Carisinyal / Baterai / 10 Rekomendasi Merk Baterai Isi Ulang dengan Produk yang Bagus 2020

10 Rekomendasi Merk Baterai Isi Ulang dengan Produk yang Bagus 2020

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baterai isi ulang adalah salah jenis baterai yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Banyak produk teknologi yang memanfaatkan baterai isi ulang sebagai sumber dayanya. Ponsel kita misalnya, agar dapat digunakan berulang kali, maka sumber dayanya harus berasal dari baterai isi ulang. Jika tidak, maukah kita mengganti dan membeli baterai sekali pakai setiap hari?

Perangkat lainnya yang juga memerlukan daya baterai untuk dapat bekerja adalah kamera. Baterai yang digunakan kamera umumnya berbeda dengan baterai hp dari segi bentuk. Kamera menggunakan baterai isi ulang konsumen reguler yang biasa kita gunakan dalam beberapa peralatan rumah tangga.

Di dunia ini terdapat banyak perusahaan terkenal yang membuat baterai isi ulang. Berikut adalah beberapa produk baterai isi ulang dengan spesifikasinya masing-masing yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Panasonic Eneloop Pro

Panasonic Eneloop Pro

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Siapa yang masih belum mengenal brand Panasonic? Produknya sudah sering kita temui di mana-mana, dan merk ini juga salah satu produsen baterai ternama. Salah satu produk baterai rechargable terbaiknya adalah Panasonic Eneloop Pro yang banyak memberikan kemudahan bagi penggunanya.

Contohnya saja, ia memiliki kapasitas yang terbilang lebih besar dari kebanyakan baterai rechargable lainnya, yakni 2550 mAh untuk varian AA. Ini artinya baterai ini bisa mentenagai mouse, remote, atau yang lainnya dengan waktu yang lebih lama. Meski begitu, ia hanya mampu dicas sebanyak hingga 500 kali (kira-kira sekitar 5 tahun pemakaian).

Varian ukuran AA untuk satu pak yang berisikan 4 baterai dihargai sebesar Rp 200 ribuan. Sementara itu, varian baterai AAA memiliki kapasitas 950 mAh dan satu pak isi 4 bisa dibelli seharga Rp 175 ribuan.

2. Energizer Recharge Power Plus

Energizer Recharge Power Plus

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Untuk perangkat yang memiliki daya konsumsi baterai yang rendah, Carisinyal merekomendasikan Energizer Recharge Power Plus. Keunggulan utamanya adalah kapasitas baterai tidak cepat menurun bahkan setelah bertahun-tahun pemakaian. Ia bisa digunakan pada mouse, remote, atau jam dinding selama setahun lebih hanya dalam sekali cas.

Kapasitas dari baterai ini sebesar 2.000 mAh, sehingga masih memiliki performa yang OK jika dipakaikan pada perangkat dengan tingkat konsumsi tinggi. Oh iya, keunggulan lainnya adalah harganya yang cukup terjangkau. Untuk satu pak isi 2 baterai tipe AA, Anda bisa membelinya seharga Rp 82 ribu. Sedangkan, varian AAA dihargai sebesar Rp 50 ribuan.

3. Sony Cycle Energy

Sony Cycle Energy

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Inilah produk baterai rechargable lainnya yang berkualitas. Sony Cycle Energy memiliki kapasitas sebesar 2.000 mAh (baterai ukuran AA) dan mampu dipakaikan pada kamera digital untuk ratusan kali foto.

Sementara itu, Sony Cycle Energy juga diklaim memiliki umur pemakaian yang lama, yakni hingga 1.000 kali pengecasan. Artinya, baterai ini bisa dicas dan dipakai berkali-kali dalam jangka waktu yang sangat lama, bahkan bisa bertahun-tahun.

Belum lagi, Anda bisa membeli baterai ini sepaket dengan casannya. Cukup disayangkan waktu pengecasan hingga penuh agak lama yakni hingga 7 jam. Meski begitu, waktu pengecasan ini masih terbilang normal di kalangan baterai batang isi ulang. Dapatkan 4 batang baterai AA beserta casannya seharga Rp 260 ribu.

4. Panasonic Eneloop

Panasonic Eneloop

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Inilah produk baterai isi ulang Panasonic lainnya yang bisa didapatkan. Tidak mengusung nama “Pro”, baterai ini memang memiliki kapasitas yang lebih rendah dari varian suksesornya. Kapasitas minimal baterai Panasonic Eneloop sebesar 1900 mAh. Meski kapasitasnya lebih rendah, ia memiliki siklus pengisian yang lebih besar, yakni bisa dicas hingga 2.100 kali.

Anda pun tidak perlu khawatir soal pemakaian Panasonic Eneloop dalam jangka waktu panjang, karena ia memiliki tingkat discharge retention yang baik – bahkan pada tahun kelima pemakaian, kapasitas dari baterai hanya berkurang sebesar 25%-nya saja. Untuk mendapatkaan satu pak isi 4 baterai AA, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 160 ribuan.

5. GP ReCyko+ Pro

GP ReCyko+ Pro

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Meski bukan berasal dari merk ternama seperti Panasonic ataupun Energizer, unit baterai yang satu ini tetap memiliki kemampuan yang tidak bisa diremehkan. Kapasitasnya yang sebesar 2.000 mAh cukup mampu mentenagai gawai seperti kamera dan juga bisa mentenagai jam dinding atau remote selama kurang lebih setahun.

Siklus pengecasannya juga cukup tinggi – sekitar 1.500 kali pengecasan. Meski tidak sebanyak Panasonic Eneloop, siklus ini masih terbilang di atas kebanyakan baterai lain yang hanya 1.000 kali pengecasan. Jika memiliki baterai ini, Anda tidak perlu mencari penggantinya dalam waktu yang lama.

Setelah dipakai 5 tahun, 70% dari kapasitas baterai tetap terjaga dan masih dalam kondisi cukup prima untuk pemakaian berkelanjutan. Seolah tidak cukup, value yang bisa Anda dapatkan sangat tinggi untuk nominal uang yang diberikan. Dengan Rp 175 ribu saja, Anda bisa mendapatkan 4 buah baterai AA beserta casannya. Tertarik?

6. Sanyo Eneloop Harmolattice

Sanyo Eneloop Harmolattice

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Jika Anda mencari baterai dengan kapasitas yang besar namun dengan harga yang sangat terjangkau, Sanyo Eneloop Harmolattice ini bisa menjadi solusi. Dilihat dari spesifikasinya, Anda sungguh akan mendapatkan value for money yang tinggi mengingat kapasitasnya yang mencapai 2.500 mAh.


Meski begitu, ia memiliki siklus pengecasan yang tidak begitu besar, yakni hanya bisa dicas sebanyak 500 kali. Selain itu, kemampuannya untuk menjaga kapasitasnya bisa dibilang kurang – setelah 1 tahun, ia sudah kehilangan 25% dari kapasitas totalnya. Namun jika dilihat dari pro dan kontranya, baterai Sanyo ini layak didapatkan dengan harganya yang hanya Rp 150 ribuan untuk 4 baterai AA.

7. IKEA LADDA 2450mAh

IKEA LADDA 2450mAh

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Produk IKEA memang cukup lekat dengan stigma harga terjangkau tapi tetap memiliki fungsionalitas yang tinggi, tercermin dari berbagai jenis furnitur yang bisa Anda lihat di tokonya. Tapi perlu diingat harga murah tidak selamanya mencerminkan kualitas.

Sebagai contoh, baterai isi ulang IKEA LADDA yang diproduksinya memiliki kapasitas sebesar 2.450 mAh – angka ini termasuk pada deretan yang tertinggi di kalangan baterai isi ulang terbaik.

Selain itu, IKEA LADDA diklaim memiliki discharge retention yang baik sehingga aman untuk disimpan tanpa terlalu mengurangi kapasitas maksimalnya. Baik untuk dipakai perangkat flash ataupun barang dengan konsumsi daya rendah, IKEA LADDA adalah baterai yang solid untuk memenuhi kebutuhan Anda. Berminat memilikinya? Baterai ini dijual seharga Rp 150 ribu saja untuk varian AA isi 4 baterai.

8. Panasonic Eneloop Lite

Panasonic Eneloop Lite

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Jika sedari tadi Anda disuguhkan baterai Eneloop dengan kapasitas besar, (2000 dan 2500 mAh), maka ada satu hal unik dari Panasonic Eneloop Lite ini. Kapasitasnya cukup mini – hanya sebesar 1.000 mAh saja. Lho, lantas keunggulan apa yang bisa ditawarkan?

Baterai ini mengkompensasikan kapasitasnya yang kecil dengan siklus pengecasan yang lebih besar dari kebanyakan baterai. Anda bisa mengecas Panasonic Eneloop Lite hingga sebanyak 3.000 kali. Artinya, tentu baterai ini lebih cocok untuk mouse atau gamepad serta benda-benda lain yang tingkat konsumsi dayanya rendah, ketimbang kamera digital yang sering pakai flash.

Dengan begini, baterai pun akan bertahan untuk jangka waktu yang lebih lama ketimbang baterai lain – hal ini didukung dengan tingkat penyusutannya yang cukup rendah, yakni hanya 35% setelah lima tahun pemakaian. Untuk satu pak isi 4 baterai AA, Anda bisa membelinya seharga Rp 125 ribu.

9. Camelion Always Ready AA 2000mAh

Camelion Always Ready AA 2000mAh

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Merk baterai isi ulang berikutnya yang akan dibahas adalah Camelion. Ini adalah sebuah perusahaan pembuat baterai yang juga cukup ternama seperti Panasonic dan Energizer. Salah satu seri dari varian baterai isi ulangnya adalah AlwaysReady – baterai ini sudah precharged sehingga bisa langsung dipakai setelah pembelian.

Cukup beragam varian kapasitas yang bisa didapatkan, dari 800 mAh hingga yang paling tinggi adalah 2.000 mAh. Untuk varian dengan kapasitas 2.000 mAh, ia memiliki ketahanan kapasitas yang cukup baik selama setahun. Dengan kemampuan low self discharge yang dimilikinya, sebagian besar kapasitas akan tetap terjaga untuk pemakaian jangka lama. Untuk harganya, dapatkan satu pak baterai isi 4 seharga Rp 200 ribuan.

10. GP Sanyo 1000mAh

GP Sanyo 1000mAh

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Inilah produk baterai lainnya yang memiliki kapasitas yang rendah. Sama seperti Panasonic Eneloop Lite, baterai ini juga memiliki siklus pengecasan yang terbilang sangat baik. Di antara keduanya, baterai ini memiliki harga yang lebih murah, yakni hanya Rp 30 ribuan untuk varian tipe AAA.

Anda perlu mengecasnya terlebih dahulu sebelum dipakai. Selain itu, Anda tidak sebaiknya mengecas baterai ini menggunakan casan yang bukan dari merk Sanyo agar tidak terjadi malfungsi pada baterai. Jika Anda sudah memiliki casan merk Sanyo, atau menginginkan baterai isi ulang dengan harga super murah, produk ini cukup layak dipertimbangkan.

Itulah beberapa produk baterai isi ulang yang berasal dari merk terkenal. Sebagian merk di atas sudah melanglangbuana dan menjadi pilihan banyak keluarga Indonesia.

Baterai isi ulang dapat dibeli dengan mudah di banyak toko elektronik, baik online maupun offline. Jika Anda sedang membutuhkan produk ini dan ingin mendapatkannya dengan mudah, kami menyarankan untuk membeli mereka di toko online.

Harga baterai isi ulang sendiri bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah. Beberapa brand di atas juga menyediakan produk pengisi daya atau charger untuk baterai isi ulang mereka. Dan untuk masa pakainya juga bisa berbeda-beda untuk setiap merk dan model baterai.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *