carisinyal web banner retina

Simak 7 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Spark 20 Pro

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

Pada Desember 2023, Tecno meluncurkan HP terbarunya ke pasar global yaitu Tecno Spark 20 Pro. HP ini hadir ke pasar Indonesia pada Februari 2024 bersamaan dengan Tecno Spark 20 Pro+. Kedatangannya ini akan melengkapi Tecno Spark 20 Series yang sudah diisi oleh Tecno Spark 20C dan Spark 20 sejak Januari 2024.

Jika diurutkan secara spesifikasi dan kemampuannya, Tecno Spark 20 Pro hanya berada di bawah Spark 20 Pro+. Hal inilah yang membuatnya paling banyak diminati karena memiliki value price to performance paling tinggi. Anda bisa menyimak singkat beberapa kelebihan dan kekurangan Tecno Spark 20 Pro dalam tabel, kemudian diteruskan ke pembahasannya.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
Kelebihan
Kekurangan
Dibekali kamera utama 108 MP
Tidak ada perekaman video 4K
Desain yang trendi dan sertifikasi tahan cipratan Air IP53
Absennya sensor gyroscope
Tawarkan Helio G99 dengan RAM 12 GB di harga Rp2 jutaan
Belum mendukung jaringan 5G
Layar luas 120 Hz, ada Dynamic Port baru
Baterai awet dengan Super Charge 33W
Stereo speaker hingga 400 persen
Fitur menarik dari HiOS 13

Spesifikasi Tecno Spark 20 pro

Tecno Spark 20 Pro
Layar IPS LCD 6.78 inci
Chipset MediaTek Helio G99
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 108 MP (wide) MP (AI)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan Tecno Spark 20 Pro

Tecno Spark 20 Pro di Indonesia dijual dengan harga Rp2.349.000. Lantas, apakah benar kemampuannya ini layak untuk harganya? Silakan simak beberapa kelebihan Tecno Spark 20 Pro berikut.

1. Dibekali Kamera Utama 108 MP

tecno spark 20 pro (

Salah satu kelebihan dari Tecno Spark 20 Pro ini ada pada kamera utamanya yaitu 108 MP (f/1.75). Hal ini menjadi salah satu peningkatan yang cukup signifikan jika dibandingkan generasi sebelumnya yaitu Tecno Spark 10 Pro yang hanya 50 MP. Tidak hanya besar pada resolusi, kemampuannya juga sudah dijamin oleh Tecno sendiri.

Kamera utamanya ini memiliki ukuran sensor besar yaitu 1/1.67 inci dengan bukaan yang mampu beradaptasi dengan segala jenis kondisi cahaya. Baik itu cahaya cerah, baklit, atau bahkan redup sekalipun bisa diatasi dengan baik. Kamera utamanya ini juga mampu memotret benda dekat atau jauh, bahkan bisa melakukan digital zoom hingga 10x.

Untuk menjaga detail dan ketajamannya saat memotret dalam mode apapun, terdapat HDR Algorithm. Fitur ini cocok untuk segala jenis pemotretan, serta didukung oleh autofocus PDAF.

Tecno Spark 20 Pro juga diklaim mampu memotret low light dengan baik berkat 900 persen Ultra Sensitive Adaptive Pixel. Fitur ini memanfaatkan resolusi atau piksel besar yang berasal dari gabungan beberapa piksel kecil. Yaitu sebelumnya hanya 0.64µm menjadi 1.92 µm ultra-light fusion pixel

Sedangkan kamera tambahan lainnya hanya ada lensa auxiliary atau depth 0,08 MP yang tidak jelas fungsinya. Meski resolusi kameranya sudah ditingkatkan, sayangnya perekaman videonya masih tetap di 1440p 30 fps saja. Kemampuannya sama saja dengan Tecno Spark 10 Pro yang menggunakan kamera utama 50 MP.

Hal yang sama juga terjadi pada kamera bagian depan yang tidak mengalami perubahan apapun. Tecno Spark 20 Pro dibekali kamera Glowing Selfie 32 MP (f/2.2) dengan dukungan AI. Keberadaannya membantu dalam menyeimbangkan eksposur, cahaya, atau warna yang dihasilkan.

Valor Reviews menyebutkan bahwa kemampuan kamera Tecno Spark 20 Pro ini sudah cukup menarik. Gambar yang dihasilkan terlihat natural dan punya rentang dinamis yang bagus. Kinerja AI dalam menyempurnakan gambar juga bekerja dengan baik, meski tidak setiap waktu.

Kamera bagian belakang ponsel ini bisa dibilang mampu menampilkan detail yang bagus dengan memisahkan antara bagian paling terang dan gelap. Anda juga bisa menuangkan kreativitas dengan mengubah langit menggunakan AI yang tersedia.

Last but not least, Tecno Spark 20 Pro juga memiliki fitur dual video. Fitur ini memungkinkan Anda untuk merekam secara bersamaan menggunakan kamera depan dan belakang. Fitur ini bisa Anda gunakan untuk melakukan vlogging bersama teman-teman atau sekadar memperlihatkan pemandangan.

2. Desain yang Trendi dan Sertifikasi Tahan Cipratan Air IP53

tecno spark 20 pro (

Tecno Spark 20 Pro hadir dengan varian warna Moonlit Black, Frosty Ivory, dan Sunset Blush. Ketiga warna tersebut bisa dibilang mampu hadirkan warna yang menarik. Terlebih untuk kelas harga Rp2 jutaan, warna yang dihadirkan tergolong trendi dan keren.

Yang menarik sebenarnya bukan soal desain, tapi soal durabilitas. Tecno Spark 20 Pro sudah dibekali sertifikasi IP53. Sertifikasi ini membuatnya mampu bertahan dari debu dan percikan air ringan. Meski bukan sertifikasi terbaik untuk ketahanan air, ini tetap jadi sebuah peningkatan karena tidak ada di generasi sebelumnya.

3. Tawarkan Helio G99 dengan RAM 12 GB di harga Rp2 jutaan

tecno spark 20 pro

Dari segi performa, Tecno Spark 20 Pro menjadi salah satu HP terjangkau milik Tecno yang cukup tangguh. Hal ini berkat penggunaan chipset unggulan di kelasnya yaitu MediaTek Helio G99. Sekaligus sebagai chipset paling gahar untuk jaringan 4G di kelasnya. Sektor ini juga jadi salah satu yang mengalami peningkatan dibandingkan seri sebelumnya.

Meski chipset ini hadir sejak tahun 2021, kemampuan performanya tidak bisa diragukan. Helio G99 hadir dengan fabrikasi 6 nm yang membuatnya punya tingkat efisiensi daya baik. Sedangkan untuk performanya mengandalkan delapan inti CPU yang cukup kencang.

Bahkan, MediaTek Helio G99 ini disebut-sebut sebagai chipset gaming-nya kelas terjangkau, loh. Sudah banyak HP lain yang menggunakan chipset satu ini di kelas entry sampai menegah. Bahkan, beberapa di antaranya memiliki julukan HP gaming karena memang ditujukan untuk bermain game. Misalnya Tecno POVA 5, Infinix Note 30 Pro, hingga realme 11.

Untuk arsitektur CPU-nya, terdapat dua core Cortex A76 (2,2 GHz) untuk sumber performanya dan enam core Cortex A55 (2 GHz) untuk efisiensinya. Tidak hanya itu, chipset ini juga didukung oleh kartu pengolah grafis atau GPU Mali G57 MC2 dengan frekuensi 1100 MHz.

Lantas, bagaimana dengan hasil pengujian sintetisnya? Merujuk pada data dari Nanoreview, Helio G99 ini mampu meraih skor AnTuTu v10 hingga 417.197 poin. Sedangkan untuk GeekBench 6, skornya yaitu 735 untuk single-core dan 1984 untuk multi-core. Kemudian untuk pengujian 3DMarkWild Life performance-nya mendapatkan skor 1237 poin.

Menariknya, klaim tersebut tidak berbeda jauh dengan hasil pengujian yang dilakukan oleh Valor Reviews. Bahkan, Ia mendapatkan skor yang sedikit lebih tinggi yaitu 427.150 poin untuk AnTuTu v10. Sedangkan untuk GeekBench 6, skornya tidak jauh berbeda yaitu 735 untuk single-core dan 1966 untuk multi-core.

Ia juga menambahkan bahwa Tecno Spark 20 Pro tidak mengalami masalah apapun saat berpindah aplikasi. Hal ini disebabkan karena kapasitas memori yang ditawarkan cukup luas. Valor Reviews menggunakan Tecno Spark 20 Pro varian RAM 8 GB.

Yang menarik, untuk pasar Indonesia, Tecno Spark 20 Pro justru hadir dengan varian RAM 12 GB dan storage 256 GB. Yang hadir dengan varian RAM 8 GB justru Tecno Spark 20 Pro+.

Soal performa gaming, Tecno Spark 20 Pro sudah bisa memainkan beberapa game populer, seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, hingga COD Mobile. Valor Reviews juga memperlihatkan bahwa HP ini sudah mampu menggunakan setelan grafik HD dengan frame rate High di PUBG Mobile, serta Medium High di COD Mobile.

Selama permainan, Tecno Spark 20 Pro bisa menjalankannya dengan baik dan lancar. Hanya saja, HP ini tidak dibekali sensor gyroscope, sehingga pengalaman bermain PUBG Mobile atau COD Mobile mungkin akan terasa kurang memuaskan.

4. Layar Luas 120 Hz, Ada Dynamic Port Baru

tecno spark 20 pro

Tecno Spark 20 Pro dibekali sektor layar yang cukup menarik dengan beberapa peningkatan dan fitur barunya. Jika dibandingkan generasi sebelumnya yaitu Tecno Spark 10 Pro, keduanya memang masih menggunakan panel berjenis IPS LCD dengan resolusi Full HD+ atau 1080 x 2460 piksel.

Meski begitu, Tecno Spark 20 Pro hadir dengan pergerakan layar atau refresh rate yang lebih mulus yaitu 120 Hz. Sedangkan Tecno Spark 10 Pro hanya 90 Hz saja. Bahkan, terdapat fitur Adaptif refresh rate yang membuatnya bisa menyesuaikan secara otomatis sesuai penggunaan. Misalnya ketika layar dalam keadaan statis, refresh rate akan turun dan sebaliknya.

Fitur adaptive refresh rate tersebut menggunakan teknologi Smart Refresh 3.1 sebagai salah satu upaya untuk menghemat konsumsi daya. Menurut klaimnya, teknologi ini mampu melakukan efisiensi daya hingga 3–5 persen baterai.

Kombiansi spesifikasi yang ditawarkan Tecno Spark 20 Pro ini cukup menarik mengingat harganya yang hanya Rp1 jutaan. Hal ini juga diakui oleh HazelPhone yang mengatakan bahwa tampilannya ini tidak hanya luar biasa. Ketajaman, kecerahan, serta kejernihan yang ditawarkannya terasa premium untuk kelas harganya.

Tidak hanya itu, layar berukuran 6,78 inci ini juga dibekali fitur eksklusif yaitu Dynamic Port. Fitur ini mampu mengubah tampilan punch hole tempat kamera depan menjadi lebih interaktif. Misalnya saat menerima notifikasi, melakukan panggilan telepon, membuka dengan faceID, hingga proses mengisi baterai.

Tecno Spark 20 Pro menjadi salah satu HP Tecno pertama yang dibekalkan fitur canggih dan menarik ini. Sebenarnya, fitur ini bukanlah hal baru untuk HP Android, apalagi iPhone sebagai penemu inovasi ini di iPhone 14 Pro Series. Terdapat beberapa HP Android lain yang memiliki fitur mirip, misalnya Mini Capsule milik realme atau Magic Ring milik Infinix.

5. Baterai Awet dengan Super Charge 33W

tecno spark 20 pro

Sebagai HP kelas entry, ketahanan baterai sudah menjadi hal yang harus dimiliki, termasuk Tecno Spark 20 Pro ini. Ia sudah dibekali baterai berkapasitas 5000 mAh untuk aktivitas harian. Angka ini masih berada di tingkat standar, bahkan untuk HP dengan harga Rp1 jutaan.

Selain itu, ketahanan baterai tidak hanya disebabkan oleh besaran kapasitas baterai saja. Terdapat sektor lain yang membuat baterai HP menjadi awet, misalnya jenis chipset yang digunakan serta aktivitas dalam layar. Helio G99 yang digunakan Tecno Spark 20 Pro ini memiliki fabrikasi 6 nm yang membuat tingkat efisiensinya bagus. Kemudian untuk layarnya, terdapat fitur adaptive refresh rate yang bisa menghemat daya hingga 3–5 persen.

Kemudian untuk proses pengisian dayanya, Tecno Spark 20 Pro dibekali Super Charge 33 W. Hal tersebut jadi salah satu peningkatan dibandingkan Tecno Spark 10 Pro yang hanya 18 W saja. Dengan kata lain, proses pengecasan Tecno Spark 20 Pro sudah jauh lebih cepat dibandingkan pendahulunya.

6. Stereo Speaker Hingga 400 Persen

tecno spark 20 pro

Tecno tidak hanya meningkatkan di beberapa sektor utama saja, terdapat detail lain yang juga tidak lepas dari perhatian, salah satunya speaker. Jika Tecno Spark 10 Pro hanya mengandalkan satu speaker saja. Tecno Spark 20 Pro sudah dibekali dual speaker atau stereo speaker.

Bahkan, speaker yang digunakannya ini sudah berbasis teknologi DTS. Suara yang dihasilkan benar-benar lantang dengan bass yang dalam tanpa distorsi saat berada di volume 200 persen. Kondisi ini cocok untuk aktivitas seperti menonton atau bermain game agar suara yang keluar terasa lebih nyata.

Tidak hanya sampai situ, Tecno Spark 20 Pro dibekali fitur bernama Volume Plus. Fitur ini memungkinkan HP untuk bisa menaikkan volume lebih tinggi lagi yaitu hingga 400 persen. Kelantangan suaranya tidak usah ditanyakan lagi, sangat jarang ada HP yang bisa melakukan hal seperti ini. Anda bisa gunakan fitur ini untuk menelepon di luar ruangan saat kondisi berisik.

7. Fitur Menarik dari HiOS 13

tecno spark 20 pro (

Tecno Spark 20 pro hadir dengan sistem operasi 13 serta antarmuka HiOS 13. Tecno menyebut antarmuka ini dengan Evolve More, artinya terdapat evolusi lebih yang coba ditawarkan melalui sistem antarmukanya ini.

Salah satu fitur baru yang ditawarkan adalah Dynamic Port pada bagian layar yang sebelumnya sudah dijelaskan. Selain itu, HP ini juga sudah mendukung AoD (Always-on-Display) agar HP tetap dalam keadaan menyala meski sedang dikunci.

Kemudian ada 4G CA 2.0, fitur ini memungkinkan HP menggunakan dua saluran internet secara bersamaan untuk meningkatkan kecepatan unduh hingga 130 persen. Hal yang sama juga dilakukan untuk koneksi WiFi yang mampu memangkas latensi hingga 25 persen dan menaikkan kecepatan unduh hingga 25 persen.

Fitur lainnya yang tidak kalah berguna adalah APP Twins. Aplikasi ini cocok untuk Anda yang bekerja melalui HP. Agar tidak tercampur antara kebutuhan pribadi dan pekerjaan, Anda bisa menggandakan beberapa aplikasi seperti WhatsApp, Messenger, atau Instagram agar tidak tercampur.

Kekurangan Tecno Spark 12 Pro

Meski memiliki beberapa kelebihan yang menarik, Tecno Spark 20 Pro tetap jadi salah satu HP terjangkau yang tidak sempurna. Terdapat beberapa kekurangan yang mungkin akan jadi catatan untuk Anda. Nah, berikut beberapa kekurangan Tecno Spark 20 Pro.

1. Tidak Ada Perekaman Video 4K

tecno spark 20 pro (

Salah satu kekurangan dari Tecno Spark 20 Pro ada pada kemampuan perekaman videonya. Hal ini cukup disayangkan karena ketika dibandingkan dengan pendahulunya yaitu Tecno Spark 10 Pro, tidak ada peningkatan apapun di sini.

Padahal, Tecno Spark 20 Pro sudah cukup baik dengan menghadirkan kamera utama beresolusi hingga 108 MP. Sayangnya, hal ini tidak membuat perekaman videonya jadi lebih baik, hanya masih sampai 1440p dengan 30 fps saja. Tidak adanya opsi perekaman video 4K jadi salah satu hal yang cukup disayangkan.

Bahkan, perekaman video kamera depan Tecno Spark 20 Pro ini hanya bisa 1080p 30 fps. Sedangkan pendahulunya yaitu Tecno Spark 10 Pro sudah bisa mencapai kualitas 1440p 30 fps.

Selain itu, Tecno Spark 20 Pro juga hanya dibekali dua kamera saja di bagian belakangnya. Kemudian kamera kedua atau tambahannya hanya merupakan lensa auxiliary atau depth 0,08 MP saja. Sebagai catatan, meski di dalam modul kameranya ada tiga lingkaran, ada satu lingkaran yang hanya sebagai hiasan saja, tidak ada kamera apapun di dalamnya.

2. Absennya Sensor Gyroscope

tecno spark 20 pro (

Kekurangan lainnya yang dimiliki Tecno Spark 20 Pro adalah tidak adanya fitur gyroscope. Sensor ini hanya ada pada model tertingginya yaitu Tecno Spark 20 Pro+ saja. 

Padahal, sensor ini jadi salah satu sensor yang cukup penting, meski di HP kelas entry. Salah satu fungsi yang biasanya paling umum dari gyroscope ini adalah untuk melacak rotasi atau putaran berdasarkan pergerakan HP. Biasanya, sensor ini sering digunakan untuk bermain game balapan atau perang seperti PUBG Mobile hingga COD Mobile.

Namun, jika Anda menggunakan HP hanya sebatas untuk game saja, maka Anda salah. Fungsi sensor gyroscope ini juga biasanya digunakan oleh hal lain. Misalnya untuk aplikasi Map untuk melacak posisi dengan lebih akurat atau untuk membantu fitur stabilisasi pada perekaman video agar tidak terlalu goyang.

Sedangkan untuk sensor lainnya, tidak ada yang berbeda saat dibandingkan dengan Tecno Spark 10 Pro. Tecno Spark 20 Pro dibekali sensor fingerprint yang sudah terintegrasi dengan tombol power, akselerometer, proksimitas, dan kompas.

3. Belum Mendukung Jaringan 5G

tecno spark 20 pro (

Kekurangan yang dimiliki Tecno Spark 20 Pro ini adalah belum mendukung konektivitas atau jaringan 5G. Meski begitu, dengan Helio G99 di dalamnya, HP ini memiliki kecepatan yang cukup baik, termasuk untuk bermain game atau multitasking.

Namun, tetap saja jaringan 4G masih tetap kalah kencang dengan jaringan 5G. HazelPhone mengatakan bahwa jaringan 4G secara teknis mampu mencapai kecepatan hingga 150 Mbps untuk unduhan dan 100 Mbps untuk posting. Meski tidak sekencang 5G, aktivitas seperti streaming film, browsing, bermain media sosial, hingga bermain game.

Simpulan

Tecno Spark 20 Pro jadi pelengkap untuk Tecno Spark 20 Series di Indonesia pada Februari 2024. HP ini memiliki posisi di bawah Tecno Spark 20 Pro+ dari sisi harga. Pasalnya, Tecno Spark 20 Pro dijual dengan harga Rp2.349.000 dengan memori 12/256 GB.

Sementara Tecno Spark 20 Pro+ dijual dengan harga Rp2.499.000 dengan memori 8/256 GB. Hanya saja, Tecno Spark 20 Pro+ tawarkan cip Helio G99 versi Ultimate yang bisa dibilang punya sisi peningkatan dari sisi core. Alias sedikit lebih kencang.

Secara keseluruhan, Tecno Spark 20 Pro memiliki spesifikasi unggul yang hampir merata di tiap sektornya. Misalnya sektor layar yang tetap dibuat premium terutama varian warna khususnya. Kemampuan layarnya juga jadi lebih baik dengan refresh rate 120 Hz. Apalagi ada fitur baru yaitu Dynamic Port yang punya fungsi seperti Dynamic Island.

Soal performa, Tecno Spark 20 Pro jadi salah satu HP 4G tangguh berkat Helio G99 miliknya. Sayangnya, HP ini masih kurang cocok untuk aktivitas gaming karena tidak ada sensor gyro. Padahal, keberadaan speaker stereo dengan Volume Plus-nya yang bisa mencapai 400 persen sudah sangat menarik. Namun, Anda tetap bisa memanfaatkannya untuk nonton atau menelepon.

Kamera menjadi salah satu sektor yang paling terlihat peningkatannya. Tecno Spark 20 Pro dibekali kamera utama 108 MP, yang sebelumnya hanya 50 MP di Tecno Spark 10 Pro. Namun, tidak ada peningkatan untuk perekaman videonya. Bahkan, perekaman video kamera depannya sedikit menurun dari 1440p 30 fps menjadi 1080p 30 fps saja.

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan yang mesti Anda tahu dari Tecno Spark 20 Pro. Bagaimana, apakah HP ini vaue to performance yang cukup menarik? Silakan tulis jawaban dan alasan Anda di kolom komentar, ya.

Kategori:
cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram