Yuk, Ketahui 7 Perbedaan ASUS Zenfone 8 dan Zenfone 9

Ditulis oleh Aris Wibowo

Akhir Juli 2022, ASUS resmi memperkenalkan smartphone flagship terbarunya, ASUS Zenfone 9. HP ini masih mengusung konsep yang sama dengan ASUS Zenfone 8, yakni berdesain kompak dengan dapur pacu flagship.

Karena adanya persamaan inilah, kedua ponsel tersebut akan jadi bahan pembahasan dalam artikel ini.

ASUS Zenfone 8 dan Zenfone 9 perlu dibahas perbedaannya ditengah banyaknya HP Android dengan layar lebar dan desain besar. Apalagi, ASUS menghadirkan sektor kamera baru yang diklaim lebih segar. 

Tidak hanya kamera, HP Android terbaru ini juga menggunakan chipset kelas atas. Ini dimaksudkan agar ponsel ASUS ini bisa bersaing dengan ponsel flagship lainnya yang mulai menghadirkan performa super kencang. Walaupun demikian, ASUS Zenfone 8 juga masih memiliki performa yang tidak kalah. 

Yang pasti, pembahasan dalam artikel ini akan menjawab pertanyaan mengenai apa saja perbedaan ASUS Zenfone 8 dan Zenfone 9. Simak spesifikasi utama kedua ponsel seperti berikut ini sebagai pembukaan.

Spesifikasi ASUS Zenfone 8 

asus-zenfone-8-01
Layar Super AMOLED 5.9 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888
RAM 8 GB, 16 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Spesifikasi ASUS Zenfone 9

ASUS Zenfone 9
Layar AMOLED 5.9 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 6 GB, 8 GB, 16 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4300 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Perbedaan ASUS Zenfone 8 dan ASUS Zenfone 9

Setelah Anda membaca spesifikasi dari kedua HP ASUS di atas, tentunya rasa penasaran mulai muncul di benak Anda tentang perbedaan dari kedua perangkat tersebut. 

Tenang, hanya di Carisinyal Anda akan mendapatkan jawaban soal perbedaan kedua smartphone ini. Yuk, langsung saja simak pembahasannya di bawah ini!

1. Sisi Desain

ASUS Zenfone 8 2_1200x628_
Desain ASUS Zenfone 8

Kedua ponsel ASUS ini hadir dengan desain yang sama kompak. Secara keseluruhan memang tidak ada perbedaan berarti didesain kedua Zenfone series ini. ASUS Zenfone 8 hadir dengan desain yang ringkas dengan desain berbentuk modul persegi panjang.

Dimensinya yang ringkas membuat Zenfone 8 sangat nyaman digunakan, sekalipun dengan satu tangan. Untuk dibawa beraktivitas juga mudah, HP cukup mudah disimpan dalam saku. Kenyamanan ini juga disebabkan adanya lengkungan bodi di sisi kiri dan kanan.

Lebih lanjut, beberapa pernak-pernik kedua ponsel juga terlihat  sama. Misalnya lokasi kamera depan dan bentuk tepian layar. Tidak heran, dari sisi depan keduanya sangat mirip. Apalagi, sudah ada lapisan anti gores Gorilla Glass Victus di depan dan belakang, hingga IP68.

asus zenfone 9
Desain ASUS Zenfone 9

Untuk ASUS Zenfone 9, desain bodinya sedikit berbeda. HP Android terbaru ini memang memiliki dimensi yang sama kompak. Namun, kalau diperhatikan lebih detail, desain bodi samping mengusung konsep flat design, yang sekilas mirip iPhone dan ponsel flagship lainnya.

Walaupun desainnya baru dan terasa kaku, HP ini tetap terasa nyaman di tangan karena dimensinya yang ringkas. Apalagi, bagian bodi belakang sudah menggunakan bodi bertekstur. ASUS juga sudah menghadirkan IP68 untuk perlindungan air dan debu. 

Yang menjadi pembeda utama ialah kamera belakangnya yang menggunakan ukuran lebih besar dan tanpa modul.   

Berlanjut ke ukuran dimensi kedua ponsel, ASUS Zenfone 8 punya dimensi 148 x 68.5 x 8.9 mm dengan bobot 169 gram tampak lebih ringkas. Sedangkan ASUS Zenfone 9 sedikit lebih tebal dengan dimensi 146.5 x 68.1 x 9.16 mm berikut bobot 169 gram.

2. Tampilan

ASUS Zenfone 8 7_1200x628_Sumber: ASUS Indonesia
Layar ASUS Zenfone 8

Memiliki desain bodi yang hampir mirip, ternyata ASUS juga menggunakan spesifikasi layar yang sama. Kedua HP dibekali layar berukuran 5,9 inci dengan resolusi 1080 x 2400 piksel dan panel Super AMOLED.

Adanya sedikit perbedaan ukuran bodi mempengaruhi  kepadatan piksel jika dibagi dengan bentang layar masing-masing. Zenfone 8 lebih padat dengan 446 ppi, sedangkan Zenfone 9 tidak berbeda jauh dengan 445 ppi

Mengenai tingkat kecerahan, kedua HP ASUS diklaim mampu mencapai tingkat kecerahan puncak 1100 nit. 

Baik layar ASUS Zenfone 8 dan Zenfone 9 juga sudah mendukung HDR content dan refresh-rate 120 Hz. Tentu kedua layar HP Android ini nyaman untuk multimedia maupun gaming.

Terakhir, soal sensor pemindai sidik jari. Sebelumnya ASUS menempatkan pemindai untuk sistem keamanan ada di layar Zenfone 8. Sedangkan dalam ASUS Zenfone 9, sensor sidik jari ada di tombol samping bodi.

3. Chipset Masih Pakai Snapdragon Kelas Atas

Snapdragon-888-zenfone-8
Chipset Qualcomm Snapdragon 888

ASUS Zenfone 8 mengandalkan chipset Snapdragon 888 sebagai otaknya. Penerus paling baru chipset tersebut adalah Snapdragon 8 Plus Gen 1 yang terpasang pada mainboard ASUS Zenfone 9. Keduanya merupakan chipset terbaik yang beda generasi.

Snapdragon 888 dibuat dengan proses fabrikasi 5 nm. Di dalam chipset ini terdapat delapan core CPU yang dibagi dalam tiga klaster.

Klaster super diisi satu core Kryo 680 Prime 2.84 GHz (berbasis Cortex-X1). Klaster performa diisi tiga core Kryo 680 Gold 2.42 GHz (berbasis Cortex-A78). Sementara klaster efisiensi diisi empat core Kryo 680 Silver 1.80 GHz (berbasis Cortex-A55).

Selain CPU, ada juga komponen lain yang ada di dalam Snapdragon 888. Di antaranya adalah GPU Adreno 660 (840 MHz), DSP Hexagon 780, ISP Spectra 580, dan modem internal 5G X60.

snapdragon 8+ gen 1_
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1

Lanjut soal Snapdragon 8 Plus Gen 1, chipset ini dirancang dengan proses fabrikasi 4 nm. Terdapat delapan core CPU yang dikandung Snapdragon 8 Plus Gen 1. Seluruhnya terbagi dalam tiga klaster.

Klaster super diisi satu core Kryo Prime 3.2 GHz (berbasis Cortex-X2). Klaster performanya berupa tiga core Kryo Gold 2.75 GHz (berbasis Cortex-A710). Terakhir ada empat core Kryo Silver (berbasis Cortex-A510) 11,8 Ghz yang masuk dalam klaster efisiensi.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram