10 HP yang Dilengkapi Stylus Pen Terbaru (Februari 2023)

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Smartphone dengan stylus pen memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan smartphone atau HP yang tanpa stylus. Contohnya adalah penggunaan stylus pen untuk mempercepat gerakan di layar sentuh ponsel dibandingkan memakai jari. Anda yang memakai HP dengan stylus pen tentu paham hal ini.

Selain itu, stylus pen memiliki fungsi layaknya pensil yang menulis di atas kertas. Jadi tidak perlu repot mengetik, cukup memakai stylus pen untuk menulis layaknya tulisan tangan di layar smartphone. Fungsi lainnya adalah untuk memotong gambar, melakukan screenshot pada bagian tertentu, dan lainnya.

Tidak banyak ponsel pintar yang hadir dengan stylus pen. Bahkan, tidak semua stylus pen bisa bekerja dengan baik di semua jenis smartphone. Maka dari itu kali ini Carisinyal akan sajikan deretan HP dengan stylus pen terbaru yang dirilis global.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
*Silakan klik nama smartphone untuk spesifikasi selengkapnya
Smartphone
Harga
Varian
Kelebihan & Kekurangan

1. Samsung Galaxy S23 Ultra

Samsung Galaxy S23 Ultra 5G (
Layar Dynamic AMOLED 2X 6.8 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera 200 MP (wide) 10 MP (periscope telephoto) 10 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Ion 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Seri Samsung Galaxy Note memang sudah lama di-discontinue. Namun, ini bukan berarti Samsung berhenti mengeluarkan smartphone yang mendukung stylus. Alih-alih dimasukkan ke seri Note, stylus bernama S Pen justru disematkan pada varian Ultra di seri Galaxy S.

Maka, tidak heran jika Anda dapat menemukan S Pen di dalam bodi Samsung Galaxy S23 Ultra ini. Keberadaan S Pen ini sudah menyatu dengan bodi ponsel dari pabrikannya, beda dengan Galaxy S21 Ultra yang mengharuskan Anda beli terpisah.

S Pen ini diketahui punya kapabilitas yang sama dengan Galaxy S22 Ultra, yakni dapat mengurangi latensi hingga 2,8 milidetik. Dengan latensi yang nyaris tidak ada, menulis di layar pun terasa sedang menoreh-noreh pencil di atas kertas sungguhan. Terdapat pula berbagai macam pressure point agar pengguna dapat aplikasikan tingkat ketebalan berbeda pada setiap huruf yang Anda ukir.

Lancarnya penggunaan S Pen ini juga turut didukung dengan dapur pacu yang bertenaga, mengandalkan Snapdragon 8 Gen 2 yang berlari pada clock speed hingga 3,2 GHz dan dibangun atas fabrikasi 4 nm.

SoC yang disebut-sebut mendukung ray tracing tersebut dipadankan dengan RAM hingga 12 GB LPDDR5x serta penyimpanan internal mencapai 1 TB di UFS 4.0. Ini adalah kombinasi hardware untuk flagship sejati, memastikan pengguna mendapatkan performa terbaik di setiap saat, pada aktivitas apa pun.

2. Samsung Galaxy Z Fold4 5G

Samsung Galaxy Z Fold4 5G
Layar Foldable Dynamic AMOLED 2X 7.6 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera 50 MP (wide) 12 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4400 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Jika dulu hanya ada Galaxy Note Series yang mendukung pena stylus S Pen, kini ada Galaxy S Ultra dan Galaxy Z Fold Series sebagai penggantinya. Benar, sejak Samsung tak lagi melanjutkan episode Galaxy Note Series, dua seri tersebut yang kebagian jatah dukungan S Pen.

Karena itu, model anyar Galaxy Z Fold4 5G ini pun bisa dipakai bersama S Pen. Namun demikian, S Pen di HP ini sifatnya khusus. S Pen dari seri Galaxy Note dan Galaxy S terdahulu tidak dapat digunakan di HP ini. Di sisi lain, ada banyak manfaat yang dapat Anda peroleh berkat dukungan S Pen.

Mulai dari navigasi biasa, menggambar, menulis pesan, mengoreksi warna, membuat highlight, memecah tampilan untuk memudahkan multitasking, dan lain sebagainya. Sebagai catatan, Galaxy Fold4 5G tidak memiliki tempat khusus seperti Galaxy S22 Ultra untuk menyimpan S Pen.

S Pen di HP ini dapat pada kompartemen khusus yang ada di cover case. Kompartemen tersebut bisa dilepas-pasang bergantian dengan kaki penyangga. Catatan lain yang tak kalah penting adalah S Pen Galaxy Z Fold4 5G dijual secara terpisah.

3. TCL Stylus

TCL Stylus 5G
Layar IPS LCD 6.81 inci
Chipset MediaTek Dimensity 700
RAM 4 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 5 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 4000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Sesuai dengan namanya, TCL Stylus ini dibekali Stylus yang sudah terpasang di bodi HP. Ada slot di bodi HP sebagai tempat untuk Stylus Pen. Sesuatu yang tentu tidak asing yang bisa ditemukan di perangkat buatan Samsung.

Yang membedakan, TCL Stylus ini hadir dengan harga lebih terjangkau. Produk ini sendiri hadir di Amerika dengan harga $258 atau kisaran Rp3,8 jutaan. Harga yang tentunya menarik mengingat sudah jarang ditemukan produk HP Stylus di harga terjangkau.

Sayangnya, berdasarkan review dari Cnet, HP ini agak jauh dari sempurna. Permasalahannya adalah optimaliasi software yang belum maksimal.

Terlepas dari itu, HP ini masih cukup menarik di kelas harganya. HP ini menawarkan layar dengan panel IPS LCD berukuran 6,81 inci. Agar penggunaan HP semakin nyaman, resolusi yang berhasil dicapainya adalah Full HD Plus atau 1080 x 2460 piksel.

Sementara itu, performa yang dihasilkan oleh HP ini berasal dari chipset MediaTek Dimensity 700.

Untuk sektor kameranya, HP ini memiliki konfigurasi kamera yang cukup lengkap. HP ini dibekali empat kamera di bagian belakang dengan kamera utama 50 MP (f/1.8). Kemudian ada kamera ultrawide 5 MP dengan sudut pandang hingga 115 derajat. Sisanya adalah kamera makro dan depth masing-masing 2 MP.

4. Samsung Galaxy S22 Ultra

Samsug Galaxy S22 Ultra 5G Burgundy
Layar Dynamic AMOLED 2X 6.8 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera 108 MP (wide) 10 MP (periscope telephoto) 10 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Ion 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Seri Galaxy Note boleh jadi memang tidak lagi dilanjutkan, namun hal ini tidak mencegah Samsung untuk menghadirkan stylus pada Galaxy S22 Ultra. Desainnya pun dibuat dengan begitu mewah dan kokoh dengan sertifikasi IP68, armour aluminium frame, serta lapisan Corning Gorilla Glass Victus+.

Stylus yang terdapat pada HP ini sudah tersedia dalam boks pembelian, berbeda dengan Galaxy S21 Ultra yang mengharuskan Anda utnuk membeli stylus secara terpisah. Selain itu, stylus bernama S Pen yang didukung Galaxy S22 Ultra memiliki latensi lebih rendah yakni 2,8 milidetik saja.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram