Carisinyal / Tempered Glass / Yuk, Simak 5 Tahapan Memasang Tempered Glass dengan Mudah

Yuk, Simak 5 Tahapan Memasang Tempered Glass dengan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 Desember 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Setuju tidak kalau smartphone merupakan barang yang penting dan wajib dijaga? Hampir semua pengguna smartphone pasti setuju akan hal tersebut. Keberadaan smartphone sangat memudahkan masyarakat untuk berkomunikasi dengan sahabat, pasangan, hingga keluarga bagi yang hidupnya merantau. Itulah yang membuat smartphone menjadi salah satu kebutuhan utama.

Tak hanya sebagai ruang untuk berkomunikasi dengan orang lain, smartphone juga digunakan sebagai sarana untuk mencari informasi, mulai dari berita hingga hiburan bisa kamu dapatkan dalam genggaman. Maka dari itu, sangat penting bagi pengguna untuk menjaga agar smartphone tetap awet dan tidak mudah rusak.

Beberapa smartphone sudah dilengkapi dengan layar yang ketahanannya sudah terjamin. Seperti Corning Gorilla Glass yang dikenal memiliki ketahanan baik dan tidak mudah terkena goresan. Namun alangkah lebih baik jika kamu mengurangi risiko kerusakan pada layar, meskipun smartphone-mu sudah diklaim aman dari goresan.

Biasanya, ketika membeli smartphone, khususnya Android, akan diberikan softcase untuk melindungi bagian tubuh smartphone agar tidak mudah terkena benturan. Selain itu, biasanya smartphone sudah dilengkapi dengan anti gores untuk melindungi layar agar tidak mudah tergores. Namun anti gores bawaan ketika membeli HP biasanya berupa plastik yang sebenarnya kurang aman.

Pada umumnya, pengguna akan mengganti anti gores plastik dengan tempered glass karena dinilai lebih aman, dan lebih kuat dan tidak mudah pecah ketika terkena benturan. Beberapa konter HP menyediakan jasa pemasangan tempered glass dengan harga yang bervariasi. Namun, bagaimana jika memasang sendiri? Apakah sulit?

Banyak pengguna merasa tidak percaya diri untuk memasang tempered glass sendiri karena khawatir akan tidak presisi, atau bahkan rusak ketika pemakaian. Nah, buat kamu yang ingin mencoba memasang tempered glass sendiri, kali ini Carisinyal akan memberitahu bagaimana cara yang mudah, tetapi sebelumnya yuk kenali jenis anti gores sesuai dengan kebutuhanmu.

Jenis Anti Gores

* sumber: telisik.id

Sebelum membahas bagaimana cara memasang anti gores, kamu harus tahu apa saja jenis yang bisa kamu gunakan dan kira-kira cocok atau tidak digunakan untuk smartphone-mu. Hal ini penting karena jangan sampai salah membeli anti gores yang tidak sesuai dengan ekspektasi, terlebih jika membeli secara online. Berikut 7 jenis anti gores dan penjelasannya.

  • Anti Gores Transparan

Berupa bahan plastik yang mudah untuk dilepas pasang dan memberikan efek sangat jernih seperti tidak menggunakan pelindung layar. Anti gores ini biasa sudah terpasang ketika membeli ponsel.

  • Anti Glare

Memiliki kemampuan mengurangi pantulan cahaya yang terkena layar ponsel. Anti gores ini aman digunakan ketika sedang berada di luar ruangan. Selain itu, anti glare melindungi layar dari minyak.

  • Nano Liquid Protector

Anti gores berbentuk cairan yang pemasangannya hanya dengan cara menuangkan cairan tersebut ke atas layar ponsel, kemudian diratakan. Nano liquid protector hanya direkomendasikan untuk ponsel dengan layar terbuat dari kaca.

  • Tempered Glass

Anti gores ini terbuat dari kaca yang memiliki kemampuan menahan goresan dan lebih tahan lama. Sama seperti anti gores transparan, permukaan tempered glass bening, sehingga bisa menggunakan ponsel dengan jelas.

  • Anti Spy

Anti gores ini sangat cocok untuk orang yang sangat menjaga privasi. Permukaan layar anti spy akan terlihat gelap dan tidak bisa dilihat oleh orang yang ada di sebelahmu. Jadi, hanya kamu yang bisa melihat layar HP-mu sendiri.

  • Mirror

Sesuai dengan namanya, anti gores mirror memberikan efek cermin ketika layar ponsel dalam keadaan mati. Sama juga dengan anti spy, layar mirror tidak bisa dilihat oleh orang di sampingmu, jadi privasi akan tetap terjaga.

Memasang Tempered Glass

Berikut adalah tahapan memasang tempered glass dengan mudah.

1. Bersihkan Layar dengan Tisu Basah

* sumber: www.99.co

Setelah menemukan tempered glass yang sesuai dengan kebutuhan, tahap selanjutnya adalah membuka anti gores plastik yang sebelumnya menempel pada layar, dan bersihkan layar tersebut dengan tisu basah. Jika kamu tidak memiliki tisu basah, tak perlu khawatir karena setiap pembelian tempered glass akan dilengkapi dengan wet wipe dan dry wipe.

Saat membersihkan layar dengan tisu basah, pastikan semua noda terangkat. Mulai dari debu, hingga sisa lem dari anti gores sebelumnya. Usap layar berulang kali hingga benar-benar bersih dan bebas dari debu yang menempel.

2. Keringkan Layar

* sumber: www.harapanrakyat.com

Selesai membersihkan layar dengan tisu basah, selanjutnya mengeringkan layar dengan dry wipe atau tisu kering yang sudah disediakan di dalam kotak tempered glass. Keringkan layar secara merata, terutama pada kamera agar tidak buram ketika tempered glass hendak dipasangkan. Saat mengeringkan layar, usahakan jangan sampai ada debu baru yang menempel pada layar.

Jika masih ada debu yang menempel, bisa dibersihkan kembali dengan tisu basah pada bagian yang dihinggapi debu, kemudian segera keringkan dengan tisu kering. Butuh ketelitian agar layar smartphone tetap nyaman digunakan nantinya.

3. Gunakan Perekat untuk Mengangkat Sisa Debu

Jika masih ada debu-debu halus yang menempel, tetapi tisu basah sudah mulai mengering, cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan perekat. Bisa menggunakan perekat apa saja seperti lakban bening, kemudian dililitkan ke dua jari dengan posisi bagian perekatnya ada di luar, kemudian tempelkan secara perlahan pada debu yang menempel.


Cara ini merupakan cara yang umum digunakan. Debu akan mudah menempel pada barang, apalagi jika barang tersebut memiliki sifat perekat. Jadi kamu tetap bisa menggunakan lakban untuk menghilangkan debu halus yang menempel pada layar.

4. Pasangkan Tempered Glass

* sumber: www.labana.id

Layar yang sudah bebas dari debu, kini saatnya memasang tempered glass. Mudahnya pakai tempered glass dibandingkan anti gores plastik biasa adalah bentuknya yang kaku akan memudahkan dalam pemasangan karena tidak mudah melengkung saat perekat dilepaskan.

Samakan setiap sudut tempered glass dengan layar smartphone. Perhatikan semua sisinya agar tidak miring saat dipasangkan. Caranya bisa dengan sejajarkan antara tempered glass dan layar menggunakan jari jempol dan telunjuk. Bisa juga jadikan kamera sebagai patokan, karena jika tempered glass dalam posisi sedikit miring maka akan berpengaruh terhadap kamera.

5. Tekan Layar untuk Meminimalisir Gelembung

* sumber: www.teknosee.com

Setelah tempered glass terpasang, biasanya akan terlihat gelembung udara di atas layar. Tak perlu khawatir, karena kamu bisa menekan layar untuk meminimalisir gelembung. Bagian paling sulit adalah di keempat sudut layar. Biasanya gelembung yang ada di daerah tersebut lebih susah hilang.

Kamu bisa menghilangkannya dengan terus menekan, tetapi tetap hati-hati agar tidak merusak layar asli dari smartphone-mu. Setelah gelembung sisa sedikit, bisa didiamkan saja karena gelembung tersebut akan hilang dengan sendirinya seiring smartphone digunakan.

Sekarang sudah tahu kan, bagaimana caranya memasang tempered glass? Ternyata, tidak sulit kok. Hanya perlu ketelatenan dan ketelitian agar tempered glass tidak tergeser, atau miring saat dipasangkan. Pastikan kamera kamu tidak buram setelah pemasangan ya. Namun kalau ada sisa debu yang tidak sempat dibersihkan, bisa lepas kembali tempered glass secara perlahan,

Kesalahan pada saat pemasangan umum terjadi. Terlebih jika belum terbiasa memasang sendiri. Tidak perlu khawatir, tempered glass yang baru dipasang masih bisa dilepas kembali dengan perlahan, kemudian bersihkan debu menggunakan perekat atau lakban bening secara detail. Kemudian setelah diperhatikan sudah bebas dari debu atau kesalahan lainnya, dipasangkan kembali tempered glass-nya. Selamat mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *