carisinyal web banner retina

10 USB WiFi Adapter Terbaik untuk PC dan Laptop di 2024

Ditulis oleh Aris Wibowo

Di beberapa PC atau laptop masih ditemukan jaringan WiFi yang lemah, sehingga akan terasa lag. Untuk itu, Anda membutuhkan sebuah perangkat tambahan bernama adapter WiFi. Sebagai sebuah perangkat keras yang terpasang ke komputer untuk memungkinkannya terhubung ke sistem nirkabel.

Menariknya, adapter WiFi yang ada di pasaran hadir dalam bentuk stik USB dan berbentuk kartu jaringan PCI. Di antara kedua jenis tersebut, USB WiFi adapter dianggap lebih baik dan mudah digunakan. Anda dapat langsung memasang perangkat tambahan ini ke PC atau laptop dengan mudah. Berikut beberapa rekomendasi WiFi adapter terbaik untuk PC atau laptop.

1. TP-Link

wifi adapter terbaik

TP-Link merupakan salah satu produsen penyedia perangkat jaringan WiFi terbaik di dunia. Produk WiFi adapter yang dimilikinya juga cukup beragam dengan harga yang relatif terjangkau. Salah satu USB WiFi adapter terbaik yang bisa Anda pilih adalah TP-Link TL-WN725N.

Ini merupakan USB WiFi adapter dengan desain mini yang mampu menyajikan kecepatan hingga 150 Mbps. Tentu perangkat ini sangat ideal untuk digunakan streaming video atau bermain game online.

Dengan desain yang mudah dipasang, TP-Link juga menghadirkan fitur keamanan yang ketat hingga fasilitas utilitas setup yang mudah dalam 14 bahasa. Tidak salah jika produk ini banyak dipilih oleh pengguna internet di Indonesia.

2. Linksys

wifi adapter terbaik

USB WiFi adapter terbaik adalah Linksys WUSB6300 Dual Band AC1200. Ini menjadi perangkat tambahan yang cocok Anda gunakan kala bermain game online di PC yang memiliki koneksi WiFi lemah. Dengan perangkat ini, Anda bisa menghindari lag dan latensi tinggi.

Hal ini disebabkan kemampuan perangkat untuk memilih pita yang diinginkan, yakni 2,4 GHz atau 5 GHz. Fitur ini dapat membantu menghindari gangguan pada kinerja jaringan yang optimal.

Linksys merupakan merek produk perangkat keras jaringan data yang berasal dari Amerika Serikat. Produk-produknya hadir dengan fitur berkualitas. Salah satu fitur unggulannya adalah adanya enkripsi WPA/WPA2 nirkabel untuk keamanan.

Terpasang juga teknologi WiFi 802.11ac yang terbaru sehingga bisa membuat koneksi internet lebih lancar dan cepat.

3. Netgear

wifi adapter terbaik

USB WiFi adapter terbaik satu ini merupakan buatan produsen Netgear: USB WiFi Adapter Netgear A6100. Perangkat ini menawarkan fitur plug n' play, sehingga mudah dipasang dan digunakan.

Perangkat ini hadir dengan desain yang kecil bahkan tidak sampai sebesar jempol tangan orang dewasa. Hal ini membuat pemasangannya tidak akan terlalu mengganggu komponen lain. 

Netgear juga menghadirkan sejumlah fitur berkualitas. Tujuannya agar pengguna dapat mengakses jaringan WiFi dengan aman. Salah satu fiturnya adalah adanya USB 3.0 yang membuat akses data bisa 10x lebih cepat.

Ada juga fitur dual band dengan kecepatan tinggi. Bila itu masih belum menarik, Anda bisa mencoba fitur keamanan push n connect untuk mengamankan setiap pertukaran data yang Anda lakukan di internet.

4. TP-Link

wifi adapter terbaik

TP-Link memiliki jajaran USB WiFi adapter terbaik yang bisa Anda pilih. Salah satunya adalah TP-Link Archer T4U. Produk ini memiliki kecepatan 400 Mbps di 2,4 GHz dan 867 Mbps di 5 GHz. 

Terpasang juga teknologi WiFi 802.11ac yang terbaru, sehingga membuat koneksi internet lebih lancar dan cepat. Produsen juga menghadirkan antena untuk mendapatkan sinyal terbaik. USB 3.0 yang dimilikinya membuat akses data bisa 10 kali lebih cepat.

5. Ralink

wifi adapter terbaik

Ralink RT5370 sangat cocok untuk Anda pengguna rumahan karena harganya yang relatif terjangkau. Bentuknya cukup kecil dengan ukuran 10cm x 5cm dilengkapi antena yang siap untuk menangkap sinyal WiFi atau hotspot lebih baik.

Dengan desain mini, USB WiFi adapter terbaik ini mampu menyajikan kecepatan hingga 150 Mbps. Apalagi terpasang teknologi yang mampu menstabilkan koneksi WiFi. 

6. Prolink

wifi adapter terbaik

Salah satu USB WiFi adapter terbaik buatan Prolink adalah Prolink DH-5102U AC650. Produsen menghadirkan teknologi WiFi Dual Band yang menyediakan konektivitas fleksibel yang sesuai standar. yaitu 802.11/g/n/ac. Kecepatan yang ditawarkan perangkat ini mencapai 433 Mbps pada 5 GHz.

Kecepatannya ini sudah cukup ideal untuk streaming video atau game online. Untuk kebutuhan internet harian, USB WiFi adapter ini memiliki kecepatan 200 Mbps pada 2,4 GHz.

7. D-Link

wifi adapter terbaik

D-Link DWA-171 merupakan salah satu USB WiFi adapter terbaik yang cocok untuk gaming. Pasalnya, dalam perangkat ini terdapat teknologi berkecepatan hingga 433 Mbps. Dukungan fitur WiFi AC 802.11 ac juga mampu menampilkan gambar yang halus serta suara yang jernih.

Alhasil, dengan menggunakan perangkat ini di laptop atau PC, Anda akan mendapatkan pengalaman yang lebih menyenangkan karena koneksi WiFi lebih stabil.

8. Netgear

wifi adapter terbaik

Netgear Nighthawk A700 AC1900 memang memiliki harga yang cukup mahal dibanding perangkat adapter WiFi lainnya. Meski begitu, perangkat ini sudah dibekali teknologi yang cukup lengkap. Sejumlah teknologi yang dihadirkan diklaim mampu membuat koneksi internet lebih cepat dan stabil, apalagi untuk bermain game online.

Salah satu fitur unggulan USB WiFi adapter ini adalah sudah mendukung dual-band. Menariknya, kala digunakan di pita 5 GHz, perangkat ini memiliki kecepatan transfer internet hingga 1300 Mbps. Untuk pita 2,4 GHz, hadir dengan kecepatan 600 Mbps. 

9. Mercusys

wifi adapter terbaik

Merk USB WiFi adapter terbaik ini mungkin terasa kurang familiar, yaitu Mercusys MW300UM. Namun, ternyata perangkat ini menghadirkan fitur yang lengkap untuk koneksi WiFi yang stabil. Perangkat yang bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau ini mengusung desain yang mirip dengan flash disk

Perangkat ini menghadirkan kecepatan internet hingga 300 Mbps, cukup ideal untuk keperluan internet masa kini seperti bermain game online, browsing, dan menonton video online. Menariknya, perangkat ini bisa mengubah PC atau laptop Anda menjadi hotspot WiFi.

10. Tenda

wifi adapter terbaik

Tenda U3 menjadi salah satu USB WiFi adapter terbaik lainnya. Hadir dengan desin yang minimalis, perangkat ini menawarkan kecepatan 300 Mbps.

Adapter ini juga sudah mendukung mode SoftAP yang memfungsikan AP untuk mengubah jaringan kabel menjadi nirkabel, sehingga jaringan LAN nirkabel lebih cepat dan stabil. Tidak hanya itu, ada teknologi MIMO yang membuat koneksi tidak mudah lag. Jadi, bermain game dan streaming video jadi seru.

Itulah beberapa merek adapter WiFi yang bagus dan produk-produknya dapat ditemukan dengan mudah. Anda dapat memilih adapter sesusai dengan kebutuhan. Harga setiap produknya juga bervariasi. Produk dengan spesifikasi tinggi memiliki harga jual tinggi, namun performanya sangat andal.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram