Sebelum Beli, Baca Dulu 10 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y22 Ini

Ditulis oleh Aris Wibowo

Memasuki kuartal ketiga 2022, vivo Indonesia kembali menghadirkan produk baru bernama vivo Y22. Ponsel Android ini hadir untuk mengisi pasar entry-level yang masih diminati banyak orang. Maka dari itu, kali ini vivo menghadirkan spesifikasi yang lebih update agar mampu bersaing.

Masih mengadopsi desain yang sama dengan seri Y lainnya, HP ini hadir dengan layar lebih jelas dan dapur pacu yang lebih kencang. Sektor ini memang menjadi perhatian serius vivo mengingat pasar ponsel murah saat ini memang ditujukan untuk kegiatan browsing tentang pekerjaan, melihat media sosial, hingga bermain game.

Selain itu, vivo juga menghadirkan ubahan yang cukup menyita perhatian di bagian kamera belakang. vivo dikabarkan menghadirkan fitur mode malam yang sangat jarang hadir di seri entry-level.

Lalu, apa saja beberapa catatan yang mesti Anda perhatikan pada si ponsel? Jawabannya akan segera Anda temukan dalam artikel kelebihan dan kekurangan vivo Y22 ini. Oleh karena itu, simak pembahasannya sampai habis.

Spesifikasi vivo Y22

vivo Y22
Layar IPS LCD 6.55 inci
Chipset MediaTek Helio G85
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan vivo Y22

Menghadirkan ubahan di dapur pacu dan kamera, mampukah HP vivo ini bersaing dengan HP Android murah lainnya? Simak tujuh poin utama mengenai kelebihan dari ponsel entry-level ini. Apa saja itu? Berikut penjabarannya.

1. Desain yang Lebih Segar

vivo y22. tahan debu air_

Penampilan keseluruhan vivo Y22 memang tidak berbeda jauh dengan seri Y sebelumnya. Sebagai ponsel entry-level, vivo hanya menghadirkan desain bodi belakang baru yang cukup berkelas. Kesan ini muncul karena modul kamera yang kian mewah dengan kamera berukuran besar.

Menengok di bagian belakang, punggung HP Android terbaru ini tampak lebih minimalis dengan bodi berbahan plastik kaca sehingga warna tampak memantul. Tentu karena masih menggunakan bodi plastik, terasa sedikit licin dan mudah kotor akibat sidik jari.

vivo y22_

Tidak hanya itu, vivo juga menghadirkan desain bodi samping yang lebih datar atau flat. Satu sisi desain ini memang lebih mewah dan kekinian mirip HP model terbaru. Namun, disisi lain, desain ini kurang nyaman digenggam. 

Sedikit membahas area depan, sayangnya HP ini masih menggunakan layar yang mengusung desain kamera waterdrop. Desain kamera depan ini memang sedikit ketinggalan karena saat ini beberapa ponsel entry-level menggunakan model punch on hole.

Keunggulan lain desain bodi ini ialah sudah adanya sertifikasi IP54 yang membuat HP tahan debu dan tahan air.

2. Layar HD+ 90 Hz

vivo y22. layar_

Karena dipersiapkan untuk bersaing di ponsel harga murah, vivo memang tidak menghadirkan spesifikasi yang berlebih dalam sektor layar ini. vivo memilih menggunakan layar berukuran 6,5 inci. Layar yang tidak terlalu lebar atau kecil ini sengaja dipilih agar pengguna bisa lebih leluasa memakai HP.

Tentu layar yang lebar ini akan memberikan pengalaman visual yang lebih baik untuk nonton video, browsing, hingga bermain game. Apalagi resolusi layar yang digunakan cukup mumpuni di kelas HP entry-level yakni HD+ 720 x 1600 piksel

Untuk Anda yang suka gaming dan video pasti akan dimanjakan dengan hadirnya refresh rate 90 Hz. Fitur ini membuat pergerakan animasi yang ditampilkan di layar HP vivo ini lebih halus.

Layar vivo ini sudah memiliki tingkat kecerahan hingga 530 nit. Ini membuat layar cukup baik digunakan di siang hari maupun malam hari.

Keunggulan layar ini lainnya ialah adanya fitur perlindungan mata atau Eye Protection. Fitur ini akan melindungi mata Anda dari efek cahaya biru dari layar. Selain itu, fitur ini akan membantu mata agar tidak cepat lelah meski lama menatap layar.

3. Sensor Keamanan yang Lengkap

vivo y22 sensor sidik jari_

Sistem keamanan pada ponsel memang terus berkembang dari tahun ke tahun. Bila sebelumnya, sistem keamanan hanya berupa sandi dan pola, kini sistem keamanan sudah lebih akurat seperti menggunakan sensor sidik jari.

Nah, dalam vivo Y22, produsen menghadirkan sensor sidik jari yang diklaim lebih cepat dan akurat dari seri Y sebelumnya. vivo menempatkan sensor ini berada di samping bodi, menyatu dengan tombol power.

Penempatan sensor ini tentu membuat bodi belakang lebih bersih. Selain itu, posisi sensor ini juga membuat pengalaman membuka kunci HP terasa lebih natural. Apalagi, posisi tombol power di seri Y22 memang pas di posisi jemari menggenggam HP.

Bila sensor sidik jari terasa kurang aman, Anda bisa menambah keamanan HP dengan fitur Face Access. Fitur ini merupakan fitur pembuka kunci HP menggunakan pendeteksian wajah.

4. RAM Virtual Tambahan 2 GB 

vivo y22. RAM_

Menyadari kebutuhan RAM yang besar, vivo menghadirkan peningkatan RAM di seri ini menjadi 4 GB dan 6 GB. Sebelumnya, vivo hanya menghadirkan RAM 3 GB di vivo Y20.

Tidak lupa vivo menambahkan fitur extended RAM. Dengan fitur ini Anda bisa menambahkan RAM virtual sebesar 1 GB atau 2 GB yang diambil dari memori internal. Dengan fitur ini, RAM HP ini menjadi 5 GB dan 8 GB, sehingga memberikan performa yang lebih kencang.

vivo y22. chipset_

Ubahan berlanjut ke bagian dapur pacu, dimana ponsel ini dibekali chipset MediaTek Helio G85. ini merupakan chipset kelas bawah yang berperforma gaming dan dibuat dalam fabrikasi 12nm. 

Chipset ini memiliki delapan inti yang terdiri dari dua core Cortex A75 berkecepatan 2,0 GHz dan enam core Cortex A55 berkecepatan 1.8 GHz sebagai penghemat daya.

Performa dapur pacunya cukup apik untuk gaming karena dilengkapi GPU Mali G52 berkecepatan 1 GHz dan adanya teknologi HyperEngine.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram