carisinyal web banner retina

Inilah 6 Perbedaan Samsung Galaxy A12 dan Galaxy A13

Jika memikirkan tentang HP murah, bayangan kita mungkin senantiasa tertuju pada brand asal Tiongkok seperti realme ataupun Xiaomi. Namun, sebenarnya Samsung juga punya seri Galaxy A yang harganya murah meriah. Contohnya seperti Samsung Galaxy A12 dan A13 yang hanya dibanderol dengan harga rilis Rp2 jutaan.

Sebagai generasi penerusnya, Galaxy A13 memang sudah wajarnya membawakan beberapa peningkatan, entah itu dari sisi kinerjanya, kamera, ataupun yang lainnya. Apalagi mengingat Galaxy A13 hadir setahun lebih baru ketimbang Galaxy A12, tentu hal ini jadi keuntungan tersendiri bagi Galaxy A13 yang dipastikan akan mampu di-upgrade ke versi Android yang lebih baru.

Lantas, seberapa drastiskah peningkatan yang dibawakan Galaxy A13 ketimbang Galaxy A12 yang menjadi pendahulunya? Apakah Galaxy A13 masih berada di banderol harga yang serupa? Yuk, ketahui beberapa perbedaan keduanya berikut ini!

Spesifikasi Samsung Galaxy A12

Samsung Galaxy A12
Layar PLS IPS 6.5 inci
Chipset Exynos 850
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera 48 MP (wide) 5 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.399.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Spesifikasi Samsung Galaxy A13

Samsung Galaxy A13
Layar PLS TFT 6.6 inci
Chipset Exynos 850
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 5 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Ini Rp 2.599.000
Beli di Carisinyal Store Shopee Tokopedia

Perbedaan Samsung Galaxy A12 dan Galaxy A13

Kini saatnya Anda mengetahui perbedaan antara Galaxy A12 dan Galaxy A13, sang produk smartphone seharga 2 jutaan dengan fitur-fitur dan spesifikasi menarik, yakni sebagai berikut.

1. Ukuran dan Resolusi Layar

galaxy a13 layar_

Siapa yang tidak menyukai kegiatan menonton di smartphone? Dengan sistem operasi Android yang begitu unggul dan multifungsi, pengguna bisa gunakan Galaxy A12 dan Galaxy A13 sebagai sarana menonton yang layak. Namun jika bertanya-tanya mana di antara keduanya yang punya layar lebih asyik, jawabannya tentu Galaxy A13.

Soalnya, sang generasi penerus ini sudah hadirkan ukuran layar 6,6 inci yang lebih besar, serta berada pada resolusi tajam Full HD (1080 x 2408 piksel) dengan kerapatan 400 ppi.

Ini jauh lebih bagus daripada Galaxy A12 dengan ukuran 6,5 inci serta masih menyuguhkan resolusi HD+ alias 720 x 1600 piksel. Bukan itu saja, kerapatan pikselnya pun nyaris dua kali lipat lebih rendah, yaitu 270 ppi.

Mengapa resolusi dan ketajaman piksel menjadi penting? Soalnya, keduanya ini sungguh berpengaruh pada tingkat kualitas ketajaman isi layar yang bisa Anda nikmati.

Terlebih jika Anda beralih dari HP yang gunakan layar Full HD+, Anda akan menyadari keberadaan bagian yang choppy atau pixelated pada gambar. Apalagi, tingkat ketajaman miliknya di bawah 400 ppi yang menandakan masing-masing piksel akan begitu terlihat.

Kedua ponsel sama-sama suguhkan panel PLS (plane to line switching) LCD yang konon lebih cerah dan mampu suguhkan kualitas gambar lebih baik ketimbang IPS (in panel switching).

Selain itu, panel PLS juga dinilai memiliki efisiensi daya lebih tinggi, sehingga memengaruhi daya ketahanan baterai smartphone secara keseluruhan, dilansir dari matchstix.io.

2. Helio P35 vs. Exynos 850

Exynos 850

Menginginkan smartphone Samsung murah dengan performa gaming berat? Sayang sekali, baik Samsung Galaxy A12 maupun A13 belum bisa dikatakan layak. Pasalnya, keduanya suguhkan chipset yang lebih ditujukan untuk efisiensi daya dan penggunaan ringan sehari-hari ketimbang untuk gaming.

Samsung Galaxy A12 misalnya, hanya ditopang dengan SoC (system on a chip) dari MediaTek berupa Helio P35 pada proses fabrikasi 12 nanometer.

Ini merupakan salah satu chipset MediaTek paling ringan di dunia, hanya menyuguhkan konfigurasi delapan inti prosesor yang mencakup empat inti ARM Cortex A55 berkekuatan 2 GHz, dan empat unit ARM Cortex A53 dengan kecepatan 1.8 GHz.

Begitu pun dengan chipset Exynos 850 yang terbenam pada jeroan Galaxy A13. Kendati ia merupakan SoC besutan Samsung sendiri, namun Exynos 850 hanya menyediakan delapan inti prosesor pada satu klaster yaitu ARM Cortex A55 dengan frekuensi 2 GHz.

Dari segi besaran clock speed, Helio P35 pada Galaxy A12 lebih unggul (2.3 GHz vs. 2 GHz). Akan tetapi, set arsitekturnya kalah saing dengan Exynos 850 (A53 vs. A55).

Dan karena tidak suguhkan mikroarsitektur ARM Cortex A7x sama sekali, keduanya memang tidak siap menunjang aktivitas gaming secara intens dan profesional. Ucapkan selamat tinggal pada pengalaman PUBG M dan Genshin Impact yang lancar jaya.

Exynos 850 hadir dengan kartu pengolah grafis Mali G52 MP1 dengan clock speed lebih tinggi yaitu 820 MHz, ketimbang Helio P35 yang dilengkapi dengan IMG PowerVR GE8320 berkecepatan 680 MHz.

Adapun untuk segi efisiensi daya, Exynos 850 tampaknya lagi-lagi unggul dengan fabrikasi 8 nanometer. Tentu lebih baik dibanding Helio P35 dengan ukuran transistor 12 nanometer.

Sumber NanoReview pun menyebutkan bahwa Exynos 850 mendapatkan skor AnTuTu v9 yang 43 persen lebih tinggi dari Helio P35, yakni 131.970 vs. 99.416 poin. Sebagai informasi, skor AnTuTu v9 ini mewakili kinerja CPU, GPU, RAM, dan juga I/O pada beragam skenario yang berbeda.

Sementara itu, skor Geekbench 5 hanya mengukur kinerja prosesor (CPU) secara single thread dan multi-thread.

Helio P35 rupanya hadirkan skor lebih tinggi secara single-core sebesar 169, dengan multi-core sebesar 973 poin. Exynos 850 justru punya skor yang sedikit lebih kecil di angka 161 poin untuk pengujian single-core, dan 945 untuk penguian multi-core.

Jika ditarik secara garis besar, Exynos 850 memang sedikit di bawah Helio P35 dari segi kemampuan CPU, namun hadirkan efisiensi daya lebih tinggi dan memiliki kemampuan grafis yang lebih unggul.

3. Resolusi Kamera Belakang

galaxy a13 kamera_

Kini, sudah tak lagi ada alasan HP entry level hanya dibekali dengan resolusi kamera 13 MP. Karena, di harga 2 jutaan, sudah ada Galaxy A12 dan A13 dengan resolusi kamera tinggi, sehingga mampu hadirkan teknologi pixel binning.

Samsung Galaxy A12 memiliki sensor utama berkekuatan 48 MP (f/2.0) dengan focal length 26 mm dan memiliki fitur AF. Pada Samsung Galaxy A13, resolusi kamera sedikit meningkat jadi 50 MP (f/1.8) dengan fitur PDAF (phase detection autofocus).

Keduanya sama-sama dihadirkan dengan tiga lensa pendamping yang terdiri atas kamera 5 MP (f/2.2) pada fungsi ultra-wide, sehingga pengguna sanggup memotret dengan bidang keluasan 123 derajat. Sangat layak dalam segi pemotretan grup foto ataupun lanskap pemandangan.

Pada dua lensa berikutnya, mengandalkan sensor 2 MP (f/2.4) dengan fungsi makro (untuk pemotretan close-up pada objek berukuran kecil) serta depth sensor (untuk hasilkan efek bokeh pada mode portrait).

Tak ada yang berbeda dari sisi kemampuan perekaman video. Keduanya sama-sama sanggup merekam pada resolusi 1080p pada kecepatan 30 FPS. Kedua ponsel juga sama-sama mengemas kamera depan berdesain Infinity-U Display alias waterdrop notch dengan resolusi 8 MP (f/2.2).

4. Ketersediaan WiFi Dual Band

wifi 5

Konektivitas merupakan salah satu hal terpenting dari sebuah smartphone. Kini, semua orang sudah mengandalkan HP untuk bertukar data, mengakses informasi via internet, dan lain sebagainya. Namun tahukah Anda? Tidak semua ponsel hadirkan teknologi konektivitas yang sama.

Hal ini tercermin pada Samsung Galaxy A12 yang hanya mengusung protokol WiFi 802.11 b/g/n, yang artinya ia hanya bisa terhubung pada modem WiFi yang berjalan pada frekuensi 2,4 GHz.

Berbeda dengan Samsung Galaxy A13 yang memiliki protokol WiFi Dual Band 802.11 b/g/n/ac, sehingga selain bisa tersambung dengan router 2,4 GHz, ia juga kompatibel dengan frekuensi modem 5 GHz.

Frekuensi 5 GHz atau yang biasa disebut dengan WiFi 5 memiliki kecepatan unduhan dan unggahan yang lebih cepat, sehingga latensinya pun lebih rendah.

Router 5 GHz memang tidak sebaik 2,4 GHz dari segi jangkauan sinyalnya, namun Anda dijamin akan merasakan pengalaman internet yang lebih memuaskan dengan WiFi 5, asalkan berada di dekat router.

Kedua ponsel juga sama-sama dibekali dengan Bluetooth 5.0 yang hadirkan teknologi LE (Low Energy) serta audio kodek A2DP. Tak lupa, kedua perangkat dilengkapi dengan jenis pengisian USB Type-C 2.0 dengan fast charging 15 W pada baterai berkapasitas 5.000 mAh.

5. Harga Rilis

galaxy a12 harga rilis_

Perbedaan berikutnya terletak pada harga rilis. Kendati begitu, sebenarnya keduanya sama-sama punya harga rilis yang sama untuk varian termudahnya. Baik Galaxy A12 dan Galaxy A13 berada pada harga rilis Rp2,5 juta untuk varian RAM 4 GB dan memori internal 128 GB.

Sedangkan untuk varian di atasnya, kedua harga sedikit berbeda. Samsung Galaxy A12 hadir dengan banderol harga Rp2,8 juta sementara Galaxy A13 berada di harga Rp2,7 juta. Kedua harga tersebut merupakan harga dari varian RAM 6 GB dengan penyimpanan internal 128 GB.

Siapa sangka? Galaxy A13 dengan desain bodi yang fresh dan spesifikasi yang lebih disempurnakan ini rupanya hadirkan harga rilis lebih terjangkau. Walau begitu, Galaxy A12 yang lebih jadul ini memang sudah mengalami penurunan harga, sehingga ia kini lebih murah ketimbang Galaxy A13.

Per 9 April 2022, varian RAM 4 GB/128 GB dari Samsung Galaxy A12 sudah dijual dengan harga Rp2,1 jutaan di berbagai marketplace. Harga ini bisa berubah-rubah seiring waktu.

6. Desain Bodi

galaxy a12 desain bodi_
Samsung Galaxy A12

Desain bodi kebanyakan ponsel di kelas entry-level mungkin tidak akan sebagus ponsel lain di kelas harga lebih tinggi. Hal ini sungguh terlihat pada desain panel belakang Samsung Galaxy A12 yang masih memberikan modul kamera persegi yang terbilang jadul.

Galaxy A12 sendiri hadir dengan varian warna hitam, putih, biru, dan juga merah. Tampilan keempat warna ini, meski terlihat cukup memukau, namun tampak biasa-biasa dibandingkan ponsel entry-level lain yang berasal dari produsen Cina seperti vivo dan OPPO.

galaxy a13 desain bodi_
Samsung Galaxy A13

Kondisi desain ini kemudian meningkat drastis pada Samsung Galaxy A13 yang menawarkan tampilan sebaik "kakak-kakak"-nya, yakni Galaxy A33, Galaxy A53, dan seterusnya.

Bagaimana tidak? Ia sudah mengusung modul kamera yang lebih seamless dan rapi. Sudah tak lagi terlihat camera bump yang membuatnya terlihat terpisah dari desain keseluruhan, kini kamera Galaxy A13 terlihat begitu menyatu dengan panel belakangnya.

Bukan itu saja, varian warna yang terdapat pada Galaxy A13 juga lebih modern, chic, dan juga stylish. Terlebih jika Anda memilih varian yang berwarna Peach, sungguh membuatnya terlihat barang mewah berkat DNA desain yang sleek dan berestetika tinggi.

Warna-warna lain yang dihadirkan berupa hitam, putih, dan juga biru. Warna biru juga terlihat sama bagusnya dengan Peach alias salem, karena memiliki warna yang soft, sungguh sesuai dengan permintaan pasar anak muda zaman sekarang.

Untungnya lagi, baik Galaxy A12 maupun A13 sama-sama suguhkan sensor sidik jari di samping, menyatu dengan tombol daya. Hal ini semakin membuat tampilan begitu bersih, sekaligus memberikan keleluasaan bagi pengguna untuk melakukan mix and match terhadap casing yang hendak digunakan.

Simpulan

Mencari smartphone merk Samsung dengan harga miring kini sudah bukan lagi menjadi hal sulit. Dengan mengeluarkan kocek 2 jutaan saja, Anda dapat memilih antara Samsung Galaxy A12 dan juga Galaxy A13. Sebagai produk keluaran terbaru, jelas saja Galaxy A13 hadir sebagai opsi yang lebih preferrable.

Terpaut satu tahun sejak perilisan Galaxy A12, Anda bisa nikmati versi Android yang lebih baru pada Galaxy A13 beberapa tahun kelak. Serta, hadirnya layar dengan resolusi tinggi dan ukuran lebih luas juga membuatnya begitu menyenangkan saat dipakai menonton dan berinternet ria.

Terlebih jika di rumah hanya menggunakan router WiFi 5, Anda akan kesulitan menyambungkan Galaxy A12 ke internet rumah karena ia hanya mendukung jaringan 2,4 GHz saja. Desain bodinya yang lebih keren juga akan semakin meningkatkan prestige di muka umum sekalipun harga smartphone yang dipakai hanya 2 jutaan.

Begitu banyak HP Samsung murah dengan harga terjangkau yang bisa Anda pilih. Jika merasa kedua HP ini masi kemahalan, Anda pun bisa memilih Samsung Galaxy A03 atau Galaxy A03 Core yang harga rilisnya hanya Rp1 jutaan.

Masih penasaran dengan HP Samsung murah lainnya? Silakan simak daftar HP Samsung termurah yang telah kami sediakan.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram