Carisinyal / Xiaomi 2019 / Sebelum Beli, Cek Dulu 10 Perbedaan Redmi 8 dan Redmi Note 8

Sebelum Beli, Cek Dulu 10 Perbedaan Redmi 8 dan Redmi Note 8

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Februari 2020

Redmi 8 dan Redmi Note 8 adalah dua produk Xiaomi yang dipasarkan di kelas yang berbeda. Dengan harga jual di bawah dua jutaan, Redmi 8 merupakan smartphone entry-level dengan kemampuan yang dapat diandalkan untuk pemakaian sehari-hari, termasuk ketika pengguna harus melakukan multitugas.

Di sisi lain, Redmi Note 8 dijual di angka dua jutaan dan menawarkan performa yang cukup handal untuk menemani keseharian penggunanya, termasuk menjalankan aplikasi hiburan maupun bermain sejumlah game modern dengan pengaturan menengah.

Jika Anda berencana untuk membeli Redmi 8 atau Redmi Note 8, Anda perlu mengetahui sejumlah perbedaan utama di antara keduanya agar pilihan Anda tepat. Sebelumnya cek dulu spesikasi kedua perangkat di bawah ini.

Spesifikasi Redmi 8

Redmi 8

  • Chipset: Snapdragon 439
  • RAM & Memori: 3/32 GB, 4/64 GB
  • Kamera: Dual 12 MP + 2 MP
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi Redmi Note 8

Redmi Note 8

  • Chipset: Qualcomm SDM665 Snapdragon 665 (11 nm)
  • RAM & Memori: 4/64 GB, 6/64 GB, 6/128 GB
  • Kamera: Quad 48 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Baterai: Li-Po 4000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Perbedaan Redmi 8 dan Redmi Note 8

Berikut adalah beberapa perbedaan utama antara Redmi 8 dan Redmi Note 8 yang berhasil Carisinyal rangkum.

1. Bodi dan Desain

Bodi dan Desain

Redmi 8 dan Redmi Note 8 memiliki dimensi dan bobot yang hampir sama. Namun perbedaan akan cukup terasa ketika Anda memegang kedua perangkat secara langsung karena Redmi Note 8 dibuat lebih tipis satu mm dari Redmi 8.

Lapisan belakang HP ini terbuat dari kaca (Gorilla Glass 5), sehingga tampak elegan dan premium. Sementara itu, lapisan belakang Redmi 8 terbuat dari material plastik, namun dibungkus apik dengan desain lengkung bertekstur halus seperti kaca dan pilihan warna berkilau yang menarik.

Untuk urusan desain, Redmi Note 8 tentu lebih unggul dari Redmi 8. Secara keseluruhan, Redmi Note 8 menawarkan desain premium yang terlihat elegan. Desain Redmi 8 juga cukup stylish untuk HP sekelasnya.

2. Tampilan

Redmi 8 dan Redmi Note 8 sama-sama menampilkan layar IPS yang dilapisi Gorilla Glass 5. Akan tetapi, Redmi Note 8 menawarkan kualitas tampilan yang lebih. Itu karena layar Redmi Note 8 beresolusi Full HD (1080 x 2340 piksel), sedangkan layar Redmi 8 HD+ (720 x 1520).

Dengan resolusi yang lebih tinggi, layar 6,3 inci Redmi Note 8 mampu menawarkan visual yang lebih tajam, sehingga nyaman ketika dipakai menonton video atau bermain game. Namun layar HD+ milik Redmi 8 unggul dalam hal konsumsi daya karena tidak terlalu membebani kinerja prosesor.

3. Prosesor

Redmi Note 8 Gaming

Sebagai ponsel di kelas entry-level, Redmi 8 hanya ditenagai oleh chipset di kelas yang sama, yaitu Snapdragon 439 berpabrikasi 12 nm. Prosesornya sendiri terdiri dari delapan inti yang menawarkan kecepatan hingga 1,95 GHz. Secara keseluruhan, performa yang dikeluarkannya terbilang handal untuk pemakaian sehari-hari.

Di pasarkan di kelas menengah ke bawah, Redmi Note 8 hadir lebih kuat dengan chipset Snapdragon 665 berpabrikasi 11 nm. Prosesornya yang berjumlah delapan inti mampu menyajikan kecepatan hingga 2 GHz.

Selain dapat diandalkan dengan baik untuk pemakaian sehari-hari, dapur pacu Redmi Note 8 juga cukup bertenaga untuk menjalankan sejumlah permainan modern dengan pengaturan grafis menengah ke bawah. Tentunya sejumlah faktor lain juga ikut mendukung, seperti layar Full HD dan kapasitas RAM yang besar.

4. Memori

ram android

Untuk pasar Indonesia, Redmi 8 dijual dalam dua varian memori, yakni RAM 3 GB dengan ROM 32 GB serta RAM 4 GB dengan ROM 4 GB. Sementara itu, Redmi Note 8 tersedia di pasar Tanah Air dalam tiga varian memori, yaitu RAM 3 GB dengan ROM 32 GB, RAM 4 GB dengan ROM 64 GB, dan yang paling tinggi RAM 6 GB dan ROM 128 GB.

Dengan kapasitas memori yang ditawarkannya, Redmi 8 cocok dipakai oleh pengguna dengan pemakaian sederhana. RAM-nya yang cukup besar cukup dapat diandalkan ketika harus melakukan multitugas.

Redmi Note 8 varian 3 GB atau 4 GB RAM menawarkan performa yang lebih dari cukup untuk pemakaian sehari-hari, termasuk sesekali bermain sejumlah game modern. Namun untuk pengalaman bermain game atau multitugas yang lebih baik, Redmi Note 8 versi 6 GB RAM lebih disarankan.

5. Kamera Belakang

Kamera Redmi Note 8

Jika Anda hobi fotografi, Anda dapat mengandalkan kamera belakang Redmi Note 8 yang memiliki pengaturan yang cukup baik. HP ini memiliki pengaturan empat kamera belakang, terdiri dari kamera sudut lebar 48 MP, kamera sudut ultra lebar 8 MP, kamera makro 2 MP, dan kamera mendalam 2 MP.

Secara keseluruhan, kemampuan kamera belakang Redmi Note 8 adalah salah satu yang unggul di kelasnya. Selain untuk memotret, kamera HP ini juga cukup bisa diandalkan untuk merekam video (hingga 4K pada 30fps).

Sementara itu, Redmi 8 membawa pengaturan kamera belakang ganda, berupa kamera utama 12 MP dan kamera mendalam 2 MP untuk efek bokeh. Memang tidak ada yang spesial dari kamera HP ini, namun Anda tetap bisa mengandalkannya untuk memotret momen-momen indah sehari-hari.

6. Kamera Selfie

Kamera Redmi 8

Untuk urusan selfie, Redmi 8 menawarkan modul kamera 8 MP dengan bukaan f/2.0 dan fitur HDR, sedangkan Redmi Note 8 menawarkan modul kamera 13 MP dengan bukaan f/2.0 plus fitur HDR dan panorama.

Kamera depan kedua HP ini sama-sama mendapatkan bantuan AI, sehingga foto yang dihasilkan terlihat lebih baik. Kamera selfie memang bukan nilai jual utama dari Redmi 8 dan Redmi Note 8, namun kemampuannya tetap dapat diandalkan.

7. Protokol WiFi

Untuk jaringan nirkabel WiFi, Xiaomi Redmi 8 tertulis mendukung protokol 802.11 a/b/g/n. Sementara itu, Xiaomi Redmi Note 8 mendukung protokol tambahan 802.11ac. Hasilnya Redmi Note 8 memiliki penerimaan sinyal WiFi yang baik dari Redmi 8. Untuk informasi yang lebih jelas, Anda dapat membaca artikel Carisinyal mengenai jenis-jenis WiFi.

8. Radio

Jika Anda hobi mendengarkan radio, Redmi 8 bisa menjadi pilihan yang bagus. Itu karena perangkat ini dilengkapi dengan fitur radio FM nirkabel. Artinya Anda tidak diperlukan headphone berkabel untuk mengaktifkan radio. Cukup buka aplikasi radio dan Anda pun bisa mendengarkan saluran favorit.

Sebaliknya, Anda memerlukan headphone berkabel jika hendak mengaktifkan radio FM di Redmi Note 8. Jika Anda lebih senang mendengarkan radio melalui headphone, maka hal ini pastinya bukan masalah yang besar.

9. Baterai

Meskipun kelasnya lebih rendah dan harga jual yang lebih murah, Redmi 8 dibekali dengan baterai berkapasitas jumbo, yaitu 5000 mAh. Sudah bisa dipastikan kalau HP ini memiliki daya tahan baterai yang baik, sehingga cocok digunakan oleh mereka yang sering beraktivitas di luar ruangan.

Sementara itu, kapasitas baterai Redmi Note 8 memang tidak mengecewakan karena 4000 mAh sudah dinilai cukup untuk mendayai smartphone modern. Tentu saja ketahanan baterai Redmi Note 8 ada di bawah Redmi 8. Satu hal yang membuatnya sama yaitu dukungan pengisian cepat 18W.

10. Harga

Price

*

Semua varian Redmi 8 bisa Anda dapatkan di bawah dua jutaan, tepatnya Rp 1,7 juta untuk versi 3/32 GB dan Rp 1,8 juta untuk versi 4/64 GB. Sementara itu, semua varian Redmi Note 8 dijual di angka dua jutaan, tepatnya Rp 2 juta untuk versi 3/32, Rp 2,2 juta untuk versi 4/64 GB, dan Rp 2,8 juta untuk versi 6/128 GB.

Dengan tersedianya sejumlah varian, Anda bisa memilih HP Redmi 8 maupun Redmi Note 8 yang sesuai dengan kebutuhan. Sekali lagi, Redmi 8 cocok untuk Anda yang membutuhkan ponsel untuk kebutuhan sehari-hari yang dapat diandalkan ketika Anda sesekali perlu melakukan multitugas atau bermain game ringan.

Sedangkan untuk kebutuhan yang lebih tinggi, Redmi Note 8 tentunya lebih dapat diandalkan, khususnya Redmi Note 8 varian tertinggi. Dengan dukungan prosesor yang cukup bertenaga, Redmi Note 8 dapat diandalkan untuk menjalankan sejumlah tugas menengah hingga berat dengan baik.

Itulah beberapa perbedaan utama antara Redmi 8 dan Redmi Note 8. Jika Anda sudah siap membeli salah satunya, Anda dapat membaca bahasan lain mengenai kelebihan dan kekurangan Redmi 8 atau Redmi Note 8 untuk informasi yang lebih lengkap.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *