Simak 9 Kelebihan dan Kekurangan HP Tecno CAMON 17 Ini!

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Tecno memang memfokuskan diri sebagai produsen ponsel dengan harga terjangkau. Itulah mengapa seluruh HP mereka dijual di rentang harga 1-2 juta rupiah. Kendati demikian, Tecno mampu menciptakan empat seri sesuai dengan segmentasinya.

Empat seri itu adalah Camon, POVA, Spark, dan POP. Yang akan dibahas kali ini adalah Camon, sebuah seri yang kemampuan kameranya ditonjolkan. Seri Camon pertama kali muncul pada 2018, ketika Tecno meluncurkan Tecno Camon CM.

Sejak itu, beragam HP Tecno Camon Series terus bermunculan. Pada kuartal pertama 2021, Tecno mengeluarkan tiga HP seri ini, salah satunya adalah Tecno Camon 17. Kehadiran HP ini tentu saja menarik bagi mereka yang ingin punya HP dengan kamera bagus, tetapi budget-nya mepet.

Di sisi lain, Anda mungkin akan penasaran seperti apa kemampuan kamera HP yang harganya murah. Rasa penasaran Anda akan coba Carisinyal jawab melalui ulasan kelebihan dan kekurangan Tecno Camon 17 ini.

Ulasan yang kami tulis ini merupakan rangkuman pengalaman pakai dari berbagai penguji. Bagi Anda yang belum terlalu kenal dengan si ponsel, silakan baca spesifikasi utamanya seperti berikut.

Spesifikasi Tecno Camon 17

  • Rilis: Mei, 2021
  • Layar: IPS LCD 6,6 inci, HD+
  • Chipset: MediaTek Helio G85 (12 nm)
  • GPU: Mali-G52 MC2
  • RAM: 128 GB
  • Memori Internal: 4 GB, 6 GB
  • Memori Eksternal: microSD hingga 128 GB (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 48 MP + 2 MP + Lensa AI
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Kelebihan Tecno Camon 17

Ponsel kelas menengah memiliki karakter yang berbeda dari flagship. Ia tidak bisa jorjoran spesifikasi, tetapi bisa memaksimalkan beberapa sektor tertentu yang krusial. Poin-poin di bawah ini akan menjelaskan sektor mana saja yang jadi kelebihan dari ponsel kelas menengah Tecno Camon 17.

1. Desain

Sumber: Tecno

Penampilan Tecno Camon 17 sebetulnya biasa-biasa saja. HP ini terkesan tampil sederhana dan apa adanya. Hal itu terlihat dari pilihan warna yang kalem tanpa ada ornamen atau garis-garis nyentrik pada penutup belakangnya. Ada tiga pilihan warna yang bisa dipilih dari HP ini: Frost Silver, Deep Sea, dan Tranquil Green.

Kesan tampil apa adanya makin terlihat karena sensor pemindai sidik jari ponsel ini masih ditaruh di bagian belakang. Hal tersebut kontras dengan kondisi depan, karena HP ini sudah menganut layar punch hole. Ya, layar Camon 17 punya lubang di sisi kiri atas sebagai tempat lensa kamera depan.

Walau terkesan sederhana, Tecno Camon 17 tetap punya hal mencolok, yakni logo "CAMON" di bagian kiri bawah penutup belakang. Logo tersebut dirancang sedemikian rupa sehingga bisa berkilauan seperti kaca. Bagian lain yang juga bisa memantulkan efek kilauan adalah grid (kisi-kisi) kedua modul kamera belakang yang ditempati empat lampu flash.

Penguji situs teknologi Techzim, Edwin Chabuka, bilang bahwa ada tekstur ala satin yang melapisi permukaan penutup belakang plastik HP ini. Tekstur satin tentu membuat pengalaman genggam terasa enak dan lembut.

Sementara itu, Oscar Frank, pemilik kanal YouTube Oscarmini, menilai, desain Tecno Camon 17 sederhana dan cukup ringan. Pernyataan Oscar seolah mengonfirmasi bahwa ponsel ini tidaklah berat.

Tecno memang tidak menyebut berapa gram berat ponsel dengan dimensi 164,5 x 76,5 x 9 mm ini. Hanya saja, situs GSM Choice menulis bahwa berat Tecno Camon 17 ada di angka 197 gram.

2. Layar Mulus

Sumber: Tecno

Sektor tampilan Tecno Camon 17 diperkuat dengan layar 6,6 inci berjenis IPS LCD. Resolusi layar HP ini adalah HD+ (720 x 1600 piksel), berikut level kecerahan maksimal 450 nit. Selain itu, layar dengan rasio 20:9 ini mendukung laju penyegaran (refresh rate) hingga 90 Hz dan touch sampling rate 180 Hz.

Dua poin yang disebutkan terakhir merupakan sebuah hal yang patut diapresiasi untuk smartphone terjangkau. Laju penyegaran 90 Hz membuat navigasi terasa amat mulus. Begitu juga dengan sajian animasi saat menonton video ataupun bermain game.

Sementara itu, touch sampling rate 180 Hz memungkinkan sebuah layar merespons sentuhan jari dengan cepat. Artinya, jeda antara sentuhan dengan aksi yang ditimbulkan benar-benar singkat. Yang seperti ini dibutuhkan bagi seorang gamer.

Tidak ada satu pun penguji yang menyangkal kemulusan tampilan Tecno Camon 17. Anda pun diberi keleluasaan untuk menentukan laju penyegaran yang dipakai pada menu pengaturan. Bisa terus-terusan 90 Hz, otomatis menyesuaikan konten, atau 60 Hz agar konsumsi baterai awet.

3. Chipset

Sumber: Tecno

MediaTek Helio G85 adalah chipset yang mengotaki Tecno Camon 17. Chipset ini sudah cukup berpengalaman karena telah mengudara sejak 2020. Namun, sebagian pihak meyakini bahwa chipset 12 nm ini masih oke dipakai smartphone kelas menengah yang muncul pada 2021.

Helio G85 terdiri atas dua klaster CPU. Klaster performa diisi dua inti Cortex A75 (2,0 GHz), sedangkan klaster hemat daya didukung enam inti Cortex A55 (1,8 GHz). Untuk pemrosesan grafis, ada GPU Mali-G52 MC2 (1 GHz) yang jadi andalan.

Kanal YouTube Tech Craze memperlihatkan skor AnTuTU 9 Tecno Camon 17 menyentuh angka 252.259. Skor tersebut cukup oke buat ponsel kelas menengah. Namun, skor dari aplikasi benchmark sintetis tidak selalu mencerminkan performa sehari-hari dari sebuah ponsel.

Nyatanya, para penguji tidak mengalami kendala berarti selama mengetes Tecno Camon 17. Oscar Frank bilang, performa multitasking HP ini dapat diandalkan. Pernyataan itu dibuat Oscar setelah menguji varian paling dasar HP ini, yakni yang memiliki RAM 4 GB dan memori internal 128 GB.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram