carisinyal web banner retina

Menggali 6 Perbedaan Antara realme 8 dan realme 9

Semenjak masuk ke pasar ponsel tanah air, realme terus menghadirkan produk smartphone yang berkualitas. Seperti pada 2021, realme memperkenalkan realme 8 yang merupakan ponsel kelas menengah yang dirancang khusus untuk anak muda pecinta fotografi.

Produsen asal Tiongkok ini bahkan menghadirkan desain mewah dan sejumlah fitur kelas tinggi agar pengguna ponsel tanah air dapat merasakan pengalaman layaknya ponsel flagship di harga kelas menengah.

Sukses dengan realme 8, realme kemudian menghadirkan realme 9 pada 2022. Sesuai namanya, ponsel ini menghadirkan sejumlah peningkatan agar HP realme terbaru ini kian diterima pasar tanah air.

Salah satu perubahan tersebut adalah hadirnya kamera utama berkualitas yang diklaim realme mampu menghasilkan foto malam hari yang jernih. Selain itu, apa saja yang jadi pembeda antara realme 8 dan realme 9? Untuk mengetahuinya, langsung saja simak pembahasannya dalam artikel ini sampai tuntas.

Spesifikasi realme 8

realme 8
Layar Super AMOLED 6.4 inci
Chipset MediaTek Helio G95
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 3.599.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Spesifikasi realme 9

realme 9 4g
Layar Super AMOLED 6.4 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 680
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 108 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 3.399.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Perbedaan realme 8 dan realme 9

Silakan simak poin-poin perbedaan realme 8 dan realme 9 yang telah Carisinyal siapkan berikut ini. Poin-poin berikut akan menjelaskan sektor apa saja yang menjadi diferensiasi kedua ponsel.

1. Layar 

realme 8

Perbedaan pertama kedua HP realme ini terletak pada bagian layar. Sekilas, spesifikasi layar kedua ponsel memang mirip. realme masih menggunakan layar berukuran 6,4 inci. Layar ini menggunakan panel Super AMOLED dengan resolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel).

Layar ponsel ini mampu menampilkan foto dan video dengan jelas dan cerah. Namun, kalau disimak lebih detail, layar realme 8 sudah dilengkapi dukungan pemutaran konten video HDR10. Perbedaan selanjutnya ada pada touch sampling rate.

realme 8 dibekali touch sampling 180 Hz, sedangkan realme 9 memiliki touch sampling rate 360 Hz. Makin tinggi touch sampling rate, makin responsif layar dalam mengeksekusi sentuhan. Kendati memiliki perbedaan, layar kedua ponsel dipastikan tetap mampu memberi pengalaman menonton yang nyaman saat browsing, bermain game, atau menonton video.

2. Chipset

snapdragon 680

Perbedaan selanjutnya bagian adalah terkait mesin alias chipset yang dipakai. realme 8 memakai chipset MediaTek Helio G95 dan GPU Mali G76. Sementara itu, realme 9 dipasangi chipset Qualcomm Snapdragon 680 dengan GPU Adreno 610. 

Snapdragon 680 menawarkan performa yang cukup mumpuni dengan konsumsi daya yang tidak boros. Konsumsi daya chipset ini tidak boros karena sudah dibikin dengan fabrikasi 6 nm.

Sementara itu, Helio G95 lebih nyaman untuk kegiatan berat seperti gaming. Menurut nanoreview, skor AnTuTu 9 Helio G95 mencapai 337.945,. Skor tersebut 22 persen lebih tinggi ketimbang Snapdragon 680 yang punya skor 276.946. Namun, untuk efisiensi daya, Helio G95 tertinggal karena diciptakan dengan fabrikasi 12 nm.

3. Konfigurasi Memori

realme 9

Guna memberikan performa yang tinggi, realme 8 sudah dibekali RAM 8 GB dengan memori internal 128 GB. RAM 8 GB ini tentu membuat kemampuan multitasking dan bermain game dengan kualitas grafis tinggi dapat lancar dijalankan.

Sementara itu, realme 9 hadir dengan dua pilihan RAM 6 GB dan 8 GB. Keduanya disandingkan dengan memori internal 128 GB. Hadirnya pilihan RAM 6 GB tentu membuat harga ponsel ini bisa lebih murah. Walaupun RAM-nya berkurang, realme tetap menjamin performa realme 9 tak akan terlalu mengganggu kenyamanan dalam penggunaan harian.

Adapun kedua ponsel sama-sama mendukung pemasangan kartu microSD. Kapasitas kartu microSD paling besar yang bisa dipasang adalah 1 TB.

4. Kamera

realme 9

realme memang menghadirkan dua ponsel ini untuk bersaing di pasar ponsel kamera tanah air. Hal ini tampak pada realme 8 yang menggunakan kamera utama beresolusi besar. Kamera belakangnya terdiri dari kamera utama 64 MP, kamera ultra wide 8 MP, kamera makro 2 MP, dan sensor kedalaman 2 MP. 

Untuk kamera depan, realme 8 mengandalkan kamera selfie 16 MP. Beberapa fitur menarik turut disematkan, seperti starry mode, mode potret, hingga dual-view video. 

Sementara itu, realme 9 juga hadir dengan kamera utama beresolusi. Kamera utama ponsel 4G ini memiliki resolusi 108 MP dan menggunakan sensor ISOCELL HM6 buatan Samsung. Sensor ini disokong oleh teknologi Nanopixel plus yang mampu menggabungkan beberapa piksel menjadi satu.

Hasil teknologi ini membuat foto di malam hari lebih jelas dan cerah. Di bagian belakang HP ini tidak hanya terpasang kamera 108 MP. Ada pula kamera ultrawide 8 MP yang menawarkan bidang pandang hingga 120 derajat, serta kamera makro 2 MP.

Kamera utama realme 9 ini kian responsif dalam mengunci fokus berkat teknologi PDAF. Untuk kamera selfie, ponsel Android ini memakai kamera depan 16 MP. Kamera pada realme 9 sudah dilengkapi sejumlah fitur fotografi premium, di antaranya Nightscape, 108 MP mode, pro mode, panorama, portrait, slow motion, hingga super macro.

5. Baterai dan Pengisian Daya

realme 9

Bicara baterai, kedua ponsel Android realme ini sama-sama ditanami baterai berkapasitas 5000 mAh. Bedanya, realme 8 sudah dilengkapi teknologi fast charging 30W. Dengan teknologi ini, ponsel bisa terisi daya 50 persen hanya dalam waktu 26 menit saja dan butuh waktu 65 menit untuk mengisi penuh. 

Tak ingin kalah dari pendahulunya, realme 9 juga sudah dilengkapi teknologi fast charging 33W. Dengan teknologi ini, ponsel akan terisi daya 50 persen dalam waktu 31 menit dan butuh waktu 75 menit agar terisi penuh.

Kedua ponsel kelas menengah ini pun tentu dapat digunakan lebih lama, sedangkan pengisian dayanya lebih cepat.

6. Sistem Operasi

realme 9

Perbedaan realme 8 dan realme 9 selanjutnya adalah pada bagian sistem operasi. realme 8 yang dirilis pada 2021 masih menggunakan Android 11 yang dilapisi antarmuka realme UI 2.0. Sementara itu, realme 9 yang dirilis pada 2022 datang dengan sistem operasi Android 12 yang dibalut realme UI 3.0.

Seiring waktu berjalan, realme 8 akan memperoleh update ke Android yang lebih baru. Hanya saja, realme 8 kemungkinan akan mendapat peningkatan sampai Android 13, sedangkan realme 9 sampai Android 14. Hal ini didasarkan pada kebiasaan realme yang memberi peningkatan sistem operasi sebanyak dua kali pada ponsel kelas menengahnya. 

Simpulan

Mengusung desain yang hampir serupa dengan tebal 8 mm, kedua ponsel realme ini akan sangat nyaman digunakan untuk keseharian. Termasuk di antaranya fotografi dan bermain game.

Namun demikian, kamera baru yang dihadirkan pada realme 9 tentu saja dapat menggoda anak muda. Khususnya mereka yang mencari ponsel kelas menengah dengan kemampuan fotografi apik dan harganya terjangkau. Kehadian varian RAM 6 GB membuat harga realme 9 kian terjangkau.

Untuk bermain game, performa kedua ponsel sudah cukup mumpuni. Walaupun begitu, realme 8 masih sedikit lebih unggul. Jadi, apakah itu realme 8 atau realme 9, sesuaikan saja dengan kebutuhan dasar kamu!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram