carisinyal web banner retina

Sebelum Beli, Cek Dulu 6 Perbedaan vivo Y53s dan vivo Y33s!

Ditulis oleh Ananda Ganesha M - Diperbaharui 28 September 2021

Perusahaan smartphone asal Tiongkok bernama vivo kembali meluncurkan produk seri Y di kuartal ketiga tahun 2021. Ponsel tersebut dinamakan vivo Y33s yang tampaknya menjadi suksesor vivo Y31 yang sebelumnya telah dirilis.

Saat artikel ini ditulis, vivo Y33s memang masih tersedia di pasar India dan tidak tahu apakah akan datang ke pasar Indonesia atau tidak. Yang pasti, konsumen pun bertanya-tanya akan perbedaannya dengan vivo Y53s yang juga dirilis di waktu berdekatan. Melihat dari penamaan angkanya, seharusnya sih vivo Y53s ini lebih unggul. Tapi apa iya demikian?

Dua-duanya punya beberapa kemiripan seperti desain waterdrop notch di layar serta hadirkan ukuran bentang layar dan resolusi yang sama. Walau mirip, bukan berarti keduanya interchangeable. Karena bagaimanapun juga, selalu ada pro dan kontra tersendiri dalam menilai sebuah HP, terlebih saat keduanya hadir di segmen harga yang sama.

Mau tahu apa yang membedakan vivo Y53s dan vivo Y33s? Anda sudah berada di laman yang tepat karena Carisinyal akan beberkan beberapa poin perbedaan utama yang bisa Anda jadikan referensi sebelum membeli. Yuk, simak di bawah ini!

Spesifikasi vivo Y53s

Sebelum Beli, Cek Dulu 6 Perbedaan vivo Y53s dan vivo Y33s! 1
Layar IPS LCD 6.58 inci
Chipset MediaTek Helio G80
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 64 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 3.699.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Spesifikasi vivo Y33s

Sebelum Beli, Cek Dulu 6 Perbedaan vivo Y53s dan vivo Y33s! 3
Layar IPS LCD 6.58 inci
Chipset MediaTek Helio G80
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 3.399.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Perbedaan vivo Y53s dan vivo Y33s

Sedikit bocoran mengenai dua HP ini: mereka sama-sama berada di rentang harga 3 jutaan. Nah, siapakah yang terbilang worth it di kelas harganya? Ketahui jawabannya setelah baca poin-poin perbedaa berikut ini.

1. Dimensi dan Bobot Bodi

Sebelum Beli, Cek Dulu 6 Perbedaan vivo Y53s dan vivo Y33s! 5Sumber: vivo

Apabila Anda mencari HP dengan desain bodi yang kece dan menawan, vivo Y53s dan vivo Y33s jelas menjadi pilihan yang tidak mengecewakan. Sejak kemunculan vivo pertama kali di Indonesia, brand asal Tiongkok tersebut memang selalu menaruh emphasis pada desainnya yang flashy dan menarik perhatian.

Tidak hanya tampil secara estetika, desainnya pun dirancang sedemikian rupa agar ergonomis dan nyaman dipakai. vivo Y33s contohnya, yang hadir dengan bobot 182 gram dan ketebalan 8 mm saja. vivo menyebutnya dengan sebutan "Slim and Trendy with a Luxe Feel". Sementara untuk panjang dan lebarnya, memiliki dimensi 164.3 x 76.1 mm.

Agak berbeda dengan vivo Y53s 4G dengan bobot yang sedikit lebih berat yakni 190 gram. Ia pun punya ketebalan yang tidak lebih tipis dibanding Y33s, yakni 8.4 mm. Walau lebih berat dan tebal, rupanya vivo Y53s 4G punya luas bidang yang lebih pendek dengan dimensi 164 x 75.5 mm.

Sebuah hal yang menarik, karena kedua HP ini sama-sama memiliki bentang layar 6.58 inci, tapi panjang ponselnya sedikit berbeda. Ini dikarenakan vivo Y53s 4G memang punya bezel dagu yang lebih tipis dibanding vivo Y33s.

2. Kamera

vivo Y53S 4G

Dalam hal jumlah kameranya, baik vivo Y33s dan vivo Y53s 4G sama-sama hadir dengan konfigurasi Triple Camera. Namun, keduanya tawarkan resolusi kamera utama yang sedikit berbeda. Di atas kertas, pengguna mungkin akan lebih tertarik dengan vivo Y53s 4G yang suguhkan lensa utama 64 MP. Sedangkan, vivo Y33s hanya disuguhi kamera 50 MP saja.

Kedua lensa ini sebenarnya sudah memiliki resolusi yang terbilang besar. Beberapa orang menganggap kalau besaran MP cenderung gimmick, namun nyatanya besaran MP akan berpengaruh pada kualitas foto. Semakin besar, semakin tinggi pula jumlah piksel yang terkandung pada sebuah foto sehingga hasilnya lebih jernih.

Kamera 64 MP pada vivo Y53s sendiri memiliki ukuran sensor 1/1.97 inci, focal length 26 mm, dengan bukaan f/1.8. Tidak lupa, lensa utama ini juga memiliki ukuran piksel 0.7µm. Sedangkan pada vivo Y33s, kamera 50 MP miliknya hanya diketahui informasi diafragmanya saja, yakni f/1.8.

Adapun lensa-lensa pendamping kedua HP tersebut merupakan satu sensor makro 2 MP dan satu sensor kedalaman 2 MP. Diketahui, vivo Y53s mampu hasilkan rekaman video pada resolusi hingga [email protected] Dilansir dari laman spek GSM Arena, vivo Y33s punya dukungan perekaman hingga 4K, namun hal ini belum terkonfirmasi.

3. Versi Bluetooth

2. Bluetooth 5

Sebuah perbedaan minor terletak pada salah satu konektivitasnya. Adalah Bluetooth, sebuah fitur konektivitas yang dapat melakukan transfer data antar perangkat dan juga terkoneksikan dengan aksesoris nirkabel.

Versi Bluetooth yang didukung vivo Y53s adalah 5.1 yang sedikit lebih baru ketimbang vivo Y33s. Ya, vivo Y33s memang hanya mendukung Bluetooth 5.0. Apakah perbedaan keduanya cukup signifikan?

Berdasarkan keterangan dari Headphones Addict, peningkatan dari 5.0 ke 5.1 tidak sesignifikan 4.2 ke 5.0. Akan tetapi, setidaknya 5.1 lebih baik dalam menentukan lokasi perangkat Bluetooth. Ia gunakan antena lebih untuk menentukan lokasi akurat dan HP Anda juga dapat mengetahui seberapa jauh jarak sebuah perangkat Bluetooth dengan ponsel.

Bluetooth 5.1 juga mendukung GATT Caching yang dapat mempercepat proses pairing antar dua perangkat. Setiap Anda hubungkan ponsel dengan earphone atau mouse, mereka akan saling bertukar informasi mengenai kompatibilitas masing-masing perangkat.

Dengan GATT Caching, proses bertukar informasi ini hanya berlangsung saat kedua perangkat dihubungkan via Bluetooth untuk pertama kalinya. Untuk pairing kedua, ketiga, dan seterusnya, jika tidak ada informasi yang berubah, kedua perangkat akan langsung terkoneksikan satu sama lain.

4. Fast Charging

Sebelum Beli, Cek Dulu 6 Perbedaan vivo Y53s dan vivo Y33s! 9Sumber: vivo

Sebagai ponsel yang gunakan panel layar IPS LCD, hadirnya baterai berkapasitas 5.000 mAh pada vivo Y53s dan vivo Y33s adalah hal yang patut diapresiasi. Dijamin, ponsel akan mampu bertahan seharian penuh pemakaian normal. Sebagaimana HP berkualitas yang hadir di tahun 2021, tentu saja kedua HP vivo ini sudah dibekali fast charging.

vivo Y53s sendiri hadir dengan daya fast charging 33W sedangkan fast charging pada vivo Y33s hanya menggunakan daya 18W saja. Menurut pengujian dari infofull.net, vivo Y53s mampu dicas hingga 70 persen dari kondisi nol dalam waktu 41 menit saja.

Di sisi lain, Techno Nabeel menerangkan bahwa vivo Y33s butuh waktu sekitar dua setengah jam untuk pengisian baterai 100%. Walau hadir dengan fast charging yang inferior, namun vivo Y33s menawarkan fitur pengisian daya terbalik yang membuatnya dapat dijadikan power bank.

5. Ketersediaan NFC

NFC
*

Jika Anda tinggal di ibu kota atau senantiasa berpindah-pindah antar kota melalui jalan tol, maka sebaiknya pilih smartphone yang sudah menawarkan NFC (Near Field Communication). Singkatnya, NFC berguna untuk mengecek saldo eMoney atau eToll dengan hanya menempelkan kartu ke bodi belakang ponsel.

NFC juga dapat digunakan untuk melakukan transfer file antar dua perangkat tanpa harus melalui proses pairing Bluetooth yang biasanya memakan waktu lebih lama. Selain itu, perangkat yang menggunakan NFC dapat membuka pintu apartemen ataupun pintu kantor setelah menyalin kredensial dari kartu ke ponsel.

Sayangnya vivo Y53s termasuk dari ponsel murah yang belum mengerahkan fitur NFC. Tidak seperti vivo Y33s yang sudah menyediakannya.

6. Varian Warna

Sebelum Beli, Cek Dulu 6 Perbedaan vivo Y53s dan vivo Y33s! 12

vivo Y53s menyuguhkan dua varian warna dengan efek tampilan 3D yang menawan, yakni Fantastic Rainbow dan Deep Sea Blue. Kedua varian warna ini andalkan teknologi pewarnaan Dual Tone untuk tampilkan warna-warna yang berbeda dilihat dari sudut pandang tertentu.

Hal serupa juga dimiliki oleh vivo Y33s walau dengan penamaan varian warna yang berbeda, yakni Midday Dream yang bernuansakan warna gradasi oranye dan biru, serta menggunakan coating berupa cairan kristal agar semakin halus dan tidak mudah tertinggal noda sidik jari.

Selain Midday Dream, ada juga Mirror Black dengan teknologi coating dua lapis yang membuatnya tampak glossy dan berkilau.

Simpulan

Sekarang setelah Anda mengetahui perbedaan vivo Y53s dan vivo Y33s, kini tak perlu bingung lagi tentukan mana yang cocok untuk Anda. Meski vivo Y33s terlihat memiliki kasta di bawah Y53s dari segi penamaannya, rupanya ponsel yang hadir di bulan Agustus 2021 tersebut tetap tawarkan kelebihan yang sulit ditandingi, yakni kehadiran NFC.

vivo Y53s sendiri harya dibanderol dengan harga rilis Rp3.699.000,- untuk varian termurahnya. Sedangkan untuk vivo Y33s, ponsel ini dijual seharga 17.990 rupee di India atau yang jika dirupiahkan mencapai harga Rp3,4 jutaan. Ya, rupanya memang lebih murah Y33s, sehingga Anda yang terpentok dana tentu akan lebih condong membelinya dibanding Y53s.

Walau vivo Y53s lebih mahal, ia punya sejumlah keunggulan seperti fast charging yang hampir dua kali lipat lebih tinggi, versi Bluetooth yang sedikit lebih up-to-date, serta resolusi kamera utama yang lebih besar. Nah, jadi Anda tertarik yang mana, nih? Kunjungi juga ya artikel HP vivo berkualitas termurah lainnya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram