Carisinyal / Realme 2020 / Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan Realme C12 Ini!

Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan Realme C12 Ini!

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Realme selaku sub-brand OPPO benar-benar serius dalam menggencarkan bisnisnya. Produk demi produk banyak bermunculan di tahun 2020, dari yang mahal seperti Realme X50 Pro, HP menengah seperti seri Realme 7, sampai ke produk harga terjangkau seperti Realme C15.

Nah, yang akan kami bahas sekarang ini masih satu rumpun dengan Realme C15, yakni Realme C12. Beragam spesifikasi jeroannya hingga desainnya hampir persis sama. Mungkin bisa dibilang, Realme C12 adalah versi murahnya Realme C15 dengan selisih Rp100.000,-.

Apakah Realme C12 seharga Rp1.899.000,- ini lebih worth it ketimbang Realme C15? Cari tahu jawabannya pada poin-poin kelebihan dan kekurangan Realme C12 di bawah.

Spesifikasi Realme C12

Realme C12
  • Rilis: Agustus 2020
  • Layar: IPS LCD 6,5 inci, 720 x 1560 pixels
  • Chipset: Helio G35 (12 nm)
  • GPU: PowerVR GE8320
  • RAM: 3 GB
  • Memori Internal: 32 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (dedicated slot)
  • Kamera Belakang: 13 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 6000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Realme C12

Kira-kira value apa saja yang bisa Anda dapatkan dari ponsel semurah Realme C12? Untuk mengetahuinya, berikut Carisinyal sajikan sejumlah poin kelebihan ponsel Realme ini.

1. Baterai Luar Biasa Awet

realme c12 baterai

Kapasitas baterai 5.000 mAh mungkin sudah terbilang umum pada rentang harga tertentu. Tapi bagaimana dengan kapasitas 6.000 mAh seperti yang dimiliki Realme C12? Di segmen entry-level, kapasitas sebesar ini tentu terlalu sayang untuk dilewatkan.

Nah, karena besaran kapasitas ini, Realme C12 pun mampu bertahan dengan durasi yang jauh lebih panjang. Bahkan tidak kira-kira, perangkat ini diklaim mampu bertahan saat siaga selama hampir 2 bulan penuh!

Berdasarkan uji coba pada video yang diunggah PhoneYear, Realme C12 ini mampu menjalankan video 1080p selama 23 jam dalam kondisi volume suara maksimal, brightness di angka 50%, dan baik WiFi maupun paket data 4G dimatikan.

Ketahanan baterai yang awet juga terbukti saat dipakai untuk beragam aktivitas yang menguras baterai seperti memainkan PUBG Mobile, membuka Instagram, TikTok, melakukan perekaman video dan vidcall lewat WhatsApp, membuka SoundCloud dan YouTube, serta dipakai menelepon – masing-masing aktivitas dilakukan selama 30 menit.

Hasilnya? Kapasitas baterai hanya berkurang sebanyak 30%. Karena ini ponsel Realme, tentunya ia pun membawakan fitur Super Power Saving Mode. Saat fitur ini diaktifkan, perangkat yang sisa baterainya tinggal 5% lagi masih dapat melakukan chat WhatsApp selama 107 menit atau bertahan selama 2,9 hari dalam keadaan stand by.

2. Triple Camera yang Tergolong Bagus

realme c12 camera

Untuk Anda yang hobi fotografi, tidak perlu khawatir soal hasil foto pada Realme C12. Walaupun konfigurasi kamera belakangnya cukup standar untuk sekelas HP entry-level, perangkat ini cukup mampu menghasilkan foto dengan ketajaman dan warna yang baik di kelasnya.

Menggunakan modul persegi di bagian belakang, Anda bisa menemukan tiga lensa yang mencakup sensor utama 13 MP f/2.2, lensa potret 2 MP f/2.4, dan terakhir sensor makro 4 MP f/2.4.

Kamera belakangnya ini juga sanggup merekam video pada resolusi 1080p serta memiliki mode slow motion. Ada juga fitur Super NightScape dan Chrome Boost untuk membantu menjaga pencahayaan foto pada malam hari dan juga meningkatkan kualitas warna pada gambar. Berikut adalah beberapa hasil contoh kamera dari Realme C12.

realme c12 kamera sampel

*sumber: https://www.youtube.com/watch?v=b4gr1U5GkBA (Digit)

realme c12 makro

Realme C12 makro. *sumber: https://www.youtube.com/watch?v=b4gr1U5GkBA (Digit)

realme c12 night mode

Realme C12 mode malam. *sumber: https://www.youtube.com/watch?v=b4gr1U5GkBA (Digit)

Memang tidak tersedia lensa ultra lebar pada Realme C12, tapi beberapa hasil foto di atas menunjukkan bahwa perangkat masih mampu memberikan kualitas yang layak untuk sekelas harganya.

3. Sensor Sidik Jari dan Face Unlock yang Cepat

realme c12 fingerprint scanner

Untuk memudahkan pengguna dalam membuka kunci layar dengan praktis, Realme C12 juga menghadirkan fitur sensor sidik jari yang ditampilkan pada bagian belakang bodi.

Realme C12 sendiri adalah salah satu ponsel di kelas harganya dengan fitur pembukaan kunci yang bekerja dengan cepat untuk membuka kunci layar, baik melalui sensor sidik jarinya maupun melalui Face Unlock.

4. Desain Bodi Trendy dan Kokoh

realme c12 desain

Walaupun secara sekilas tampilan bodi Realme C12 ini tidak jauh berbeda dengan Realme C15 ataupun seri C lainnya, perlu diakui bahwa pilihan warna dan desain pada perangkat ini tampak cukup trendy.

Ponsel ini membawa tema desain Geometric Gradient, di mana terdapat sedikit efek visual berupa guratan yang membuatnya tampak seperti batu berlian.


Dari warnanya sendiri, Realme C12 tersedia dalam dua varian yakni Coral Red dan Marine Blue. Keduanya merupakan warna yang cukup vibrant alih-alih soft, turut menyumbang pada keseluruhan estetikanya.

Realme C12 juga memiliki bahan bodi dengan tekstur yang nyaman untuk digenggam. Pengguna pun bisa leluasa menyentuh bagian belakang HP tanpa meninggalkan bekas sidik jari, sehingga penampilan HP selalu terlihat seperti baru.

Oh iya, meskipun Realme C12 tidak dihadirkan dengan IP rating ataupun sertifikasi militer, Realme mengklaim bahwa perangkat sudah melalui sejumlah uji coba ketahanan bodi. Hal ini setidaknya mampu membuat Realme C12 lebih tahan walau terjatuh ataupun terkena percikan air.

5. Hadir dengan 3-Card Slot

realme c12 3 card slot

Apakah Anda menginginkan perangkat yang mampu menampung keseluruhan koleksi film, video, ataupun foto? Realme C12 termasuk pilihan termurah yang menghadirkan dukungan dedicated slot.

Sebagai ponsel entry-level, Realme C12 memang tidak dapat lepas dari identitasnya sebagai HP murah sehingga ia tidak mampu membawa kapasitas memori internal yang besar. Untuk menyiasatinya, Anda bisa menyematkan microSD dengan kapasitas hingga 256 GB tanpa harus mengorbankan kartu SIM kedua.

6. Reverse Charging

realme c12 reverse charging

Seperti yang diketahui, keunggulan utama yang dibangga-banggakan Realme C12 adalah kehadiran baterai dengan kapasitas 6.000 mAh. Yang lebih menguntungkannya lagi, ternyata kapasitas sebesar ini masih bisa Anda bagi-bagikan ke HP lain berkat fitur reverse charging.

Ya, melalui kabel OTG berkoneksikan microUSB to microUSB/USB tipe-C, Realme C12 bisa dijadikan power bank dadakan untuk mengecas perangkat lain seperti HP ataupun earphone Bluetooth. Memang, kecepatan pengisian dayanya tidak bisa diharapkan besar, tapi fitur ini bisa jadi penyelamat Anda di kala darurat.

Kekurangan Realme C12

Dari beberapa kelebihan yang dimilikinya, Realme C12 juga hadir membawa kekurangan yang membuatnya kalah saing di pasar harga entry-level, yakni seperti yang di bawah ini.

1. Performa Game Kurang Memadai

helio g35

Dari sejak peluncuran Realme C11 dan Realme C15, nampaknya seri C ini memang cukup sering menggunakan chipset MediaTek Helio G35. SoC ini kembali hadir pada Realme C12, sehingga perangkat memang tidak begitu banyak membawa peningkatan dari segi performa ketimbang generasi pendahulunya.

Jika kita lihat dari banderol harga Realme C12, HP ini merupakan saingan dari Redmi 9. Cukup sayang, dalam pertandingan ini, Realme C12 belum bisa keluar sebagai pemenang. Karena, Helio G35 memang tidak dapat berkutik melawan Helio G80 yang mengotaki Redmi 9.

Padahal Realme C12 dan Redmi 9 memiliki harga yang sangat beda tipis, tapi perbedaan performa di antara keduanya sangat jomplang alias berat sebelah.

realme c12 performa

* sumber: nanoreview.net

Sementara Helio G35 hanya menyentuh skor AnTuTu v8 sebesar 109.405 poin, Helio G80 lebih unggul 87% di angka 204.511. Saat Anda memainkan game PUBG Mobile juga Realme C12 hampir-hampir tidak bisa menjaga FPS dengan stabil. Tapi kalau dipaksa dipakai main untuk sesi kasual sebenarnya masih bisa walau dengan performa seadanya.

2. Tidak Ada Fast Charging

realme c12 tanpa fast charging

Realme C12 memang menghadirkan kapasitas baterai yang sulit disaingi oleh para pesaing di luar sana. Sayangnya, tidak tersedia fitur fast charging pada perangkat ini.

Anda pun harus rela mengisi baterai HP menggunakan daya yang cukup standar, yakni 10W. Mengingat baterainya yang berkapasitas 6.000 mAh, niscaya akan dibutuhkan waktu lebih lama untuk mengecasnya ketimbang HP lain dengan kapasitas lebih kecil.

Diketahui oleh salah seorang YouTuber dengan channel PhoneYear, diperlukan durasi setidaknya 3 jam 32 menit untuk mengisi baterai Realme C12 dari kosong hingga penuh. Sebuah durasi yang cukup panjang.

Bisa jadi, absennya fitur fast charging ini mengingat harganya yang berada di bawah Rp2 juta. Namun tahukah Anda? Beberapa ponsel yang lebih murah sudah dibekali dengan fast charging.

Contohnya, ada Redmi 8A dengan baterai 5.000 mAh yang mendukung daya 18W. Diketahui harga Redmi 8A ini memiliki banderol Rp1,3 jutaan. Ada juga Samsung Galaxy A20 di harga Rp1,8 jutaan yang membawa fast charging 15W. Apalagi, HP Samsung ini sudah dibekali dengan panel Super AMOLED.

Terakhir, ada juga Redmi 9 di harga Rp1,8 jutaan yang hadir pada tahun 2020, dan sudah dibekali fast charging 18W pada kapasitas 5.000 mAh. Intinya sih banyak sekali ponsel yang harganya mirip-mirip dengan Realme C12 namun sudah ada fitur pengisian daya cepat.

3. RAM dan Memori Internal Tergolong Kecil

realme c12 ram dan memori internal kecil

Sebagai perangkat yang berada di segmen entry-level, terkadang ada beberapa hal yang memang harus dikorbankan yakni salah satunya adalah kapasitas memori internal dan RAM.

Realme C12 sendiri hanya menyediakan satu varian saja, yakni memori internal 32 GB dan RAM sebesar 3 GB. Teknologi standar yang digunakan pada memori internalnya pun hanyalah eMMC 5.1. Sedangkan, RAM-nya berjalan pada teknologi LPDDR4.

RAM yang sebesar 3 GB ini setidaknya masih lebih baik ketimbang RAM 2 GB yang berada di harga Rp1 jutaan. Tapi mengingat harga Realme C12 hampir menyentuh Rp2 juta, rasanya kurang pas kalau tidak dihadirkan dengan memori internal 64 GB dan RAM 4 GB.

Pasalnya, beberapa ponsel seperti Infinix Hot 9 dan Infinix Note 7 Lite bahkan sudah dilengkapi dengan memori internal 128 GB. Padahal kedua ponsel ini berada di rentang harga yang sama dengan Realme C12.

4. Layar Belum Full HD+

realme c12 layar belum full hd plus

Berbicara soal HP, rasanya sulit untuk tidak membahas layar. Bagaimanapun, layar adalah komponen pada perangkat yang paling sering dilihat oleh pengguna. Realme C12 menghadirkan layar dengan desain Mini Drop alias poni tetesan air, membawa bentang layar berukuran 6,5 inci.

Desain berponi ini memang masih wajar mengingat harganya yang terjangkau. Namun, Realme C12 sayangnya hanya dibekali dengan resolusi HD+ saja atau tepatnya 720 x 1560 piksel. Untuk rasio aspeknya sendiri, perangkat berada di perbandingan 19,5:9.

Alhasil, tingkat ketajaman layarnya pun masih kalah bagus ketimbang Redmi 9 yang sudah menghadirkan resolusi Full HD+. Kalau Anda termasuk salah satu yang terganggu dengan resolusi Realme C12, mungkin sebaiknya mulai mencari HP lain yang harganya sama tapi sudah Full HD+.

Simpulan

Apakah Realme C12 tergolong sebagai ponsel entry-level terbaik yang bisa didapatkan? Sayangnya tidak. Masih banyak ponsel pesaingnya yang lebih unggul baik dalam fast charging, performa chipset, ataupun resolusi layar.

Malahan dengan selisih Rp100.000,- saja Anda lebih baik memilih Realme C15. Walau sedikit lebih mahal tapi setidaknya sudah pakai fast charging.

Tapi apakah artinya Realme C12 tidak layak dibeli? Tentu saja masih layak. Bagaimanapun, kapasitas baterai sebesar 6.000 mAh miliknya amat sulit ditandingi oleh ponsel lain di rentang harga yang sama. Biasanya, orang-orang cocok dengan ponsel seperti ini adalah mereka yang sering beraktivitas di luar rumah, seperti supir ojek online ataupun pendaki gunung.

Jadi, masing-masing keluaran produk memang punya target pasarnya sendiri. Sekarang tinggal Anda yang tentukan – apakah Anda tergolong orang-orang yang membutuhkan Realme C12? Jika iya, Anda bisa membelinya melalui link ini seharga Rp1.899.000,-.

Nah, kalau baterai besar adalah fitur yang dituju, kami juga menyediakan daftar HP dengan baterai terbesar di dunia. Anda juga bisa mengetahui beragam informasi mengenai produk-produk Realme terbaik melalui artikel ini. Jangan sampai salah beli HP ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *