Review ASUS ZenBook Flip 13 UX363E: Ringkas Namun Tetap Kokoh

Ditulis oleh Ananda Ganesha M
ergolift
ErgoLift Hinge

Engsel yang berteknologikan ErgoLift Hinge ini juga akan membuat keyboard sedikit terangkat saat berada di mode laptop. Hal ini guna membuat posisi jari saat mengetik terasa lebih natural dan memberikan kenyamanan maksimal.

Mode Tablet
Mode Tablet
Mode Stand
Mode Stand
Mode Tenda
Mode Tenda

Karena engselnya bisa ditekuk dengan sudut semau Anda, laptop inipun mendukung mode tenda, mode stand, dan tentunya mode tablet. Laptop ini juga mirip seperti ponsel yang punya fitur auto rotate, jadi orientasinya akan selalu menyesuaikan secara otomatis.

Nah, sekarang beralih ke keyboard dan touchpadyuk! Papan ketik pada ASUS ZenBook Flip 13 UX363E ini memiliki tiga intensitas backlight yang berbeda yang bisa diatur dengan menekan tombol Fn + F7.

Saat kondisi ruangan terang, backlight tidak begitu terlihat menonjol bahkan saat diatur ke intensitas tertinggi. Justru ini jadi pertanda bagus agar fokus pengguna tidak begitu terdistraksi. Beda halnya saat ruangan terlihat gelap. Backlight yang dihadirkannya sangat terang tapi juga tidak membuat mata sakit, sungguh membantu pengguna yang harus mengetik sekalipun sedang mati lampu.

Sedangkan dari ukuran keyboard, laptop ini mengusung edge-to-edge keyboard sehingga dari ujung kiri sampai ke kanan semuanya dipenuhi oleh papan ketik tersebut. Ini dia yang membuatnya begitu terlihat compact dan ringkas. Mengetik pun jadi terasa begitu nyaman, dengan key travel sejauh 1,35 mm dan ErgoLift yang membuatnya sedikit terangkat.

Di bagian touchpad, Anda pun bisa mengaktifkan NumberPad agar dapat mengetik angka dengan lebih praktis. Caranya, tinggal tekan pojok kanan atas touchpad selama 1 detik dan NumberPad otomatis menyala.

Sedangkan, bila Anda menekan pojok kiri atas selama 1 detik, Anda bisa mengontrol intensitas cahaya yang ditampilkan NumberPad. Kalau Anda menyapukan jari dari pojok kiri atas ke arah kanan, aplikasi kalkulator akan segera muncul. Keseluruhan fitur NumberPad ini bagaikan surga bagi para akuntan atau profesi lain yang sering berhubungan dengan angka.

Kualitas Layar

kualitas layar asus zenbook flip 13 ux363e

Jangan buru-buru menganggap layarnya kecil hanya karena ukuran laptopnya yang sebesar 13,3 inci. Soalnya, ASUS ZenBook Flip 13 UX363E ini punya teknologi layar NanoEdge Display yang hanya menyisakan sedikit bezel. Itulah mengapa, screen to body ratio-nya mencapai 80%.

Ada dua versi pada laptop ini, yakni panel IPS level dan panel OLED. Yang kami uji ini adalah yang menggunakan panel OLED. Resolusi layarnya merupakan FHD alias 1920 x 1080 piksel.

mode hdr

Layarnya mendukung juga mode HDR, dan kami berhasil menikmati konten YouTube dengan resolusi HDR 4K. Seperti yang bisa diduga, kualitas layar yang begitu tajam dengan kontras warna yang indah seketika memanjakan mata kami.

Layar dari laptop ini juga sangat mendukung pelaku industri kreatif seperti desainer grafis, terlebih karena sudah mengantongi sertifikasi Pantone Validated Display dengan gamut warna 100% sRGB.

Artinya, layar dapat menghasilkan reproduksi warna Pantone dengan akurasi maksimal. Bicara soal layar, tentu keamanan jadi salah satu pertimbangan, bukan? Nah, layar dari laptop ini sudah lolos audit dari TUV Rheinland sehingga membuat layarnya sungguh aman di mata.

ASUS ZenBook Flip 13 UX363E juga menyertakan ASUS Pen yang artinya layar ini mendukung penggunaan stylus. Tidak tanggung-tanggung, terdapat dukungan 4.096 intensitas tekanan sehingga Anda bisa menggambar goresan dengan tingkat ketebalan yang akurat.

asus pen test

Saat kami coba pun, menggunakan ASUS Pen begitu "menggemaskan". Kami benar-benar dapat membuat tulisan di layar seperti sedang menulis di atas kertas pakai pulpen biasa. Tersedia juga fitur Fullscreen Snip untuk menampilkan screenshot layar dan membuatkan anotasi.

Saat ASUS Pen didekatkan dengan layar tanpa menyentuhnya, akan terlihat semacam cursor. Jadi, Anda tetap dapat melakukan hover pada objek di layar untuk menampilkan informasi alternative text ataupun memunculkan dropdown pada menu.

Performa CPU

laptop asus zenbook flip 13

Untuk menguji kekuatan prosesor yang dimiliki ASUS Zenbook Flip 13 (UX363) ini, kami akan menggunakan beberapa software benchmark seperti GeekBench dan juga PCMark. Laptop convertible ini sendiri terbilang sangat tangguh dari segi performa CPU, menggunakan Intel Core i7 1165G7 yang merupakan generasi ke-11 dengan kode nama "Tiger Lake".

Di tahun 2021 saat laptop ini dirilis, penggunaan Intel Core i7  pada generasi ke-11 sangatlah layak diapresiasi. Performa komputasinya tentu meningkat lebih baik lagi dibanding dengan ASUS ZenBook Flip 13 UX325 yang pakai Intel Core i7 1065G7 (generasi ke-10). Meski sama-sama menyuguhkan proses manufaktur 10 nm, tapi Intel Core i7 generasi ke-11 ini menghadirkan teknologi SuperFin.

Singkatnya, teknologi SuperFin menggunakan desain FinFET dan SuperMIM yang baru sehingga secara keseluruhan, dapat meningkatkan performa yang lebih baik lagi. Sementara di bagian RAM-nya, laptop dibekali kapasitas 16 GB LPDDR4x. RAM sebesar ini dipastikan membuatnya mampu melakukan pengeditan foto atau video dengan ukuran yang besar.

pcmark 10 asus zenbook flip 13 ux363e

Pertama-tama, kami ujikan laptop ini dengan benchmark sintetis PCMARK 10. Dalam pengujian ini, ASUS Zenbook Flip 13 UX363 mendapatkan skor total sebesar 4.606 poin. Pastinya, skor tersebut sungguh terbilang besar untuk sekelas laptop 2-in-1 convertible.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram