carisinyal web banner retina

Simak Yuk, 8 Kelebihan dan Kekurangan realme 12 Pro 5G

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

Pada Januari 2024, realme merilis HP kelas menengah terbaru di pasar Global yaitu realme 12 Pro 5G. HP ini tidak hadir sendirian, ada “saudaranya” yaitu realme 12 Pro Plus 5G sebagai model paling tingginya. Meski begitu, realme 12 Pro 5G saja sudah menawarkan spesifikasi dan kemampuan yang mumpuni di kelasnya. Apakah worth it to buy?

Sebagai gambaran, realme 12 Pro 5G ini hadir dengan sejumlah peningkatan menarik di beberapa sektor dibandingkan generasi sebelumnya realme 11 Pro. Misalnya sektor kamera yang lebih lengkap, performa chipset mumpuni, dan build quality yang lebih baik. Anda bisa menyimak beberapa kelebihan dan kekurangannya secara singkat dalam tabel berikut ini.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
Kelebihan
Kekurangan
Desain premium ala Luxury watch
Bukan performa terbaik untuk gaming
Konfigurasi kamera lengkap dengan kualitas tinggi
Masih terdapat isu bloatware
Layar curved vision imersif 120 Hz
Performa powerful dan efisien dari Snapdragon 6 Gen 1
Baterai awet dengan 67W SuperVOOC Charge
Keberadaan fitur NFC dan stereo speaker
Sensor lengkap dan canggih
Paket penjualan lengkap

realme 12 Pro ini kabarnya dijual dengan harga mulai dari 25.999 Rupee atau sekitar Rp4,9 jutaan. Dengan pertimbangan harganya, tentu HP ini menarik untuk dipertimbangkan. Lebih lanjut, berikut pembahasan beberapa kelebihan dan kekurangan realme 12 Pro 5G.

Spesifikasi realme 12 Pro 5G

realme 12 pro
Layar AMOLED 6.7 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 6 Gen 1
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 32 MP (telephoto)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan realme 12 Pro 5G

Realme 12 Pro 5G menawarkan beberapa kemampuan yang menarik untuk HP kelas menengah. Agar lebih jelas, simak beberapa kelebihannya berikut ini.

1. Desain Premium ala Luxury Watch

realme 12 pro 5g

Salah satu kelebihan dari realme 12 Pro 5G ini adalah tampilan desainnya yang premium nan mewah. Konsep utamanya masih mengikuti generasi sebelumnya yaitu realme 11 Pro. Terlihat dari material kulit sintetis yang digunakannya serta modul kamera berbentuk lingkaran besar di bagian tengah.

Namun, kali ini realme design studio berkolaborasi dengan Ollivier Saveo, sang desainer jam tangan mewah atau luxury watch ternama. Ia sudah berpengalaman betul dalam menghasilkan jam tangan mewah besutan Swiss, seperti Rolex, Roger Dubuis, Piaget, Breitling, dan Quinting. Ollivier Saveo memadukan simetri atau presisi sempurna untuk menghasilkan desain terbaik.

Hal ini terlihat dari posisi modul kamera berbentuk lingkaran yang berada tepat di tengah bodi HP. Sebagai desainer kenamaan jam mewah, Ollivier Saveo juga tentu memperhatikan desain hingga ke detailnya.

Misalnya pada bingkai modul kameranya yang diberi nama Golden Fluted Bezel yang dibuat seperti bergerigi berbentuk segitiga. Kemudian di dalam modulnya ini terdapat gradasi sunburst patterns yang mewah dengan nama Polished Sunburst Dial. Untuk strip-nya mengusung konsep 3D Jubilee Bracelet, yaitu pola berlian yang dirakit dengan detail sangat tinggi.

Kemudian untuk bagian bodinya, realme 12 Pro 5G menggunakan Premium Vegan Leather. Material ini terasa lembut saat disentuh, yang lebih penting lagi sudah tahan debu dan air. Benar, HP ini memiliki sertifikasi IP65 yang membuatnya tahan debu dan air, termasuk guyuran air hujan.

Untuk meningkatkan tingkat kenyamanan, realme 12 Pro 5G juga dibuat tipis dengan bobotnya yang tidak terlalu berat. HP ini memiliki dimensi 161,47 x 74,02 x 8,75 mm dengan berat 190 gram. Digunakan dalam waktu yang lama pun tidak akan terasa cepat lelah.

2. Konfigurasi Kamera Lengkap Dengan Kualitas Tinggi

realme 12 pro 5g

Salah satu nilai jual dari realme 12 Pro 5G ini adalah kelengkapan dan kemampuan kameranya yang memukau. Pasalnya, HP ini menjadi seri pertama dari realme yang memiliki kamera paling lengkap dan canggih. Jika Anda mencari HP realme dengan kamera terbaik, realme 12 Pro 5G tentu jadi pilihan terbaik untuk Anda.

realme 12 Pro 5G menawarkan pengalaman baru sebagai true next-gen photography melalui kamera telefoto yang baru dibawanya. Kamera ini memiliki resolusi 32 MP (f/2.0) dengan focal length 47mm. Sensor yang digunakannya yaitu Sony IMX709 berukuran besar 1/2.74 inci. Selain itu, kemampuan optical zoom 2x-nya juga sudah didukung PDAF dan OIS.

Kemudian kamera utamanya memiliki resolusi yang disesuaikan menjadi 50 MP (f/1.8) saja. Sedangkan generasi sebelumnya yaitu realme 11 Pro memiliki kamera utama super besar hingga 100 MP. Bahkan realme 10 Pro memiliki kamera utama dengan resolusi 108 MP.

Kamera utama realme 12 Pro 5G ini menggunakan sensor Sony IMX882 berukuran 1/2.0 inci dengan focal length 26mm. Terdapat dukungan PDAF dan OIS untuk mengatur stabilisasi saat memotret. Terakhir adalah kamera ultrawide 8 MP (f/2.2) dengan focal length 16mm. Kamera dengan sensor berukuran 1/4.0 inci ini memiliki FoV luas yaitu 112 derajat.

Sebagai salah satu sektor unggulan, realme 12 Pro 5G menawarkan fitur dan kemampuan fotografi yang menarik. Misalnya a cinematic taste. Tak tanggung-tanggung, realme 12 Pro 5G berkolaborasi langsung dengan Claudio Miranda, seorang master fotografi dengan  penghargaan Oscar untuk best cinematography.

Hasil kolaborasi tersebut menawarkan filter yang terinspirasi dari ikonik film, improvisasi tone warna, style, dan pewarnaan. Anda juga bisa menangkap portrait selevel movie berkelas untuk menghadirkan taste original.

Anda juga bisa menikmati fitur Omnifocal MasterShot Algorithm yang dikembangkan melalui kerja sama dengan Qualcomm. Algoritma tercanggih ini mampu menghasilkan gambar dengan dynamic range terbaik di kelasnya. Kemudian dipadukan dengan warna dan pencahayaan yang mengimbanginya.

Selain itu, terdapat fitur auto-zoom yang cukup menarik. Fitur ini mampu mengidentifikasi subek di dalam frame dan membuatnya berada di tengah dengan melakukan pembesaran. Hal ini tentu akan membuat komposisi pada foto terlihat lebih baik.

Berbicara soal pembesaran, realme 12 Pro 5G ini mampu melakukan pemotretan benda sangat jauh. Terdapat juga fitur lossless photo quality yang tetap mempertahankan kualitas foto antara 0.6x hingga 4x. Bahkan untuk pemotretan yang lebih jauh hingga 20x. HP ini juga memiliki kemampuan memotret bulan dengan bantuan AI agar hasilnya lebih jelas.

Beberapa kemampuan kamera yang dimiliki realme 12 pro 5G ini juga sangat dipuji oleh malik ji melalui video YouTube-nya. Ia juga sekalian memberikan contoh beberapa gambar yang diambil menggunakan realme 12 Pro 5G. Berikut beberapa foto tersebut.

Beralih ke bagian depan, realme 12 Pro 5G masih menggunakan kamera yang sama dengan generasi-generasi sebelumnya yaitu 16 MP (f/2.4). Perekaman videonya juga masih mentok di 1080p 30 fps. Berbeda dengan kamera belakangnya yang mampu merekam hingga 4K 30 fps atau 1080p 60 fps dengan gyro-EIS untuk stabilisasinya.

3. Layar Curved Vision Imersif 120 Hz

realme 12 pro 5g

Jika berbicara soal layar, realme 12 Pro 5G memang tidak dibekali peningkatan dibanding generasi sebelumnya yaitu realme 11 Pro. Meski begitu, kemampuan layar di kedua HP ini sudah cukup tinggi dan menarik di kelas harganya. Bahkan, kemampuannya ini bisa dibilang sudah berada di kelas flagship.

Layarnya menggunakan desain curved vision 6,7 inci yang luas dengan bezel tipis. Hal ini membuatnya terlihat lebih luas dengan rasio layar ke bodi mencapai 93 persen. Hal ini tentu membuat pengalaman menonton atau aktivitas lainnya lebih memuaskan.

Panelnya menggunakan AMOLED dengan resolusi Full HD+ atau 1080 x 2412 piksel. Kemampuannya dalam menampilkan warna benar-benar luar biasa. Apalagi sudah ada dukungan 100 persen DCI-P3 color gamut dan menghasilkan warna lebih dari 1,07 billion. Sedangkan untuk kontras rasionya mencapai 5 juta berbanding 1.

Kemudian untuk pergerakan layarnya, realme 12 Pro 5G sudah dibekali refresh rate 120 Hz. Angka ini sudah cukup tinggi dan bisa melakukan scrolling atau bermain game dengan mulus. Shekhar Takhran dari 91mobiles juga mengakui kemampuan kecepatan pada layarnya ini. Apalagi dibekali touch sampling rate 240 Hz sehingga terasa lebih responsif.

Sayangnya, realme 12 Pro 5G ini tampaknya bukan yang terbaik untuk penggunaan di luar ruangan. Shekhar Takhran sendiri sedikit merasa kecewa karena kecerahan layarnya hanya bisa sampai 950 nit saja. Namun, Ia tetap merasa senang karena penggunaan di dalam ruangannya benar-benar nyaman dan menyenangkan.

realme 12 Pro 5G juga sudah menyiapkan beberapa fitur untuk keamanan mata saat digunakan di dalam ruangan. Misalnya 2160 Hz PWM high-frequency dimming yang membuat layar bisa menurunkan kecerahannya dengan nyaman. Kemudian terdapat sertifikasi dari TUV Rheinland untuk menjamin kesehatan mata meski menggunakan HP dalam waktu lama.

4. Performa Powerful dan Efisien dari Snapdragon 6 Gen 1

snapdragon 6 gen 1

realme 12 Pro 5G ditenagai oleh chipset yang cukup tangguh di kelasnya yaitu Snapdragon 6 Gen 1. Chipset yang dirilis pada November 2022 ini menawarkan kemampuan performa yang tangguh dengan tetap mempertahankan kemampuan dalam hal efisiensi dayanya. Selain itu, chipset ini juga disebut banyak andil dalam meningkatkan kualitas sektor kameranya.

Kemampuan dalam hal efisiensi dayanya ini terlihat dari proses fabrikasinya yang kecil yaitu hanya 4 nm saja. Sedangkan untuk performanya berasal dari delapan inti CPU di dalamnya.

Terdiri dari empat core Cortex A78 (2,2 GHz) untuk performa dan empat core Cortex A55 (1,8 GHz) untuk efisiensinya. Sedangkan untuk kartu pengolah grafisnya atau GPU mengandalkan Adreno 710. Chipset ini juga sudah kompatibel dengan RAM LPDDR5, tapi memori internalnya hanya UFS 2.2 saja.

Merujuk pada data Nanoreview sebagai gambaran, Snapdragon 6 Gen 1 memiliki skor yang sedikit lebih tinggi yaitu 579.268 poin untuk AnTuTu v10. Perbedaan poinnya tersebut hanya tercatat sekitar 3 persen saja. Sedangkan untuk GeekBench 6, skornya adalah 945 untuk single-core dan 2768 untuk multi-core.

Bahkan, Mr. Sanjoy dalam videonya mendapatkan skor AnTuTu v10 yang lebih tinggi saat chipset tersebut dipasangkan dengan realme 12 Pro 5G ini yaitu 591.053 poin. Ia juga sempat menguji performanya langsung dengan mamainkan game PUBG Mobile. Dalam setelan grafiknya, HP ini sudah bisa memainkan game di Balanced Extreme dengan cukup lancar.

malik ji dalam videonya juga melihat bahwa skor dari chipset realme 12 Pro 5G ini cukup menarik untuk di kelasnya. Snapdragon 6 Gen 1 pada HP yang dipegangnya mendapatkan skor AnTuTu v10 586.683 poin. Ia juga mencoba memainkan beberapa game populer di HP seperti COD Mobile dan PUBG Mobile.

Snapdragon 6 Gen 1 di realme 12 pro 5G ini tidak sendirian dalam menghasilkan performanya. Terdapat sektor lain yang juga ikut andil, salah satunya adalah konfigurasi memori. Realme 12 Pro 5G menawarkan RAM berjenis LPDDR5 8 GB dan internal UFS 128 GB atau 256 GB. Sektor inilah yang juga ikut menjaga performanya agar tetap stabil.

5. Baterai Awet dengan 67W SuperVOOC Charge

realme 12 pro 5g

Untuk pemakaian yang lama, realme 12 Pro 5G mengandalkan baterai 5000 mAh yang disematkan. Kapasitas ini sebenarnya cukup wajar untuk HP di kelasnya. Hal ini membuatnya bisa bertahan dan digunakan bahkan seharian.

Kemudian untuk pengisian dayanya, realme 12 Pro 5G dibekali 67 W SuperVOOC Charge. Menurut klaimnya, HP ini mampu mengisi daya hingga 50 persen dalam 19 menit saja. Tentu hal tersebut cukup menarik terutama untuk Anda yang harus tetap online atau aktif di depan HP.

Sayangnya, tidak ada fitur pengisian daya lain yang disematkan, seperti wireless atau reverse charging. Setidaknya, realme tetap menyimpan charger ini di dalam kotak kemasan sehingga Anda tidak perlu lagi membelinya secara terpisah.

6. Keberadaan Fitur NFC dan Stereo Speaker

realme 12 pro 5g

Dari segi konektivitas, tentu saja realme 12 Pro 5G sudah menyematkan fitur NFC di dalamnya. NFC (Near Field Communication) menjadi salah satu fitur yang makin sering digunakan. Misalnya untuk melakukan transaksi digital, mengecek dan mengisi saldo e-money, atau mengubahnya menjadi kartu akses.

Selain itu, di sektor konektivitas ini juga sudah disematkan WiFi 6 dual-band dan Bluetooth 5.2. Jenis WiFi yang digunakannya ini tentu sudah cukup baru. Anda bisa mengakses internet melalui WiFi dengan nyaman tanpa hambatan atau intervensi dari pengguna lain. Kemudian port USB yang digunakan juga sudah Type-C, sayangnya masih dalam versi 2.0 saja.

Hal menarik lainnya adalah keberadaan stereo speakers yang dimiliki realme 12 Pro 5G ini. Speaker ini menggunakan teknologi berbasis Hi-Res dengan Dolby Atmos dan encompassing sound. Aktivitas seperti menonton atau bermain game bisa dijalankan dengan lebih menarik berkat suaranya yang lantang.

7. Sensor Lengkap dan Canggih

realme 12 pro 5g

Beralih ke sektor sensornya, realme 12 Pro 5G tampaknya tetap mempertahankan fitur fingerprint under-display. Jenis sensor ini digunakan pertama kali di seri sebelumnya yaitu realme 11 Pro, sedangkan realme 10 Pro masih menggunakan fingerprint side-mounted atau di bodi samping.

Selain terlihat canggih, keberadaan fingerprint di bawah layar ini juga lebih memudahkan jari untuk menjangkaunya. Soal responsif sudah pasti, jenis panel yang digunakannya saja sudah AMOLED.

Kemudian untuk sensor lainnya juga cukup lengkap, mulai dari akselerometer, proksimitas, kompas, dan gyroscope. Sensor gyroscope ini biasanya jadi yang paling penting, terutama untuk para gamers. Pasalnya, game seperti PUBG Mobile, COD Mobile, atau game balap akan jadi lebih seru jika menggunakan sensor ini untuk menentukan arah rotasinya.

8. Paket Penjualan Lengkap

realme 12 pro 5g

Beberapa produsen HP kelas menengah dan kelas atas tak lagi menyertakan charger dalam paket penjualannya. Alasannya macam-macam, seperti untuk keberlangsungan dan kesehatan bumi.

Namun, beberapa pihak memandang bahwa menghilangkan charger dalam paket penjualan berarti tidak pro dengan konsumen. Nah, realme tampaknya masih berada di pihak yang pro dengan konsumennya.

Pasalnya, realme 12 Pro 5G masih dijual dengan kepala charger 67 W di dalam boksnya. Selain kepala charger, aksesori yang disertakan di paket penjualan adalah kabel USB C, case, ejector kartu SIM, dan beberapa dokumen (yang mungkin tidak dibaca oleh pembeli).

Kekurangan realme 12 Pro 5G

Meski dibekali beberapa kelebihan yang cukup menarik untuk kelas harganya, realme 12 Pro 5G tetap bukan HP sempurna. Masih terdapat beberapa kekurangan yang bisa jadi bahan pertimbangan sebelum membelinya. Berikut beberapa kekurangan realme 12 Pro 5G.

1. Bukan Performa Terbaik untuk Gaming

realme 12 pro 5g

Realme 12 Pro 5G memang memiliki performa yang cukup tangguh dengan Snapdragon 6 Gen 1. Apalagi saat dikombinasikan dengan RAM 8 GB dan internal hingga 256 GB. Performa yang dihasilkan sudah cukup baik untuk penggunaan padat seperti multitasking dan bermain game. Lantas, apakah hal tersebut bisa dibilang bahwa HP ini cocok untuk menjadi HP gaming?

Menurut Saya tidak terlalu. Maksudnya, dilihat sekilas saja, realme 12 Pro 5G ini memang tampak memiliki kemampuan unggul di setiap sektornya. Namun, bukan performa yang paling menonjol, melainkan kamera dan atau layarnya. Sehingga HP ini akan lebih cocok untuk penggunaan sehari-hari, bermain game hanya jadi selingan saja.

Berbeda dengan POCO X6 Series yang memiliki kemampuan yang juga rata di setiap sektornya. Namun, sektor performa menjadi sektor yang paling ditonjolkan. Bahkan untuk POCO X6 5G yang punya harga lebih murah dengan Snapdragon 7s Gen 2. Atau POCO X6 Pro 5G dengan Dimensity 3800 Ultra dengan harga yang cukup mirip.

Vivek Umashankar dari The Indian Express juga berpendapat hal yang sama. Bahkan, selama pengujiannya langsung bersama realme 12 Pro 5G, tidak sedikit Ia menemukan kasus penurunan performa saat bermain game. Perbedaannya cukup terasa antara waktu awal bermain dan saat sudah cukup lama.

Hal baiknya adalah realme 12 Pro 5G ini tidak menimbulkan suhu yang cukup tinggi. Bahkan ketika digunakan untuk multitasking atau bermain game lama, suhu yang dirasakan masih dalam tahap hangat dan wajar untuk sebuah HP kelas menengah.

2. Masih Terdapat Isu Bloatware

realme ui 5.0

realme 12 pro 5G hadir dengan sistem operasi Android 14 dan antarmuka realme UI 5.0. Antarmuka yang digunakannya ini sudah cukup baik, bahkan lebih baik dari beberapa pesaingnya yang ada. Namun, isu bloatware masih tetap ditemukan saat HP dalam keadaan baru.

Tenang saja, Anda tetap bisa menghapus aplikasi-aplikasi bawaan atau bloatware itu dengan mudah. Anda juga bisa menonaktifkan aplikasi sistem yang tidak diperlukan jika dirasa tidak perlu.

Selain itu, realme juga mengonfirmasi bahwa realme 12 Pro 5G ini akan mendapatkan dua pembaruan operasi sistem utama dan pembaruan keamanan selama tiga tahun. Jadi, realme tetap berusaha memaksimalkan antarmuka miliknya agar bisa lebih baik lagi.

Simpulan

Realme 12 pro 5G meneruskan tren sebagai HP dengan tampilan desain premium nan mewah. Desain tersebut merupakan hasil kerja sama antara realme design studio dengan Ollivier Saveo, desainer luxury watch kenamaan. Tidak heran jika realme 12 Pro 5G ini tampak seperti sebuah jam mahal.

Sektor kamera menjadi hal yang paling diunggulkan. Terdapat peningkatan besar-besaran dengan menambah personil kamera agar jadi makin lengkap, yaitu kamera utama, ultrawide, dan telefoto. Banyak fitur dan kemampuan baru yang ditawarkan untuk meningkatkan kualitas pemotretan Anda.

Realme 12 Pro 5G juga memiliki performa tangguh, kemampuan layar imersif, serta sektor konektivitas dan sensor yang lengkap dan canggih. Sayangnya, realme 12 Pro 5G ini tidak diperuntukan sebagai HP gaming. Jadi, masih ditemukan isu penurunan performa saat bermain game terlalu lama. Antarmuka yang digunakan juga masih perlu diperbaiki alias belum sempurna.

Nah, setelah melihat beberapa kelebihan dan kekurangannya, apakah Anda masih tertarik untuk memiliki realme 12 Pro 5G ini? HP ini akan cocok untuk Anda yang mencari kemampuan foto terbaik di harga terjangkau. Anda juga dapat bonus desain premium dan mewah. Bagaimana, tertarik?

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram