carisinyal web banner retina

Samsung Galaxy A04, HP Lifestyle Paling Murah Buat Gen Z

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna pada 22/10/2022

Samsung Indonesia resmi merilis HP terbarunya yaitu Samsung Galaxy A04 pada Oktober 2022. HP ini masuk ke dalam jajaran HP entry-level yang dibanderol dengan harga murah yaitu hanya sejutaan saja. Hal itu ditujukan agar bisa lebih menjangkau ke berbagai lini di masyarakat.

“Dengan menghadirkan teknologi yang sebelumnya hanya tersedia di lini smartphone kelas flagship maupun mid ke lini smartphone entry, kami ingin agar inovasi-inovasi terbaik Samsung dapat menjangkau masyarakat lebih luas lagi.” ujar Ricky dalam jumpa Pers secara virtual pada 21 Oktober 2022.

Meskipun dibanderol dengan harga yang terjangkau, Samsung Galaxy A04 ini membawa spesifikasi dan fitur yang cukup baik di kelasnya. Ricky juga menambahkan bahwa HP ini sangat cocok bagi Gen Z yang seringkali merasa FOMO terhadap tren yang sedang ramai. Karena HP ini siap digunakan untuk mengikuti tren yang sedang berlangsung.

Lantas, apa saja keunggulan yang dimiliki HP ini untuk menunjang lifestyle kekinian para Gen Z? Apakah Samsung Galaxy A04 ini lebih baik dari pendahulunya? Untuk mengetahui jawabannya, sila simak artikel ini sampai habis.

Harga dan Ketersediaan

samsung galaxy a04 6_

Satu hal yang perlu diketahui pertama kali adalah HP ini memiliki harga yang sangat terjangkau. Samsung Galaxy A04 ini dipasarkan dengan harga Rp1.499.000 untuk varian RAM 3 GB dan memori internal 32 GB. RAM yang dimiliki HP ini memang dirasa kurang, tetapi Anda masih bisa menambah kapasitasnya menggunakan fitur RAM Plus.

Sementara itu, untuk varian RAM 4 GB dan memori internal 64 GB dibanderol dengan harga Rp1.799.000 saja. Varian ini juga memiliki Fitur RAM Plus untuk menambah kapasitas RAM-nya.

Anda sudah bisa membeli HP ini di situs resmi Samsung atau toko online yang tersedia. Untuk warnanya juga Samsung menyediakan tiga varian warna yang kekinian, yaitu Copper, Green, dan Black.

Spesifikasi Kamera Utama 50 MP

galaxy-a04

Samsung sadar bahwa kamera sudah menjadi sektor penting yang dibutuhkan dan dicari oleh para Gen Z. Sebagai HP Lifestyle, Samsung Galaxy A04 tentu menawarkan resolusi kamera tinggi dengan kemampuannya yang baik untuk kebutuhan dalam bermedia sosial.

Samsung Galaxy A04 dibekali dua kamera di bagian belakang dengan kamera utama 50 MP (f/1.8) dan kamera depth 2 MP (f/2.4). Resolusi ini tentu saja sudah lebih baik dibandingkan dengan pendahulunya. Kamera ini juga dilengkapi oleh LED Flash dan autofocus yang bisa membantu menghasilkan gambar yang lebih baik.

Sementara untuk kebutuhan selfie, HP ini memiliki kamera depan atau selfie 5 MP yang tersimpan di dalam notch berbentuk v di bagian depan. Kamera ini tentu sudah dibekali fitur Fixed Focus.

Beralih ke perekaman videonya, Samsung Galaxy A04 ini memang dirancang untuk kebutuhan bermedia sosial. Pasalnya, dengan harga yang murah, HP ini sudah bisa merekam dengan kualitas 1080p 30 fps. Resolusi yang dicapai tersebut sudah cukup baik untuk menghasilkan konten yang sedang tren di TikTok, Instagram, atau media lainnya.

Performa Oke di Kelasnya

galaxy-a04

Berbicara mengenai performa, Samsung Galaxy A04 ini sudah memiliki performa yang oke di kelasnya. Berbeda dari pendahulunya, HP ini memiliki performa yang lebih kencang karena telah menggunakan chipset MediaTek Helio P35.

Chipset ini ditenagai oleh delapan core yang mumpuni karena mampu mencapai frekuensi 2,3 GHz. Performa HP ini juga didukung oleh GPU yang telah ditingkatkan yaitu Imagination PowerVR GE8320 yang memiliki frekuensi hingga 680 MHz.

Dengan menggunakan chipset ini, Anda tidak perlu khawatir lagi soal lag atau lemot ketika digunakan untuk bermedia sosial, bahkan bermain game. Sebab, Samsung Galaxy A04 ini juga telah dibekali penyimpanan memori yang cukup luas dengan mengoptimalkan ekspansi memori yang dihadirkan.

Chipset tersebut akan dipadukan dengan penyimpanan RAM 3 GB/4 GB. Namun, jika Anda masih merasa kurang, Anda bisa menambah memori RAM tersebut dengan RAM Plus hingga 4 GB. Kemudian, terdapat penyimpanan internal 32 GB/64 GB yang masih bisa diekspansi menggunakan microSD hingga 1 TB.

Kapasitas Baterai Besar dan Awet

galaxy-a04

Agar tidak ketinggalan tren yang sedang berlangsung di media sosial, Anda diharuskan untuk tetap aktif. Oleh karena itu, Samsung Galaxy A04 ini dibekali kapasitas baterai yang cukup besar di kelasnya hingga 5000 mAh.

Dengan kapasitas tersebut, Anda bisa bebas melakukan aktivitas multimedia seharian. Mulai dari mengecek berita di media-media kesukaan Anda di pagi hari baik itu Instagram, TikTok, dan sebagainya. Hingga sore hari datang sehingga Anda tidak akan ketinggalan berita apa pun.

Baterai Samsung Galaxy A04 ini bisa awet karena didukung oleh fitur AI-Powered Management yang pintar dalam mengatur daya baterai. Fitur ini bisa mengubah Power Saving Mode secara otomatis untuk menghemat daya baterai. Serta mematikan penggunaan aplikasi di latar belakang agar daya tahan baterai lebih optimal.

Tidak hanya unggul dalam kapasitasnya, Samsung Galaxy A04 ini juga telah didukung oleh fitur fast charging hingga 15 W. Kecepatan tersebut merupakan salah satu peningkatan dan sudah cukup cepat untuk HP di kelasnya. Dengan adanya fitur tersebut, durasi pengisian daya tidak akan terlalu memakan waktu lama sehingga HP ini selalu siap digunakan.

Layar Luas yang Kece

galaxy-a04

Beralih ke bagian layarnya, HP ini dibekali oleh panel IPS LCD yang cukup luas yaitu 6,5 inci. Dilengkapi oleh Infinity V-Display, layar HP ini sudah mampu mencapai resolusi HD+ atau 720 x 1600 piksel dengan kerapatan piksel mencapai 270 ppi. Resolusi tersebut sudah cukup baik di kelas harganya ditambah refresh rate yang lumayan tinggi yaitu 60 Hz.

Memiliki layar yang luas menjadi salah satu keunggulan untuk meningkatkan kenyamanan dalam penggunaannya, misalnya untuk aktivitas multimedia atau bermain game. HP ini bisa dibilang sudah cukup memenuhi persyaratan tersebut terlebih lagi rasio bodi ke layarnya mencapai angka 83,1%.

Kehadiran Dolby Atmos

galaxy-a04

Salah satu fitur menarik lainnya yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A04 ini adalah hadirnya fitur Dolby Atmos untuk audionya. Dolby Atmos sendiri sangat jarang ditemukan di HP mid-range, sehingga kehadiran fitur tersebut untuk kelas entry-level menjadi hal yang sangat menarik.

Memiliki layar yang cukup lebar dengan kualitas oke, ditambah audio dari Dolby Atmos, HP ini sangat cocok digunakan untuk menonton video atau film dengan kualitas audio seperti di bioskop. Namun, satu hal yang harus diperhatikan adalah fitur tersebut bisa diaktifkan jika Anda menyambungkannya dengan Galaxy Buds.

Simpulan

Secara keseluruhan, Samsung Galaxy A04 yang dihargai sejutaan atau Rp1.499.000 ini sudah memiliki spesifikasi yang sangat baik. Dengan hanya mengeluarkan budget yang sedikit, Anda sudah bisa mendapatkan Key Awesome Feature dari Galaxy A04.

Key Awesome Feature tersebut terdiri dari Awesome Camera dengan kamera utama beresolusi tinggi hingga 50 MP, Awesome Performance dengan prosesor kencang yang dipadukan dengan penyimpanan memori luas, dan Awesome Battery yang memiliki ketahanan daya baik oleh AI-Powered Management serta adanya fast charging 15 W.

Nah, dengan berbagai keunggulannya yang dimilikinya, apakah Anda merasa tertarik untuk memiliki HP terbaru dari Samsung yaitu Samsung Galaxy A04 ini?

Spesifikasi Samsung Galaxy A04

Samsung Galaxy A04
Layar PLS LCD 6.5 inci
Chipset MediaTek Helio P35
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram