12 HP yang Support Display Out Terbaru (Desember 2022)

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Ada satu alasan mengapa layar smartphone mengalami pelebaran ukuran sejak kali pertama muncul. Adalah hasrat orang untuk menikmati tampilan lega pada perangkat mungil yang jadi alasannya. Namun, pelebaran ukuran layar stagnan di kisaran 6 inci.

Lebih dari itu, smartphone tak lagi nyaman dipakai sebagai perangkat mobile. Para inventor pun akhirnya menggagas teknologi agar tampilan yang ada di layar smartphone bisa digandakan ke media lain. Dengan cara ini, orang bisa mendapatkan kepuasan tampilan. Teknologi ini disebut display out.

Display out lain dengan miracast. Teknologi yang satu ini menghubungkan smartphone ke tampilan eksternal secara secara langsung via kabel. Sementara itu, miracast merupakan metode mirroring jalur WiFi. Anda bisa baca artikel cara menghubungkan layar HP ke laptop, untuk mengetahui lebih lanjut soal Miracast.

Display Out dengan MHL

Konektor microUSB yang populer dipakai smartphone Android era terdahulu tidak mendukung display out. Dibutuhkan suatu antarmuka agar HP Android bisa menyalurkan data melalui kabel microUSB secara langsung tanpa perangkat tambahan. Data dalam hal ini berbentuk video dan audio.

Nah, antarmuka tersebut dinamai MHL atau yang memiliki kepanjangan dari Mobile High-Definition Link. MHL singkatnya adalah konverter untuk menjembatani port microUSB yang digunakan HP Android dengan port HDMI yang umum dipakai layar eksternal.

Teknologi yang digagas pada 2010 ini memungkinkan smartphone menyalurkan video hingga resolusi 1080p (pada 60 Hz) ke layar eksternal. Anda pun tak perlu khawatir ponsel bakal kehabisan baterai pada saat tengah asyik menonton di layar eksternal. Pasalnya, smartphone akan terisi dayanya secara otomatis ketika tersambung dalam protokol MHL.

Display Out dengan USB C

Banyak keuntungan yang didapat sejak smartphone mengadaptasi port USB C. Selain teknologi pengisian cepat, port USB C juga memungkinkan smartphone mentransfer video hingga resolusi 8K pada 60 Hz. Namun demikian, keberadaan port USB C tidak serta merta membuat HP Android bisa dicolokkan langsung ke monitor untuk melakukan display out.

Harus ada sebuah protokol bernama alternate mode yang disisipkan guna mengizinkan data berbentuk video (dan audio) ditransfer melalui USB C ke HDMI. Alternate mode adalah nama baru dari MHL untuk USB C.

Pada mulanya, alternate mode bisa diakses dengan adaptor khusus. Umumnya adaptor tersebut berbentuk dock. Namun, sejumlah HP flagship terbaru tak lagi membutuhkan adaptor khusus.

Cukup lewat kabel USB C to HDMI, display out bisa dilakukan. Hal ini karena port USB C dengan antarmuka minimal USB 3.0 punya kecepatan yang cukup untuk melakukan transfer data berupa audio-visual.

Display out memang efektif dalam meningkatkan pengalaman, seperti saat menonton film atau memainkan gim. Namun, melalui fitur ini, sejumlah produsen juga membubuhkan fitur produktivitas. Misalnya, Samsung, yang menciptakan fitur Samsung Dex.

Fitur ini membuat ponsel bisa difungsikan layaknya PC, hanya dengan menyambungkan HP ke monitor dengan kabel USB C ke HDMI. Pengguna tinggal memasang keyboard dan mouse wireless agar HP makin mirip PC.

Nah, dalam artikel ini, Carisinyal akan membahas apa saja HP Android yang mendukung display out. Daftar dalam artikel ini khusus HP Android karena seluruh ponsel Apple sudah mendukung display out sejak iPhone 4.

Penasaran apa saja 10 HP terbaru yang suport display out? Langsung simak daftar HP yang mendukung display out dan beredar resmi di Indonesia.

1. ASUS ROG Phone 6 Pro

ASUS ROG Phone 6 Pro_
Layar AMOLED 6.78 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 18 GB
Memori Internal 512 GB
Kamera 50 MP (wide) 13 MP (ultrawide) 5 MP (macro)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Main game langsung di ASUS ROG Phone 6 Pro memang menyenangkan. Akan tetapi, pengalaman akan lebih asyik lagi jika HP yang satu ini diubah fungsinya layaknya konsol. Bagaimana caranya? Mudah sekali, Anda tinggal hubungkan ROG Phone 6 Pro ke sebuah monitor melalui kabel USB C ke HDMI.

HP ini bisa disambungkan ke monitor karena mendukung display out. Tampilan yang bisa diproyeksikan bisa sampai 4K. Lalu, sambungkan pula ROG Phone 6 Pro dengan sebuah gamepad alias joy stick via koneksi Bluetooth. Jadilah sebuah konsol mungil yang mobile.

Anda juga tak perlu khawatir baterai HP bakal habis saat main gim. Pasalnya, ROG Phone 6 Pro punya dua port USB C. Port USB C yang bisa terhubung ke monitor adalah port bagian samping kiri layar. Dengan begitu, masih ada satu port lagi yang ada di bagian bawah yang bisa dihubungkan ke charger. HP yang satu ini memang benar-benar memanjakan para gamer!

2. ASUS ROG Phone 6

ASUS ROG Phone 6
Layar AMOLED 6.78 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 13 MP (ultrawide) 5 MP (macro)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Dalam hal performa, ASUS ROG Phone 6 bisa dibilang selevel dengan versi "Pro"-nya. Versi yang "polos" ini sengaja diciptakan buat mereka yang tak terlalu mementingkan panel ROG Vision di sisi belakang. Lagi pula ROG Phone 6 juga lebih murah dibanding versi "Pro"-nya.

Fitur-fitur yang dimiliki juga sama, salah satunya adalah dukungan display out via kabel USB C. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk menghubungkan ke monitor, layar, atau proyektor, tanpa secara langsung. Ada banyak manfaat yang bisa Anda peroleh dari fitur ini.

Kalau sedang kerja, display out berguna untuk presentasi. Kalau sedang santai, fitur ini bermanfaat untuk bikin acara nonton bareng, atau sekadar main gim dengan tampilan yang lebih lega.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram