Carisinyal / Smule / Cara Menggunakan Aplikasi Karaoke Smule Dengan Mudah

Cara Menggunakan Aplikasi Karaoke Smule Dengan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 17 November 2018

Menyanyi memang dapat membuat suasana hati menjadi lebih gembira. Jika sedang penat atau stres, berkaraoke bersama teman-teman memang menjadi alternatif pilihan yang sangat tepat. Namun, terkadang kita tidak memiliki waktu untuk berkunjung ke tempat karaoke. Kalau menyanyi di dalam kamar mandi saja tentu kurang seru.

Dewasa ini, ada sebuah aplikasi karaoke yang sedang booming, yakni Sing! Karaoke by Smule (selanjutnya akan disebut dengan ‘Smule’ saja). Ini merupakan sebuah aplikasi yang menawarkan fasilitas karaoke bersama dengan jutaan pengguna Smule lainnya.

Di Smule, Anda juga dapat berkenalan dengan teman-teman baru dan berduet bersama untuk menyanyikan sebuah lagu. Untuk lagu-lagunya Anda tidak perlu khawatir karena Smule menyediakan banyak pilihan lagu populer, terbaru, maupun lawas.

Saat ini, Smule merupakan aplikasi yang digandrungi oleh pengguna iOS dan Android. Hal ini wajar karena Smule adalah satu-satunya aplikasi karaoke berbasis media sosial. Nah, bagi Anda yang tidak mengetahui cara menggunakan aplikasi karaoke Smule, Carisinyal akan memberikan tutorial lengkap untuk menggunakan aplikasi ini.

Apa Itu Aplikasi Karaoke Smule?

aplikasi karaoke smule

Smule adalah aplikasi yang dapat diinstal di perangkat iOS, seperti iPad, iPhone, dan iPod, serta perangkat Android. Namun, Smule untuk sistem operasi iOS memiliki perbedaan yang cukup signifikan dengan Smule di Android.

Fitur Smule di perangkat Apple lebih komplit. Mulai dari efek mode vocal dengan pilihan yang lebih banyak dan lebih baik dan fitur video untuk merekam aksi pengguna Smule saat sedang bernyanyi. Sayangnya, Smule untuk Android belum dilengkapi dengan fitur-fitur tersebut.

Meskipun begitu, pengguna Android tetap bisa menikmati berbagai fitur utama dari Smule seperti karaoke solo, karaoke duet, atau karaoke dengan grup. Fitur-fitur tersebut sudah cukup untuk mengisi waktu kosong Anda dengan bernyanyi lagu favorit.

Apa Itu VIP Member?

Terdapat 2 pilihan layanan untuk pengguna Smule, yakni VIP dan Non-VIP. Pengguna VIP tentu memiliki akses yang lebih luas dibanding pengguna biasa (Non-VIP). Pengguna VIP dapat mengakses semua lagu yang ada di Smule. Selain itu, ada pula beberapa fitur menarik yang hanya dapat digunakan oleh pengguna VIP seperti Vocal FX.

Untuk menjadi member VIP Anda harus merogoh kocek sebesar 12 ribu rupiah untuk berlangganan VIP selama satu bulan dan 95 ribu rupiah jika Anda ingin menjadi member VIP selama setahun. Anda dapat membayarnya dengan pulsa Indosat, XL, dan Telkomsel melalui sistem carrier billing di Play Store.

Harga yang ditawarkannya tersebut tentu saja jauh lebih murah dibandingkan Anda pergi ke tempat karaoke biasa. Pengguna VIP juga dapat melakukan Open Call ke pengguna lain sehingga Anda bisa bernyanyi secara duet atau grup dengan mereka.

Akan tetapi, jika Anda hanya ingin have fun secara ekonomis tanpa mengeluarkan uang, maka Anda dapat menjadi pengguna non-VIP saja. Pasalnya, pengguna non-VIP juga sudah bisa menyanyikan lagu-lagu yang tidak berada di kategori VIP. Jika Anda ingin menyanyikan lagu-lagu VIP secara gratis, Anda juga dapat bergabung dengan open call yang dibuat oleh pengguna VIP. Untuk cara menjadi VIP Smule, silahkan baca artikel ini.

Cara Install Smule

Jika Anda merupakan pengguna baru, tentu Anda bertanya-tanya bagaimana cara menggunakan Smule dan berbagai macam fitur yang ditawarkannya. Nah kali ini Carisinyal akan mengulas langkah-langkah cara menggunakan Smule untuk berkaraoke ria di smartphone Anda.

Sebelum membahas cara menggunakan aplikasi karaoke Smule lebih lanjut, Anda harus menginstall aplikasi ini terlebih dahulu di perangkat Anda. Aplikasi ini dapat berjalan pada sistem operasi Android 4.0.3 ke atas dan iOS 7.0 ke atas. Berikut langkah-langkahnya:

1. Install aplikasi Sing! Karaoke by Smule di App Store atau Google Play Store

cara install 1

2. Buka aplikasi Smule pada perangkat Anda dan log in dengan akun Facebook atau Gmail, bahkan Anda bisa login dengan nomor HP.

cara install 2

3. Setelah proses registrasi selesai, coba untuk masuk ke akun Smule Anda dan mulailah untuk menggunakan aplikasi yang memiliki ikon bergambar mikrofon ini.

Dalam proses pendaftaran tersebut biasanya Anda juga akan diminta untuk memilih 4 genre lagu favorit. Anda juga dapat menghubungkan akun Smule ini dengan akun Facebook, Twitter, dan Google Plus sehingga Anda bisa bergabung dengan teman-teman yang sudah menjadi member Smule.

Tampilan Aplikasi Smule

Tampilan antarmuka dari aplikasi Smule ini cukup sederhana dan mudah dipahami. Pada halaman utamanya terdapat 5 buah menu yang berjejer di bagian bawah yakni Feed, Listen, Sing, Notification, dan Profile. Berikut adalah fungsi dari menu-menu tersebut:

1. Feed, untuk menampilkan berbagai update terbaru dari teman Smule Anda

feed

2. Listen, untuk mendengarkan rekaman dari pengguna Smule yang lain

listen

3. Songbook, untuk memilih lagi-lagu yang ingin dinyanyikan

songbook

4. Notification, untuk menampilkan notifikasi

notification

5. Profile, untuk menampilkan dan mengedit profil kita

profile

Cara Bernyanyi Solo

Jika sudah memahami berbagai fitur dan tampilannya, sekarang mari kita mulai bernyanyi. Pertama-tama, cobalah untuk menyanyikan lagu kesukaan Anda sendiri terlebih dahulu. Berikut langkah-langkah untuk bernyanyi solo:

1. Buka aplikasi Smule, pada halaman Songbook pilih lagu yang ingin Anda nyanyikan. Kemudian, tekan tombol ‘Sing’ berwarna biru yang ada di sebelah judul lagu dan nama penyanyinya.

cara bernyanyi solo 1

2. Selanjutnya, pilih kategori ‘Solo’

cara bernyanyi solo 2

3. Tunggu beberapa saat hingga lagu dimulai, karena aplikasi ini mengandalkan koneksi internet, lama loading dalam memulai sebuah lagu tergantung pada kecepatan internet Anda. Secara otomatis juga, Anda bisa memilih untuk mematikan kamera atau tidak. Jika ingin mematikan kamera klik “No, thanks.” Namun, jika ingin kamera dinyalaka, Anda bisa klik “OK.”

cara bernyanyi solo 3

4. Jika sudah siap bernyanyi, langsung tekan “Start.” Tips untuk Anda bahwa setiap menyanyikan lagu pilihan Anda, sebaiknya gunakan headset atau headphone saat bernyanyi dan dekatkan mulut Anda ke mikrofon headset/headphone agar suara Anda dapat terekam dengan jelas

cara bernyanyi solo 4

5. Saat lagu selesai, Anda akan dibawa ke halaman review. Di sini, Anda bisa menggunakan fitur vocal match untuk menyesuaikan tempo lagu dengan suara dan memberikan efek-efek tertentu agar hasil suara Anda terdengar maksimal. Setelah selesai mengedit vokal, klik menu ‘Save’ yang ada di bagian atas

edit lagu smule

6. Layar Anda akan menunjukkan halaman Customize di mana Anda bisa menambahkan pesan atau caption pada hasil karaoke, kemudian Anda juga bisa memilih untuk membagikan hasilnya ke orang lain atau hanya disimpan untuk pribadi

7. Setelah selesai, bagikan juga ke sosial media yang Anda punya

Cara Bernyanyi Duet atau Group

Jika bosan bernyanyi sendirian, maka Anda bisa mencoba berkaraoke duet atau beramai-ramai. Jika Anda pengguna VIP, maka Anda bisa memulai open call. Namun apabila Anda pengguna non-VIP, maka Anda hanya bisa join open call saja. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi Smule, pilih lagu yang akan dinyanyikan. Lanjutkan dengan menekan tombol ‘Sing’ berwarna biru yang ada di sebelah judul lagu yang Anda pilih

cara bernyanyi solo 1

2. Pilih kategori ‘Duet’ atau ‘Group’ jika Anda ingin benyanyi secara duet atau group bersama orang lain

cara bernyanyi duet atau grup1

3. Jika Anda memilih Duet, maka Smule akan memberikan pilihan untuk menyanyikan Part 1 atau Part 2. Anda pilih saja bagian yang diinginkan.

cara bernyanyi duet atau grup2

4. Ketika Anda memilih Group, maka layar akan menampilkan sejumlah pengguna Smule yang bersedia untuk diajak menyanyi secara duet atau group. Pilih salah satu pengguna jika Anda ingin berduet atau beberapa pengguna jika Anda ingin bernyanyi secara group, lalu tekan ‘Join.’

5. Beberapa saat lagu akan segera dimulai, layar perangkat Anda akan menampilkan lirik dari lagu yang sedang diputar. Jika Anda benyanyi secara duet, lirik berwarna abu-abu adalah lirik yang harus Anda nyanyikan, lirik biru akan dinyanyikan oleh teman duet Anda, dan lirik orange adalah bagian yang harus dinyanyikan bersama-sama.

7. Setelah lagu selesai, lakukan langkah nomor 6-8 seperti ketika Anda menyanyi secara solo

Nah, itu tadi cara menggunakan aplikasi karaoke Smule, sangat mudah kan? Jika tidak ingin berduet dengan orang yang tidak dikenal, Anda bisa mengajak teman atau keluarga untuk mendownload aplikasi ini agar dapat bernyanyi bersama-sama.

Jika Anda pengguna iPhone atau iPad, Anda juga bisa merekam aksi karaoke Anda dalam sebuah video sehingga menjadi lebih menarik ketika dibagikan ke media sosial. Sedangkan apabila smartphone Anda belum kompatibel dengan aplikasi Smule, maka Anda bisa mencoba aplikasi karaoke lainnya yang pernah kami ulas di sini. Selamat mencoba!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

10 pemikiran pada “Cara Menggunakan Aplikasi Karaoke Smule Dengan Mudah”

  1. Aplikasi smule aku.kenapa tidak ada yang buat upload ke FB ya?
    Dulu pernah ada.sekarang kok hilang

    Jadi saya gak bisa posting vedio smule lewat Facebook

    Tolong di benerin

  2. smule sy kl duet gk.ad tanda ya.sm.sekali teks.ya,.dan juga gk.berwarna. warna ya putih.smua

  3. Smule aku kalo mau nyanyi solo.duet atau grup itu harus bayar..gmna langkah langkah bayarny?akunya gak punya kartu kredit

  4. Kasih Buat Menghapus temen Donk…..
    Ku Sakit kalau Melihatnya

  5. Comment…kenapa di Smule orang yg kita blokir masih bisa liat akun kita…??

  6. Comment…kenapa orang yg kita blokir masih bisa lihat akun maupun lagu kita…??

Tinggalkan komentar