Inilah 7 Perbedaan Samsung Galaxy A13 dan Galaxy A13 5G

Ditulis oleh Aris Wibowo

Semakin berkembangnya jaringan 5G di Indonesia membuat beberapa produsen mulai ramai memasarkan Ponsel dengan jaringan 5G. Beberapa ponsel 5G yang hadir memang merupakan ponsel yang benar-benar baru. Namun, ada juga ponsel 5G yang merupakan versi update dari ponsel 4G. 

Menariknya, di pasar global, Samsung justru merilis lebih dulu Samsung Galaxy A13 5G pada Desember 2021 dan kemudian merilis Samsung Galaxy A13 versi 4G pada Maret 2022

Hadirnya kedua ponsel terbaru ini memang sebagai bentuk upaya Samsung untuk menyegarkan jajaran produknya, khususnya ponsel dengan harga Rp2 jutaan. Untuk itulah sejumlah perbedaan spesifikasi  hadir dalam dua ponsel Samsung ini.

Nah, pembahasan dalam artikel ini akan menjawab pertanyaan mengenai apa saja perbedaan Samsung Galaxy A13 dan Galaxy A13 5G. Simak spesifikasi utama kedua ponsel seperti berikut ini sebagai pembukaan.

Spesifikasi Samsung Galaxy A13

Galaxy A13 4G
Layar PLS TFT 6.6 inci
Chipset Exynos 850
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 5 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Ini Rp 2.599.000
Beli di Carisinyal Store Shopee Tokopedia

Spesifikasi Samsung Galaxy A13 5G

Samsung Galaxy A13 5G
Layar PLS TFT 6.5 inci
Chipset MediaTek Dimensity 700
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Perbedaan Samsung Galaxy A13 dan Samsung Galaxy A13 5G

Samsung unggulkan fitur 5G pada Samsung Galaxy A13 5G. Namun, bukan itu saja yang membedakan Samsung Galaxy A13 dengan Galaxy A13 5G. Seluruh perbedaan kedua ponsel dapat Anda temukan pada poin-poin berikut ini.

1. Menawarkan Desain Minimalis

Samsung Galaxy A13 dan Galaxy A13 5G memiliki desain yang mirip. Yang membedakan keduanya ialah desain kamera belakangnya. Versi 4G hadir dengan empat buah kamera, sedangkan versi 5G hanya dibekali tiga buah kamera belakang saja.

Di bagian bodi belakang, desain kameranya mirip Samsung Galaxy S22 Ultra. Tidak ada tonjolan modul kamera yang besar. Yang ada setiap sensor kamera dibuat terpisah. Seolah dibuat menyatu dengan bodi dan ini menimbulkan kesan mewah. Desain kamera belakang ini dianggap lebih nyaman dan lebih mudah untuk meletakkan ponsel di atas meja. 

Keduanya masih menggunakan desain bodi minimalis bahan plastik dengan finishing glossy. Ini membuat bodi mudah terkena bekas sidik jari dan licin. Walaupun demikian, berkat desain bodi samping yang sedikit melengkung, ponsel Samsung ini nyaman digenggam dengan erat.

Keunggulan HP Rp2 jutaan ini juga ada di bagian sensor sidik jari. Samsung kini menempatkan sensor sidik jari menyatu bersama tombol power di sisi samping. Penempatan ini membuat Anda bisa membuka dan mengunci HP dengan cepat dan mudah. 

Kenyamanan HP ini untuk penggunaan harian juga didukung dimensi yang pas, yakini berukuran 165,1 x 76,4 x 8,8 mm versi 4G dan ukuran 164,5 x 76,5 x 8,8 mm. Kedua ponsel Android ini juga memiliki berat yang sama yakni 195 gram. Dimensinya cukup ideal untuk penggunaan harian meski terasa berat. .  

2. Panel Layar Sama, Beda Resolusi

galaxy a13 layar__1

Layar menjadi sektor penting dalam sebuah Ponsel. Maka dari itu, Samsung menghadirkan ubahan yang cukup pada Galaxy A13 versi 4G. Ubahan ini diharapkan membuat Anda bisa tetap tertarik pada ponsel Android ini meski masih mengandalkan jaringan 4G.

Peningkatan yang tampak di sisi layar ialah Samsung Galaxy A13 memakai resolusi layar yang lebih baik yakni resolusi Full HD+. Selain itu, layar berukuran 6,6 inci ini memiliki kepadatan piksel 400 ppi dan sudah dibekali pelindung anti gores, Gorilla Glass 5. Sayangnya, layar ini masih menggunakan refresh rate standar 60 Hz.

Sementara itu, Galaxy A13 5G masih menggunakan layar dengan resolusi HD+. Selain itu, layar berukuran 6,5 inci ini memiliki kepadatan piksel 270 ppi yang sayangnya  belum dilindungi antigores yang berkualitas. Walaupun demikian, layar HP ini justru sudah dibekali refresh rate 90 Hz.

Selebihnya, kedua ponsel masih menggunakan panel PLS LCD. Panel ini adalah panel layar buatan Samsung yang kualitas tampilannya mirip panel IPS. Sudut pandang layar ini juga cukup lebar sehingga cocok untuk bermain game maupun menonton video. 

Layar kedua HP Samsung ini juga sudah mendukung sertifikasi Widevine L1 sehingga Anda bisa menonton film streaming dengan kualitas HD yang tajam.

3. Chipset 4G vs 5G

dimensity-700-5g

Kedua ponsel Samsung terbaru ini hadir dengan dua dapur pacu yang berbeda. Hal ini dilakukan Samsung untuk memenuhi permintaan pasar saat ini.

Samsung Galaxy A13 kini dipersenjatai chipset buatan Samsung sendiri yakni Exynos 850. Prosesor octa-core ini dirancang menggunakan fabrikasi 8nm. Untuk performanya, chipset-nya memiliki clock speed hingga 2 Ghz dan disokong GPU Mali G52.

Samsung juga sudah menghadirkan fitur RAM Plus untuk menambah RAM virtual 4 GB ke RAM asli 4 GB. Sayangnya, penambahan RAM ini dianggap kurang maksimal. Karena masih ditemukan lag kala berpindah antar aplikasi. 

Sementara itu, Samsung Galaxy A13 5G menggunakan chipset Mediatek Dimensity 700. Ini merupakan chipset kelas menengah dengan fabrikasi 7nm, yang sudah mendukung kemampuan 5G.

Prosesor octa-core ini terdiri dari dua core Cortex A76 berkecepatan 2,2 Ghz dan enam core cortex A55 berkecepatan 2.0 Ghz sebagai penghemat daya. Selain itu terpasang juga GPU Mali G57 dan dukungan RAM 4 GB. Dengan spesifikasi ini, ponsel dapat nyaman digunakan untuk multitasking maupun bermain game dengan lancar.

4. Berbeda Jumlah Kamera Belakang

Samsung Galaxy A13 5G

Seperti yang dibahas di bagian desain, kamera menjadi pembeda antara kedua ponsel Samsung ini. Memang konfigurasi kamera yang digunakan Samsung Galaxy A13 dan Galaxy A13 5G  tidak berbeda jauh. Hanya saja, Samsung Galaxy A13 5G tidak memiliki kamera ultrawide.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram