Perbedaan realme 9 dan realme 10, Mana Lebih Unggul?

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

Pada 9 November 2022, realme Indonesia merilis realme 10. HP ini jadi penanda keberlangsungan seri number. Setelah realme 10, tentu bakal ada seri realme 10 lainnya. Sebagai informasi, HPini memiliki jaringan 4G karena cip yang dipakai hanya mendukung jaringan 4G.

Di generasi sebelumnya, realme 9 Series yang juga menghadirkan realme 9 versi 4G untuk melengkapi lini serinya. Meskipun hanya memiliki jaringan 4G, realme 9 ini memiliki keunggulan di beberapa sektor, misalnya di sektor desain, layar, serta kemampuan kameranya yang lebih oke jika dibandingkan versi 5G-nya.

Berada di posisi yang sama, apakah realme 10 juga memiliki keunggulan di sektor-sektor tersebut? Yang jelas, sebagai penerus dari realme 9, realme 10 tentu mengalami beberapa peningkatan di beberapa sektor, salah satunya adalah performa yang lebih cepat karena telah mengandalkan chipset MediaTek Helio G99.

Nah, pertanyaannya, apakah realme 10 hanya unggul pada kecepatannya saja? Atau memiliki keunggulan di sektor lain? Atau jangan-jangan, spesifikasi yang dihadirkan tidak jauh berbeda, bahkan lebih kecil dibandingkan pendahulunya? Dan pertanyaan-pertanyaan lainnya.

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, Carisinyal telah merangkum beberapa perbedaan yang dimiliki oleh realme 9 dan realme 10 secara lengkap. Oleh karena itu, silakan simak artikel ini sampai habis, ya.

Spesifikasi realme 9

realme 9 4g
Layar Super AMOLED 6.4 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 680
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 108 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Spesifikasi realme 10

realme 10
Layar Super AMOLED 6.4 inci
Chipset MediaTek Helio G99
RAM 4 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Perbedaan realme 9 dan realme 10

Setelah melihat sekilas masing-masing spesifikasinya, berikut ini adalah penjelasan lebih lengkap mengenai perbedaan-perbedaan yang dimiliki oleh kedua HP tersebut yaitu realme 9 dan realme 10.

1. Desain Mewah vs Sederhana

realme 9 desain bodi ripple_
desain realme 9

Baik realme 9 atau realme 10, keduanya memiliki tampilan desain yang cukup menarik. Meskipun begitu, daya tarik yang coba ditunjukkan oleh keduanya cukup berbeda satu sama lain.

realme 9 hadir dengan tiga varian warna yang ditawarkan yaitu Meteor Black, Sunburst Gold, dan Stargaze White. Untuk desain yang dihadirkannya, realme 9 menjadi salah satu HP pertama di dunia yang telah menggunakan efek visual ripple yang menjadikannya terlihat seperti riak air yang bergerak.

Efek ripple tersebut disebabkan oleh adanya teknologi Ripple Holographic Design yang tercipta dari kombinasi pelapisan Atom Plasma dan proses pencetakan UV Nano. Dengan begitu, tampilan bodi realme 9 ini tidak hanya eye-catching tetapi juga unik terlebih untuk HP di kelas harganya.

realme 10

Sementara itu, realme 10 hadir dengan tampilan desain yang mampu memberikan kesan mewah. Bodi bagian belakangnya memiliki tampilan akhir yang glossy sehingga cukup mudah meninggalkan jejak sidik jari. Namun, tampilan warna-warni pastel yang dihasilkan cukup menarik dan dipastikan akan menjadi perhatian orang di sekitar.

realme 10 ini memiliki desain yang lebih sederhana, sebab di bagian belakangnya hanya terdapat nama realme dan dua buah kamera tanpa adanya modul berbentuk persegi panjang seperti pendahulunya. Selain itu, HP ini juga menghadirkan dua varian warna yaitu Rush Black dan Clash White.

Agar memberikan perasaan nyaman ketika digenggam, kedua HP ini memiliki bobot yang cukup ringan yaitu hanya 178 g saja. Sedangkan dimensi yang dimiliki realme 9 justru lebih besar yaitu 160,2 x 73,3 x 8 mm, sedangkan realme 10 memiliki dimensi 159,9 x 73,3 x 7,95 mm.

2. Sama-sama AMOLED, Beda di Pelindung Layar

realme 9 layar_

Untuk tampilan layarnya, bisa dibilang kedua HP ini justru lebih unggul dibandingkan versi 5G dari masing-masing HP-nya. Sebab, baik realme 9 atau realme 10, keduanya telah dibekali layar dengan panel Super AMOLED.

Kemampuan layar yang dimiliki oleh keduanya juga cukup mirip, mulai dari layar yang memiliki ukuran 6,4 inci dengan resolusi yang telah mencapai Full HD+ atau 1080 x 2400 piksel dengan kerapatannya mencapai angka 411 ppi.

Refresh rate yang berhasil dicapainya juga sama yaitu mencapai 90 Hz dengan touch sampling mencapai 360 Hz. Dengan kata lain, kedua layar HP ini mampu memberikan respon yang cukup cepat dan mulus ketika digunakan untuk bersosial media, bahkan untuk bermain game.

Dengan kecerahan tipikal mencapai 430 nit dan puncaknya mencapai angka 1000 nit, Anda masih bisa menggunakan realme 9 di luar ruangan pada siang hari dengan cuaca yang cerah.

Perbedaan kedua HP ini dari kemampuan layarnya adalah terletak pada pelindung yang digunakan yaitu realme 9 yang telah menggunakan Corning Gorilla Glass 5, sedangkan realme 10 menggunakan Panda Glass untuk melindungi bagian layarnya.

3. Snapdragon 680 vs Helio G99

realme 10

Perbedaan selanjutnya yang dimiliki kedua HP ini berasal dari sektor dapur pacunya atau chipset yang digunakan. Alih-alih menggunakan chipset buatan Qualcomm, realme 10 kini hadir menggunakan chipset MediaTek Helio G99. Dari berbagai pengujian benchmark sintetis, Helio G99 ini memiliki skor lebih tinggi jika dibandingkan Snapdragon 680 milik realme 9.

Chipset MediaTek Helio G99 sendiri dibangun dengan proses fabrikasi 6 nm. Di dalam cip ini, tersemat prosesor octa-core yang terdiri dari dua core Cortex A76 dengan frekuensi 2,2 GHz untuk performa. dan enam core Cortex A55 dengan frekuensi 2,0 GHz untuk efisiensi dayanya.

Agar performa yang dihasilkan lebih optimal, Helio G99 dari realme 10 juga didukung oleh kartu pengolah grafis yaitu GPU Mali G57 MC2 yang mampu menghasilkan performa gaming lebih baik.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram