10 HP Xiaomi di Bawah 3 Jutaan Terbaik (Mei 2023)

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Memiliki budget di bawah 3 jutaan tidak akan menahan seseorang untuk membeli HP Xiaomi. Pasalnya, dengan harga 3 jutaan, Anda sudah bisa memiliki sebuah HP Xiaomi yang kualitasnya tidak kalah dengan HP dari brand lain yang dijual seharga 4 jutaan atau bahkan 5 jutaan.

Ya, produsen asal Tiongkok tersebut memang sangat gemar memproduksi HP berkualitas baik dengan harga yang murah meriah.

Nah, kali ini Carisinyal menyajikan deretan HP Xiaomi terbaik yang dijual dengan harga di bawah 3 jutaan yang bisa disimak pada tabel di bawah ini. Penjelasan HP tiap detailnya bisa disimak setelah info tabel.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
*Silakan klik nama smartphone untuk spesifikasi selengkapnya
Smartphone
Harga
Varian
Kelebihan & Kekurangan

1. Redmi Note 12

Redmi Note 12 4G
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 685
RAM 4 GB, 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

HP yang dirilis pada Maret 2023 ini dibangun dengan dapur pacu Snapdragon 685. Sebagai informasi, HP ini adalah salah satu yang pertama menggunakan SoC tersebut. Dengan cip tersebut, HP ini memiliki performa dan efisiensi daya yang unggul di kelas menengah ke bawah.

Kalau dilihat dari bodinya, tampilan belakang HP ini menurut saya tergolong biasa saja. Tidak terlalu stand out, tapi juga bisa jadi kelebihan karena mudah melebur si segala situasi. Terdapat dua lensa besar yang disusun vertikal dengan dua bulatan kecil di kanannya sebagai flashlight dan kamera ketiga.

Barulah saat melihat sisi depan, desain HP ini begitu menonjol karena mengusung punch hole sebagai rumah bagi kamera selfie. Layar smartphone mengusung panel AMOLED yang cerah dan vibrant, menyajikan dimensi panel 6,67 inci dengan balutan refresh rate 120 Hz yang mulus.

Memiliki sertifikasi Widevine L1, HP ini begitu cocok dijadikan sarana multimedia untuk menonton Netflix pada resolusi tinggi. Kecerahan layar pun sudah mendukung hingga 450 nit (khas) sehingga tidak akan memberikan kendala saat dilihat di bawah terik matahari.

Redmi Note 12 benar-benar sebuah HP all-rounder yang sangat mumpuni di segala bidang. Kameranya sudah mencakup sensor ultrawide yang perlahan mulai hilang di beberapa pesaingnya. Sensor utamanya pun gunakan resolusi 50 MP yang bisa hasilkan foto dengan detail yang lengkap dan tampilan jernih.

Agar tidak mudah rusak saat kehujanan, Redmi Note 12 juga disertakan dengan sertifikasi anti debu dan air bernama IP53. Layar juga punya lapisan pelindung Gorilla Glass 3 agar lebih tahan terhadap risiko baret.

2. POCO M5

POCO M5
Layar IPS LCD 6.58 inci
Chipset MediaTek Helio G99
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Diperkenalkan bersamaan, POCO M5 Series memiliki dua model, salah satunya adalah POCO M5 sebagai model regulernya. Sebagai model reguler, POCO M5 ini memiliki spesifikasi yang tidak jauh berbeda dari model di atasnya yaitu POCO M5s. HP ini akan cocok untuk Anda yang memiliki budget pas-pasan yang lumayan jauh di bawah Rp3 jutaan.

Untuk kelengkapannya, POCO M5 ini sudah bisa dibilang oke. Ia memiliki fitur yang cukup lengkap, mulai dari NFC, sertifikasi IP53 untuk ketahanan bodi, hingga refresh rate 90 Hz.

Untuk kemampuan gaming-nya tidak usah diragukan lagi, pasalnya POCO M5 ini sudah menggunakan chipset tangguh yaitu MediaTek Helio G99. Chipset ini memang terkenal akan performa gaming-nya yang oke. Namun, sayang sekali RAM yang dimiliki oleh HP ini hanya 4 GB saja. Kemudian ada penyimpanan interlan berjenis UFS 2.2 berkapasitas 128 GB.

Jika merasa kurang, Anda masih bisa memperluasnya menggunakan slot microSD yang telah disediakan. Untuk ketahanan baterainya standar, yaitu dengan menggunakan baterai 5000 mAh. Namun, pengisian dayanya dirasa kurang karena hanya 18 W saja. Hampir dua kali lebih lambat dibandingkan model di atasnya.

3. Redmi 10 5G

Redmi 10 5G
Layar IPS LCD 6.58 inci
Chipset MediaTek Dimensity 700
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Diperkenalkan pada Agustus 2022, Redmi 10 5G langsung menyita banyak perhatian pengguna tanah air. Pasalnya, ponsel ini hadir sebagai ponsel Android harga terjangkau dengan chipset Mediatek Dimensity 700 dan fitur jaringan 5G. Hadirnya chipset ini diharapkan membuat performa ini lebih kencang dan stabil koneksi 5G-nya.

Performa HP ini kian mantap karena Redmi menghadirkan RAM 4 GB dan 6 GB. Tentu ketika digunakan bermain game dengan grafis tinggi, HP tidak mengalami lag. Semua game dapat berjalan lancar dengan suhu mesin yang tidak terlalu panas.

Untuk mendukung pengalaman bermain game yang kian seru, Redmi 10 5G ini dilengkapi layar 6,58 inci Full HD+. Layar ini sangat mulus digunakan untuk mengakses media sosial hingga bermain game karena mendukung refresh rate 90Hz. Layar ini terpasang dengan sempurna di bodi dengan desain gagah dan minimalis ini.

Di bagian belakang, Redmi menghadirkan modul kamera baru yang elegan. Dalam modul ini terpasang kamera utama 50 MP dan kamera depth 2 MP. Hasil kameranya cukup baik di kelasnya, detail dan natural warnanya saat di luar ruangan. Sayangnya, untuk malam hari, hasil fotonya masih banyak noise

4. POCO M4 Pro

poco m4 pro
Layar AMOLED 6.43 inci
Chipset MediaTek Helio G96
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

POCO bukanlah brand yang asal diciptakan Xiaomi untuk bersaing dengan Redmi. Namun, POCO dirancang dengan performa tinggi dan desain unik. Hal ini sebagaimana POCO M4 Pro, HP yang punya performa sip buat main game.

Anda tidak perlu lagi khawatir mengalami frame rate patah-patah saat main game Call of Duty Mobile. Pasalnya, dapur pacu HP ini ditenagai SoC MediaTek Helio G96 yang tangguh, berikut RAM 6 GB atau 8 GB. Faktor lain yang membuat POCO M4 Pro cocok dikategorikan sebagai HP gaming adalah layar dan speaker-nya.

Ya, HP ini punya layar AMOLED dengan refresh rate 90 Hz, sedangkan speaker-nya stereo. Di sisi lain, meskipun POCO M4 Pro mengandung baterai 5000 mAh, bobotnya terbilang cukup ringan di 179,5 g. Keberadaan kamera ultrawide, NFC, dan teknologi pengisian cepat 33W jadi poin menarik lain HP ini.

5. POCO M5s

POCO M5s
Layar Super AMOLED 6.43 inci
Chipset MediaTek Helio G95
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Sebagai model paling tinggi di POCO M5 Series, POCO M5s tentu saja memiliki beberapa keunggulan yang menarik. Hal itu bisa diwajarkan karena HP ini tentu memiliki harga yang sedikit lebih tinggi, tetapi tetap di bawah Rp3 jutaan.

Hal yang mesti diperhatikan pertama kali adalah kapasitas RAM-nya yang lebih besar yaitu 6 GB, sedangkan internalnya 128 GB. Hanya saja chipset yang digunakannya justru hanya menggunakan chipset MediaTek Helio G95. Meskipun begitu, mengingat performa gaming tidak hanya berasal dari chipset saja, POCO M5s ini masih terbilang tangguh untuk aktivitas bermain game.

Di sisi lain, POCO M5s ini memiliki spesifikasi kamera yang lebih unggul. Di bagian belakangnya terdapat kamera utama 64 MP dengan fitur autofocus. Selain itu terdapat kamera ultrawide 8 MP. Spesifikasi kamera tersebut cukup menarik terutama untuk para konten kreator. Anda juga sudah bisa menghasilkan rekaman video di resolusi 4K dengan 30 fps.

1 2»
cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram