carisinyal web banner retina

7 Cara Unik untuk Memperkuat Sinyal Modem yang Lemah

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 24 Agustus 2021

Sinyal lemot dan bar indikator sinyal tidak penuh? Setiap orang pasti pernah atau mungkin sering mengalami hal tersebut. Sinyal lemah atau bar indikator tidak penuh menyebabkan koneksi terganggu. Di masa sekarang koneksi internet merupakan hal yang sangat penting. Semua perangkat berbasis komputer menggunakan koneksi internet sebagai penggeraknya.

Selain itu, dengan adanya koneksi internet pekerjaan kita menjadi mudah. Fakta bahwa internet mempunyai peranan penting sangat terasa tatkala koneksinya terganggu. Pekerjaan dan hal lainnya menjadi terhambat. Nah, kami punya beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memperkuat sinyal. Kita coba kupas tuntas bagaimana cara yang harus kamu lakukan agar sinyal tetap stabil dan kencang.

1. Tempatkan Modem pada Posisi yang Tepat

7 Cara Unik untuk Memperkuat Sinyal Modem yang Lemah 1
Sumber: Wikimedia Commons

Posisi modem yang tepat adalah salah satu hal yang paling penting. Kendati hal ini terlihat sepele, tapi jika diperhatikan lebih dalam, posisi modem berpengaruh terhadap kestabilan sinyal. Ini disebabkan karena setiap modem mempunyai rentang jarak sinyal tertentu.

Jangan heran meskipun kamu berada di dalam kamar, tapi sinyal di satu sudut lebih lemah dibandingkan dengan sudut lainnya. Jika kamu sering berkegiatan dengan menggunakan internet, pastikan kamu menempatkan modem di posisi yang tepat agar sinyal bisa sampai ke gawai yang kamu gunakan.

2. Jauhkan Modem dari Perangkat Elektronik Lain

7 Cara Unik untuk Memperkuat Sinyal Modem yang Lemah 3
Sumber: Pixabay

Selain posisi yang tepat, kita pun harus memperhatikan keberadaan barang-barang elektronik lain yang ada di sekitar modem. Barang-barang elektronik memancarkan gelombang elektromagnetik yang bisa menghambat sinyal internet dari modem.

Jadi, sebelum kamu menempatkan posisi modem, ada baiknya kamu perhatikan barang-barang elektronik lainnya yang kemungkinan akan menjadi faktor penghambat sinyal modem. Misalnya, microwave. Microwave berjalan pada 2,45 GHz dan nilai ini sangat dekat dengan 2,4 GHz WiFi band pada modem. Pastikan kamu menempatkan modem pada posisi yang jauh dari barang-barang yang dapat mempengaruhi sinyal modem.

3. Perkuat Sinyal Modem dengan USB Extender

7 Cara Unik untuk Memperkuat Sinyal Modem yang Lemah 5

USB extender merupakan sebuah konektor USB yang dilengkapi dengan kabel panjang. Memperkuat sinyal modem dengan menggunakan USB extender adalah cara yang paling aman. Terlebih di tempat-tempat yang sulit terjangkau sinyal internet. Kabel USB extender merupakan solusi terbaik.

Cara ini adalah cara yang sederhana tapi efektif menambah sinyal modem. Nah, berikut ini adalah cara menggunakan USB extender agar sinyal kamu kuat.

  • Cari tempat yang bisa mendapat sinyal modem. Tempat terbuka biasanya adalah tempat ideal yang bisa menangkap sinyal modem, pun dengan sinyal internet WiFi.
  • Ukur berapa jarak antara pusat sinyal dan tempat di mana kamu akan melakukan perpanjangan koneksi. Jika jaraknya hanya satu atau dua meter, kamu bisa beli USB extender. Namun, jika jaraknya jauh, sebaiknya kamu membeli kabel UTP (Unshielded Twisted Pair), kabel transfer data.
  • Beli USB extender di toko-toko komputer terdekat. Jangan lupa sampaikan kepada penjualnya bahwa kamu membutuhkan kabel UTP untuk modem. Karena ada banyak jenis kabel UTP jadi kamu harus lebih spesifik menyebutkannya.
  • Sambungkan modem dengan USB extender pada komputer atau laptopmu.

4. Buat Antena Sendok Agar Sinyal Stabil

7 Cara Unik untuk Memperkuat Sinyal Modem yang Lemah 7
Sumber: http://www.prasetyodesign.com

Selain sebagai alat makan, sendok ternyata punya fungsi lain lho, salah satunya untuk memperkuat sinyal modem. Trik ini sudah banyak digunakan oleh beberapa orang dan terbilang ampuh untuk mengatasi sinyal lemah.

Fungsi sendok di sini adalah sebagai antena tambahan. Untuk menggunakan sendok sebagai penguat sinyal, ikuti petunjuk di bawah ini:

  • Siapkan sendok logam. Usahakan sendok cukup tebal tapi tidak sulit ditekuk.
  • Siapkan pula tutup kaleng logam untuk alasnya. Agar sendok bisa berdiri tegak, tambahkan bantalan kalem yang berukuran lebih kecil dari tutup kaleng yang akan dijadikan sebagai alas antena.
  • Tekuk bagian pegangan sendok dua kali sehingga nantinya modem bisa diselipkan pada tengahnya.
  • Tempatkan antena sendok yang sudah ditekuk tadi di atas tutup kaleng yang lebih besar.
  • Pastikan sendok bisa berdiri tegak.
  • Setelah itu selipkan modem di tengah-tengah pegangan sendok yang sudah ditekuk tersebut.

5. Gunakan CD Bekas Sebagai Penguat Sinyal Modem

7 Cara Unik untuk Memperkuat Sinyal Modem yang Lemah 9
Sumber:https://mobilepulsa.com

Kamu pasti sering mendengar atau bahkan melihat ada perkakas atau hiasan ruangan yang terbuat dari CD bekas. Nah, kreasi dari CD bekas untuk memperkuat sinyal modem sempat popular.

Selain mendatangkan pundi-pundi uang, mengubah CD bekas menjadi barang yang bisa digunakan kembali adalah salah satu cara mengolah limbah yang efektif. Ini menjadi solusi yang tepat untuk mengurangi sampah yang tidak bisa diurai seperti CD bekas ini.

Tapi di masa sekarang CD sudah jarang terdengar lagi kiprahnya. Mungkin ini disebabkan karena fungsi CD sudah mulai tergeser oleh perangkat lain yang lebih praktis dan efektif. Namun, jika kamu masih punya CD-CD tak terpakai di rumah, kamu bisa memanfaatkan barang tersebut sebagai penguat sinyal modem.

Selain sendok logam, CD merupakan benda yang bisa kamu gunakan untuk menyelamatkanmu dari rasa jengkel akibat sinyal modem yang naik turun. Nah berikut ini adalah cara menggunakannya:

  • Ambil CD bekas yang sudah tidak terpakai.
  • Masukkan modem ke lubang CD yang ada di tengah. Bagi modem yang berbentuk stik, cara ini akan sangat mempermudah penempatan modem.
  • Jika posisi modem di lubang tersebut tidak stabil, kamu bisa tambahkan bantalan penyangga yang terbuat dari gabus atau busa agar modem tegak. Bisa juga kamu buat posisi lain yang lebih nyaman untuk menempatkan modemnya.
  • Posisikan CD yang sudah diatur agar bisa dikoneksikan pada laptop.
  • Sekarang kamu bisa ujikan sinyal setelah menggunakan CD untuk memperkuat sinyal modem.

6. Lilitan Kawat Tembaga untuk Memperkuat Sinyal

7 Cara Unik untuk Memperkuat Sinyal Modem yang Lemah 11
Sumber: https://pixabay.com

Dalam bidang kelistrikan tembaga adalah material yang bisa menghantarkan arus listrik dengan baik. Daya hantar listriknya bisa mencapai 57Ω Bahan tambang ini mempunyai beberapa campuran unur lain setelah ia mengalami proses permurnian.

Sifat fisis tembaga yang tahan panas dan kuat tapi kenyal dan fleksibel menjadikan bahan ini menjadi sebuah material ideal di bidang kelistrikan. Karena tembaga mempunyai sifat-sifat yang fleksibel, pemanfaatan bahan ini jadi lebih luas. Salah satunya bisa dimanfaatkan sebagai penguat sinyal.

Tembaga yang berbentuk kawat adalah material ideal untuk mengatasi persoalan sinyal yang kamu hadapi. Tembaga berbentuk kawat ini nantinya menjadi penghantar sinyal yang bagus sehingga kamu akan terselamatkan dari pusingnya sinyal yang tidak stabil. Berikut ini cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk memperkuat sinyal dengan kawat tembaga.

  • Siapkan kawat tembaga secukupnya. Kamu bisa menemukan kawat ini pada mainan bekas, TV tabung yang sudah tak terpakai, speaker bekas atau bisa pula kamu membeli kawat tembaga baru di toko-toko elektronik terdekat.
  • Siapkan kipas angin yang nanti berfungsi sebagai cooler. Pasalnya cara memperkuat sinyal modem dengan cara ini berdampak pada modem yang akan cepat panas nantinya.
  • Jika semua benda yang dibutuhkan sudah dipersiapkan, kamu bisa mulai menggulung kawat tembaga pada modem. Modem yang berbentuk stik adalah bentuk yang ideal jika kamu mau menggunakan cara ini.
  • Gulung kawat tembaga di sekitar modem. Gulung sampai modem terbungkus rapat. Sisakan bagian badan modem sedikit untuk kenyamanan memegang modem nantinya.
  • Colokkan modem pada laptopmu. Dan sekarang kamu bisa mulai menggunakan koneksi internet yang lebih baik.

7. Tempatkan Kaleng untuk Memperkuat Sinyal Modem

7 Cara Unik untuk Memperkuat Sinyal Modem yang Lemah 13
Sumber: https://www.portalbpop.com

Sebetulnya cara yang satu ini adalah cara alternatif jika kamu tidak menemukan aluminium foil di sekitarmu. Kaleng bekas sama-sama mempunyai unsur aluminium pun. Jadi, jika kamu ingin memperkuat sinyal modem, gunakan kaleng bekas saja.

Kelang bekas lebih mudah didapatkan. Terlebih buat kamu yang susah menemukan lembaran aluminium foil. Kaleng dan aluminium di sini berperan sebagai pemantul sinyal. Pilih kaleng yang berkuran lebih besar dan tebal. Nah, cara lengkapnya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan kaleng yang sudah tidak terpakai.
  • Potong kaleng menjadi berbentuk lempengan karena nantinya kaleng akan dibentuk lagi.
  • Jika sudah menjadi lempengan tekuk bagian pinggir di kanan dan di kiri.
  • Posisikan kaleng yang sudah ditekuk tersebut di dekat modem.
  • Nyalakan modem dan lihat perbedaannya.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperkuat sinyal. Sinyal yang stabil tentu akan berpengaruh pada kecepatan koneksi internet. Nah, jadikan cara-cara ini sebagai solusi jika kamu menghadapi masalah sinyal modem yang naik turun atau bahkan cenderung lemah.

Benda-benda yang dibutuhkannya pun tidak sulit ditemukan, bukan? bahkan kamu bisa gunakan barang bekas yang akan sudah dibuang. Nah, demikian informasinya. Semoga membantu.

Menu

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram