carisinyal web banner retina

10 Merk Printer untuk Cetak Foto Terbaik di Tahun 2022

Ada banyak sekali model printer foto yang bagus di pasaran dengan ukuran yang berbeda-beda. Ada yang sangat portable karena ukurannya yang mungil sehingga bisa dibawa kemana-mana dengan mudah, dan ada juga yang berukuran besar untuk mencetak foto lebih banyak dengan kualitas profesional.

Nah, kali ini Carisinyal akan memberikan rekomendasi printer foto terbaik yang sesuai dengan berbagai kebutuhan Anda. Mulai dari yang portable untuk cetak foto selfie dari ponsel pintar, printer standar rumahan untuk cetak foto biasa, dan printer kelas unggulan untuk cetak foto profesional. Yuk, langsung saja baca sampai tuntas penjelasan dari deretan printer foto di bawah ini!

1. Fujifilm Instax Share SP-3

Fujifilm Instax Share SP-3

Tengah mencari printer portable? Anda wajib berkenalan dengan Fujifilm Instax Share SP-3 yang digadang menjadi salah satu printer terbaik untuk kebutuhan mencetak foto dengan format kotak. Berdimensi 5,1 x 4,6 x 1,8 inci, perangkat ini mampu melakukan transfer foto digital ke dalam bentuk film instan dengan produksi cetakan yang hidup dan tajam.

Dengan memikul bobot 11,1 ons, printer ini memakai daya baterai NP-50 yang bisa diisi ulang via port micro USB. Printer yang hanya mengkonsumsi daya 3W ini menyediakan fitur seperti penambahan berbagai filter atau templat sebelum foto dicetak.Untuk melakukan pencetakan, pengguna terlebih dahulu harus mengaktifkan konektivitas Wi-Fi internal yang terhubung dengan aplikasi Instax Share di ponsel berbasis Android atau iOS. Untuk membeli printer portable ini, calon pengguna harus mengeluarkan dana sekitar Rp1,4 jutaan per unitnya.

2. Canon SELPHY CP1300

Canon SELPHY CP1300

Tidak ingin ketinggalan tren, Canon juga merilis printer foto portable bernama SELPHY CP1300. Printer ini telah dilengkapi Wi-Fi Shuffle yang berguna sebagai penghubung antara perangkat dengan 8 gadget secara bersamaan. Perangkat ini mampu memproduksi hasil cetakan dengan gradasi yang baik yaitu hingga 256 tingkatan warna.

Printer Canon ini mempunyai layar tilt-up LCD berukuran 3.2 yang menampilkan beberapa menu seperti menu pengaturan, Select and Print, hingga WiFi. Dalam melakukan aksinya, CP1300 dapat memuat kertas berkapasitas 18 lembar dengan resolusi percetakan maksimum 300 x 300 dpi.

Hadir bergaya dalam tiga pilihan warna yakni Putih, Merah Muda, dan Hitam, perangkat ini harus ditenagai oleh baterai NB-CP2L/ NB-CP2LH. Dalam sekali pengisian daya sekiranya membutuhkan waktu empat jam agar baterai terisi penuh dan perangkat pun dapat mencetak sampai 54 foto. Dengan harga sekitar Rp1,8 jutaan, Anda bisa menjajal kecanggihan printer foto ini.

3. Canon PIXMA TS5370

Canon PIXMA TS5370 Carisinyal

Sambutlah Canon PIXMA TS5370! Sebuah printer nirkabel yang hadir dengan tiga warna kekinian yakni merah muda, hijau tosca, dan hitam. Printer berbobot 6,3 kg dengan dimensi 403 x 315 x 148 mm ini meluncur dengan sejumlah teknologi mutakhir antara lain Hi-speed USB 2.0, WiFi, Mopria, AirPrint, BLE, dan Direct Wireless

Kecepatan mencetak dari perangkat Canon ini yakni hingga 13,0 ipm untuk tinta hitam dan 6.8 ipm untuk hasil yang berwarna. Printer ini dapat terhubung dengan aplikasi Creative Park dan Easy-PhotoPrint Editor yang memungkinkan pengguna dapat mencetak foto yang sudah dihias oleh stiker atau template.

Printer yang dapat memindai, mencetak, dan menyalin ini punya layar berteknologi OLED yang intuitif dan tampilannya mudah dipahami oleh pengguna. Tidak hanya itu, adapun fitur pencetakan bolak-balik otomatis yang mampu mencetak kedua area kertas. Printer yang cocok untuk segala kebutuhan khususnya cetak foto ini dipatok pada kisaran Rp1,9 jutaan.

4. Canon PIXMA 670

Canon PIXMA 670

Printer dari Canon yang diberi nama PIXMA G670 rilis dengan kemampuan siklus kerjanya mencapai 8.000 halaman per bulan. Pihak perusahaan menuturkan bahwa printer ini dirancang untuk pencetakan foto dalam jumlah besar dengan kecepatan mencetak foto 4 x 6 tanpa tepi hanya membutuhkan waktu 47 detik saja.

Printer garapan Canon ini menyuguhkan beberapa teknologi mulai dari WiFi, Mopria, AirPrint, Direct Wireless, hingga Wireless PictBridge. Selain itu, dengan menggunakan aplikasi Canon Print Inkjet/SELPHY dan Canon Easy-Photo Print Editor pengguna dapat mencetak foto atau berkas dari ponsel, laptop, dan cloud.

Dalam hal memindai dokumen, printer foto ini menyuguhkan resolusi hasil sebesar 600 x 1.200 dpi dengan mengimplementasikan metode Contact Image Sensor (CIS). Untuk urusan menyalin dokumen, G670 mampu melakukan multiple copy hingga 99 halaman. Untuk mencoba kecanggihan dari printer ini pengguna hanya perlu mengeluarkan dana sebesar Rp5 jutaan.

5. Epson PictureMate PM-520

Epson PictureMate PM-520

Bersama Epson PictureMate PM-520, kini dapat dengan mudah mencetak foto di manapun Anda berada. Bukan tanpa alasan karena bobot dari printer ini hanya 2,3 kilogram saja. Pengguna juga cukup mengaktifkan Wi-Fi antara printer dengan laptop atau ponsel untuk mencetak foto yang diinginkan.

Perangkat ini menyajikan resolusi cetak yang terbilang mumpuni di kelasnya yaitu 5760 dpi dengan kecepatan cetak yang mencapai 36 detik. Printer berdimensi 265 x 196 x 137 mm dengan desain minimalis dan futuristik ini juga menyelipkan teknologi Epson Micro Piezo yang menghasilkan output berkualitas tinggi.


Pengguna juga tidak perlu khawatir apabila daya printer ini habis karena PM-520 dapat diisi ulang kembali agar tetap beroperasi kembali. Printer produksi Epson ini mampu berjalan dengan lancar dengan menggunakan sistem operasi Windows dan macOS X. Dapatkan hasil foto yang fantastik dari Epson PictureMate PM-520 dengan investasi sebanyak Rp3,3 jutaan.

6. Epson L805

Epson L805

Dibanderol pada kisaran Rp3,8 jutaan, Epson L805 akan membuat pengguna terkesan dengan hasil cetakannya. Hal ini karena printer foto tersebut dipasangkan dengan resolusi 5760 dpi dan warna gamut yang luar biasa dari 6 tinta. Selain itu, pengguna tidak perlu repot-repot bergelut dengan kabel karena printer ini dapat terkoneksi dengan menggunakan Wi-Fi.

Hadir berbalutkan warna hitam, printer ini memiliki kemampuan untuk melakukan pencetakan CD/DVD. Selain itu, pengguna bisa memasang aplikasi Epson Easy Photo Print untuk memudahkan dalam memilih layout yang sesuai dengan ukuran foto. Kemudian, apabila ingin mengedit foto pengguna dapat memanfaat fitur Photo Enhance dan Red Eye Correction.

Dalam kecepatan mencetak foto default Epson L805 dapat melaju hingga 27 detik per foto tanpa bingkai, sedangkan untuk ukuran kertas A4 bertinta hitam maupun warna perangkat mampu bekerja 37 ppm. Anda bisa buktikan sendiri kecepatan dari printer ini dengan membelinya terlebih dahulu pada kisaran harga Rp3,8 jutaan.

7. Epson L850

Epson L850

Bagi Anda yang sedang memulai bisnis percetakan foto harus berkenalan dengan Epson L850. Printer foto ini dapat mempersembahkan cetakan tanpa bingkai yang cerah dengan pemanfaatan resolusi 5760 dpi dan warna gamut tinggi dari keberadaan enam tinta. Perangkat dari Epson tersebut dapat bekerja secara gesit dengan kecepatan cetak foto default yakni 27 detik per foto.

Printer multifungsi ini mendapatkan anugerah untuk memindai dokumen dengan kecepatan Flatbed baik warna maupun hitam 300 dpi dalam 1,6 microseconds. Keunggulan lain dari printer berlayar LCD 2.7 inci dengan teknologi touchscreen ini adalah mampu mencetak stiker pada permukaan CD/DVD.

Hebatnya lagi pengguna Epson L850 juga bisa mencetak dokumen dengan memasukkan memory card pada slot yang tersedia di bodi printer tanpa perlu ada kabel penyambung. Perangkat yang berdimensi 65 x 49 x 30 cm dengan berat 9.1 kg ini bisa diboyong pulang untuk berbagai kebutuhan khususnya cetak foto dengan menyiapkan dana pada kisaran Rp4,8 jutaan.

8. Canon PIXMA Pro-200

Canon PIXMA Pro-200

Dalam menghasilkan foto yang berkualitas tinggi Anda bisa menggunakan printer dari Canon yaitu PIXMA Pro-200. Printer yang dipatok pada harga Rp7,4 jutaan ini mempunyai sistem 8-colour Dye Inks menjanjikan hasil cetakan foto yang akurat, tajam, dan luar biasa. Sistem ini dirancang untuk memproduksi hasil foto dengan gamut warna yang menawan.

Printer ini mempunyai fitur yang bisa dijajal oleh penggunanya seperti Skew Correction Mechanism berguna untuk memantau dan menyesuaikan pemasangan kertas saat proses pencetakan untuk menghindari terjadinya kesalahan. Adapun fitur Paper Guide Retreat Mechanism yang bertugas untuk mencegah terjadi kerusakan pada kertas saat pencetakan.

Perangkat yang mampu mencetak foto hanya dalam 35 detik ini menghadirkan beragam teknologi antara lain Wireless, Wired LAN, Wireless Pictbridge, Mopria, AirPrint, dan Direct Wireless. Berbobot 14,1 kg, PIXMA Pro-200 berlandaskan sistem operasi Windows, macOS, dan Chrome OS, bahkan pengguna ponsel pintar Android dan iOS juga dapat mencicipi kecanggihan printer ini.

9. Epson L1800

Epson L1800

Inilah Epson L1800, sebuah printer papan atas yang dapat mencetak foto tanpa bingkai hingga ukuran A3 dengan hasil cetakan luar biasa berkat 6 tinta warna meliputi cyan, light cyan, magenta, light magenta, yellow dan black. Kecepatan cetak dari printer ini tidak perlu diragukan lagi, pasalnya untuk mencetak dengan tinta hitam hanya perlu 15 ppm saja.

Selain dapat mencetak foto pada kertas A4, printer yang resolusi 5760 dpi ini mendukung ukuran lain mulai dari  A3+, A3, B4, A4, A5, A6, hingga B5. Bila tinta habis pengguna kini tidak akan lagi mendapatkan tangan yang penuh dengan tinta karena printer ini punya sistem tangki tinta yang mudah untuk diisi ulang.

Mempunyai tubuh dengan berat 12.5 kg dan dimensi 81 x 43 x 32 cm, Epson L1800 membangun landasan untuk USB 2.0 sebagai fitur konektivitasnya. Pengguna yang berencana membeli printer seharga Rp9,4 jutaan ini pastikan bahwa komputer atau laptop mengusung sistem operasi Windows dan macOS, supaya L1800 berjalan sesuai yang diharapkan.

10. Canon imagePROGRAF PRO-300

Canon imagePROGRAF PRO-300

Printer satu ini cocok sekali bagi Anda yang mendambakan hasil cetakan berkualitas yaitu Canon imagePROGRAF PRO-300. Perangkat dari Canon ini membawa segudang kecanggihan pada penggunanya seperti panel layar LCD warna berukuran 3 inci yang berfungsi memantau pengaturan kertas dan status tingkat tinta.

Menyoal tinta yang disajikan, printer ini mengusung sistem tinta pigmen berjumlah 10 warna yang disertai dengan tinta LUCIA PRO. Hasil cetakan dari printer berbobot 14,4 kg ini akan semakin keren dan tampak memunculkan efek glossy pada foto berkat kehadiran Chroma Optimizer dengan resolusi pencetakan yang mencapai 4800 x 1200 dpi.

Pengguna juga bisa melakukan pencetakan melalui ponsel pintar dengan mengaktifkan fitur WiFi. Kecepatan cetak dari printer ini terbilang ngebut, saat mencetak dokumen atau foto dengan tinta hanya memerlukan 4 menit 15 detik untuk ukuran kertas A3+ dengan batas tepi. Tidak percaya akan kecepatannya? Buktikan sendiri dengan membungkus printer Canon yang berharga Rp13 jutaan ini.

Itulah 10 rekomendasi printer yang bagus untuk cetak foto dari Carisinyal. Pilihan printer dari mulai yang kecil hingga yang besar ada di atas. Selain itu, printer-printer di atas juga ada yang dikhususkan bagi profesional atau pemula.

Untuk harganya juga terbilang variatif, mulai dari satu jutaan hingga belasan juta. Jadi, Anda bisa memilih yang sesuai dengan bujet yang dimiliki. Mau printer yang bagus dan murah? Cek rekomendasinya di artikel Carisinyal bertajuk 10 Printer Bagus dan Murah.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram