Carisinyal / Perbedaan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus yang Harus Anda Ketahui

Perbedaan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus yang Harus Anda Ketahui

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Maret 2019

Selain sukses dengan jajaran iPhone seri X, Apple juga sempat mendulang kesuksesan dengan kehadiran duo iPhone seri 7 yang sempat menggebrak dunia smartphone dengan kemunculan kamera ganda berlensa telefoto yang mampu menghasilkan foto ala-ala kamera DSLR.

Nah, Carisinyal akan membahas mengenai perbedaan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, khusus untuk Anda yang penasaran atau bahkan ingin membeli salah satunya, namun bingung harus memilih yang mana. Daripada bingung, mending simak langsung saja pembahasannya di bawah ini, deh.

Spesifikasi iPhone 7

  • Chipset: Apple A10 Fusion (16 nm)
  • RAM & Memori: 2 GB & 256 GB
  • Kamera: 12 MP
  • Baterai: Li-Ion 1960 mAh
  • Kisaran Harga: -

Spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi iPhone 7 Plus

  • Chipset: Apple A10 Fusion (16 nm)
  • RAM & Memori: 3 GB & 256 GB
  • Kamera: Dual 12 MP + 12 MP
  • Baterai: Li-Ion 2900 mAh
  • Kisaran Harga: -

Spesifikasi selengkanya…

Perbedaan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus

1. Ukuran Layar Berbeda

perbedaan iphone 7 dan iphone 7 plus

* sumber: www.techradar.com

Salah satu perbedaan dari kedua HP ini terletak pada ukuran layarnya. HP iPhone seri 7 memiliki ukuran layar sebesar 4,7 inchi dengan resolusi 1334 x 750 piksel. Rasio layarnya sendiri berukuran 16:9 dengan ukuran screen to body ratio 65,6 persen.

Sementara iPhone 7 Plus memiliki ukuran layar yang lebih besar ketimbang iPhone 7. Ukuran layarnya sendiri sebesar 5,5 inchi. Resolusi layarnya sendiri sudah Full HD berukuran 1920 x 1080 piksel dengan kerapatan layar yang lebih baik dari iPhone 7 Plus, yakni 401 ppi. Ukuran screen to body-nya sebesar 67,7 persen.

For your information, layar dari iPhone 7 dan iPhone 7 Plus sudah menggunakan teknologi Retina HD. Panel layar yang digunakan pada iPhone 7 dan iPhone 7 Plus ini berteknologi IPS LCD yang memiliki tingkat kejernihan serta ketajaman warna yang baik.

Bezel dari kedua HP ini memang masih tebal sehingga kesannya masih sangat jadul. Bezel tebalnya juga membuat tampilan layarnya terlihat kurang luas. Namun, bila Anda suka HP dengan bezel tebal, maka hal tersebut tentu tidak menjadi masalah besar.

2. Dimensi Berbeda

iphone 7 n 6

* sumber: www.techradar.com

Selain ukuran layarnya yang berbeda, iPhone 7 dan iPhone 7 Plus juga memiliki ukuran dimensi yang berbeda pula. iPhone 7 memiliki tinggi 138,3 mm (5,44 inchi), lebarnya sebesar 67,1 mm (2,64 inchi) dan berat 138 gram (4,87 ons).

Sementara untuk iPhone 7 Plus, tingginya 158,2 mm (6,23 inchi), lebarnya 77,9 mm (3,07 inchi) dan beratnya 188 gram (6,63 ons). Untuk ketebalannya, baik iPhone 7 maupun iPhone 7 plus memiliki ukuran yang tidak jauh berbeda. iPhone 7 memiliki ketebalan sebesar 7,1 mm (0,28 inchi) sedangkan iPhone 7 Plus 7,3 mm (0,29 inchi).

Oh ya, kedua HP ini sama-sama mengantongi sertifikat IP67 yang membuatnya mampu bertahan di dalam kedalaman air sedalam satu meter selama 30 menit lamanya.

3. Single vs Dual Camera

iphone7 plus trustedreviews

* sumber: www.trustedreviews.com

Perbedaan lainnya yang dapat ditemukan pada kedua HP ini ada pada sektor kameranya. Serupa dengan iPhone 8, iPhone seri 7 hanya mengantongi satu lensa kamera utama berukuran 12 MP.

GSMArena menyebutkan, hasil jepretan dari kamera utama atau kamera belakang iPhone 7 ini memiliki detail juga ketajaman yang bagus, terlebih bila gambar diambil dengan kondisi pencahayaan yang memadai.

GSMArena juga menuturkan, kontras, warna dan dynamic range foto yang dihasilkan oleh kamera utama iPhone seri 7 ini tergolong bagus.

Lalu, bagaimana dengan kamera selfie-nya? Apple melengkapi iPhone 7 dengan lensa berukuran 7 MP. Kamera depannya ini tentu cocok untuk digunakan berfoto selfie.

Nah, jika iPhone 7 hanya mengusung satu lensa saja, iPhone 7 Plus telah dilengkapi dengan dua lensa kamera utama, lho. Ya, tepatnya satu lensa wide angle dan satu lensa berjenis telefoto untuk memotret gambar dengan lebih dekat tanpa membuat kualitas gambarnya menjadi buruk.

GSMArena menuturkan, hasil jepretan kamera utama dari iPhone 7 Plus juga memiliki detil serta warna dan ketajaman yang bagus. Oh ya, untuk kamera selfie-nya, Apple juga menyematkan lensa berukuran 7 MP dengan kualitas foto yang baik.

4. Fitur Kamera

iphone 7 2

* sumber: www.techradar.com

Kamera dari iPhone 7 dan iPhone 7 Plus dibekali dengan beragam fitur yang canggih. iPhone 7 Plus yang sudah mengantongi dua lensa kamera utama tentu saja memiliki fitur yang lebih kaya ketimbang iPhone 7. Anda dapat mengambil foto dengan mode potret, selain itu Anda dapat mengambil foto dengan efek background blur alias bokeh yang sedang nge-trend. Berasa pake DSLR, deh.

Jika iPhone 7 hanya mampu melakukan digital zoom atau memperbesar foto secara digital hingga 5x, kamera iPhone 7 Plus sudah mendukung perbesaran gambar dengan mode optical hingga 10x dan hasil gambar yang diperbesar masih memiliki kualitas bagus.

Tidak hanya itu, Anda juga masih bisa melakukan digital zoom hingga 5x seperti pada iPhone 7. Oh ya, kedua kamera HP ini dilengkapi dengan empat LED Flash untuk hasil foto maksimal.

For your information, lensa kamera dari iPhone 7 dan iPhone 7 Plus sudah dilengkapi dengan optical image stabilizer atau biasa disingkat OIS. Dengan adanya OIS ini, gambar yang dihasilkan akan tetap bagus dan tidak nge-blur, lho.

5. Kapasitas dan Daya Tahan Baterai

iphone 7 plus 3

* sumber: www.trustedreviews.com

Perbedaan lainnya dari HP iPhone 7 dan iPhone 7 Plus terletak pada sektor baterai. Apple membekali iPhone 7 dengan baterai berkapasitas 1960 mAh yang memang tidak besar. Berdasarkan endurance test yang dilakukan oleh GSMArena, baterai dari HP iPhone 7 ini mampu bertahan selama 61 jam lamanya dengan rincian, 11:25 jam untuk 3G talk time, 11:48 jam untuk browsing internet dan 9:15 jam untuk pemutaran video.

Lalu, bagaimana dengan saudara dari iPhone 7, yakni iPhone 7 Plus? Apple menyematkan baterai berkapasitas 2900 mAh pada HP ini. Dari hasil pengamatan GSMArena, baterai HP iPhone 7 Plus mampu bertahan selama kurang lebih 75 jam dengan rincian, 18:03 jam untuk 3G talk time, 13:31 jam untuk browsing internet dan 7:54 jam untuk pemutaran video.

Sayangnya, Apple tidak melengkapi kedua HP ini dengan teknologi wireless charging. GSMArena juga menyebutkan, charger bawaan dari HP ini masih menggunakan charger ‘biasa’ dengan tegangan 5 volt 1 ampere, sehingga pengisian daya baterainya tergolong lama. Namun, bila Anda menggunakan adaptor dengan tegangan 5 volt 2 ampere, waktu pengisian daya baterai bisa dipercepat, kok.

6. Beda Ukuran RAM

iphone 7 plus 2

* sumber: www.techradar.com

Apa lagi yang menjadi perbedaan dari HP iPhone 7 dan iPhone 7 Plus? Yup, satu perbedaan lainnya ada pada kapasitas RAM yang digunakan. iPhone 7 masih mengusung RAM sebesar 2 GB, sementara iPhone 7 Plus sudah menggunakan RAM sebesar 3 GB. Keduanya sama-sama menggunakan chip Apple A10 Fusion yang mampu menunjang performa lancar.

Apalagi kalau Anda hanya sekadar membuka aplikasi sosial media, seperti Twitter atau Instagram, hingga menonton serial Netflix favorit Anda saja, Anda tidak akan dihadapkan dengan masalah yang berarti. Bahkan menurut pengalaman dari berutzstore, untuk memainkan game sekelas PUBG dengan setting grafis cukup tinggi juga masih bisa ngangkat, kok.

7. Perbedaan Harga

Price

* sumber: pixabay.com

Perbedaan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus yang terakhir tentu ada pada harganya. HP ini diluncurkan dengan berbagai varian ROM. Untuk iPhone 7 dengan RAM 2 GB dan ROM 32 GB, HP ini dibanderol dengan harga Rp5 jutaan saja di pasaran. Sementara untuk versi ROM 128 GB-nya dijual dengan harga Rp6,5 jutaan dan untuk versi ROM 256 GB sekitar Rp8 jutaan.

Sedangkan saudaranya, iPhone 7 Plus dengan varian RAM 3 GB dan ROM 32 GB dijual dengan kisaran harga Rp8 jutaan, untuk versi ROM 128 GB-nya Rp10 jutaan dan untuk versi 256 GB Rp12 jutaan per-unitnya.

Simpulan

Kalau Anda membutuhkan HP iPhone canggih dan masih bisa digunakan di tahun 2019 namun tentu dengan harga yang bersahabat, Anda bisa memilih iPhone 7. Nah, jika iPhone 7 dirasa belum cukup, Anda bisa memilih iPhone 7 Plus dengan dual kamera dan kapasitas baterai yang lebih besar.

Kalau Anda ingin HP iPhone dengan bezel tipis, layar lebih jernih dan luas, Anda bisa memilih iPhone seri X, XR atau bahkan XS Max. Terlebih, bila Anda memiliki budget yang sesuai. Nah, bagaimana, Anda tertarik untuk membelinya?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar