carisinyal web banner retina

Simak 9 Kelebihan dan Kekurangan HP Tecno CAMON 17 Ini!

Ditulis oleh Ahmad Tsalis - Diperbaharui 14 September 2021

Tecno memang memfokuskan diri sebagai produsen ponsel dengan harga terjangkau. Itulah mengapa seluruh HP mereka dijual di rentang harga 1-2 juta rupiah. Kendati demikian, Tecno mampu menciptakan empat seri sesuai dengan segmentasinya.

Empat seri itu adalah Camon, POVA, Spark, dan POP. Yang akan dibahas kali ini adalah Camon, sebuah seri yang kemampuan kameranya ditonjolkan. Seri Camon pertama kali muncul pada 2018, ketika Tecno meluncurkan Tecno Camon CM.

Sejak itu, beragam HP Tecno Camon Series terus bermunculan. Pada kuartal pertama 2021, Tecno mengeluarkan tiga HP seri ini, salah satunya adalah Tecno Camon 17. Kehadiran HP ini tentu saja menarik bagi mereka yang ingin punya HP dengan kamera bagus, tetapi budget-nya mepet.

Di sisi lain, Anda mungkin akan penasaran seperti apa kemampuan kamera HP yang harganya murah. Rasa penasaran Anda akan coba Carisinyal jawab melalui ulasan kelebihan dan kekurangan Tecno Camon 17 ini.

Ulasan yang kami tulis ini merupakan rangkuman pengalaman pakai dari berbagai penguji. Bagi Anda yang belum terlalu kenal dengan si ponsel, silakan baca spesifikasi utamanya seperti berikut.

Spesifikasi Tecno Camon 17

Simak 9 Kelebihan dan Kekurangan HP Tecno CAMON 17 Ini! 1
  • Rilis: Mei, 2021
  • Layar: IPS LCD 6,6 inci, HD+
  • Chipset: MediaTek Helio G85 (12 nm)
  • GPU: Mali-G52 MC2
  • RAM: 128 GB
  • Memori Internal: 4 GB, 6 GB
  • Memori Eksternal: microSD hingga 128 GB (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 48 MP + 2 MP + Lensa AI
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Kelebihan Tecno Camon 17

Ponsel kelas menengah memiliki karakter yang berbeda dari flagship. Ia tidak bisa jorjoran spesifikasi, tetapi bisa memaksimalkan beberapa sektor tertentu yang krusial. Poin-poin di bawah ini akan menjelaskan sektor mana saja yang jadi kelebihan dari ponsel kelas menengah Tecno Camon 17.

1. Desain

Simak 9 Kelebihan dan Kekurangan HP Tecno CAMON 17 Ini! 3Sumber: Tecno

Penampilan Tecno Camon 17 sebetulnya biasa-biasa saja. HP ini terkesan tampil sederhana dan apa adanya. Hal itu terlihat dari pilihan warna yang kalem tanpa ada ornamen atau garis-garis nyentrik pada penutup belakangnya. Ada tiga pilihan warna yang bisa dipilih dari HP ini: Frost Silver, Deep Sea, dan Tranquil Green.

Kesan tampil apa adanya makin terlihat karena sensor pemindai sidik jari ponsel ini masih ditaruh di bagian belakang. Hal tersebut kontras dengan kondisi depan, karena HP ini sudah menganut layar punch hole. Ya, layar Camon 17 punya lubang di sisi kiri atas sebagai tempat lensa kamera depan.

Walau terkesan sederhana, Tecno Camon 17 tetap punya hal mencolok, yakni logo "CAMON" di bagian kiri bawah penutup belakang. Logo tersebut dirancang sedemikian rupa sehingga bisa berkilauan seperti kaca. Bagian lain yang juga bisa memantulkan efek kilauan adalah grid (kisi-kisi) kedua modul kamera belakang yang ditempati empat lampu flash.

Penguji situs teknologi Techzim, Edwin Chabuka, bilang bahwa ada tekstur ala satin yang melapisi permukaan penutup belakang plastik HP ini. Tekstur satin tentu membuat pengalaman genggam terasa enak dan lembut.

Sementara itu, Oscar Frank, pemilik kanal YouTube Oscarmini, menilai, desain Tecno Camon 17 sederhana dan cukup ringan. Pernyataan Oscar seolah mengonfirmasi bahwa ponsel ini tidaklah berat.

Tecno memang tidak menyebut berapa gram berat ponsel dengan dimensi 164,5 x 76,5 x 9 mm ini. Hanya saja, situs GSM Choice menulis bahwa berat Tecno Camon 17 ada di angka 197 gram.

2. Layar Mulus

Simak 9 Kelebihan dan Kekurangan HP Tecno CAMON 17 Ini! 5Sumber: Tecno

Sektor tampilan Tecno Camon 17 diperkuat dengan layar 6,6 inci berjenis IPS LCD. Resolusi layar HP ini adalah HD+ (720 x 1600 piksel), berikut level kecerahan maksimal 450 nit. Selain itu, layar dengan rasio 20:9 ini mendukung laju penyegaran (refresh rate) hingga 90 Hz dan touch sampling rate 180 Hz.

Dua poin yang disebutkan terakhir merupakan sebuah hal yang patut diapresiasi untuk smartphone terjangkau. Laju penyegaran 90 Hz membuat navigasi terasa amat mulus. Begitu juga dengan sajian animasi saat menonton video ataupun bermain game.

Sementara itu, touch sampling rate 180 Hz memungkinkan sebuah layar merespons sentuhan jari dengan cepat. Artinya, jeda antara sentuhan dengan aksi yang ditimbulkan benar-benar singkat. Yang seperti ini dibutuhkan bagi seorang gamer.

Tidak ada satu pun penguji yang menyangkal kemulusan tampilan Tecno Camon 17. Anda pun diberi keleluasaan untuk menentukan laju penyegaran yang dipakai pada menu pengaturan. Bisa terus-terusan 90 Hz, otomatis menyesuaikan konten, atau 60 Hz agar konsumsi baterai awet.

3. Chipset

Simak 9 Kelebihan dan Kekurangan HP Tecno CAMON 17 Ini! 7Sumber: Tecno

MediaTek Helio G85 adalah chipset yang mengotaki Tecno Camon 17. Chipset ini sudah cukup berpengalaman karena telah mengudara sejak 2020. Namun, sebagian pihak meyakini bahwa chipset 12 nm ini masih oke dipakai smartphone kelas menengah yang muncul pada 2021.

Helio G85 terdiri atas dua klaster CPU. Klaster performa diisi dua inti Cortex A75 (2,0 GHz), sedangkan klaster hemat daya didukung enam inti Cortex A55 (1,8 GHz). Untuk pemrosesan grafis, ada GPU Mali-G52 MC2 (1 GHz) yang jadi andalan.

Kanal YouTube Tech Craze memperlihatkan skor AnTuTU 9 Tecno Camon 17 menyentuh angka 252.259. Skor tersebut cukup oke buat ponsel kelas menengah. Namun, skor dari aplikasi benchmark sintetis tidak selalu mencerminkan performa sehari-hari dari sebuah ponsel.

Nyatanya, para penguji tidak mengalami kendala berarti selama mengetes Tecno Camon 17. Oscar Frank bilang, performa multitasking HP ini dapat diandalkan. Pernyataan itu dibuat Oscar setelah menguji varian paling dasar HP ini, yakni yang memiliki RAM 4 GB dan memori internal 128 GB.

Adapun Edwin Chabuka juga merasakan pengalaman yang menyenangkan menggunakan HP ini. Menurut Chabuka, semua terasa mulus. Hal ini menandakan bahwa Camon 17 memang gegas.

Sementara itu, Camon 17 mampu menjalankan gim-gim populer masa kini. Misalnya, PUBG Mobile dapat dimainkan dengan lancar pada setelan grafis HD-high, menurut pengalaman Oscar Frank. Gim berat seperti Genshin Impact juga masih playable berdasarkan pengetesan yang dilakukan kanal YouTube Valor Reviews.

4. Kamera

TecnoSumber: Tecno

Inilah pembahasan yang paling penting dari HP ini, yaitu kemampuan kamera. Tecno Camon 17 dibekali tiga kamera belakang yang terdiri atas kamera utama 48 MP, sensor kedalaman 2 MP, dan lensa AI. Ketiga kamera ditunjang oleh empat lampu flash.

Penjelasan ini menegaskan bahwa Camon 17 punya tiga kamera belakang, kendati di modul kameranya terdapat empat lingkaran sebaris. Sementara itu, kamera depan ponsel ini memiliki resolusi 16 MP, dan ditemani oleh dua lampu flash.

Beberapa negara seperti Nigeria mendapatkan model dengan kamera depan 8 MP yang ditemani satu lampu flash. Adapun baik kamera belakang maupun kamera depan HP ini mampu merekam video hingga resolusi 2K (1440p pada 30 fps).

Hasil jepretan kamera Tecno Camon 17 ternyata benar-benar bagus. Menurut Edwin Chabuka, foto tangkapan kamera utama HP ini punya warna yang kaya, sangat detail, dan bersih. Sedikit noise terlihat pada bayangan objek bidikan, itu pun jarang.

Kemampuan low light kamera HP ini juga mantap karena fotonya cukup terang. Chabuka menduga, hal yang menyebabkan mengapa kualitas foto kamera Camon 17 bagus adalah keberadaan lensa AI. Lensa AI berfungsi untuk mendeteksi objek apa yang sedang dibidik, kemudian memberi saran kombinasi warna yang pas agar foto tampak lebih cerah.

Adapun tangkapan kamera depan Camon 17 juga cukup memuaskan. Menurut kami, gambar yang dihasilkan cukup detail, cerah, dan mampu menampilkan warna kulit manusia secara natural.

Sementara itu, video yang dihasilkan dari kamera HP in punya detail yang cukup. Meski demikian, warnanya belum begitu cerah dan penguncian fokus kadang tak tepat. Berikut contoh foto jepretan Tecno Camon 17:

5. Speaker Khusus dan Slot SIM

Tecno Camon 17 memang lain daripada HP Tecno yang lain. Pasalnya, ia punya speaker khusus yang letaknya ada di rangka bagian bawah. Speaker tersebut bersebelahan dengan port microUSB dan jack audio 3,5 mm. Ponsel Tecno seperti Tecno POVA 2 dan Tecno Spark 7 NFC yang tak punya speaker khusus.

Adanya speaker khusus merupakan jaminan bahwa sebuah HP mampu mengeluarkan suara lebih lantang dan jelas. Setidaknya, speaker khusus lebih lantang daripada earpiece yang merangkap sebagai speaker.

Mari beranjak dari rangka bagian bawah untuk menuju ke bagian samping kiri. Di posisi itu, Anda akan menemukan satu laci dengan tiga slot. Ya, slot dual SIM yang terpasang bersifat non-hybrid.

Artinya, dua kartu SIM dan satu kartu microSD bisa dipasang bersamaan. Memori internal HP ini yang sudah besar, 128 GB, dapat berlipat ganda karena microSD maksimal yang bisa dipasang adalah 128 GB.

6. Baterai

Simak 9 Kelebihan dan Kekurangan HP Tecno CAMON 17 Ini! 18Sumber: Tecno

Tecno Camon 17 membawa baterai litium polimer berukuran 5000 mAh. Ukuran ini terbilang besar lantaran standar kapasitas baterai ponsel masa kini ada di angka 4000-an mAh. Berdasarkan pengujian yang dilakukan Edwin Chabuka, ponsel ini mampu tembus dua hari pemakaian dalam sekali cas.

Daya tahan tersebut bisa dicapai jika ponsel digunakan dengan gaya pemakaian kasual. Chabuka menambahkan, baterai Camon 17 berkurang 36% setelah dia pakai untuk bermain gim, streaming video, dan merekam video selama 1 jam.

Selain didukung baterai 5000 mAh, Tecno Camon 17 dibekali teknologi pengisian cepat 18 W. Kata Oscar Frank, waktu pengecasan yang diperlukan agar baterai kosong HP ini bisa penuh adalah sekitar dua jam.

Kekurangan Tecno Camon 17

Tecno Camon 17 layaknya smartphone lainnya. Ia tidak absen dari catatan tertentu meskipun punya cukup banyak kelebihan. Nah, catatan itu akan kami jelaskan di bawah ini, untuk kemudian Anda nilai sendiri apakah catatan itu masuk dalam kekurangan atau tidak.

1. Port USB

HP keluaran 2021 ketinggalan zaman jika masih mengandalkan microUSB sebagai port alias penghubung daya dan data. Tecno Camon 17 pun belum beranjak dari port microUSB. Hal ini cukup disayangkan mengingat sudah ada banyak HP di kelas harganya yang beralih ke USB C.

Hal yang paling krusial ketika sebuah HP masih memakai port microUSB adalah kerentanan ketika salah colok. Selain itu, microUSB memang memiliki siklus lepas-colok yang pendek, yaitu hingga 1000 kali. Jumlah siklus ini 10 kali lebih sedikit daripada USB C. Lebih dari itu, kemampuan terbaiknya untuk menghubungkan akan berkurang.

2. Bloatware dan Iklan

Simak 9 Kelebihan dan Kekurangan HP Tecno CAMON 17 Ini! 22Sumber: Tecno

Tecno Camon 17 datang dengan sistem operasi Android 11 yang dibalut antarmuka HiOS 7.6. Beberapa penguji mengakui bahwa software yang terpasang pada Camon 17 ini berjalan cukup lancar. Antarmuka HiOS pun menyajikan berbagai fitur keren.

Salah satunya adalah fitur antimaling. Saat mengaktifkan fitur ini, HP akan menyalakan alarm jika charger atau earphone yang terhubung dilepaskan. Di sisi lain, HiOS juga membawa aplikasi prainstal alias bloatware yang banyak.

Nah, para penguji mengeluhkan hal itu. Alasannya, bloatware tersebut cukup mengganggu karena kerap mengirimkan bejibun notifikasi dan iklan yang tak diinginkan. Sekadar informasi, keberadaan aplikasi yang membawa banyak iklan adalah salah satu strategi produsen HP untuk memangkas harga jual suatu produk.

3. Sisi Minor Kamera

Simak 9 Kelebihan dan Kekurangan HP Tecno CAMON 17 Ini! 24Sumber: Tecno

Tangkapan kamera Tecno Camon 17 memang sudah diakui hasilnya. Ia mampu menghasilkan foto dengan baik dalam kondisi cahaya yang cukup maupun kurang. Meski begitu, ada satu hal mengganjal yang dirasakan oleh Edwin Chabuka.

Satu hal itu adalah adanya jeda atau delay pada saat mengambil gambar. Chabuka mengaku sudah menekan tombol shutter (rana). Namun, efek suara "cekrek" tanda bahwa gambar sudah dijepret, terlambat muncul.

Masalah ini mungkin tidak muncul ketika efek suara dimatikan. Hanya saja, Chabuka tidak menjelaskannya. Di luar itu, ia tidak memiliki masalah dengan kamera HP ini.

Selain masalah yang dialami Chabuka, ketiadaan kamera ultrawide mungkin menjadi catatan sendiri bagi Anda. Dengan tidak memiliki kamera ultrawide, Tecno Camon praktis tidak dapat menghasilkan gambar yang punya sudut pengambilan lebar.

Simpulan

Tecno Camon 17 memperlihatkan jati diri sebagai ponsel murah meriah yang bisa diandalkan sebagai pengabadi gambar. Hal ini mematahkan mitos bahwa seseorang harus keluar banyak duit jika ingin memiliki ponsel yang bisa bikin foto keren. Namun demikian, HP ini tidak mementingkan sektor fotografi melulu.

Pasalnya, dukungan laju penyegaran 90 Hz, baterai besar, slot microSD dan speaker khusus, memperlihatkan bahwa HP ini siap untuk dipakai dalam berbagai aktivitas. Di samping itu, Tecno Camon 17 juga punya desain yang oke dan chipset mumpuni.

Asalkan pengguna tidak mempermasalahkan hal-hal seperti port microUSB dan iklan, Tecno Camon 17 sangat layak untuk dilirik. Meski begitu, penilaian akhir tergantung pada preferensi masing-masing. Bagaimana menurut Anda, apakah HP ini cukup bagus?

Menu

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram