carisinyal web banner retina
Carisinyal / Tips Trik / Tips Android / 5 Tips Penting Sebelum Kamu Membeli HP Xiaomi

5 Tips Penting Sebelum Kamu Membeli HP Xiaomi

Ditulis oleh Muhamad Dikdik - Diperbaharui 6 April 2021

Xiaomi adalah salah satu merk ponsel yang populer di Indonesia dan beberapa negara lainnya. Produk-produk smartphone pabrikan Tiongkok ini sering datang menghadirkan berbagai tipe ponsel yang bagus secara spesifikasi dan harga.

Tidak jarang, harga HP dari Xiaomi selalu lebih terjangkau dibandingkan dengan HP dari merek lain dengan spesifikasi yang hampir mirip. Karena itu, tidak heran, jika HP Xiaomi banyak diburu oleh pencinta gadget di tanah air.

Hal itu pula yang membuat Xiaomi sebagai brand HP yang diperhitungkan. Kepopuleran HP Xiaomi semakin meningkat sehingga setiap tahunnya selalu banyak produk HP Xiaomi yang ada di pasaran dan laku keras.

Banyaknya produk HP Xiaomi di pasaran jelas membuat sebagian orang bisa dibilang berhati-hati dalam membeli produk Xiaomi. Maklum saja, sebagai produk ponsel yang laris manis, Xiaomi juga tidak lepas dari berbagai "ketidaknyamanan" menurut sudut pandang tertentu.

Karena itu, ada banyak orang kebingungan ketika membeli HP Xiaomi. Baguskah produk tersebut? Apakah HP Xiaomi yang dibeli merupakan produk asli dan bukan barang cacat?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut barangkali timbul di pikiran kamu semua sebagai pembaca. Karena itu Carisinyal akan memberikan tips-tips menarik sebelum kamu s membeli HP Xiaomi. Apa saja tips tersebut? Langsung saja ikuti pembahasannya berikut ini.

Mengenal Xiaomi dan Sub-Brands-nya

logo xiaomi

Sebelum berbicara tips, kamu perlu tahu dulu soal Xiaomi dan bagaiamana Xiaomi berkembang dengan berbagai sub-brand yang dimilikinya.

Xiaomi berdiri tahun 2010 di Tiongkok. Mereka awalnya perusahaan kecil namun punya pertumbuhan yang cepat. Uniknya, produk pertama Xiaomi justru bukan sebuah HP, tapi interface atau tampilan antarmuka MIUI.

Setahun setelah merilis MIUI, Xiaomi pun membuat produk HP-nya sendiri. Mereka menghadirkan produk pertama mereka yang dinamakan Mi 1. Setelah itu Xiaomi rajin menghadirkan berbagai HP menarik yang dirilis ke pasaran.

Pada 2014, Xiaomi masuk ke Indonesia dengan membawa produk Redmi 1S. HP ini dibanderol dengan harga Rp1,5 jutaan yang pada saat ini hadir dengan spesifikasi menarik.

Redmi 1s

Kehadiran Redmi 1s mendapat respon positif dari konsumen Indonesia. Xiaomi Indonesia pun rajin menghadirkan produk Xiaomi di Indonesia. Selain itu, para pencinta Xiaomi mulai membentuk komunitasnya sendiri.

Xiaomi pun berkembang, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di dunia. Xiaomi jadi salah satu brand ponsel yang menghadirkan produk menarik dan mengancam pemain ponsel besar dari Korea Selatan, Jepang, maupun Amerika.

Di 2018, Xiaomi sempat jadi produsen terbesar ke-4 dunia.

Perkembangan Xiaomi di Indonesia juga tergolong bagus.Pada 2017 Xiaomi memutuskan untuk membangun pabrik pertamanya di Tanah Air yang berlokasi di Batam.

Tahun 2018 jadi tahun yang speial bagi Xiaomi. Untuk menghadapi pasar yang semakin berkembang, Xiaomi memutuskan untuk memiliki lini merek tersendiri atau sub-brand.

Ada dua sub-brand yang dibentuk Xiaomi.

Yang pertama ada Redmi. Redmi ini awalnya lini seri ponsel Xiaomi untuk kelas harga murah. Namun, Xiaomi memutuskan agar Redmi jadi brand sendiri meski tetap dalam pengawasan Xiaomi.

Yang kedua ada POCO. POCO ini brand yang fokus pada ponsel dengan performa bagus tapi dibanderol dengan harga yang lebih murah.

Kemudian ada Xiaomi itu sendiri yang fokus lewat seri Mi. Seri Mi ini adalah seri ponsel yang menghadirkan fitur premium dan menyasar segmen ponsel kelas atas.


Selain Redmi dan POCO, ada juga yang dinamakan Black Shark. Black Shark ini adalah brand yang terpisah, dalam artian tidak di bawah naungan Xiaomi. Hanya saja, Black Shark selalu identik dengan Xiaomi. Hal ini lantaran iaomi berinvestasi di perusahaan Black Shark. Black Shark lebih fokus pada produk HP untuk bermain gim.

Gambaran terkait hubungan Xiaomi dan sub-brand yang dimilikinya bisa disimak pada gambar di bawah ini.

Xiaomi dan Sub Brand-nya

Pembahasan soal Xiaomi dan sub-brand ini agar lebih mudah dalam memahami tips-tips dalam membeli HP Xiaomi. Terlebih karena Xiaomi, Redmi, POCO, dan Black Shark juga memasarkan produk mereka secara resmi di Indonesia.

Tips Membeli HP Xiaomi

Membeli HP Xiaomi

Mengeluarkan uang dan menukarnya dan HP Xiaomi itu membutuhkan 10 sampai 20 menit. Namun, memakai HP Xiaomi bisa cukup lama. Jika barang yang diterima bagus dan cocok tentu tidak jadi masalah.

Akan sangat rugi jika HP Xiaomi yang dibeli ternyata mengalami beberapa kendala. Terlebih jika produk yang dibeli palsu, bukan barang resmi, atau produk lama yang dikemas ulang. Untuk menghindari hal-hal tersebut, kamu harus mengetahui 5 tips membeli HP Xiaomi berikut ini.

1. Belilah HP Xiaomi Bergaransi Resmi

Kepopuleran HP Xiaomi berimbas pada maraknya produk Xiaomi di pasaran, baik online maupun offline. Namun, produk yang dijual tersebut tidak semuanya adalah produk yang dihadirkan secara resmi di Indonesia.

Mengingat namanya populer, banyak toko Hp yang mengimpor HP Xiaomi dari luar untuk dijual di Indonesia. Produk-produk tersebut biasanya hadir karena produk tersebut tidak hadir resmi di Indonesia. Atau bisa jadi karena produk tersebut belum muncul di Indonesia namun sudah meluncur di Tiongkok atau India.

Karena itu, tidak jarang banyak HP Xiaomi di pasaran yang diklaim sebagai produk HP Xiaomi dengan garansi distributor. Garansi distributor ini mengacu pada HP Xiaomi yang sebenarnya masuk ke Indonesia dengan jalur tidak resmi.

Tidak jelas pula konsep garansi distributor ini karena jika ada kerusakan, HP Xiaomi yang tidak resmi tidak bisa diperbaiki di service center Xiaomi Indonesia.

Pasalnya, service center Xiaomi Indonesia hanya menerima perbaikan HP Xiaomi yang resmi di Indonesia, termasuk untuk merek POCO dan Redmi.

Karena itu, sangat tidak disarankan untuk membeli HP Xiaomi yang tidak bergaransi resmi. Terlebih karena HP yang tidak bergaransi resmi terancam tidak mendapatkan sinyall karena ada aturan blokir IMEI. Aturan blokir IMEI adalah aturan agar HP yang tidak masuk resmi tidak dapat terhubung dengan internet.

Karena itu, paling aman adalah membeli HP Xiaomi bergaransi resmi di Indonesia. Dengan membeli HP Xiaomi resmi, kamu turut mendukung pertumbuhan industri ponsel di Indonesia.

Lantas, bagaimana ara mengecek HP Xiaomi itu bergaransi resmi?

Untuk mengecek produk HP Xiaomi bergaransi resmi bisa disimak dari kotak penjualannya. Dulu, biasanya identitas HP Xiaomi bergaransi resmi ditunjukan dengan sticker TAM. Namun, sekarang HP Xiaomi bergaransi resmi di Indonesia ditujukan dengan logo bertuliskan “Garansi Resmi Xiaomi, Kami Buatan Indonesia”, seperti terlihat berikut ini.

garansi xiaomi indonesia

Logonya biasanya muncul di sudut kiri atas seperti terlihat pada kotak penjualan Redmi Note 8 berikut ini.

logo garansi resmi Indonesia di HP Xiaomi
Sumber foto merupakan dokumentasi Carisinyal

Jika kamu ke toko ponsel dan mencari HP Xiaomi, pastikan ada logo tersebut di kotak kemasannya. Pastikan juga kemasan tersebut masih segel agar tidak dicurangi saat membeli HP Xiaomi.

Lalu bagaimana jika ingin membeli HP Xiaomi secara online? Bagaimana mengetahui produk tersebut resmi?

Cara paling mudah ketika membeli HP Xiaomi secara online adalah dengan membeli HP tersebut di toko resmi Xiaomi Indonesia yang ada di  Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Jika pelapak yang menjual bukan toko resmi Xiaomi Indonesia, kamu bisa menanyakan kepastian garansi dan status resmi HP tersebut dengan cara chat penjual.

Jika kamu ingin mengetahui HP Xiaomi apa saja yang bergaransi resmi, kamu bisa mengeceknya pada artikel "20 HP Xiaomi Terbaru Bergaransi Resmi". Atau bisa juga cek produk Xiaomi yang resmi di Indonesia apa aja dengan cara mengecek di situs resmi Xiaomi Indonesia yang beralamat di Mi.co.id

Kamu juga membisa beli hp Xiaomi di situs resminya, dengan catatan stock barangnya ada.

2. Memilih HP Xiaomi yang Cocok Sesuai Dana dan Kebutuhan

redmi note 9 pro

Tips kedua ini bisa dikatakan umum. Dalam menentukan dalam membeli HP Xiaomi, kamu harus tahu dulu tujuan kamu membeli HP tersebut.

Apakah HP Xiaomi yang akan kamu beli itu untuk bermain game, fotografi, atau sekedar penggunaan ponsel secara reguler? Agar nantinya kamu tidak bingung saat memilih model HP Xiaomi, kamu harus tahu dulu tujuanmu.

Pastikan juga dana yang kamu miliki sesuai dengan HP yang kamu butuhkan. Berikut poin-poin tips membeli HP Xiaomi dengan dasar kebutuhan dan dana.

  • Dana Terbatas (Kisaran Rp1 Jutaan)
poco m3 layar

Kalau danamu terbatas, misal di bawah Rp2 juta, kamu bisa membeli ponsel Redmi series. Contohnya, Redmi 9, Redmi 9C, Redmi 9A, POCO M3, dan lainnya.

Tipe HP di kelas harga  ini adalah HP Xiaomi yang cocok bagi yang membuthkan HP Android dengan kebutuhan penggunaan dasar, mencukup untuk chat media sosial, belajar online,

Kamu bisa mengecek deretan HP Xiaomi di bawah Rp2 juta pada artikel "10 HP Xiaomi di Bawah Rp2 Juta Terbaik"

  • Dana Rp2 Sampai Rp4 Juta

Kalau danamu berada di bawah Rp4 juta dan Rp3 juta, kamu bisa membeli tipe Redmi Note series. Contohnya, Redmi Note 8, Redmi Note 8 Pro, Redmi Note 9, Redmi Note 9 Pro. Bisa jadi nanti ada Redmi Note 10 series di kelas harga ini.

kamera redmi note 9 pro

Redmi Note series ini punya spesifikasi lebih baik dibandingkan Redmi series. Karena itu, jika kamu memiliki dana di kelas harga ini, itu berarti kamu bisa mendapatkan sebuah HP dengan kamera yang tergolong bagus untuk foto dan video, performa yang lebih stabil, dan berbagai fitur lain yang tidak dimiliki di kelas harga Rp1 jutaan.

Selain Redmi Note series, di kelas harga ini ada POCO X3 NFC.

poco x3 nfc desain bodi

POCO X3 NFC dijual dengan harga di bawah Rp4 juta. Hp ini disebut-sebut sebagai “The Real Mid-Range Killer” karena menawarkan layar yang sangat baik untuk kesehatan mata, performa oke dengan Snapdragon 720G, fitur NFC, dan beberapa fitur menarik lainnya.

Untuk mengetahui HP Xiaomi lainnya dengan harga di bawah Rp4 juta dan di bawah Rp3 juta bisa cek dua artikel berikut ini.

10 HP Xiaomi di Bawah Rp3 Juta Terbaik

10 HP Xiaomi di Bawah Rp4 Juta Terbaik

  • Dana di atas Rp4 juta

Yang agak cukup rumit di kelas harga Rp4 jutaan ke atas. Di kelas harga ini, kamu bisa mendapatkan fitur-fitur yang lebih ekstra dari sekadar kamera yang oke. Tipe ponsel Xiaomi di kelas harga ini adalah tipe ponsel yang sangat mumpuni untuk digunakan cukup lama.

Di kelas harga ini ada POCO series dan Xiaomi Mi series.

Seri POCO ada POCO F2 PRO  yang disebut sebagai “flagship killer”. HP ini pake memakai chipset kelas atas yang biasanya dipake di HP Rp10 jutaan ke atas,  Snapdragon 865. Layar yang digunakan HP ini juga sudah AMOLED.

Yang menarik POCO F2 PRO dijual di harga Rp6 sampai Rp7 jutaan, tergantung varian RAM yang dipilih. Ada varian RAM 6 GB dengan storage 128 GB dan RAM 8 GB dengan storage 256 GB.

poco f2 pro

Bisa jadi kedepannya bakal ada POCO seri baru yang lebih menarik.

Tidak lupa, Xiaomi juga hadirkan  Xiaomi Mi Series. Saat artikel iniini dibuat, Xiaomi punya 3 Hp Xiaomi Mi series yang beredar di pasaran. Semua ponsel tersebut memakai chipset Snapdragon 865.

Ada Xiaomi Mi 10 yang harganya Rp9 jutaan. Xiaomi Mi 10 ini adalah The Real Flagship Xiaomi yang menawarkan fitur premium dan kelas atas.

Xiaomi juga hadirkan "Mi 10 yang lebih murah", yakni Mi 10T series. Ada Xiaomi Mi 10T yang dijual Rp5 jutaan dan Xiaomi Mi 10T Pro yang dijual Rp Rp6 jutaan.

xiaomi mi 10t bobot


Xiaomi Indonesia juga punya Xiaomi Mi Note 10 dan Xiaomi Mi Note 10 Pro. Hp ini fokus pada kemampuan kamera. HP ini dijual di kisaran Rp6 sampai Rp7 jutaan.

Keuntungan membeli HP Xiaomi yang lebih mahal ini karena punya fitur atau spesifikasi yang lebih baik dan masih nyaman jika digunakan sampe 3 tahun, bahkan bisa jadi lebih.

3. Belilah Hp Xiaomi Saat Flash Sale atau Saat Promo

flash sale poco m3
*Twitter @POCO_ID

Tips ketiga yang sangat disarankan adalah membeli Hp Xiaomi saat flash sale atau saat promo. Contohnya saat promo penjualan perdana suatu ponsel.

Biasanya harga promo HP Xiaomi itu lebih murah dibandingin harga normal. Harga normal biasanya tergolong tinggi. Apalagi jika HP Xiaomi tersebut banyak dicari, harganya bisa naik sampai Rp500 ribu bahkan sampai Rp1 jutaan.

Hanya saja harus diingat, saat promo, banyak orang juga yang mencari Hp tersebut. Karena itu, kalau kamu ingin membeli HP Xiaomis aat penjualan promo atau flash sale pastikan memiliki koneksi internet yang cepat.

4. Belilah Hp Xiaomi di Mi Store

Mi Official Store
*

Xiaomi punya toko resminya yang bisa didatangi pengunjung namanya Mi Store. Memang tidak semua kota di Indonesia memiliki Mi Store. Namun, kota besar di Indonesia biasanya sudah memiliki Mi Store.

Kalau ke Mi Store, kamu tidak perlu khawatir lagi soal permasalah pembelian HP Xiaomi seperti bukan barang tidak resmi. Karena HP yang dijual di Mi Store sudah pasti merupakan HP Xiaomi resmi. Selain HP, Mi Store juga memiliki banyak gawai dan aksesoris dari Xiaomi juga yang dijual.

5. Tips Membeli Hp Black Shark

Black Shark 3

Untuk tips selanjutnya adalah tips membeli Hp Black Shark.Kenapa soal Black Shark ini dipisahkan? Hal ini karena Black Shark masuk Indonesia tidak dibawa PT Xiaomi Indonesia.

Service center Black Shark juga beda. Kalau kamu membeli HP Black Shark dan di tengah jalan mengalami kerusakan, kamu harus membawa ke Unicom Care untuk diperbaiki, bukan ke Service Center Xiaomi.

Black Sharkini bisa jadi ponsel alternatif yang dapat kamu pilih jika butuh ponsel untuk bermain gim. Di Indonesia, Black Shark 3 telah menghadirkan Black Shark 2, Black Shark 2 Pro, dan Black Shark 3.

BLack Shark 3 ini merupakan Hp gaming yang hadir di Indonesia pada 2020.  Black Shark 3 awalnya dijual kisaran Rp10 juta tapi akhir 2020 kemarin, HP ini turun harga jadi Rp7 jutaan. Menarik kan Rp7 jutaan sudah dapat Hp gaming?

Kalau mau sabar, di 2021 ini, Black Shark juga bakal bawa Hp gaming penerus Black Shark 3 ke Indonesia.

Nah, itulah beberapa tips membeli HP Xiaomi dari Carisinyal yang bisa coba kamu lakukan sebelum memboyong pulang perangkat baru Xiaomi. Penulis berharap semoga bahasan ini bermanfaat bagi pembaca sekalian. Jangan lupa juga untuk menonton video soal tips membeli HP Xiaomi di kanal Youtube Carisinyal atau sila langsung tonton videonya berikut ini.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram