carisinyal web banner retina

Harga dan Spesifikasi OPPO A38: Smartphone Terjangkau dengan Fitur Unggulan

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha pada 08/09/2023

Ckup kaget ketika ada e-mail rilis bahwa OPPO A38 diumumkan kehadiran resminya di Indonesia pada 8 September 2023. Kekagetan saya beralasan mengingat jika menilik media sosial OPPO Indonesia, OPPO bakalan hadirkan OPPO A98 5G setelah rilis OPPO Reno10 Series..

Namun, ternyata OPPO Indonesia hadirkan terlebih dahulu OPPO A38. Smartphone ini dijanjikan akan menjadi pendamping harian yang andal dan tentu punya spesifikasi yang tak kalah menarik.

Ditopang oleh chipset MediaTek Helio G85, perangkat ini menjanjikan pengalaman pengguna yang lancar dan waktu operasi baterai yang impresif. Kamera AI 50MP, Layar Sunlight 90Hz, dan Mode Volume Ultra menjadi beberapa dari fitur andalan yang siap mengoptimalkan pengalaman pengguna sehari-hari.

Fitur dan Keunggulan OPPO A38

OPPO A38

OPPO A38 memiliki layar IPS LCD berukuran 6,5 inci dengan resolusi HD Plus (1.612 x 720 piksel). Layar ini didukung dengan refresh rate 90 Hz, color gamut DCI-P3 100 persen, dan tingkat kecerahan hingga 720 nits. Selain itu, layar ini juga memiliki rasio layar ke bodi 91,4 persen dan touch sampling rate 90 Hz.

Di sektor kamera, OPPO A38 dibekali dengan dua kamera belakang dan satu kamera depan. Kamera belakangnya terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.8) yang didukung kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dan kamera portrait 2 MP (f/2.4). Kamera depannya memiliki resolusi 5 MP (f/2.2).

OPPO A38 juga menyediakan sejumlah fitur fotografi yang menarik, seperti AI Portrait Retouching untuk memoles foto jadi lebih baik tetapi tetap natural, Portrait Bokeh untuk memberikan efek buram di latar belakang foto, dan Ultra Volume 300 persen untuk meningkatkan volume suara saat merekam video.

Dari segi performa, OPPO A38 ditenagai oleh chipset MediaTek Helio G85 yang memiliki kecepatan hingga 2,2 GHz. Chipset ini dipadukan dengan RAM 4 GB yang dapat diperluas hingga 4 GB dengan meminjam sementara kapasitas penyimpanan ponsel. Jadi, total RAM yang bisa didapat pengguna adalah hingga 8 GB.

OPPO A38

Untuk penyimpanannya, OPPO A38 memiliki kapasitas internal 128 GB yang masih bisa ditambah dengan kartu microSD hingga 1 TB. Smartphone ini juga mendukung slot SIM card dual yang terpisah dari slot microSD.

OPPO A38 menjalankan sistem operasi Android 13 dan antarmuka (UI) ColorOS 13.1. Sistem operasi ini menawarkan berbagai fitur baru dan peningkatan performa. Selain itu, OPPO A38 juga memiliki sensor sidik jari yang menyatu dengan tombol power, jack audio 3,5 mm, dan sertifikat IP54 dan IPX4 yang membuatnya tahan debu dan percikan air.

Untuk dayanya, OPPO A38 dibekali dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh yang didukung dengan teknologi pengisian cepat SuperVOOC 33W. Menurut OPPO, teknologi ini bisa mengisi daya OPPO A38 hingga 50 persen dalam waktu 30 menit. Adapun durasi pengisian daya hingga penuh adalah sekitar 75 menit.

Harga OPPO A38

Harga OPPO A38

Harga OPPO A38 di Indonesia dibanderol Rp 2.099.000 dan  tersedia di Indonesia mulai 8 September 2023 di OPPO Store, toko mitra resmi, OPPO Online Store, serta platform e-commerce terkemuka lainnya di Indonesia.

Smartphone ini tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu Glowing Black dan Glowing Gold. OPPO A38 bisa menjadi pilihan bagi pengguna yang mencari smartphone terjangkau dengan fitur unggulan.

Menilik spesifikasi dan harganya, saya yakin OPPO A38 bakal laku keras. Terlebih hadirnya sertifikat IP54 dan IPX4 yang membuatnya tahan debu dan percikan air, membuat OPPO A38 punya target pasar sendiri. Contohnya, para pengguna yang sering berada di luar ruangan dan memakai HP di berbagai kondisi.

Contoh yang paling kentara target pasar dari HP ini adalah para driver online. Saat polusi udara yang cukup pelik di kota besar, atau terkadang nanti hujan datang tiba-tiba, OPPO A38 bisa jadi HP terjangkau yang cukup oke diandalkan.

Spesifikasi OPPO A38

OPPO A38
Layar LTPS LCD 6.56 inci
Chipset MediaTek Helio G85
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (monochrome)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli
cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram