Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Pad 5 Pro

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Dari segi kualitas hasil fotonya, Xiaomi Pad 5 Pro rupanya cukup dapat diandalkan. Memang, tidak bisa disamakan dengan kinerja kamera smartphone, tapi kejernihan dan detail yang dihadirkannya sudah cukup layak untuk dibagikan ke medsos dan juga menjadi dokumen pribadi. Yuk, cek beberapa sampel foto berikut ini!

Kekurangan Xiaomi Pad 5 Pro

Tidak hanya punya kelebihan, Xiaomi pad 5 Pro juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu Anda ketahui sebelum membeli. Berikut ini adalah beberapa poin kekurangan tersebut.

1. Absennya Slot Memori Eksternal dan 3.5mm Jack Audio

Berbeda dengan Xiaomi Mi Pad 4 Plus, Xiaomi Pad 5 Pro kini menghilangkan slot memori eksternal dan 3.5 mm jack audio port. Pengguna pun tidak dapat lagi menyematkan microSD ataupun menggunakan earphone kabel tanpa bantuan adapter.

2. Tidak Mendukung Video Output

Beragam tablet dari merk lain seperti Samsung dan Lenovo memiliki fitur yang berguna untuk urusan pekerjaan, yakni dukungan terhadap video output melalui USB Type-C. Fitur ini memungkinkan perangkat untuk menduplikasi tampilan tablet pada monitor eksternal.

Pada Samsung Galaxy Tab S Series misalnya, memiliki fitur Samsung DeX yang dapat membuat tampilan tablet di monitor eksternal tampak seperti desktop atau laptop.

Sayangnya, fitur-fitur ini absen pada Xiaomi Pad 5 Pro. Jika memang ingin lakukan pekerjaan dengan seamless dan praktis, setidaknya Pad 5 Pro ini mendukung split-screen untuk kemudahan multi-tasking.

3. Tidak Menyediakan Casan pada Boks Pembelian

Xiaomi Pad 5 Pro edisi Tiongkok tidak menghadirkan casan pada boks pembeliannya. Berkaca dari beragam ponsel flagship lain, nampaknya ketersediaan casan pada boks pembelian juga akan serupa pada versi globalnya. Hal ini karena tren yang sedang berlangsung antar produsen smartphone untuk mengurangi jejak karbon.

Dengan meniadakan casan dalam boks, kemasan dapat dibuat lebih kecil sehingga memudahkan proses distribusi. Dengan kemasan yang kecil, perusahaan dapat memuat produk mereka ke dalam kontainer dengan jumlah yang lebih besar, mengurangi frekuensi distribusi yang akan memakan banyak sumber daya.

Akan tetapi, tidak disediakannya casan mengharuskan pengguna untuk melakukan pembelian lagi secara terpisah. Menurut laman resmi Xiaomi China, hanya tersedia tablet dan adapter 3.5 mm jack audio ke USB Tipe C di dalam paket penjualan Xiaomi Pad 5 Pro.

Simpulan

Bagaimana menurut Anda? Apakah Xiaomi Pad 5 Pro layak dijadikan alternatif dari iPad Pro? Jika memang mendambakan tablet dengan segudang fitur dan keunggulan di harga yang relatif murah, sudah jelas Xiaomi Pad 5 Pro adalah salah satu pilihan yang tepat.

Di varian termurahnya, Xiaomi Pad 5 Pro tersedia dalam harga 2.499 yuan atau sekitar Rp5,5 jutaan (RAM 6 GB + 128 GB, WiFi-only). Sementara itu, untuk tablet yang hadirkan jaringan seluler 5G, dijual seharga 3.499 yuan atau setara dengan Rp7,7 jutaan.

Hingga artikel ini ditulis, Xiaomi Pad 5 Pro hanya tersedia di pasar Tiongkok dan belum dijual secara global. Besar kemungkinan tablet ini akan dijual secara global, namun tidak tahu pasti kapan ia akan memasuki pasar Indonesia. Semoga sih secepatnya, karena Xiaomi Pad 5 Pro sayang untuk dilewatkan.

Apalagi mengingat warga Indonesia yang sedang butuh-butuhnya perangkat layak untuk kebutuhan sekolah daring atau Zoom meeting, Xiaomi Pad 5 Pro jelas akan menjadi sarana yang unggul untuk menunjang produktivitas.

«12 3
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram