carisinyal web banner retina

6 Perbedaan Samsung Galaxy A13 5G dan Samsung Galaxy A14 5G

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

Tahun baru, HP baru. Samsung menjadi salah satu merek HP yang memperkenalkan produk terbarunya di awal 2023. HP tersebut adalah Samsung Galaxy A14 5G, HP murah dengan spesifikasi unggul di kelasnya.

Samsung Galaxy A14 5G ini merupakan penerus dari Samsung Galaxy A13 5G yang rilis pada Maret 2022. Berbeda dengan pendahulunya, Samsung Galaxy A14 5G ini hadir secara global dengan dua varian chipset yaitu Exynos 1330 dan MediaTek Dimensity 700. Hanya saja, yang masuk ke pasar Indonesia hanya versi Dimensity 700 saja.

Sebagai penerus, Samsung Galaxy A14 5G ini tentu memiliki beberapa peningkatan untuk beberapa sektornya. Meski tidak banyak, berikut adalah beberapa perbedaan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A13 5G dan Samsung Galaxy A14 5G. Sebelum masuk ke pembahasan, simak terlebih dahulu spesifikasi dari masing-masing HP berikut ini, ya.

Spesifikasi Samsung Galaxy A13 5G

Samsung Galaxy A13 5G
Layar PLS TFT 6.5 inci
Chipset MediaTek Dimensity 700
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi Samsung Galaxy A14 5G

Samsung Galaxy A14 5g dark red
Layar PLS LCD 6.6 inci
Chipset MediaTek Dimensity 700
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Perbedaan Samsung Galaxy A13 5G dan Galaxy A14 5G

Kehadiran Samsung Galaxy A14 5G ini membuktikan bahwa Samsung cukup serius dalam menyediakan HP 5G di harga terjangkau. Sama-sama dibekali jaringan 5G dan chipset Dimensity 700, berikut adalah beberapa perbedaan Samsung Galaxy A13 5G dan Galaxy A14 5G. Silakan simak sampai habis, ya.

1. Desain Minimalis dengan Warna Trendy yang Beragam

Samsung Galaxy A13 5G

Secara tampilan baik dari depan atau belakang, kedua HP ini memiliki desain yang cukup identik. Kedua HP ini tidak memakai modul untuk menyimpan kameranya, tetapi langsung meletakkannya di atas bodi. Hal inilah yang membuat kedua HP ini terlihat lebih minimalis dan rapi.

Hanya saja, Samsung Galaxy A14 5G ini menawarkan varian warna yang lebih banyak dan trendi. Berbeda dengan Galaxy A13 5G yang hanya menyediakan warna hitam saja, Galaxy A14 5G hadir dengan tiga warna berbeda. Warna yang ditawarkan adalah Black, Dark Red, dan Silver.

Selain itu, jika Anda melihat secara lebih dekat atau memegangnya secara langsung, akan terasa perbedaannya. Benar, Samsung Galaxy A14 5G ini memiliki tekstur yang khas. Bahkan, ketika Anda menggesekkan kuku ke bodi belakangnya maka akan muncul suara dari teksturnya.

Samsung Galaxy A14 5G

Samsung Galaxy A14 5G ini juga memiliki bodi yang lebih datar layaknya HP kelas atas. Sementara Galaxy A13 5G memiliki bodi yang lebih bulat di setiap sisinya. Meski memiliki bodi lebih datar, Galaxy A14 5G tetap nyaman untuk digenggam karena frame-nya dibuat sedikit membulat.

Untuk dimensi dan bobot yang dimiliki oleh kedua HP ini juga berbeda. Samsung Galaxy A14 5G hadir dengan ukuran yang sedikit lebih besar. Dimensi yang dimilikinya yaitu 167,7 x 78 x 9,1 mm dengan bobot 202 g. Sementara Galaxy A13 5G memiliki dimensi 164,5 x 76,5 x 8,8 mm dengan bobot 195 g saja.

2. Resolusi Layar HD Plus vs FHD Plus

galaxy a14 5g

Pada bagian layarnya, Samsung Galaxy A14 5G tetap mempertahankan refresh rate 90 Hz dari pendahulunya. Panel yang digunakannya juga IPS LCD yang terkenal akan ketahanannya.

Meski begitu, bukan berarti Galaxy A14 5G tidak memiliki peningkatan di sektor layar. Buktinya, resolusi yang dimilikinya sudah jauh lebih baik yaitu mencapai FHD atau Full HD Plus 1080 x 2408 piksel. Bahkan, angka ppi yang dihasilkannya juga jauh di atasnya yaitu 400 ppi.

Dengan resolusi yang dimilikinya, visual yang dimilikinya menjadi lebih jernih. Apalagi didukung oleh ukuran layar lebih besar yaitu 6,6 inci yang cocok digunakan untuk menonton.

Sementara Galaxy A13 5G hanya memiliki layar berukuran 6,5 inci. Resolusinya pun masih mentok di kualitas HD Plus atau 720 x 1600 piksel.

3. Konfigurasi Memori yang Ditawarkan

Samsung Galaxy A13 5G

Sektor lain yang memiliki perbedaan di antara keduanya adalah di bagian memorinya. Meski Galaxy A14 5G ini memiliki varian yang sama untuk versi global, varian yang masuk ke Indonesia hanya satu. Galaxy A14 5G hadir dengan varian RAM 6 GB dan internal 128 GB.

Meski hanya satu varian, kapasitas RAM tersebut sudah cukup besar. Apalagi didukung oleh fitur RAM Plus yang bisa memperluas RAM hingga 6 GB. Tidak hanya RAM, memori internal HP ini juga masih bisa diperluas menggunakan microSD hingga 1 TB. Kapasitas tersebut sudah sangat cukup untuk menjalankan berbagai aplikasi atau game dengan lancar.

Sementara itu, Galaxy A13 5G yang hadir secara global menawarkan kapasitas memori yang lebih bervariasi. Kapasitas RAM yang ditawarkannya mulai dari 4 GB dan 6 GB, sedangkan internalnya 128 GB dan 256 GB. Mirip seperti penerusnya, HP ini juga sama-sama dibekali fitur RAM Plus dan slot khusus untuk microSD.

Kapasitas RAM dan internal yang digunakan memang mampu memengaruhi performa yang dihasilkan. Hanya saja, karena kedua HP ini menggunakan chipset yang sama, performanya juga tidak akan jauh berbeda.

Baik Galaxy A13 5G atau Galaxy A14 5G, keduanya dibekali chipset MediaTek Dimensity 700. Berkat chipset ini juga akhirnya HP murah sekali pun sudah memiliki jaringan 5G di dalamnya. Tidak hanya itu, chipset ini juga terkenal akan performanya yang tangguh di kelasnya, serta memiliki efisiensi daya yang baik.

4. Resolusi Kamera Selfie yang Ditingkatkan

galaxy a14 5g

Beralih ke sektor kameranya, kedua HP ini memiliki kemampuan yang cukup mirip. Di bagian belakangnya, kedua HP mengandalkan kamera utama 50 MP (f/1.8). Kamera ini sudah cukup oke, apalagi didukung oleh autofocus. Gambar yang dihasilkan tentu akan menjadi lebih jernih dan tajam.

Sementara itu, jika beralih ke bagian depan terdapat kamera selfie yang ditingkatkan. Samsung Galaxy A13 5G memiliki kamera selfie 5 MP (f/2.0) saja. Sedangkan Galaxy A14 5G dibekali kamera selfie 13 MP (f/2.0). Meski begitu, kedua HP ini mampu menghasilkan rekaman video di kualitas 1080p dengan 30 fps.

Peningkatan resolusi tersebut menandakan bahwa HP ini memang ditujukan untuk anak muda. Sebab, dengan resolusinya mampu membuat hasil foto atau video menjadi lebih jernih. Anda bisa membuat konten Instagram Story atau TikTok dengan kualitas yang oke.

5. Kelengkapan Konektivitas dan Sensor

galaxy a14 5g

Sebenarnya, konektivitas dan sensor yang dimiliki kedua HP ini tidak jauh berbeda. Bahkan, persamaannya jelas lebih banyak. Hanya saja, dalam hal konektivitas, Galaxy A14 5G memiliki Bluetooth dengan versi yang lebih baru. Jenis Bluetooth yang digunakan adalah 5.2.

Meski bukan hal yang terlalu besar, Bluetooth 5.2 ini akan Anda rasakan ketika hendak menyambungkan dengan perangkat lain seperti earphone. Bluetooth 5.2 ini memiliki koneksi yang lebih cepat dan stabil ketika dihubungkan dari jarak jauh. Selain itu, konsumsi dayanya menjadi lebih efisien, latensi lebih rendah, dan kualitas suara menjadi lebih baik.

Sementara itu, dalam kelengkapan sensornya, kedua HP ini bisa dibilang saling mengungguli. Misalnya, Galaxy A13 5G ini sudah dibekali sensor barometer, sedangkan Galaxy A14 5G hanya menyediakan sensor ini untuk pasar USA saja. Fungsi dari sensor ini adalah untuk mengukur tekanan udara, perubahan cuaca, hingga menghitung ketinggian.

Di sisi lain, Galaxy A14 5G ini lebih unggul karena memiliki sensor proximity sebagai hardware. Sementara proximity pada Galaxy A13 5G masih berupa software. Sensor proximity memiliki fungsi untuk melindungi layar sentuh dari sentuhan yang tidak disengaja. Biasanya, sensor ini akan aktif ketika Anda menempelkan HP ke telinga saat menelepon.

6. Harga dan Ketersediaan

Samsung Galaxy A14 5G

Samsung Galaxy A13 5G ini hanya dipasarkan di Amerika Serikat saja. Varian warna yang ditawarkan hanya satu yaitu Black. Untuk harganya sendiri, Samsung Galaxy A13 5G ini dijual dengan harga mulai dari 249,99 Dollar AS atau sekitar Rp3,7 jutaan.

Sementara itu, Samsung Galaxy A14 5G sebagai penerusnya justru rilis secara resmi di Indonesia. HP ini hadir dengan tiga warna berbeda yaitu Black, Dark Red, dan Silver. Untuk varian RAMnya, hanya tersedia RAM 6 GB dan internal 128 GB dengan harga Rp2,9 jutaan saja.

Simpulan

Dengan kehadiran Samsung Galaxy A14 5G di Indonesia, Samsung membuktikan bahwa ia benar-benar memiliki komitmen untuk menghadirkan HP murah dengan jaringan 5G. Tidak hanya itu, HP ini juga didukung oleh performa dari chipset MediaTek Dimensity 700 yang unggul di kelasnya.

Sebagai penerus dari Galaxy A13 5G, tentu saja Galaxy A14 5G ini hadir dengan beberapa keunggulan. Salah satunya adalah varian warna yang ditawarkan lebih beragam. Kemudian kemampuan layarnya juga sudah mencapai Full HD Plus yang membuat tampilan visual menjadi lebih jernih dan tajam.

Tidak lupa dengan kemampuan kameranya. Meski kedua HP ini sama-sama mengandalkan kamera utama 50 MP, kamera depannya memiliki resolusi yang berbeda. Galaxy A14 5G hadir dengan resolusi yang lebih tinggi yaitu 13 MP.

Perbedaan dari kedua HP ini memang tidak terlalu banyak, baterainya pun berkapasitas sama yaitu 5000 mAh. Kapasitas ini cukup awet untuk penggunaan sehari-hari. Apalagi didukung oleh fitur fast charging 15 W. Bagaimana, apakah Anda lebih tertarik dengan Samsung Galaxy A13 5G atau Galaxy A14 5G?

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram