carisinyal web banner retina

10 Kelebihan dan Kekurangan Nokia X30 5G, HP Ramah Lingkungan

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Tahun baru, smartphone baru. Tiap tahun selalu ada saja smartphone yang bermunculan. Rasa-rasanya produsen tak pernah mengambil jeda demi terus meraup untung. Padahal 'kan orang tidak mesti ganti HP saban tahun.

Mengganti ponsel lama yang masih sehat bisa jadi punya dampak kurang bagus buat dua hal. Pertama tentu saja bagi dompet dan yang kedua bagi lingkungan.

Aspek lingkungan inilah yang tampaknya menjadi dasar bagi HMD Global, selaku pemegang lisensi HP Nokia, untuk menciptakan ponsel yang bisa punya umur panjang. Adalah Nokia X30 5G ponsel yang dimaksud. Ponsel ini resmi dirilis HMD pada September 2022.

HMD mengeklaim, Nokia X30 5G memenuhi tiga aspek: longevity (umur panjang), durability (ketahanan), dan sustainable (sarat keberlanjutan/ramah lingkungan). Apakah memang benar seperti itu?

Jawabannya akan Carisinyal paparkan dalam artikel ini. Namun, intisari pembahasan dalam artikel kelebihan dan kekurangan Nokia X30 5G ini dapat Anda simak seperti pada tabel berikut.

KelebihanKekurangan
Material bodi yang ramah lingkungan
Layar AMOLED cerah dan mulus
Performa harian mumpuni
Kamera berteknologi PureView
Daya Tahan Baterai yang cukup
Jaminan pembaruan software 3 tahun
Tidak ada speaker stereo
Slot microSD dan Jack Audio lenyap
SoC kurang gereget
• Harga relatif mahal

Bagi yang ingin tahu lebih lanjut, silakan baca ulasannya sampai kelar! Di bawah ini adalah spesifikasi Nokia X30 5G yang bisa Anda tengok dulu sebelum membaca ulasan lengkapnya.

Spesifikasi Nokia X30 5G

Nokia X30 5G
Layar AMOLED 6.43 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 695
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 13 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4200 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan Nokia X30 5G

Nokia X30 5G diposisikan sebagai ponsel kelas menengah. Di kelas tersebut, Anda sudah dapat mengharapkan beberapa fitur yang oke layaknya HP kelas atas. Apa saja fitur oke yang menjadi kelebihan Nokia X30 5G? Ini dia penjelasannya.

1. Material Bodi yang Ramah Lingkungan

nokia x30 5g

Desain Nokia X30 5G sebenarnya sangat basic. Penutup belakang polos, frame datar, serta punch hole di tengah pojok atas layar. Keistimewaan desainnya terletak pada material bodi yang dipakai.

HMD bilang, bodi Nokia X30 5G memakai material daur ulang. Terdiri atas 100% aluminium daur ulang (frame) dan 65% plastik daur ulang (penutup belakang). Tidak hanya itu, boks alias kardus yang digunakan dalam paket penjualan juga memakai 94% kertas daur ulang.

Atas dasar itu, HP ini disebut memenuhi syarat sebagai smartphone yang ramah lingkungan. Selain ramah lingkungan, bodi Nokia X30 5G memiliki durabilitas yang bagus. Pasalnya, ia memiliki sertifikasi IP67 yang berarti tahan debu 360 derajat serta kedap air hingga kedalaman 1 m selama 30 menit.

Jurnalis Stuff TV, Tom Morgan-Freelander mempunya impresi yang baik terhadap desain Nokia X30 5G. Menurut dia, plastik yang digunakan pada penutup belakang si ponsel terasa sangat premium. Sementara itu, frame-nya nyaman sekali disentuh.

Morgan-Freelander juga menilai ukuran HP dengan layar 6.43 inci ini pas di tangan. Pernyataan tersebut seolah menegaskan bahwa dimensi 158.9 x 73.9 x 8 mm membuat Nokia X30 5G memiliki ergonomika yang baik. Terlebih bobotnya juga tidak berat yaitu 185 gram.

Adapun bagian depan Nokia X30 5G diproteksi oleh kaca Gorilla Glass Victus agar tahan terhadap goresan dan benturan. Sementara itu, HP ini tersedia dalam dua varian warna saja: Cloudy Blue dan Ice White.

2. Layar AMOLED Cerah dan Mulus

nokia x30 5g

HMD membekali layar Nokia X30 5G dengan panel AMOLED 6.43 inci. Layar sang ponsel memiliki resolusi Full HD+ (1080 x 2040 piksel) dan mendukung refresh rate 90 Hz.

Tingkat refresh rate di atas 60 Hz membuat tampilan konten di layar HP ini bisa terlihat mulus. Terutama saat pengguna melakukan scrolling di aplikasi media sosial, sekadar bernavigasi di menu ponsel, dan memainkan sejumlah gim.

Adapun level kecerahan puncak yang bisa diraih dalam kondisi outdoor adalah 700 nit. Angka kecerahan tersebut sudah cukup memadai agar tampilan layar tetap dapat dilihat dengan baik.

Chris Barraclough dalam kanal YouTube Tech Spurt menilai, kualitas tampilan layar Nokia X30 5G sama bagusnya dengan layar AMOLED HP lain di kelas menengah.

Sementara itu, Tom Morgan-Freelander mengakui bahwa layar HP ini dapat memunculkan tampilan dengan kontras yang baik. Warna-warnanya pun tampak ngejreng khas panel AMOLED.

Adapun layar Nokia X30 5G mendukung sensor pemindai sidik jari. Fitur keamanan biometrik ini dapat dijadikan pengguna sebagai pembuka kunci utama di samping fitur pemindai muka.

3. Performa Harian Mumpuni

nokia x30 5g

Snapdragon 695 adalah SoC yang terpasang di dalam dapur pacu Nokia X30 5G. SoC bikinan Qualcomm ini masuk dalam tataran chipset kelas menengah. Anda mungkin sudah cukup banyak tahu menengai Snapdragon 695.

SoC ini sudah pernah kami bahas. Anda bisa membacanya di artikel "Snapdragon 695 Setara Apa?". Namun, kami akan beri gambaran singkat mengenai SoC yang satu ini. Snapdragon 695 memiliki delapan inti CPU dan diciptakan dengan proses manufaktur 6 nm.

Kedelapan inti CPU itu terbagi menjadi dua klaster. Klaster pertama berisi dua Kryo 660 Gold (berbasis Cortex A78: 2.2 GHz), sedangkan klaster kedua dihuni oleh enam Kryo 660 Silver (berbasis Cortex A75: 2.0 GHz).

Keberadaan Cortex A78 pada klaster performa jadi pembeda bagi Snapdragon 695 dengan SoC Snapdragon 600 Series lainnya. Saat SoC ini meluncur, Cortex A78 baru digunakan oleh SoC kelas atas dan kelas menengah atas.

Adapun selain delapan inti CPU, komponen yang dikandung Snapdraogn 695 antara lain GPU Adreno 619, prosesor gambar Spectra 346T, prosesor AI Hexagon 686, dan modem internal 5G bernama X51.

Snapdragon 695 kemudian dipadukan dengan dua konfigurasi memori. Ada yang 6 GB RAM plus 128 GB ruang simpan, ada pula yang 8 GB RAM dengan penyimpanan 256 GB. Teknologi RAM yang dipakai adalah LPDDR4X, sedangkan penyimpanannya adalah UFS 2.2.

Untuk penggunaan harian, Snapdragon 695 sudah mumpuni. Lebih dari cukup untuk membuat sebuah ponsel melaju kencang. Pengguna bisa merasakan kesan yang mulus saat bernavigasi, membuka banyak tab di browser, atau pindah-pindah aplikasi.

Menurut Chris Barraclough, performa yang baik di HP ini juga karena ditunjang oleh sistem operasi Android murni (stock) yang ringan. Android murni relatif ringan karena tidak mendapat kustomisasi apa pun.

Sebagai gambaran saja, skor AnTuTu 9 yang dapat diraih Snapdragon 695 adalah 370 ribuan ke atas. Berdasarkan Nano Review, realme 9 Pro, yang memakai SoC serupa, meraih skor 393.999. Maka skor AnTuTu 9 Nokia X30 5G tidak akan jauh dari angka itu.

4. Kamera Berteknologi PureView

nokia x30 5g

Smartphone Nokia pernah kondang dengan teknologi PureView. Teknologi ini membuat jepretan kamera Nokia digemari konsumen. Teknologi berlabel sama kembali disuntikkan pada Nokia X30 5G.

Implementasi teknologi ini terdapat pada algoritma color science di berbagai mode pengambilan foto. Sebagai contoh, HMD memperkenalkan mode Capture Fusion untuk meningkatkan ketajaman tangkapan kamera ultrawide.

Cara kerja mode tersebut bekerja yaitu menggabungkan tangkapan kamera utama yang telah di-crop serta diperbesar, dengan tangkapan kamera ultrawide.

Selain Capture Fusion, PureView didukung pula oleh komponen berbasis hardware. Mulai dari OIS (Optical Image Stabilization) yang dipasang kamera utama, serta kaca Gorilla Glass DX yang melapisi kamera utama dan kamera ultrawide.

Untuk diketahui, Gorilla Glass DX+ berfungsi untuk memproteksi lensa kamera dari goresan, mengurangi flare, dan mempermudah cahaya masuk ke sensor kamera.

Konfigurasi kamera belakang Nokia X30 5G terdiri atas kamera utama 50 MP (f/1.8) dan kamera ultrawide 13 MP (f/2.4). Di sektor depan ada kamera selfie 16 MP (f/2.4). Dari ketiga kamera tersebut, hanya kamera utamanya yang dilengkapi autofokus.

Adapun untuk perekaman video, resolusi yang bisa diraih seluruh kamera adalah Full HD (1080p). Tidak tinggi memang, tetapi kamera utamanya bisa merekam video pada frame rate hingga 60 fps. Hal ini merupakan kabar baik buat content creator TikTok, Reels, dan platform sejenis.

5. Daya Tahan Baterai yang Cukup

nokia x30 5g

Kapasitas baterai Nokia X30 5G yang 4200 mAh memang kalah saing. Setidaknya dengan HP lain dengan ukuran layar yang mirip. Namun demikian, 4200 mAh sebetulnya tidak kecil-kecil amat.

Dengan sistem manajemen sumberdaya yang baik, baterai yang tak luar biasa besar bisa cukup untuk menunjang aktivitas sehari penuh. Hal yang terjadi pada Nokia X30 5G pun begitu. HP ini diklaim Nokia dapat bertahan hingga 2 hari untuk pemakaian normal.

Daya tahan baterai yang baik pada Nokia X30 5G juga dipengaruhi oleh SoC Snapdragon 695 dan sistem operasi Android murni. Keduanya sama-sama irit konsumsi daya.

Di samping awet, baterai HP ini dijamin punya umur panjang. HMD mengeklaim baterai Nokia X30 5G memiliki siklus dicas-dipakai hingga 800 kali. Artinya, performa baterai akan tetap prima sebelum mencapai siklus tersebut.

Adapun Nokia X30 5G didukung teknologi pengisian cepat 33W dengan beberapa protokol. Di antaranya adalah Quick Charge 3.0 dan Power Delivery 3.0.

6. Jaminan Pembaruan Software 3 Tahun

nokia x30 5g

HMD memberi jaminan serba tiga untuk Nokia X30 5G. Rinciannya, 3 tahun pembaruan sistem keamanan secara bulanan, 3 tahun peningkatan versi Android, dan 3 tahun garansi umum.

Dengan jaminan ini, Nokia X30 5G memiliki umur pakai yang panjang, paling tidak hingga 3 tahun setelah rilis. Ia akan didukung hingga 2015 dan bakal memperoleh peningkatan sistem operasi sampai Android 15.

Hal ini merupakan kabar baik. Pasalnya, masih banyak produsen ponsel yang hanya memberi pembaruan sistem keamanan dan peningkatan sistem operasi selama 2 tahun.

Untuk garansi, 3 tahun terbilang panjang untuk ukuran ponsel. Biasanya ponsel hanya diberi garansi selama 1 tahun atau paling lama 18 bulan. Kalaupun ada yang 2 tahun, itu jarang. Garansi panjang jelas akan membebaskan pengguna dari rasa ketar-ketir ketika HP-nya rusak selama penggunaan.

Kekurangan Nokia X30 5G

Selain 6 kelebihan yang telah disebutkan di atas, Nokia X30 5G juga punya beberapa catatan penting. Catatan tersebut mungkin saja dapat dipandang sebagai kekurangan, tergantung sudut pandang Anda. Berikut penjelasan mengenai catatan tersebut.

1. Tidak Ada Speaker Stereo

nokia x30 5g

Satu lubang speaker Nokia X30 5G yang terletak di sisi bawah ternyata tak mempunyai pasangan. Ia sendirian alias mono speaker. Sementara itu, earpiece yang ada di sisi atas tak memiliki fungsi ganda sebagai speaker sekunder.

Ketiadaan speaker stereo di HP ini cukup disayangkan. Pengguna bakal kehilangan pengalaman mendengarkan audio yang lebih hidup, terlebih saat menonton film dan bermain gim. Padahal di level menengah, sudah banyak ponsel yang punya speaker stereo.

2. Slot microSD dan Jack Audio Lenyap

nokia x30 5g

Selain tak punya speaker stereo, Nokia X30 5G tak mendukung jack audio 3.5 mm. Maka solusi untuk mendengarkan audio yang nyaring cuma bisa ditempuh dengan TWS. Earphone kabel tetap bisa dipakai, syaratnya harus melalui konverter USB C ke jack audio 3.5 mm.

Hal penting selanjutnya yang absen dari Nokia X30 5G adalah slot microSD. Pengguna yang memilih varian memori 8/256 GB mungkin tidak akan waswas bakal kehabisan ruang simpan.

Namun, mereka yang membeli HP ini dengan varian 6/128 GB bisa jadi bakal galau di kemudian hari. Sebab saat penyimpanan internal ponsel tinggal sedikit, tidak ada opsi murah meriah untuk memperlega ruang simpan.

3. SoC Kurang Gereget

nokia x30 5g

SoC Snapdragon 695 bukanlah SoC yang jelek. Ia tetap kompetitif dan bisa menyuguhkan performa yang andal untuk kebutuhan sehari-hari. Namun, kemampuan olah grafis dan olah gambar SoC ini tidak terlalu impresif.

Alhasil, Nokia X30 5G jadi kurang gereget saat dipakai untuk main gim. Chris Barraclough kurang merekomendasikan HP ini jika digunakan untuk main Genshin Impact. Namun, kalau gim-gim ringan saja yang dijalankan, performa si ponsel masih oke.

Lebih lanjut, walaupun Nokia X30 5G dibekali hardware kamera yang mumpuni, kemampuannya dalam mengolah gambar tetap terbatas. Ia hanya bisa memproduksi video hingga resolusi Full HD, tidak lebih. Hal ini karena prosesor gambar (ISP) yang dikandung Snapdragon 695 memang tidak mampu memproses video dengan resolusi di atas Full HD.

4. Harga Relatif Mahal

nokia x30 5g

Harga Nokia X30 5G rasa-rasanya agak mahal. Terlebih karena ia punya kekurangan yang sudah dijelaskan di tiga poin sebelumnya. Selain itu, paket penjualan HP ini juga minimalis: tidak ada charger, cuma kabel USB C.

Di Eropa, varian terendah HP ini dibanderol dengan harga 501,65 euro. Nominal itu setara dengan Rp7,5 juta. Harga yang relatif mahal ini kemungkinan besar karena label ramah lingkungan berikut material daur ulang yang dipakai si ponsel.

Jika fokus Anda adalah price to value, Nokia X30 5G jelas tidak cocok. Ada banyak HP yang punya performa lebih baik di rentang harga Rp7 jutaan bahkan kurang.

Simpulan

Mencintai teknologi sekaligus menyayangi bumi bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Dalam kacamata HMD Global, dua hal itu bisa dilakukan dengan menciptakan serta menggunakan produk yang ramah lingkungan dan berumur panjang.

Contohnya adalah Nokia X30 5G ini. HP tersebut dijamin ramah lingkungan karena memakai material bodi daur ulang. Ia juga diklaim bisa punya umur pakai panjang berkat sertifikasi IP67, proteksi kaca Gorilla Glass Victus pada layar, serta garansi dan jaminan pembaruan software selama 3 tahun.

Namun, Nokia X30 5G tidak melulu soal itu. Ia juga hadir dengan visual layar AMOLED yang dapat memanjakan mata, kemampuan kamera mumpuni, dan daya tahan baterai yang cukup. Hanya saja, HP ini tidak diperuntukkan bagi pengguna hardcore.

Main gim masih bisa, tapi bukan Genshin Impact. Kaum mendang-mending juga mesti bijak dalam menganggarkan dananya. Pasalnya, harga HP ini juga tidak murah untuk spesifikasi yang ditawarkan. Bagaimana, tertarik dengan Nokia X30 5G?

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram