carisinyal web banner retina

8 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Spark 10 Pro, si Jagoan Selfie

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Anda mungkin sudah jarang mendengar sebuah HP yang mengedepankan kemampuan foto selfie-nya. Tren memang sudah berubah karena yang kebanyakan dicari orang sekarang adalah HP gaming, HP buat bikin konten, dan HP yang baterainya awet.

Namun, sebuah ponsel keluaran Maret 2023 bisa jadi opsi yang menarik jika Anda mencari HP dengan kemampuan foto selfie mumpuni. Adalah Tecno Spark 10 Pro, HP yang dimaksud. Ia diluncurkan Tecno pada waktu yang tak jauh dengan Tecno Spark 10 5G, Tecno Spark 10, dan Tecno Spark 10C.

Keempat smartphone adalah anggota Tecno Spark 10 Series. Di sisi lain, kemampuan foto selfie yang mumpuni pada kamera depan bukan satu-satunya kelebihan Tecno Spark 10 Pro. Banyak hal menarik yang dipunyai HP dengan harga terjangkau ini. Cek semua kelebihannya di tabel berikut.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
Kelebihan
Kekurangan
Desain mentereng
Tidak ada kamera ultrawide dan sensor giroskop
Layar lebar dengan refresh rate 90 Hz
Pengisian baterai lama
Performa mumpuni
Update software yang belum jelas
Memori besar, ada slot microSD
Kamera selfie jempolan di kelasnya
Baterai 5000 mAh yang mencukupi
Punya sensor kompas, audio jack, dan NFC
Paket penjualan yang lengkap, masih ada chargernya

Dari tabel di atas, Anda juga telah mengetahui apa saja yang menjadi kekurangan dari Tecno Spark 10 Pro. Jika keterangan di atas belum jelas, silakan baca ulasan di artikel ini sampai akhir.

Spesifikasi Tecno Spark 10 Pro

Tecno Spark 10 Pro
Layar IPS LCD 6.8 inci
Chipset MediaTek Helio G88
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 0.3 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan Tecno Spark 10 Pro

Smartphone dengan kemampuan merata di berbagai aspek cukup digemari orang zaman sekarang. Karena itu, Tecno Spark 10 Pro tak hanya unggul pada kemampuan foto selfie. Cek beragam keunggulan sang ponsel pada poin-poin berikut!

1. Desain Mentereng

tecno spark 10 pro

Untuk kali pertama dalam sejarah, sebuah HP Tecno seri Spark menggunakan material kaca pada penutup belakangnya. Hal ini membuat penampilan bodinya terlihat mentereng. Terdapat dua sentuhan di bodi belakang HP in: glossy dan matte.

Permukaan sentuhan glossy hanya ada di areal kamera. Sementara itu, sentuhan matte menempel pada hampir seluruh permukaan bodi belakang dan samping HP ini. Permukaan matte jelas akan meminimalkan noda sidik jari. Selain itu, menurut Gizmochina, rasanya pun nyaman saat disentuh.

Sisi desain HP ini juga diapresiasi oleh Arel Ebana dari YugaTech. Ebana bilang bahwa build quality Tecno Spark 10 Pro bagus, sebab mantap ketika digenggam.

Penutup balakang dan rangka Tecno Spark 10 Pro rata (flat). Hal itu membuatnya mudah jika diberdirikan. Sebagian orang mungkin akan menilai bahwa tepi yang flat membuat pengalaman genggamnya jadi kurang nyaman.

Namun, kanal YouTube Rick Aqua menyatakan bahwa sisi-sisi ponsel ini tidak tajam, sehingga sangat nyaman digenggam. Rick juga menyebut tombol power dan volume di bagian kanan HP ini mantap saat dipencet.

Satu lagi upgrade di sisi desain yang ada di Tecno Spark 10 Pro adalah lubang kamera depannya. HP ini tak lagi menggunakan model water drop notch, melainkan punch hole yang menurut banyak orang lebih modern.

Adapun Gizmochina menyebut bahwa HP ini punya fitur tahan air. Walau begitu, Tecno tidak menjelaskan apakah HP ini punya sertifikasi ketahanan atau tidak. Tecno juga tidak menjelaskan mengenai kaca proteksi apa yang dipakai untuk melapis layarnya.

Namun, kata Arel Ebana, layar Tecno Spark 10 Pro telah dilapisi kaca Corning Gorilla Glass. HP ini tersedia dalam dua varian warna: Starry Black dan Pearl White. Dimensinya adalah 168,4 x 76,2 x 8,4 mm dengan bobot 208 gram. Bodinya tidak terlalu tebal, tetapi cukup berat.

2. Layar Lebar dengan Refresh Rate 90 Hz

tecno spark 10 pro

Layar Tecno Spark 10 Pro sangat lebar. Diagonalnya mencapai 6,8 inci. Panel yang digunakan adalah IPS LCD dengan resolusi Full HD+ (1080 x 2460 piksel). Tecno menyebut layar HP ini mampu menampilkan warna dengan sesuai standar DCI-P3.

Layar HP ini pun mendukung refresh rate 90 Hz dan touch sampling rate 270 Hz. Dua angka ini sudah cukup untuk membuat layarnya punya tampilan halus dan responsif dalam mengeksekusi sentuhan.

Tingkat kecerahan layar HP ini disebut mencapai 580 nit. Menurut Rick Aqua, tampilan layar HP ini tajam dan punya warna yang hidup. Kecerahan layar Tecno Spark 10 Pro dikatakan Rick mencukupi untuk penggunaan di dalam ruangan. Untuk di luar ruangan, kecerahan layar si ponsel bukan yang terbaik di kelasnya.

Kendati demikian, layar Tecno Spark 10 Pro sudah mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Layarnya sudah mumpuni untuk mendukung aktivitas seperti bermain media sosial, bermain game, dan streaming video. Anda bisa menonton video YouTube hingga resolusi 2K dengan HP ini.

Layar Tecno Spark 10 Pro diduetkan speaker mono yang letaknya di bodi sisi bawah. Kualitas suaranya biasa saja. Bukan yang terbaik di kelas harganya.

3. Performa Mumpuni

tecno spark 10 pro

Sektor dapur pacu Tecno Spark 10 Pro ditenagai oleh SoC atau chipset MediaTek Helio G88. SoC dengan fabrikasi 12 nm ini cukup populer karena performanya terbukti mumpuni buat HP kelas entri dan kelas menengah terjangkau.

Helio G88 mengandung delapan inti prosesor. Terdiri atas dua inti Cortex A75 (2,0 GHz) dan enam Cortex A55 (1,8 GHz). Terdapat GPU Mali-G52 MC2 (1 GHz) sebagai pengolah grafis, dan beberapa komponen lain yang ada di dalam SoC ini.

Performa Helio G88 di HP ini bisa keluar secara maksimal karena disokong RAM LPDDR4x yang besar yakni 8 GB. Penyimpanan internalnya 128 GB atau 256 GB (eMMC 5.1), tergantung regional pemasaran.

Tecno juga membekali sang ponsel dengan fitur Memory Fusion guna menambah kapasitas RAM hingga 8 GB. Akan tetapi, fitur ini tak perlu diaktifkan mengingat RAM bawaan Tecno Spark 10 Pro yang sudah besar

HP ini terasa lancar dalam skenario penggunaan sehari-hari. Buka kunci layar dengan sensor pemindai sidik jarinya terasa cepat. Begitu juga dengan tugas-tugas ringan lain seperti browsing dan streaming. Buka beberapa aplikasi juga cukup lancar berkat RAM-nya yang besar.

Seluruh penguji merasakan bahwa HP ini mampu menjalankan beragam game dengan lancar. Call of Duty Mobile dapat dijalankan dengan setelan grafik "Low" dengan frame rate "High". Sementara itu, PUBG Mobile bisa mulus lancar dengan setelan "High-30 fps".

Kanal YouTube Bytes Unlocked menuturkan, bodi Tecno Spark 10 Pro tak terasa panas meski dipakai untuk bermain game dalam waktu lama.

Sebagai informasi tambahan, skor GeekBench 5 HP ini mencapai 424 untuk skenario single-core dan 1398 untuk multi-core. Skor AnTuTu 9-nya ada di kisaran 250 ribuan.

4. Memori Besar, Ada Slot microSD

tecno spark 10 pro

Sebagaimana yang sudah dipaparkan pada poin performa, Tecno Spark 10 Pro memiliki konfigurasi memori yang besar. RAM HP ini 8 GB dengan penyimpanan 128 GB atau 256 GB. RAM besar mendukung kenyamanan pakai untuk masa yang panjang.

Sementara itu, penyimpanan besar membuat pengguna lebih leluasa memasang beragam aplikasi dan menyimpan macam-macam file. Jika penyimpanan di HP ini masih terasa kurang, pengguna bisa memasang kartu microSD.

Benar, Tecno Spark 10 Pro punya slot microSD. Anda bisa mengaksesnya di sisi kiri ponsel. Letak slot microSD berada dalam satu laci dengan slot dua kartu SIM.

Anda pun tak perlu mesti mengorbankan salah satu kartu SIM jika Anda adalah pengguna dua provider. Anda bisa memasang dua kartu SIM dan microSD sekaligus. Kapasitas maksimal microSD yang bisa Anda pasang adalah berukuran 1 TB.

5. Kamera Selfie Jempolan di Kelasnya

tecno spark 10 pro

Kamera depan alias kamera selfie Tecno Spark 10 Pro memiliki resolusi 32 MP (f/2.45). Ada satu hal yang membuat kamera depan HP ini istimewa, yakni punya lampu flash. Tidak banyak HP yang punya kamera depan dengan lampu flash, termasuk HP flagship.

Dalam kondisi pencahayaan cukup, kamera depan HP ini mampu menghasilkan foto yang bagus. Gizmochina bahkan menyebut kualitas hasil tangkapannya hampir mendekati kamera depan HP kelas menengah dan HP kelas atas.

Lampu flash-nya pun sangat powerful. Lampu ini efektif dalam mengurangi noise di kondisi minim cahaya. Ketajamannya pun meningkat. Selain itu, menurut Gizmochina, lampu flash kamera depan HP ini aman bagi orang yang menggunakan kaca mata.

tecno spark 10 proSumber: Gizmochina

Pasalnya, lampu flash tersebut dapat menghilangkan efek pantulan cahaya, yang biasanya terlihat pada kacamata. Lanjut ke bagian belakang, Tecno Spark 10 Pro punya kamera utama 50 MP (f/1.6) yang didukung sensor kedalaman dan lampu flash.

Kualitas tangkapannya pun disebut Gizmochina bagus di berbagai kondisi pencahayaan. Anda bisa mengambil foto dengan mode 50 MP atau dengan mode default 12 MP. Namun, Gizmochina menyarankan untuk menggunakan mode 12 MP saja.

tecno spark 10 pro

Hasil tangkapan mode 50 MP tidak terlalu bagus, khususnya dalam hal akurasi warna. Dalam kondisi malam hari, sangat disarankan untuk mengaktifkan mode malam. Mode tersebut mampu tingkatkan rentang dinamis, sehingga foto jadi lebih menarik.

Adapun kamera depan dan kamera belakang Tecno Spark 10 Pro dapat merekam video dengan resolusi hingga 2K 30 fps. Satu tingkat lebih baik ketimbang mayoritas HP kelas terjangkau yang umumnya mentok di resolusi Full HD (1080p) 30 fps.

6. Baterai 5000 mAh yang Mencukupi

tecno spark 10 pro

Baterai berjenis litium polimer mengisi bagian dalam Tecno Spark 10 Pro. Kapasitas baterai tersebut terbilang besar dan sesuai dengan standar zaman sekarang: 5000 mAh. Tidak ada keterangan resmi dari Tecno mengenai perkiraan berapa lama daya tahan baterai tersebut.

Namun, beberapa penguji menuturkan bahwa baterai 5000 mAh mampu membuat HP ini dapat mendukung pemakaian sehari penuh. Tentunya daya tahan baterai juga bergantung pada pemakaian masing-masing pengguna.

Untuk pemakaian ringan seperti browsing dan berkirim pesan, HP ini tentu dapat dengan mudah mencapai masa pakai sehari penuh.

7. Punya Sensor Kompas, Audio Jack, dan NFC

tecno spark 10 pro

Ada sensor-sensor esensial yang dikandung Tecno Spark 10 Pro. Rinciannya adalah akselerometer, proksimitas, cahaya, kompas, dan fingerprint (menyatu dengan tombol power). HP ini hanya tidak memiliki sensor giroskop.

Karena punya sensor cahaya, Tecno Spark 10 Pro mendukung fitur pengaturan tingkat kecerahan layar secara otomatis. Adanya sensor kompas membuat HP ini bisa menentukan arah mata angin secara offline.

Hal menarik lagi dari HP ini adalah masih punya audio jack 3,5 mm. Jika Anda kurang puas dengan kualitas suara speaker-nya, mencolokkan headset ke audio jack bisa menjadi solusi. Letak audio jack HP ini ada di sisi bawah ponsel, bersebelahan dengan port USB C.

Konektivitas NFC juga dimilikinya. Anda bisa memanfaatkan NFC di Tecno Spark 10 Pro untuk berbagai hal. Misalnya mengecek dan mengisi saldo kartu e-money yang dipakai untuk membayar akses jalan tol.

8. Paket Penjualan Lengkap, Masih Ada Chargernya

tecno spark 10 pro

Tecno Spark 10 Pro tersedia secara global di berbagai negara termasuk Indonesia. Paket penjualan HP ini untuk varian global terbilang lengkap. Ada SIM ejector, softcase transparan, kabel USB C, kepala charger 18W, dan headset kabel.

Untuk unit yang dijual di Indonesia, paket penjualannya hanya minus headset kabel. Aksesori yang lengkap dalam paket penjualan merupakan kabar baik bagi konsumen. Mereka tak perlu keluar uang lagi untuk mencari pelengkap bagi si ponsel. Saat rilis di Indonesia, HP ini dijual mulai dari Rp2.099.000 untuk varian 8/128 GB.

Kekurangan Tecno Spark 10 Pro

Tecno Spark 10 Pro tentu saja bukan HP yang sempurna. Pertimbangkan hal-hal berikut ini yang mungkin saja bisa Anda anggap sebagai kekurangan sang ponsel.

1. Tidak Ada Kamera Ultrawide dan Sensor Giroskop

tecno spark 10 pro

Kualitas kamera depan dan kamera utama Tecno Spark 10 Pro secara umum baik. Meski demikian, HP ini memiliki beberapa catatan yang membuat sektor kameranya kurang sip.

Pertama, Tecno Spark 10 Pro tidak punya kamera ultrawide. Meniadakan kamera ultrawide bisa dimaklumi demi menekan harga jual produk. Namun, tidak adanya kamera jenis ini membuat Anda tidak bisa mengambil gambar dengan sudut lebar.

Kedua, HP ini tidak punya sensor giroskop dan mikrofonnya hanya satu. Tidak ada sensor giroskop sama dengan tidak punya fitur penstabil untuk rekaman video. Anda mesti menggunakan alat bantu semacam tripod atau tongsis untuk meminimalkan guncangan.

Sementara itu, mikrofon yang hanya satu cukup riskan jika tak sengaja tertutup oleh tangan. Dampaknya adalah suara dalam rekaman video tidak jelas. Untuk menghindari masalah ini, ada baiknya Anda menggunakan mikrofon eksternal.

2. Pengisian Baterai Lama

tecno spark 10 pro

Tecno Spark 10 Pro mendukung pengisian cepat 18W. Charger dengan output sesuai ada dalam paket penjualan. Sayangnya, dukungan pengisian ini belum cukup cepat untuk mengecas baterai dengan kapasitas 5000 mAh.

Dalam pengujian yang dilakukan kanal YouTube Rick Aqua, waktu yang diperlukan untuk mengecas baterai HP ini sampai penuh adalah 1 jam 55 menit. Durasi selama itu membuat Anda tidak bisa mengecas HP ini dengan buru-buru.

Yang paling aman, cas HP ini saat Anda akan tidur di malam hari. Dengan begitu Anda tidak akan kelabakan saat harus berangkat kerja pagi-pagi, sedangkan baterai ponsel belum terisi.

3. Update Software Belum Jelas

tecno spark 10 pro

Satu hal yang jadi sisi minus sebagian besar HP Tecno adalah software-nya. Iklan dan bloatware mungkin bisa ditanggulangi dengan beberapa trik tertentu. Namun, tidak dengan update software. Masalah yang satu ini, Tecno tak pernah terang-terangan memberi kejelasan.

Bisa jadi Tecno Spark 10 Pro tak memperoleh update software sama sekali sejak pertama kali sampai ke tangan pengguna. Andaikan itu terjadi, masalah seperti bug tak akan bisa beres. Adapun Tecno Spark 10 Pro dirlis dengan Android 13 yang berlapis antarmuka HiOS 12.6. Sudah relevan untuk HP keluaran Maret 2023.

Simpulan

Tecno Spark 10 Pro mempertahankan satu ciri yang dimiliki HP keluarga Transsion Holdings. Ciri itu yakni lampu flash di kamera depan. Lampu flash tersebut mampu meningkatkan kualitas foto selfie si ponsel dalam kondisi remang. Video call dengan kondisi pencahayaan yang minim pun terbantu dengan lampu tersebut.

Tak cuma itu, HP ini juga punya desain yang bagus, layar besar, performa mumpuni, memori besar, dan baterai yang cukup awet. Dengan begitu, tugas multimedia dan gaming dapat dijalankan dengan baik oleh sang ponsel.

Dukungan NFC dan paket penjualan yang lengkap menjadi daya tarik lain dari Tecno Spark 10 Pro. Meski begitu, pengisian baterai yang lama, update software yang tak jelas, dan kemampuan perekaman video yang belum oke, mesti Anda terima ketika menjatuhkan pilihan pada HP ini.

Terlepas dari tiga catatan itu, Tecno Spark 10 Pro sukses jadi salah satu HP menarik dengan harga terjangkau. Ia memiliki fitur yang cukup lengkap untuk mendukung berbagai aktivitas. Setuju?

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram