carisinyal web banner retina

8 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Hot 30, Apa Saja?

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Punya dana terbatas? Infinix Hot 30 hadir untuk Anda sebagai sarana ponsel menarik untuk segala kebutuhan. Infinix Hot series menduduki seri harga terjangkau antara Rp1-2 jutaan, sehingga otomatis menjadi produk yang cukup banyak dicari orang.

Infinix Hot 30 juga menjadi generasi penerus bagi Infinix Hot 20 yang sudah dirilis setahun sebelumnya. Ia membawakan peningkatan fitur agar lebih modern dan relevan untuk menunjang gaya hidup di masa sekarang. Penasaran dengan seluk-beluknya? Intip saja dulu pada tabel di bawah ini.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
Kelebihan
Kekurangan
Ukuran layar yang lapang, punya refresh rate 90 Hz
Tidak ada kamera ultrawide
Performa Helio G88 yang cukup oke untuk gaming
Hadir dengan bloatware + tidak ada kejelasan soal update
RAM dan memori internal super besar
Ada stereo speaker
Kamera cukup bagus di kelasnya, bisa rekam 2K
Punya fitur NFC
Baterai tahan lama
Desain bodi yang fresh

Melihat poin-poin di atas, Anda mungkin sudah ada gambaran mengenai apa saja yang ditawarkan Infinix Hot 30 untuk membuatnya layak dijadikan rekomendasi. Tapi jika butuh informasi lebih lengkapnya, berikut Carisinyal beberkan penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan Infinix Hot 30. Scroll ke bawah, ya!

Spesifikasi Infinix Hot 30

Infinix Hot 30
Layar IPS LCD 6.78 inci
Chipset MediaTek Helio G88
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan Infinix Hot 30

Jangan lewatkan penjelasan berikut ini, karena kelebihan Infinix Hot 30 memang cukup banyak dan membuatnya mampu berdaya saing dengan rivalnya.

1. Ukuran Layar yang Lapang, Punya Refresh Rate 90 Hz

infinix hot 30 layar_

Infinix punya reputasi sebagai brand yang sering hadirkan ukuran layar badag. Dan ini pun tercermin pada Infinix Hot 30 dengan dimensi 6,78 inci. Umumnya ponsel lain hanya punya ukuran 6,5 inci atau sekitarnya.

Resolusi layar pun tentunya sudah Full HD+ 1080p agar bisa tampilkan konten dengan tajam. Panel yang digunakan adalah IPS LCD. Meski bukan AMOLED, namun kualitas warna yang disajikan cukup colorful dan enak dilihat mata.

Tersedia juga fitur refresh rate 90 Hz yang dapat membuat layar melakukan penyegaran lebih sering, sehingga tampak lebih mulus dari 60 Hz biasa. Ini berguna untuk Anda yang suka bermain gim berpacu cepat, browsing, dan scrolling Instagram.

Infinix Hot 30 memiliki kecerahan tipikal hingga 500 nit serta kecerahan puncak mencapai 600 nit. Kecerahan yang tinggi ini dapat menjaga keterbacaan teks di layar tetap oke meski dilihat di luar ruangan pada siang hari.

Mendukung sertifikasi Widevine L1 DRM, Infinix Hot 30 adalah sarana binge-watching yang nyaman untuk menonton konten Netflix dan Amazon Prime Video. Sebab, ia sudah mendukung streaming beresolusi HD.

Kanal YouTube KLGadgetTV turut memuji kualitas layar HP ini. Menurutnya, layar Infinix Hot 30 adalah salah satu yang terbaik di kelasnya, meskipun punya ukuran yang sedikit lebih kecil dari Infinix Hot 20.

2. Performa Helio G88 yang Cukup Oke untuk Gaming

Ilustrasi chipset Helio G88

Soal performa, Infinix Hot 30 tidak perlu diragukan lagi. Infinix senantiasa jadi brand yang mengedepankan sisi price to performance ratio di setiap produknya, tak terkecuali yang satu ini.

Di dalamnya sudah mendukung MediaTek Helio G88 pada fabrikasi 12 nm, menyajikan sejumlah peningkatan dari Helio G85 yang mengotaki pendahulunya. Pertama, chipset kini mendukung display Full HD+ dan refresh rate 90 Hz di saat bersamaan. Kedua, kini SoC mendukung resolusi kamera hingga 64 MP alih-alih hanya 48 MP.

Pada konfigurasi chipset, Helio G88 punya konstruksi delapan inti prosesor yang terdiri dari dua inti Cortex A75 berkekuatan 2.0 GHz dan enam inti hemat daya Cortex A55 pada kecepatan 1.8 GHz. Di sisi pengolahan grafis, ada Mali G52 MC2 dengan frekuensi maksimal di 1 GHz.

Terdapat fitur Dar-Link Engine yang bisa mengoptimalkan pengalaman bermain gim agar lebih lancar dan tanpa lag. Pada sisi RAM-nya menyediakan kapasitas 8 GB yang bisa diperluas hingga 16 GB melalui penambahan RAM virtual.

Menurut video KLGadgetTV, ponsel ini dapat menjalankan Free Fire dan Asphalt 9 dengan frame rate yang cukup lancar. Bahkan ia disebut memiliki performa yang lebih baik dari ponsel lain dengan spesifikasi yang setara.

3. RAM dan Memori Internal Super Besar

infinix hot 30

Tadi telah disebutkan besaran RAM pada HP ini. Bagaimana dengan memori internalnya? Nah di sini lah pengguna akan merasa terkesima. Pasalnya, HP ini dibekali dengan opsi kapasitas RAM 8 GB dengan penyimpanan 128 GB dan 256 GB.

Kalau yang 128 GB sih mungkin sudah agak biasa, ya. Tapi harus diakui bahwa ketersediaan memori 256 GB di HP semurah ini cukup layak diapresiasi. Apalagi sudah disematkan pula slot memori eksternal khusus.

RAM 8 GB di HP ini bisa digandakan melalui penambahan RAM virtual. Infinix mengatakan kalau fitur ini memungkinkan pengguna berpindah-pindah antara 18 aplikasi dengan instan. Lalu, membuka aplikasi untuk pertama kalinya mendapatkan peningkatan kecepatan sebanyak 10%.

4. Ada Stereo Speaker

Tentu sayang kalau layar lebar di HP ini tidak dimanfaatkan untuk menonton film. Nah, agar pengalamannya lebih maksimal, Infinix Hot 30 juga disertai dengan stereo speaker yang terletak di atas dan bawah bodi.

Speaker tersebut turut diperkuat dengan tuning-an dari DTS guna meningkatkan kualitas audio yang keluar, supaya terdengar lebih lantang sekaligus jernih. Ponsel juga dibekali dengan linear motor yang kuat.

Bagi yang suka mendengarkan lagu pakai earphone, jangan khawatir. Masih ada port 3.5 mm jack audio port yang bisa dimanfaatkan tanpa harus melibatkan adapter.

5. Kamera Cukup Bagus di Kelasnya, Bisa Rekam 2K

infinix hot 30

Tidak banyak orang yang memilih brand Infinix untuk mencari HP fotografi. Terlepas dari hal itu, Infinix Hot 30 nyatanya punya kualitas hasil foto yang cukup oke. Kalau dilihat sekilas dari spesifikasi hardware-nya, mungkin sebagian orang akan skeptis, ya.

Soalnya hanya ada dual camera di HP ini, mencakup satu kamera utama 50 MP f/1.6 dengan fungsi wide-angle dan ukuran sensor 1/2.55 inci (sudah ada fitur autofokus), serta satu kamera lain yang tidak dijelaskan resolusi dan fungsinya.

Bisa jadi kamera keduanya hanyalah gimmick agar jumlah kameranya ada dua. Supaya tidak bikin mati gaya saat HP dibawa ke tongkrongan gara-gara kameranya cuman satu.

Tapi yang menariknya, kamera Infinix Hot 30 bisa merekam hingga resolusi 1440p, loh. Ini agak-agak jarang, sementara para rivalnya hanya mentok di 1080p saja. Kalau bisa hasilkan video dengan resolusi tinggi, pastinya akan punya kualitas lebih mantap saat diunggah ke media sosial.

Dilihat dari dua sampel foto di atas, jelas terlihat kalau kamera Infinix Hot 30 itu lumayan bagus. Komposisi warna serta detail pada gambar pertama begitu memukau untuk dipamerkan ke Instagram Story.

Pada pemotretan malam harinya, masih terbilang oke untuk harganya. Memang bukan yang terbaik, karena rentang dinamisnya terlihat kurang rapi. Tapi masih wajar untuk harga terjangkau yang ditawarkannya.

Kamera depan dari HP ini juga terbilang cukup unik karena menyediakan dual LED Flash. Ia punya resolusi kamera 8 MP wide-angle yang mendukung perekaman 1080p di 30 FPS.

6. Punya Fitur NFC

Tidak semua smartphone hadir dengan konektivitas yang lengkap, apalagi untuk ponsel kelas harga terjangkau. Dalam hal ini, Infinix Hot 30 tampak bersinar karena menyajikan NFC multiguna tanpa bikin kantong bolong.

NFC di HP ini tidak hanya dapat melakukan transaksi digital ataupun sekadar isi saldo e-money, melainkan dapat juga mengemulasi kartu akses pintu kantor atau apartemen.

Uniknya lagi, sensor sidik jari di HP ini pun tak lagi terletak di bodi belakang melainkan sudah di samping, menyatu dengan tombol power. Infinix Hot 30 juga dipersenjatai dengan protokol Wi-Fi 5, GPS, FM Radio, Bluetooth, dan pastinya port USB Type-C 2.0 yang mendukung OTG.

7. Baterai Tahan Lama

infinix hot 30 baterai_

Infinix Hot 30 merupakan smartphone yang cocok digunakan di luar ruangan. Kapasitas baterainya yang sebesar 5.000 mAh bisa bertahan hingga seharian penuh, dari pagi hingga malam. Bahkan bisa saja bertahan dari pagi ke pagi lagi kalau penggunaannya awet.

Ada fitur bernama power marathon yang bisa memperpanjang masa penggunaan HP. Saat fitur ini aktif, sisa baterai 5% bisa digunakan untuk menelepon selama 2 jam atau stand by seharian.

Infinix menyebutkan kalau HP ini dapat bertahan hingga 34 jam mode siaga, 45 jam menelepon, 30 jam streaming video, serta 9 jam gaming. Sebagai fast charging-nya, kini meningkat dari yang semula 18 W pada Infinix Hot 20, menjadi 33 W. Untuk menuju angka 55% hanya dibutuhkan waktu sekitar 30 menit.

8. Desain Bodi yang Fresh

infinix hot 30

Di saat masih banyak Rp2 jutaan yang pakai desain poni tetesan air (waterdrop notch), Infinix Hot 30 cukup unik karena sudah menawarkan kamera punch hole. Di sisi belakangnya pun ponsel ini menyajikan tampilan yang fresh dan beda dari yang lain.

Terdapat dua lingkaran cukup besar sebagai rumah bagi kamera belakang, dengan satu bulatan kecil di samping yang menampung quad LED Flash. Bodi belakang ponsel ini juga secara kentara menampilkan tekstur bergelombang pada pola diagonal, membuatnya tampak seperti lipatan.

Bodi belakang dan frame HP ini terbuat dari plastik polikarbonat, cukup umum di kelasnya. Ponsel memiliki dimensi panjang 168,7 mm, lebar 76,6 mm, serta ketebalan 8,4 mm. Adapun pada bobotnya sebesar 196 gram.

Kekurangan Infinix Hot 30

Tidak hanya kelebihan, sebaiknya ketahui juga kekurangan Infinix Hot 30 agar Anda tidak salah beli. Berikut ini adalah daftar kekurangannya.

1. Tidak Ada Kamera Ultrawide

Satu kekurangan yang sungguh disayangkan adalah absennya kamera ultrawide. Infinix Hot 30 hanya menyajikan satu kamera pendamping yang tidak disebutkan apa fungsi dan resolusinya. Padahal alih-alih kamera tersebut, alangkah baiknya diganti dengan kamera ultrawide agar bisa memotret foto pemandangan pada sudut keluasan tinggi.

2. Hadir dengan Bloatware + Tidak Ada Kejelasan Soal Update

xos 12_

Kanal YouTube bernama KLGadgetTV menyebutkan kalau Infinix Hot 30 ini punya sejumlah aplikasi pre-installed. Ponsel dirilis menggunakan sistem operasi Android 13 berselimutkan antarmuka XOS 12.6.

Anda harus rela menghabiskan waktu untuk menghapus atau menonaktifkan aplikasi-aplikasi bawaan ini untuk memberikan ruang lebih pada aplikasi yang Anda ingin instal dari Google Play Store.

Ditambah lagi, tidak ada kejelasan soal apakah ponsel ini mendukung update software atau tidak. Ini sudah menjadi kekurangan yang cukup umum dimiliki oleh smartphone itel, Infinix, dan Tecno.

Simpulan

Harga retail untuk Infinix Hot 30 di Malaysia adalah 599 ringgit alias sekitar Rp2,01 jutaan. Di harga tersebut, Infinix Hot 30 sungguh layak digemari karena punya performa cukup memadai, sensor sidik jari di samping, ada NFC, juga memiliki fast charging 33 W yang begitu ngebut di kelasnya.

Kualitas layarnya pun sangat direkomendasikan untuk menonton film kesukaan di kala suntuk. Adanya ukuran yang lebar membuat setiap adegannya tampak lebih nyata dan immersive. Apalagi, ada stereo speaker yang bisa meningkatkan pengalaman multimedia. Tertarik?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram