carisinyal web banner retina

Menarik, Inilah 5 Perbedaan HP Redmi 10 dan Redmi 10 Prime

Ditulis oleh Ahmad Tsalis - Diperbaharui 23 September 2021

Semester dua 2021 merupakan momentum kelahiran sosok penerus dari Redmi 9. Sosok penerus itu adalah si kembar Redmi 10 dan Redmi 10 Prime. Dua ponsel Redmi 10 Series tersebut jadi andalan baru Xiaomi buat segmen all-rounder ramah kantong.

Satu hal mencolok dari keduanya adalah kemunculan fitur baru yang belum pernah ada pada Redmi generasi sebelumnya. Fitur itu adalah dukungan laju penyegaran hingga 90 Hz pada layar IPS-nya. Selain itu, kedua ponsel memakai chipset anyar bernama MediaTek Helio G88.

SoC ini konon merupakan penyempurnaan dari Helio G80. Sekadar informasi, Redmi 10 dan Redmi 10 Prime adalah ponsel pertama di dunia yang memakai Helio G88.

Redmi 10 dan Redmi 10 Prime bisa dibilang sebagai ponsel kembar. Alasannya, spesifikasi utama kedua ponsel memang sama. Hanya saja, ada beberapa hal yang membuatnya berbeda. Nah, perbedaan itu akan Carisinyal jabarkan untuk Anda dalam artikel ini.

Spesifikasi Redmi 10

Menarik, Inilah 5 Perbedaan HP Redmi 10 dan Redmi 10 Prime 1
  • Rilis: Agustus, 2021
  • Layar: IPS LCD 6,5 inci, Full HD+
  • Chipset: MediaTek Helio G88 (12 nm)
  • GPU: Mali-G52 MC2
  • RAM: 4 GB, 6 GB
  • Memori Internal: 64 GB, 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 50 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Spesifikasi Redmi 10 Prime

Menarik, Inilah 5 Perbedaan HP Redmi 10 dan Redmi 10 Prime 3
  • Rilis: September, 2021
  • Layar: IPS LCD 6,5 inci, Full HD+
  • Chipset: MediaTek Helio G88 (12 nm)
  • GPU: Mali-G52 MC2
  • RAM: 4 GB, 6 GB
  • Memori Internal: 64 GB, 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 50 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Perbedaan Redmi 10 dan Redmi 10 Prime

Sudahkah Anda mencermati spesifikasi utama kedua ponsel di atas? Jika sudah, tentunya Anda sudah menandai bagian mana saja yang jadi pembeda. Kalau begitu, ayo kita cocokkan dalam poin-poin pembahasan di bawah ini!

1. Dimensi dan IP Rating

Menarik, Inilah 5 Perbedaan HP Redmi 10 dan Redmi 10 Prime 5Sumber: mi.com

Xiaomi tidak menyebut nama desain yang dipakai buat si kembar Redmi 10 dan Redmi 10 Prime. Yang jelas, keduanya sudah sangat berbeda dari Redmi 9.

Mereka lebih ramping, menganut layar dengan punch hole, dan punya modul kamera persegi panjang di samping kiri. Ciri-ciri itu selaras dengan bahasa desain HP-HP Redmi Note 10 Series.

Dalam tatapan sekilas, Anda mungkin bakal kesulitan membedakan mana yang Redmi 10 dan mana yang Redmi 10 Prime. Benar saja, mulai dari atas hingga bawah, penampilan kedua ponsel nyaris tak ada beda.

Namun, ternyata mereka punya perbedaan kecil yang hanya bisa diketahui jika diukur. Perbedaan itu adalah dimensi. Redmi 10 memiliki dimensi yang tipis dan lebih ringan ketimbang saudaranya itu. Dimensi HP ini adalah 162 x 75,5 x 8,9 mm dengan bobot 181 gram.

Sementara itu, Redmi 10 Prime lebih pendek dan lebih lebar dengan ukuran 161,2 x 75,6 x 9,6 mm. Bobot ponsel ini adalah 192 gram. Di balik dimensi yang lebih tebal dengan berat yang lebih berisi, Redmi 10 Prime membawa fitur penting yang tidak dipunyai oleh Redmi 10.

Menurut GSM Arena, Redmi 10 Prime tahan terhadap debu dan percikan air. Kemungkinan, HP ini memiliki sertifikasi IP53 seperti Redmi Note 10. Jika itu benar, maka Redmi Note 10 Prime menyandang status sebagai HP Redmi pertama dengan sertifikasi ketahanan debu dan air.

2. Konfigurasi Memori

Menarik, Inilah 5 Perbedaan HP Redmi 10 dan Redmi 10 Prime 7Sumber: mi.com

Merujuk situs resmi Xiaomi Malaysia, Redmi 10 yang tersedia dijual dalam tiga varian memori. Ketiga varian itu adalah 4 GB RAM dengan 64 GB memori internal, 4 GB RAM plus 128 GB ruang simpan, serta 6 GB RAM ditambah 128 GB storage.

Sementara itu, Redmi 10 Prime yang ditampilkan di situs resmi Xiaomi India cuma memiliki dua varian memori. Varian pertama adalah yang punya RAM 4 GB dengan storage 64 GB, sedangkan varian kedua adalah unit dengan RAM 6 GB plus memori internal 128 GB.

Baik RAM maupun memori internal yang dipasangkan buat masing-masing ponsel sudah memenuhi standar minimal masa kini. Terlepas dari itu, Xiaomi menjejalkan teknologi expandable RAM pada kedua ponsel.

Fitur tersebut akan mengubah sebagian ruang kosong di dalam memori internal untuk difungsikan sebagai RAM. Fitur ini aktif secara default dengan pemanfaatan memori internal sebesar 1 GB. Namun, pengguna bisa menyetelnya sendiri hingga 2 GB.

3. Slot SIM

Menarik, Inilah 5 Perbedaan HP Redmi 10 dan Redmi 10 Prime 9Sumber: mi.com

Akan sangat disayangkan jika seri Redmi mengikuti tren HP-HP flagship yang menghilangkan slot microSD. Ketika sebuah produsen menghilangkan fitur ini, sisi ekonomis dari suatu ponsel juga bakal hilang.

Pasalnya, slot microSD adalah solusi murah buat mereka yang ingin menyimpan bejibun file dalam jangka waktu lama. Beruntung slot microSD masih tetap di kedua ponsel untuk menambah ruang simpan hingga 512 GB. Meski begitu, jenis slot yang tersedia buat masing-masing berbeda.

Redmi 10 hanya memiliki dua slot hybrid. Artinya, kartu microSD bisa masuk jika seseorang tak memasang dua kartu SIM. Sementara itu, Redmi 10 Prime lebih leluasa karena memiliki tiga slot.

Dua slot di antaranya untuk kartu SIM, sedangkan satu slot sisanya didedikasikan buat kartu microSD. Praktis pengguna dua kartu SIM akan lebih senang dengan opsi yang diberikan pada Redmi 10 Prime.

4. Baterai

Menarik, Inilah 5 Perbedaan HP Redmi 10 dan Redmi 10 Prime 11Sumber: mi.com

Hal pembeda selanjutnya antara Redmi 10 dan Redmi 10 Prime ada di sektor daya. Di sinilah tanda tanya mengenai perbedaan dimensi dan berat turut terjawab.

Ya, Redmi 10 yang punya bentuk lebih tipis dan lebih ringan menggendong baterai 5000 mAh. Sementara itu, Redmi 10 Prime yang lebih gendut membawa baterai sebesar 6000 mAh.

Menurut klaim Xiaomi, Redmi 10 bisa menyetel video lokal secara nonstop hingga 22 jam. Redmi 10 Prime dengan baterai yang lebih besar kemungkinan akan punya daya tahan lebih lama dalam pengujian serupa.

Meski dari sisi kapasitas berbeda, kedua HP dibekali teknologi pengisian daya yang sama. Adalah teknologi pengisian cepat 18 Watt dan teknologi pengisian balik 9 Watt.

5. Rilis dan Istilah Warna

Menarik, Inilah 5 Perbedaan HP Redmi 10 dan Redmi 10 Prime 13Sumber: mi.com

Pertama kali Redmi 10 muncul ke hadapan publik terjadi pada 18 Agustus 2021. Dua hari berselang, HP ini dirilis secara resmi sebagai anggota keluarga Redmi Series.

Redmi 10 Prime muncul belakangan. Ia baru memperlihatkan wujudnya pada 3 September 2021. Kemudian, si ponsel masuk dalam katalog anyar HP Xiaomi per 7 September 2021.

Entah benar atau salah, gara-gara rilis yang berbeda itu membuat penamaan varian warna pada kedua HP jadi berbeda. Padahal jika Anda cermati, tiga varian warna yang disediakan punya warna dominan dan corak serupa.

Untuk Redmi 10, tiga varian warnanya punya sebutan Carbon Gray, Pebble White, Sea Blue. Sementara itu, Redmi 10 Prime memakai istilah Astral White, Bifrost Blue, Phantom Black. Apa pun itu, nama-nama yang tersemat mungkin tidak terlalu penting.

Simpulan

Satu kata "Prime" dalam Redmi 10 Prime ternyata cukup untuk menciptakan perbedaan dari Redmi 10. Yang paling kentara adalah perbedaan kapasitas baterai. Gara-gara punya baterai lebih besar, Redmi 10 Prime jadi lebih tebal dan lebih berat dibanding saudara kandungnya.

Kemudian, faktor penting lainnya terdapat pada jenis slot, konfigurasi memori, dan desain bodi yang tahan debu dan cipratan air. Kemungkinan besar perbedaan-perbedaan ini tercipta berdasarkan karakter pasar. Ada yang suka HP dengan kapasitas lebih besar, ada juga yang suka HP dengan ukuran ramah genggaman tangan.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram