit. Pengisian dilakukan dengan menggunakan charger bawaan. Adapun keberadaan teknologi pengisian balik membuat vivo Y33s bisa berfungsi sebagai power bank dadakan.

Kekurangan vivo Y33s

Ada kelebihan, ada juga kekurangan. Memang tak ada kesempurnaan di dunia ini, seperti halnya vivo Y33s. Namun, kekurangan itu sifatnya relatif. Ada yang setuju dan ada yang tidak. Nah, untuk urusan itu, silakan nilai sendiri poin-poin yang kami sajikan di bawah ini.

1. Kamera Ultrawide Absen

10 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y33s yang Perlu Diketahui 27

Ada yang kurang dari kamera vivo Y33s meskipun hasil fotonya cukup bagus. Hal yang kurang itu adalah ketiadaan kamera dengan lensa ultrawide. Entah apa alasannya, berbagai produsen lebih condong memberikan sensor kedalaman, kamera monokrom, dan lensa AI, yang belum tentu dimanfaatkan.

Sebagian pihak meyakini bahwa jenis-jenis kamera tersebut hanyalah gimmick, karena tanpa itu semua kamera utama tetap bisa berfungsi dengan baik. Bahkan ada yang menilai bahwa kamera ultrawide sebenarnya lebih sering dipakai ketimbang kamera makro.

Untuk Indonesia yang masyarakatnya hobi berkumpul dengan teman atau saudara, kamera ultrawide jelas sangat bermanfaat. Kamera ini bisa membuat seluruh teman dan anggota keluarga masuk dalam satu frame.

2. Teknologi Pengisian

10 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y33s yang Perlu Diketahui 29Sumber: vivo

Lama waktu pengisian sudah disinggung di poin baterai. Sekarang bisa Anda nilai, apakah 2,5 jam adalah waktu yang singkat untuk mengisi baterai? Kalau menurut kami, itu cukup menyita waktu. Solusi yang paling gampang agar Anda tidak diburu waktu adalah mengisi baterai HP ini menjelang tidur.

Di sisi lain, produsen semestinya menghadirkan teknologi pengisian yang lebih cepat, ketika membekali baterai besar pada sebuah ponsel. Hanya saja, untuk saat ini hal tersebut belum bisa diwujudkan pada ponsel dengan banderol terjangkau. Biaya produksi yang mepet dengan harga jual yang rendah adalah alasannya.

3. Belum Mendukung High Refresh Rate

10 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y33s yang Perlu Diketahui 31Sumber: vivo

Beberapa HP kelas menengah di rentang harga Rp1-2 jutaan sudah banyak yang mengadopsi high refresh rate 90 Hz. Refresh rate atau laju penyegaran yang tinggi, menciptakan tampilan yang mulus. Entah itu tampilan saat scrolling lini masa media sosial, tampilan animasi di video, atau tampilan animasi ketika bermain gim.

Sayangnya, laju penyegaran vivo Y33s masih standar, 60 Hz saja. Dengan refresh rate yang masih standar, kemungkinan scrolling lini masa media sosial pada ponsel ini belum begitu mulus. Gim dengan gambar di atas 60 fps pun belum bisa dijalankan.

Simpulan

vivo Y33s adalah representasi dari vivo Y Series, sebuah seri dari vivo yang serbabisa dan punya banderol harga terjangkau. HP ini masuk kategori serbabisa karena memiliki bagian-bagian penting yang tidak mengecewakan. Hal itu seperti desain, layar, chipset, baterai, dan kamera.

Kelengkapan sensor dan memori yang lapang jadi daya tarik tersendiri buat vivo Y33s. Apalagi ia juga punya NFC yang amat berguna. Seluruh kelebihan tersebut menjadikan HP ini bisa dipakai oleh beragam jenis pengguna, entah itu mahasiswa, pekerja nonformal, hingga profesional.

Namun, vivo Y33s jelas tidak cocok untuk gamer kelas berat karena chipset yang disandangnya tidak dirancang untuk menangani tugas luar biasa. Lagipula HP ini juga belum mendukung laju penyegaran tinggi.

Jika ketiadaan kamera ultrawide dan pengisian baterai yang lama bukan masalah serius, kami yakin bahwa HP ini akan cocok dipakai oleh banyak orang. Nah, kalau Anda bagaimana, apakah ini HP yang sesuai dengan kebutuhan?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram