carisinyal web banner retina

Inilah 6 Perbedaan Smartphone vivo Y02, Y02s, dan Y02t

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

Setelah berhasil meluncurkan vivo Y02 dan vivo Y02s pada kuartal akhir 2022, vivo kembali meluncurkan HP terbarunya di kelas entry level yaitu vivo Y02t. Peluncuran vivo Y02t ini kabarnya akan dilakukan pada Mei 2023.

Sebagai pelengkap dari lini vivo Y02 Series, vivo Y02t kabarnya dibekali sejumlah spesifikasi dan kemampuan yang ditingkatkan. Salah satu yang paling menarik adalah kapasitas memori yang makin luas. Hal tersebut membuat vivo Y02t ini cukup bisa diandalkan soal kenyamanan dalam penggunaan.

Sebagai HP entry level yang berada di lini seri sama yaitu vivo Y02 Series. Tentu membuat kita penasaran kira-kira apa saja perbedaan yang dimiliki ketiga HP tersebut? Nah, agar tidak penasaran, berikut adalah beberapa perbedaan vivo Y02, Y02s, dan Y02t yang harus Anda ketahui.

Spesifikasi vivo Y02

vivo Y02
Layar IPS LCD 6.51 inci
Chipset MediaTek Helio P22
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 8 MP (wide)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi vivo Y02s

vivo Y02s
Layar IPS LCD 6.51 inci
Chipset MediaTek Helio P35
RAM 2 GB, 3 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera 8 MP (wide)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi vivo Y02t

vivo Y02T
Layar IPS LCD 6.51 inci
Chipset MediaTek Helio P35
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 8 MP (wide)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Perbedaan vivo Y02, Y02s, dan Y02t

vivo menjadi salah satu produsen yang selalu memberikan spesifikasi menarik di kelas harganya, terutama entry level. vivo Y02 Series menjadi salah satu seri yang bisa diandalkan untuk penggunaan sehari-hari. Apa saja kira-kira perbedaan yang dimiliki vivo Y02, Y02s, dan Y02t? Silakan simak artikel ini sampai habis untuk mengetahui jawabannya.

1. Tampilan Desain Premium

vivo y02

vivo Y02 Series menjadi salah satu seri dari vivo yang dibekali tampilan desain menarik. Meski memiliki harga di angka sejutaan, desain yang digunakannya mampu menampilkan kesan premium. Meski begitu, minimalis tetap menjadi salah satu tema yang digunakan oleh ketiga HP ini.

Desain yang digunakan oleh ketiga model tersebut menggunakan teknologi Dynamic Color. Teknologi ini dirancang melalui proses nano-grade material spray coating yang dipadukan dengan teknik perpaduan warna unik. Ketiganya menggunakan warna yang diambil dan terinspirasi dari warna alam.

vivo y02s

vivo Y02 hadir dengan warna Orchid Blue dengan gradasi warna ungu kebiruan yang memberikan kesan segar. Kemudian ada warna Cosmic Grey yang menampilkan warna bayangan sempurna dengan kesan santai dan damai. Warna ini juga dimiliki oleh vivo Y02t. Sedangkan warna utama vivo Y02t adalah Sunset Golden yang memberikan kesan hangat sinar mentari sore.

Sementara itu, vivo Y02s hadir dengan warna yang juga tak kalah menarik. Varian warna pertamanya adalah Vibrant Blue yang diambil dari warna laut cerah dengan tekstur ombak. Kemudian ada Fluorite Black yang memberikan kesan elegan dan klasik.

Selain tampil cantik, ketiganya juga memiliki tingkat kenyamanan cukup tinggi. Bodi bagian belakangnya memiliki tekstur lembut yang khas. Hal ini membuat bodi bagian belakangnya cukup tahan terhadap noda sidik jari bahkan goresan. Bodi bagian belakangnya juga mengusung desain 2,5D flat frame yang nyaman digenggam dalam waktu lama.

Perbedaan dari sektor desainnya ini terlihat dari bentuk modul kameranya. vivo Y02 dan Y02t memiliki tampilan modul kamera yang cukup mirip. Dengan modul kamera persegi panjang vertikal serta terdapat lingkaran sebagai wadah bagi lensa kamera dan LED flash-nya.

vivo Y02t

Sementara itu, vivo Y02s memiliki tampilan modul kamera seperti HP pada umumnya. Menariknya, modul berbentuk perseginya tidak terlalu timbul, warnanya pun dibuat mirip dengan bodi. Sehingga, kedua lingkaran yang berisi kamera dan LED flash tersebut seperti tidak memiliki modul dan hanya disimpan di atas bodinya saja.

Soal ukuran, ketiga HP ini memiliki ukuran bodi yang tidak terlalu jauh berbeda. Bahkan, vivo Y02 dan Y02t memiliki ukuran yang sama dengan dimensi 164 x 75,6 x 8,5 mm. Serta bobotnya mencapai 186 gram. Sedangkan vivo Y02s memiliki dimensi 164 x 76 x 8,2 mm dengan bobot sedikit lebih ringan yaitu 182 gram.

2. MediaTek Helio P22 vs Helio P35

vivo Y02s y02t

Perbedaan lainnya dari vivo Y02 Series ini bisa dilihat dari sektor dapur pacunya. Sebagai HP entry level dengan harga sejutaan, tentu kita tidak terlalu berharap banyak soal performa. Sebab, vivo Y02 Series sendiri tidak dirancang khusus sebagai HP gaming di harga sejutaan.

Meski begitu, vivo Y02 Series ini sudah memiliki kemampuan yang bisa diandalkan untuk penggunaan sehari-hari. Ketiganya sama-sama ditenagai oleh chipset buatan MediaTek. vivo Y02 hadir dengan chipset Helio P22, sedangkan vivo Y02s dan Y02t hadir dengan chipset di atasnya sedikit yaitu Helio P35.

Chipset MediaTek Helio P22 yang digunakan vivo Y02 ini memiliki proses manufaktur 12 nm. chipset ini ditenagai CPU octa-core yang semua intinya berbasis pada Cortex A53. Kemudian dibagi menjadi dua dengan empat core inti 2 GHz dan empat core lainnya 1,5 GHz.

Untuk mengoptimalkan performa yang dihasilkan, terdapat kartu pengolah grafis PowerVR GE8320 dengan frekuensi 650 MHz.

Di sisi lain, MediaTek Helio P35 yang digunakan vivo Y02s dan Y02t juga memiliki proses manufaktur 12 nm. Namun, frekuensi CPU octa-core yang dimilikinya sedikit lebih tinggi yang berbasis pada Cortex A53. Kemudian terbagi dua menjadi empat core utama dengan frekuensi 2,3 GHz dan empat core lainnya dengan frekuensi 1,8 GHz.

Kartu pengolah grafis yang dimiliki Helio P35 ini masih sama dengan yang dimiliki Helio P22 yaitu PowerVR GE8320. Hanya saja, GPU dari Helio P35 memiliki frekuensi yang sedikit lebih tinggi yaitu 680 MHz.

Dilihat dari spesifikasinya, performa yang ditawarkan ketiga HP ini tampaknya tidak jauh berbeda. Dengan kata lain, vivo Y02, Y02s, atau Y02t masih sama-sama mampu digunakan untuk penggunaan sehari-hari. lantas, bagaimana dengan pengujian sintetis dari kedua chipset tersebut?

Merujuk pada data dari Nanoreview, chipset Helio P22 mendapatkan skor 98.025 untuk AnTuTu v9. Lebih rendah dibandingkan Helio P35 dengan skor 115.585. Sedangkan ketika menggunakan GeekBench 5, Helio P22 mendapatkan skor 156 untuk single-core dan 744 untuk multi-core. Helio P35 masih berada di atasnya dengan skor 172 dan 973.

Selain performa, ketiganya juga kompak dibekali baterai 5000 mAh yang cukup awet. Cukup sesuai dengan fungsinya yang mengharuskannya bertahan seharian. Sedangkan fitur pengisian daya yang dimiliki ketiganya adalah 10 W.

3. Kapasitas Memori Lebih Lega

vivo y02t

Seperti yang kita tahu, chipset bukanlah satu-satunya komponen sumber performa sebuah HP. Terdapat komponen atau sektor lainnya yang juga turut berpengaruh dalam menghasilkan performa, salah satunya adalah kapasitas memori.

Jika dibandingkan sebelumnya, vivo Y02t sebagai model paling baru di serinya ini dibekali kapasitas memori yang lebih luas. vivo Y02t dibekali RAM LPDDR4X berkapasitas 4 GB. Menariknya, Anda masih bisa memperluas kapasitas RAM menggunakan Extended RAM hingga 4 GB. 

Sementara itu, memori internal yang dimiliki vivo Y02t ini adalah 64 GB. Anda juga masih bisa memperluas kapasitasnya hingga 1 TB menggunakan slot khusus microSD di dalam SIM tray. Kapasitas memori yang luas ini jugalah yang membuat vivo Y02t ini bisa dibilang lebih andal dalam mengerjakan aktivitas harian Anda.

Berbeda dengan vivo Y02t, vivo Y02 memiliki kapasitas yang sedikit lebih kecil. RAM LPDDR4X miliknya hanya berkapasitas 3 GB saja. Sedangkan memori internalnya mentok di angka 32 GB. Namun, Anda tetap bisa memperluasnya hingga 1 TB menggunakan slot khusus untuk microSD.

vivo Y02s menjadi satu-satunya model di vivo Y02 Series dengan varian RAM yang lebih banyak. Anda bisa memilih kapasitas RAM LPDDR4X 2 GB atau 3 GB. Sedangkan memori internalnya 32 GB atau 64 GB. Anda juga tetap bisa memperluasnya hingga 1 TB menggunakan slot khusus untuk microSD.

4. Sistem Operasi Android Bawaan

vivo y02t

Selain seri chipset, ketiganya juga hadir dengan sistem operasi bawaan yang berbeda-beda. vivo Y02 dan Y02s ketika peluncurannya yaitu tahun 2022 masih menggunakan Android 12. Bedanya, vivo Y02 dengan harga yang lebih murah menggunakan sistem operasi Android 12 Go Edition.

Penggunaan sistem operasi versi Go Edition pada vivo Y02 ini cukup wajar. Mengingat spesifikasi yang dimilikinya juga terlihat pas-pasan, mulai dari chipset kelas entry hingga kapasitas memori yang tidak terlalu besar.

Sementara itu, vivo Y02t baru diluncurkan pada tahun 2023, tidak heran jika sistem operasi yang digunakan adalah Android 13. Namun, jika dilihat dari website resmi vivo, HP ini menggunakan sistem operasi Android 13 Edition. Kemungkinan versi yang digunakan adalah versi Go Edition.

Pemilihan sistem operasi tersebut juga masih terbilang wajar, apalagi vivo Y02t masih sebagai HP entry level dengan spesifikasi pas-pasan. Meski memiliki kapasitas memori yang lebih besar dibandingkan dua model lainnya, vivo ingin memberikan pengalaman maksimal dalam menggunakan Android 13 di HP ini.

5. microUSB vs USB Type-C

vivo y02s

Salah satu perbedaan lainnya yang juga menarik perhatian adalah penggunaan konektor USB-nya. vivo Y02s sudah lebih baik karena menggunakan konektor USB Type-C yang terkenal memiliki kecepatan transfer lebih baik.

Sementara itu, vivo Y02t justru tidak mengikuti hal tersebut. vivo Y02t malah kembali menggunakan konektor microUSB, sama seperti vivo Y02 yang juga masih menggunakan microUSB untuk konektornya. Versi yang digunakannya adalah microUSB 2.0 yang memiliki kecepatan hanya 480 mbps saja.

Berbeda dengan vivo Y02s dengan USB Type-C 2.0 yang memiliki kecepatan dua kali lebih baik dibandingkan microUSB 2.0.

Penggunaan microUSB pada vivo Y02t menjadi salah satu hal yang cukup disayangkan. Mengingat beberapa HP zaman sekarang sudah lebih memilih beralih ke USB Type-C karena dinilai lebih baik. Mulai dari kecepatan, daya listrik, hingga kegunaan dan kompatibilitasnya yang cukup beragam.

Kelengkapan sensor yang dimiliki oleh vivo Y02t juga ternyata lebih mirip dengan vivo Y02. Adapun sensor yang dimilikinya yaitu akselerometer, cahaya, dan proksimitas saja. Sedangkan vivo Y02s dibekali sensor akselerometer, cahaya, proksimitas, kompas, dan gyro (virtual). 

6. Harga dan Ketersediaan

vivo y02

vivo Y02 dan Y02s memiliki waktu peluncuran lebih dulu yaitu pada kuartal akhir tahun 2022. Sedangkan vivo Y02t hadir pada Mei 2023. Meski begitu, Anda sudah bisa menemukannya di toko resmi atau beberapa toko online di merchant favorit Anda.

vivo Y02 hanya menawarkan satu varian penyimpanan memori saja yaitu RAM 3 GB dan internal 32 GB. Untuk harganya sendiri masih sangat terjangkau, Anda bisa memilikinya dengan harga mulai dari Rp1,3 jutaan saja.

Berbeda dengan vivo Y02s yang memiliki varian penyimpanan memori yang lebih banyak. HP ini menawarkan RAM 2 GB dan 3 GB dengan internal 32 GB dan 64 GB. Sayangnya, vivo Y02s tidak masuk resmi ke Indonesia.

vivo Y02t sebagai pelengkap dari lini vivo Y02 Series hadir dengan satu varian penyimpanan memori. Namun, HP ini menawarkan kapasitas yang lebih besar yaitu RAM 4 GB dan internal 64 GB. Tapi tenang saja, harga yang ditawarkan masih di angka sejutaan yaitu Rp1,6 jutaan saja.

Simpulan

vivo Y02 Series menjadi salah satu seri milik vivo yang cukup menarik. Diisi oleh tiga model HP yaitu vivo Y02, Y02s, dan Y02t yang memiliki spesifikasi dan kemampuan yang tidak jauh berbeda. Bahkan, ketiganya memiliki kemampuan mirip di sektor layar yaitu dengan lebar 6,51 inci dengan resolusi HD Plus. Panel yang digunakannya adalah IPS LCD dengan refresh rate 60 Hz.

Sektor baterai yang dimilikinya juga sama-sama berkapasitas 5000 mAh yang awet digunakan seharian. Serta didukung pengisian daya hingga 10 W agar proses mengisi daya bisa lebih cepat.

Sementara itu, performa yang dihasilkan ketiganya ini sedikit berbeda. vivo Y02 sebagai versi regulernya menggunakan chipset Helio P22, sedangkan vivo Y02s dan Y02t menggunakan seri lebih tinggi yaitu Helio P35. Kemampuannya juga didukung oleh kapasitas memori  yang lebih besar sesuai harga yang ditawarkan.

Sebagai model yang paling baru, vivo Y02t juga dibekali sistem operasi yang bisa dibilang lebih baru yaitu Android 13. Namun, versi yang digunakan adalah Android 13 Edition demi penggunaan yang lancar dengan spesifikasi pas-pasan. Sayangnya, konektor dari vivo Y02t ini menggunakan microUSB 2.0, sama seperti vivo Y02. Padahal, vivo Y02s sudah menggunakan USB Type-C.

Nah, itulah beberapa perbedaan yang dimiliki oleh vivo Y02 Series yaitu vivo Y02, Y02s, dan Y02t. vivo Y02t memang memiliki beberapa sektor yang sudah ditingkatkan, tapi beberapa sektor lainnya masih sama saja. Setelah mengetahui perbedaan-perbedaannya, mana HP yang lebih menarik perhatian Anda, apakah vivo Y02, Y02s, atau Y02t?

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram