Inilah 5 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Spark 10 NFC

Ditulis oleh Aris Wibowo

Pada Maret 2023, Tecno Indonesia hadirkan Tecno Spark 10 NFC. Kehadiran HP ini berbarengan dengan Tecno Spark 10 Pro

Tecno Spark 10 NFC punya berbagai keunggulan jika menilik harganya yang dibanderol Rp1,6 jutaan. Contohnya ada di sektor kamera. Tapi tentu saja ada kekurangan yang melekat di Tecno Spark 10 NFC. Karena tidak ada produk yang sempurna. 

Lalu apa saja beberapa catatan yang mesti Anda perhatikan pada si ponsel? Jawaban singkatnya bisa disimak pada tabel di bawah ini. Setelahnya, baru akan dijelaskan detail soal spesifikasi dan kelebihan dan kekurangan dari Tecno Spark 10 NFC. Silakan simak!

Spesifikasi Tecno Spark 10 NFC

tecno spark 10 nfc
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset MediaTek Helio G37
RAM 4 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 0.3 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan Tecno Spark 10 NFC

Ada enam poin kelebihan yang kami temukan pada Tecno Spark 10 NFC ini. Enam poin itu merupakan kekuatan utama dari ponsel gaming ini. Apa saja itu? Berikut penjabarannya.

1. Desain Mewah dengan Modul Kamera Boba

tecno spark 10 nfc

Seperti yang telah diulas diatas, Tecno Spark 10 NFC dipasarkan untuk mengisi pasar ponsel entry-level yang menyasar anak muda. Maka dari itu, produsen menggunakan desain yang mewah agar bisa bersaing di pasaran.

Pertama kali melihat ponsel Tecno ini, mungkin Anda akan tertarik dengan bodi belakang HP ini, khususnya bentuk modul dan lensa kamera. Sekilas area belakang ini terlihat cukup mewah untuk sebuah ponsel 1 jutaan. 

Dalam ponsel ini, terdapat modul persegi besar berisi lensa kamera yang tampil dengan lingkaran yang lebih besar ala kamera boba iPhone. 

Ketiga lingkaran tersebut terdiri dari dua buah kamera dan satu buah dual LED Flash. 

Melihat lebih detail lagi, desain bodi belakang Tecno Spark 10 NFC ini mengusung dua desain sekaligus yakni glossy dan matte. Desain glossy terdapat pada seluruh area modul kamera. Sedangkan bodi lainnya termasuk frame menggunakan desain matte

Dengan desain bodi matte ini, ponsel akan nyaman ketika digenggam. Apalagi penutup bodi belakang dan rangkanya dibuat rata. Ponsel ini kian terasa mahal sebab produsen menjanjikan bodi belakang polikarbonat ini tidak akan mudah tergores.

Membahas sisi depan, HP Tecno Spark series ini sayangnya memiliki desain bodi depan yang masih lama. Kesan ini muncul karena HP ini memakai desain kamera depan waterdrop yang terletak di tengah layar. 

Bicara dimensi, Tecno Spark 10 NFC memiliki ukuran 163,89 x 75,39 x 8,4 mm. Ponsel ini akan tersedia dalam tiga varian warna yakni Biru, Hitam dan Putih.

2. Layar IPS HP tapi 90 Hz

tecno spark 10 nfc

Sebagai sebuah HP untuk harian, Tecno menggunakan layar berukuran lebar dengan ukuran 6,6 inci pada seri Spark 10 ini. Pemilihan ukuran ini dirasa pas karena mampu menampilkan gambar dan video dengan lebih jelas. Selain itu, layar yang luas membuat pergerakan jari jemari Anda kala bermain juga lebih nyaman.

Resolusi layar yang digunakan cukup standar di kelas HP entry-level yakni HD+ dengan kerapatan 266 ppi, sehingga tampilan bisa detail dan jelas. Tentu resolusi layar ini akan memberikan pengalaman visual yang lebih baik untuk nonton video, browsing, hingga bermain game. 

Yang lebih menariknya, layar ponsel ini juga sudah dilengkapi refresh rate 90 Hz.  Refresh rate ini dirasa oke untuk ponsel 1 jutaan. Pasalnya masih jarang ponsel Android murah memiliki layar 90 Hz. Teknologi ini membuat pergerakan di layar tampak lebih halus. 

Selain itu layar sudah memiliki tingkat kecerahan yang cukup ideal sekitar 400 nits. Layar ini juga mampu menampilkan warna lebih banyak dan mempesona.

Penggunaan panel layar IPS di Tecno Spark 10 NFC ini memungkinkan tampilan lebih berwarna-warni dan cerah. Selain itu, panel IPS memang terkenal lebih hemat daya. Sementara itu, panel ini juga membuat kecepatan refresh rate yang tinggi memastikan kehalusan gambar.

3. Sensor Keamanan yang Cepat

tecno spark 10 pro nfc

Untuk menambah rasa aman pengguna dalam mengoperasikan Tecno Spark 10 NFC, Maka di bagian bodi samping smartphone Tecno ini dibekali sensor sidik jari yang terbilang mudah digunakan. Sensor ini menyatu dengan tombol power sehingga mudah ditemukan dan digunakan.

Menariknya, sensor ini dapat membuka dan mengunci layar HP dengan cepat dan mudah. Anda pun bisa menggunakan sensor sidik jari yang lebih akurat dan lebih bisa diandalkan dalam situasi apa pun.

Bila itu belum cukup, produsen juga menyediakan fitur Face Unlock yang sama baiknya, berkat kamera depan resolusi tinggi, Anda bisa membuka dengan menatap ke arah kamera depan dengan cepat.

4. Kamera 50 MP AI yang Cukup Oke di Kelasnya

tecno spark 10 nfc

Sebagai salah satu sektor unggulan, Tecno mobile membekali produk Spark 10 dengan dua kamera belakang yang cukup berkualitas. Anda akan mendapati kamera utama 50 MP dengan bukaan f/1.6. Untuk kamera kedua, Tecno kabarnya menghadirkan kamera AI atau kamera depth 0,3 MP. 

Dua kamera ini akan ditemani dual LED Flash sebagai sumber penerangan kala memfoto atau merekam di malam hari. Selain itu teknologi AI yang dihadirkan diklaim mampu membuat hasil foto lebih jelas meski di kondisi banyak cahaya maupun minim cahaya.

Untuk area depan, HP Tecno Spark 10 NFC ini sudah dibekali kamera “Glowing Selfie”. Memang kamera depannya masih menggunakan kamera depan 8 MP dengan bukaan f/2.0. Yang berbeda, produsen menghadirkan dual LED Flash dengan fitur 3 level Adjustable Brightness. Fitur ini akan mengatur 3 level kecerahan lampu sesuai kebutuhan..

Untuk perekaman video, baik kamera depan dan kamera belakang sudah mampu merekam video dengan kualitas Full HD 30 fps.

5. Sensor Lengkap, Ada Kompas

tecno spark 10 nfc

Untuk memberikan pengalaman komunikasi dan gaming yang lebih baik, Tecno Mobile menghadirkan konektivitas dan sensor yang cukup lengkap di seri ini. 

Konektivitas HP Tecno ini pada dasarnya tidak berbeda jauh dengan HP lainnya.  Produsen masih menghadirkan fitur jaringan 4G belum 5G. Untuk Bluetooth, Tecno Spark 10 NFC dilengkapi Bluetooth 5.0. Untuk Wifi masih menggunakan Wifi 5. HP Android 4G ini juga sudah dilengkapi fitur NFC dan fitur USB Type C.

Fitur NFC sendiri bisa membantu pengguna smartphone untuk melakukan pembayaran non tunai, mentransfer data ke perangkat lain dengan lebih mudah dan cepat serta fungsi lainnya.

Guna menunjang pengalaman gaming yang lebih optimal, HP Tecno ini ternyata juga memiliki sensor yang lengkap mulai sensor sidik jari, sensor akselerometer, sensor kompas, sensor proksimitas, hingga sensor cahaya.

Sensor cahaya memiliki fungsi untuk mendeteksi cahaya sekitar. Dengan sensor ini, layar bisa otomatis melakukan penyesuaian kecerahan berdasarkan kondisi cahaya lingkungan. Sayang, sensor giroskop belum dimiliki HP ini. Namun, absennya sensor giroskop adalah hal yang wajar untuk ponsel 1 jutaan di 2023.

Kekurangan Tecno Spark 10 NFC NFC

Di samping enam kelebihan di atas, ada empat hal lain yang mesti Anda perhatikan terhadap Tecno Spark 10 NFC ini. Empat hal tersebut bisa saja menjadi sebuah kekurangan, tergantung persepsi Anda dalam melihat ponsel ini.

1. Chipset Mumpuni untuk Harian tapi Tidak untuk Gaming

helio g37_

Dipasarkan dengan harga yang terjangkau, Tecno Mobile tetap ingin menghadirkan dapur pacu yang mumpuni. Maka dari itu, produsen memilih menggunakan chipset MediaTek Helio seri G37. Chipset ini sejatinya hadir sebagai chip yang efisien sehingga cocok untuk penggunaan harian yang tidak terlalu berat.

Chipset dengan manufaktur 12 nm ini ditenagai oleh prosesor octa-core. Prosesor  ini terdiri dari empat core Cortex A53 performa tinggi dengan kecepatan 2,2 Ghz dan empat core Cortex A55 berkecepatan 1.8 Ghz untuk efisiensi daya.

Untuk pengolah grafis, tersemat GPU PowerVRGE8320. 

Di bagian memori, HP ini hadir dengan RAM LPDDR4X 4 GB dan memori penyimpanan 128 GB. Kapasitas RAM dan memori internal ini cukup luas di kelasnya, apalagi terdapat juga Extended RAM yang membuat RAM bisa ditambah sampai 4 GB sehingga total RAM jadi 8 GB.

Hadirnya memori internal 128 GB menjadi kelebihan HP ini dibanding HP entry-level lainnya. Pasalnya dikelas ini masih banyak produsen yang menggunakan memori internal 32 GB dan 64 GB.

Jika penyimpanan di HP ini masih terasa kurang, Anda bisa memasang kartu microSD. Pasalnya, Tecno Spark 10 NFC sudah dibekali slot microSD. Slot ini terletak bersamaan dengan slot dua kartu SIM.

Lalu, bagaimana dengan hasil pengujian AnTuTu? Kalau Anda menengok hasil skor AnTuTu Helio G37 di Nanoreview, Anda akan menemukan skor 114.461. Skor yang biasa saja tentunya.

Sementara itu, menurut Youtube Dhiarcom, Tecno Spark 10 NFC mendapat skor AnTuTu 9 129.434. Sedangkan untuk skor GPU Benchmark menghasilkan skor 342.000. Untuk Benchmark 5, skor single core 163 dan skor multicore 858.

Ketika digunakan bermain game PUBG, HP ini mendapat pengaturan grafik smooth dan frame rate low. Hasilnya Anda bisa bermain dengan lancar.

Untuk game Mobile Legends, HP ini cukup lancar dan tanpa kendala. Anda bisa bermain dengan pengaturan high dengan rata-rata 37 fps.

Bisa dibilang, Tecno Spark 10 NFC ini merupakan HP yang punya performa untuk harian yang oke. Sayangnya, tidak untuk main gim berat. 

2. Tanpa Kamera Ultrawide

tecno spark 10 nfc

Kualitas kamera yang dihadirkan Tecno Spark 10 NFC memang cukup bagus dikelasnya. Sayangnya, masih ada sejumlah kekurangan yang cukup mengganggu di sektor kamera ini. Salah satunya ialah tidak adanya kamera ultrawide di HP 1 jutaan ini. 

Tidak adanya kamera ultrawide mungkin disebabkan produsen yang ingin menekan harga jual produk. Namun, hal ini membuat Anda tidak bisa memotret gambar dengan sudut lebar. Padahal kamera jenis ini masih dibutuhkan sebagian pengguna dalam keseharian.

Selain itu, HP ini tidak memiliki fitur stabilisasi yang baik. Ini membuat Anda tidak bisa menghasilkan foto dan video lebih detail. Mikrofon yang dimiliki juga kurang mampu menangkap suara dengan keras. 

2. Pengisian Cepat Masih 18W 

tecno spark 10 nfc

Sebagai sebuah smartphone murah, Tecno Spark 10 NFC dilengkapi baterai berkapasitas 5000 mAh yang standar. Walaupun demikian, berkat chipset MediaTek yang hemat daya,  baterai ini diklaim bisa lebih lama digunakan untuk aktivitas harian maupun gaming ringan. 

Dalam pengujian yang dilakukan Youtube Dhiarcom, kala Anda mengakses Tiktok selama 30 menit, baterai hanya berkurang 3 menit saja. Ini membuktikan bahwa ponsel ini memang hemat daya. Sayangnya, ponsel Tecno ini hanya mendukung fitur pengisian cepat 18 W. Alhasil Anda harus sedikit menunggu lebih lama sekitar 2 jam agar baterai HP terisi penuh. 

3. Tanpa Kejelasan Update OS

tecno spark 10 nfc

Smartphone ini hadir dengan sistem operasi yang cukup unggul yakni Android 13 dengan antarmuka HiOS 12.6. Sayangnya, dalam antarmuka ini masih banyak ditemukan iklan dan bloatware. Selain itu, update sistem untuk HP Tecno juga masih belum jelas.  

4. Minim Fitur Perlindungan

tecno spark 10 nfc

Ada banyak fitur yang disematkan pada HP Tecno ini. Namun, untuk kelas ponsel Android murah, fitur perlindungan yang ditawarkan produsen sangatlah minim.

Dalam paket pembelian misalnya, Tecno mobile tidak memberikan anti gores . Padahal layar HP ini cukup lebar sehingga rentan tergores bahkan retak atau pecah. Ditambah lagi, produsen tidak menghadirkan anti gores berkualitas macam Corning Gorilla Glass.

Tidak hanya itu, HP Android ini juga belum dibekali fitur anti air maupun fitur anti debu. Ini memang sedikit mengecewakan karena di kelas harga yang sama, beberapa smartphone setidaknya sudah menggunakan fitur cipratan air meski fiturnya level terendah.

Simpulan

Tecno Spark 10 NFC ini tampaknya dihadirkan sebagai HP yang sesuai dengan kebutuhan pasar pemula untuk penggunaan HP dasar. Hal ini tampak dari harganya yang terjangkau tetapi memberikan layar yang lebar, memori penyimpanan yang besar hingga kamera yang oke di kelas harganya.

Khusus untuk sektor kamera, Tecno sengaja menghadirkan ubahan di sisi penerangan dalam hal ini LED Flash yang kian baik. Diharapkan perbaikan LED Flash mampu meningkatkan kualitas foto dan video disamping resolusi kamera yang kini sudah 50 MP.

Tambahan chipset MediaTek yang efisien serta baterai 5000 mAh, kian membuat Tecno Spark 10 NFC ini awet digunakan berlama-lama. Meski begitu, pengisian baterai yang lama dan belum jelasnya update sistem bisa menjadi pertimbangan sebelum Anda membeli HP ini.

Walaupun demikian, HP yang dipasarkan dengan harga 1,6 jutaan ini memang cukup memenuhi kebutuhan dasar pengguna smartphone saat ini. Bagaimana menurut Anda, apakah ponsel ini cukup menarik untuk dimiliki?

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram