carisinyal web banner retina

8 Kelebihan dan Kekurangan HP Infinix Smart 8

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Persaingan antarmerek terus berlangsung sejak itel S23 yang cukup fenomenal meluncur. Berbagai produsen lantas berbondong-bondong menawarkan HP dengan harga semurah mungkin, tapi punya performa sip buat keperluan main game. Contohnya yang dilakukan "saudara itel": Infinix.

Infinix di Indonesia tetap hadirkan ponsel murah nan menarik untuk bersaing dengan HP lain di kelas harga murah. Ponsel yang dimaksud adalah Infinix Smart 8. Ponsel ini sudah beredar di toko online Indonesia pada akhir November 2023.

Performa jadi salah satu jualan utama HP ini, mengingat SoC yang dipakai sudah teruji: UNISOC Tiger T606. Akan tetapi, masih ada banyak hal menarik yang perlu Anda ketahui. Kalau penasaran, silakan intip terlebih dahulu pada tabel berikut.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
Kelebihan
Kekurangan
Desain mengalami upgrade besar
Belum punya kamera ultrawide
Punya dua slot kartu SIM + kartu microSD
Ngecasnya lama, perlu 3 jam untuk sampai penuh
Layar IPS 90 Hz yang punya fitur ala "Dynamic Island"
Sensor kurang lengkap, Belum ada NFC
Performa oke dari UNISOC Tiger T606
Sudah Pake UFS 2.2
Hasil tangkapan kamera lumayan
Daya tahan baterai mencukupi
Paket penjualan lengkap

Infinix Smart 8 bisa jadi merupakan pilihan yang menarik di kelas Rp1 jutaan. Namun, entah menebusnya atau tidak, ada baiknya Anda baca artikel ini sampai kelar.

Spesifikasi Infinix Smart 8

Infinix Smart 8
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset UNISOC Tiger T606
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 13 MP (wide) 0.3 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan Infinix Smart 8

Menemukan HP yang cocok tidaklah sulit. Ketika Anda tahu suatu HP dapat memenuhi keperluan Anda, maka Anda berjodoh dengan HP tersebut. Berikut ini adalah poin-poin kelebihan Infinix Smart 8 yang mungkin bisa membuat Anda berjodoh dengannya.

1. Desain Mengalami Upgrade Besar

Infinix Smart 8

Jika dilihat dengan saksama, bahasa desain Infinix Smart 8 mencomot iPhone. Itu terlihat dari penataan kamera belakangnya disertai frame rata yang membuat bodi punya kesan mengotak.

Kendati demikian, Infinix tidak meniru plek desain iPhone. Satu diferensiasi desain di HP ini saya temukan pada penutup belakangnya. Infinix memberikan sentuhan finishing matte dengan suatu tekstur.

Mereka mengistilahkannya dengan Vibrant Glow Texture Design. Penutup belakang HP ini memang berkilau, tetapi noda sidik jari tetap minim menempel berkat finishing matte. Adanya tekstur tertentu di penutup belakangnya itu bukan sekadar estetika, tetapi juga berfungsi agar bodi tidak licin.

Infinix Smart 8 juga mengalami upgrade desain jika dibandingkan dengan pendahulunya, Infinix Smart 7. Upgrade tersebut menyasar jenis port dan posisi sensor pemindai sidik jari.

Kini Infinix Smart 8 sudah menggunakan port USB C dari yang sebelumnya microUSB. Posisi sensor pemindai sidik jari HP ini berpindah posisi ke bodi samping dan menyatu dengan tombol power. Pada Infinix Smart 7, sensor pemindai sidik jari masih ditaruh di bodi belakang.

Satu upgrade lagi terletak di bagian depan. Layar Infinix Smart 8 mengadopsi gaya punch hole yang menurut sebagian orang lebih modern ketimbang water drop notch.

Lebih lanjut, Infinix Smart 8 belum punya IP rating. Akan tetapi, Infinix mengeklaim HP ini telah lolos serangkaian uji keandalan. Di antaranya adalah lolos 10 ribu kali lebih jatuh dan dapat beroperasi pada temperatur -15 °C sampai 50 °C.

2. Punya Dua Slot Kartu SIM + Kartu microSD

Infinix Smart 8

Infinix Smart 8 mempertahankan laci kartu SIM triple slotnya. HP ini pun dapat menampung dua kartu SIM plus satu kartu microSD sekaligus. Jadi buat pengguna dua kartu SIM, Anda tak perlu mengorbankan salah satu kartu SIM jika ingin memasang kartu microSD.

Anda bisa memasang kartu microSD maksimal 512 GB. Kartu microSD berguna untuk meringankan beban memori internal. Ia dapat menampung file seperti foto, video, dan dokumen perkantoran.

Selain microSD, Anda juga dapat menyambungkan flash disk USB C ke HP ini. Kemampuan ini hadir karena port USB C Infinix Smart 8 mendukung fitur USB On-The-Go.

3. Layar IPS 90 Hz yang Punya Fitur ala "Dynamic Island"

Infinix Smart 8

Infinix Smart 8 didukung layar IPS LCD 6,6 inci dengan resolusi HD+ (720 x 1612). Seperti tak ada bedanya dengan pendahulunya. Meski begitu, karena menggunakan model punch hole, layar HP ini jadi bisa mendukung fitur baru.

Adalah fitur Magic Ring yang dimaksud. Fitur tersebut merupakan tampilan notifikasi yang muncul di sekitar punch hole, mirip seperti Dynamic Island pada ponsel iPhone.

Sejauh yang saya lihat di beberapa ulasan reviewer Nigeria, Magic Ring baru kompatibel dengan aplikasi-aplikasi bawaan ponsel. Misalnya seperti saat membuka kuncian ponsel, mengecas ponsel, dan jika ada panggilan yang masuk.

Tidak menutup kemungkinan apabila ke depan banyak aplikasi pihak ketiga yang mendukung Magic Ring di HP ini. Selain Magic Ring, yang baru di layar Infinix Smart 8 adalah refresh rate 90 Hz.

Fitur tersebut memungkinkan pengguna merasakan pengalaman gerakan animasi yang lebih mulus saat mengusap layar. Refresh rate 90 Hz juga memberi kesempatan pengguna agar dapat menjalankan gim tertentu dalam frame rate 90 FPS.

Terkait kualitas tampilan, kanal YouTube Tdevelops bilang bahwa layar Infinix Smart 8 sudah oke untuk keperluan media sosial, termasuk menonton video.

Soal tingkat kecerahan, layar HP ini diklaim Infinix mampu meraih tingkat kecerahan sampai 500 nit. Untuk penggunaan indoor bukan masalah. Namun, untuk penggunaan outdoor agak kurang.

4. Performa Oke dari UNISOC Tiger T606

chipset

UNISOC Tiger T606 sudah teruji performanya di berbagai smartphone. Mulai dari Samsung Galaxy A03, Tecno Spark 10C, ZTE Blade A72, hingga itel S23. Kini SoC tersebut mengotaki Infinix Smart 8.

Jika dibandingkan dengan Smart 7 yang memakai SoC quad-core MediaTek Helio A22, dapur pacu Infinix Smart 8 jelas mengalami upgrade besar. Menurut data yang dihimpun Nano Review, Tiger T606 disebut bisa meraih skor AnTuTu 10 sebesar 239.545.

Skor tersebut 120 persen lebih tinggi dari yang bisa diraih Helio A22 (108.818). Alasan mengapa UNISOC Tiger T606 lebih bertenaga terungkap pada spesifikasinya.

SoC ini punya delapan inti prosesor atau dua kali lipat lebih banyak ketimbang Helio A22. Ia juga sudah mengadopsi dua inti performa Cortex A75 (1,6 GHz) dan punya GPU Mali-G57 MP1 (650 MHz) yang cukup mumpuni

Tech Reviewer asal Nigeria, Eugoson Quorch bilang bahwa performa Infinix Smart 8 oke. Ia bisa menangani pekerjaan sehari-hari dengan baik. Entah itu scrolling di media sosial, melakukan multi-tasking dengan beberapa aplikasi, dan main gim kasual.

Soal kemampuan multi-tasking, Infinix bilang bahwa HP ini sanggup jalankan 11 aplikasi sekaligus. Berpindah-pindah tampilan di antara 11 aplikasi tersebut dijamin tetap lancar. Selain dari SoC yang mumpuni, penyuntikan sistem operasi Android 13 edisi Go turut punya andil atas kelancaran performa sang ponsel.

Adapun gim yang dijajal Eugoson Quorch pada Infinix Smart 8 adalah EA Sports FC Mobile (dulunya FIFA Mobile). Gim tersebut berjalan lancar. Kemungkinan besar gim populer seperti Mobile Legends juga dapat dimainkan di HP ini.

5. Sudah Pake UFS 2.2

 Infinix Smart 8

Infinix Smart 8 hadir dengan dua opsi memori: 3/64 GB dan 4/128 GB. Opsi yang kedua tentu lebih menarik baik dari segi performa maupun ruang simpan. Akan tetapi, RAM 4 GB masih belum cukup untuk memenuhi keperluan main gim berat.

Gim dan aplikasi berat zaman sekarang perlu RAM lebih dari 4 GB, bisa 6 GB atau 8 GB. Pasalnya, gim butuh sumber daya dari RAM untuk bisa melakukan proses rendering gambar. Keterbatasan RAM bisa menyebabkan gim berjalan patah-patah.

Oleh sebab itu, tak satupun pengulas yang merekomendasikan Infinix Smart 8 dipakai buat main gim berat. Kalau gim kasual dan gim ringan masih oke. Namun, di harga Rp1 jutaan, memang jarang ada HP yang kencang banget buat main gim.

Yang harus diingat, kalau HP ini punya banderol harga di Rp1 jutaan kecil. Harga Infinix Smart 8 di Indonesia adalah Rp1.099.000 untuk varian 3/64 GB dan Rp1.249.000 untuk varian 4/128 GB. Yang menarik, tipe memori yang dipakai adalah RAM LPDDR4X dan storage UFS 2.2. HP di kelas harga Rp1 jutaan, biasanya tawarkan storage eMMc yang secara kecepatan lebih lambat dari UFS.

6. Hasil Tangkapan Kamera Lumayan

Infinix Smart 8

Infinix Smart 8 dibekali dua kamera belakang yakni kamera utama 13 MP f/1.8 dan kamera depth 0,3 MP. Namun, secara teknis, hanya kamera utama yang punya peran untuk mengambil gambar. Kamera utama HP ini ditemani empat lampu flash yang ditata dalam sebuah ring.

Di sisi muka ada kamera depan 8 MP yang bukaannya tidak diketahui. Yang keren, kamera depan ini dilengkapi dengan lampu flash. Keberadaan lampu flash dapat membantu pengguna saat melakukan foto selfie atau video call di tempat yang redup.

Adapun kamera utama dan kamera depan Infinix Smart 8 dapat hasilkan video hingga resolusi 1080p 30 FPS. Belum ada fitur stabilisasi video sayangnya.

Dari beberapa sampel yang saya lihat di sejumlah kanal YouTube pengulas, kamera HP ini dapat hasilkan gambar lumayan bagus. Gambar yang lumayan bagus dapat dihasilkan ketika berada di luar ruangan terutama di siang hari.

infinix smart 8Sumber: Megalite Unboxing
Kamera belakang
infinix smart 8Sumber: Megalite Unboxing
Kamera depan

Warnanya cukup memikat dengan detail yang cukup. Hal itu berlaku buat kamera belakang maupun kamera depan. Untuk rentang dinamis dan eksposurnya cukup. Gelap dan terang objek masih bisa direpresentasikan dengan cukup baik.

Kualitas foto turun ketika kamera digunakan untuk memotret di kondisi minim cahaya. Misalnya di dalam ruangan dan saat malam hari. Detail jadi turun dan warnanya agak kusam. Fenomena ini wajar buat HP kelas entri.

7. Daya Tahan Baterai Mencukupi

Infinix Smart 8

Sejumlah penguji mengaku puas dengan daya tahan baterai 5000 mAh yang disematkan ke dalam bodi Infinix Smart 8. Baterai tersebut bisa bertahan selama satu hari untuk penggunaan normal.

Kanal YouTube Bytes Unlocked bilang, baterai HP ini turun sebanyak 25 persen saat digunakan untuk streaming video di YouTube selama 3 jam. Menurut kanal YouTube tersebut, capaian itu cukup baik.

Adapun Infinix mengeklaim daya tahan baterai Smart 8 bisa mencapai 39 jam buat telepon dan 50 jam kalau buat memutar musik. HP ini juga disebut kuat menyala selama 36 jam untuk memutar video (lokal).

8. Paket Penjualan Lengkap

Infinix merupakan salah satu produsen yang sampai sekarang belum mengurangi aksesori dalam paket penjualannya. Hal itu pun berlaku buat Infinix Smart 8. Di dalam boks HP ini terdapat beragam aksesori.

Mulai dari SIM ejector, kabel USB C, kepala charger 10 Watt, dan softcase bening. Saya pikir hal ini menjadi salah satu bukti bahwa Infinix peduli terhadap kenyamanan konsumennya. Konsumen tidak perlu pusing harus keluar duit lagi untuk membeli aksesori pendamping ponselnya.

Kekurangan Infinix Smart 8

Ada banyak hal yang mesti ditoleransi dari sebuah HP 1 jutaan seperti Infinix Smart 8. Namun, hal-hal tersebut akan menimbulkan reaksi yang berbeda dari Anda. Anda mungkin saja bisa menerimanya, tapi bisa juga tidak.

1. Belum Punya Kamera Ultrawide

 Infinix Smart 8

Infinix Smart 8 praktis cuma punya satu kamera belakang fungsional meskipun secara konfigurasi ada dua. Pasalnya, kamera pendamping buat kamera utamanya adalah kamera depth alias sensor kedalaman.

Di awal kemunculan sistem multikamera, sensor kedalaman berguna untuk membantu kamera utama dalam menghasilkan foto bokeh. Namun, seiiring kecanggihan SoC, kamera tersebut tak lagi punya peran penting.

Ketimbang menyelipkan kamera depth, saya lebih senang jika HP diberi kamera ultrawide. Namun, hal itu tak terjadi di Infinix Smart 8. Ia tak punya kamera ultrawide.

Ketiadaan kamera ultrawide untuk sebuah HP 1 jutaan saya pikir bukan masalah besar. Produsen menghilangkan kamera tersebut agar harga akhir HP bisa tetap murah.

2. Ngecasnya Lama, Perlu 3 Jam untuk Sampai Penuh

 Infinix Smart 8

Peralihan dari microUSB ke port USB C pada Infinix Smart 8 sudah patut diapresiasi. Kini sang ponsel bisa menggunakan kabel dengan colokan reversibel alias bisa dibolak-balik. Hanya saja, upgrade ini tidak dibarengi dengan hadirnya fitur fast charging.

Praktis asupan daya maksimum yang bisa diterima Infinix Smart 8 cuma 10 Watt. Pengisian daya pun bakal memakan waktu lama mengingat kapasitas baterai sang ponsel mencapai 5000 mAh. Menurut berbagai pengulas, perlu waktu lebih dari 3 jam pengecasan agar baterai kosong HP ini bisa terisi penuh.

3. Sensor Kurang Lengkap, Belum Ada NFC

 Infinix Smart 8

Infinix Smart 8 hanya punya tiga jenis sensor, meliputi akselerometer, proksimitas, dan pemindai sidik jari. Tidak ada sensor cahaya, kompas, dan giroskop. Karena itu, sensor di HP ini kurang lengkap.

Ketiadaan sensor giroskop masih bisa dipahami karena biasanya cuma ada di HP dua jutaan keatas. Namun, menghilangkan sensor cahaya dan sensor kompas itu bikin fungsi smartphone jadi berkurang.

Tidak ada sensor cahaya berarti tidak ada fitur auto brightness. Sementara itu, tidak ada sensor kompas bikin HP tak bisa tentukan arah mata angin. Selain sensornya belum lengkap, Infinix Smart 8 juga belum punya NFC yang penting buat sebagian orang. NFC diperlukan untuk cek dan isi saldo e-money.

Simpulan

Infinix Smart 8 berhasil jadi upgrade yang signifikan buat Infinix Smart 7. HP ini mengalami peningkatan di berbagai aspek. Mulai dari desain hingga jeroan.

Peningkatan tersebut membuat Infinix Smart 8 jadi HP yang menurut saya semakin nyaman dipakai. Untuk memenuhi keperluan sehari-hari, ia sudah mencukupi. Adanya fitur Magic Ring yang terinspirasi dari Dynamic Island juga menambah daya tarik HP ini.

Namun, dengan statusnya yang merupakan HP kelas entri, ada sejumlah batasan pada Infinix Smart 8. Misalnya seperti ketidakmampuan untuk jalankan gim berat dan minimnya sensor. Di sisi lain, batasan-batasan itu bukan masalah serius jika fokus Anda adalah mencari HP yang oke untuk penggunaan ringan.

Berbagai tipe pengguna mungkin akan cocok dengan HP ini. Contohnya seperti anak-anak yang doyan main gim ringan dan orang tua yang tak terlalu neko-neko.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram