Review Redmi Note 11 Pro, HP 108 MP di Harga 3 Jutaan

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Namun, sebelum membahas pengalaman memainkan satu per satu game, kami akan menjelaskan mengenai fitur optimasi bawaan ponsel ini. Fitur yang dimaksud adalah Game Turbo. Fitur ini akan muncul secara otomatis tatkala Anda membuka game.

Cara mengakes fitur ini cukup mudah, yakni dengan mengusap sisi pojok kiri atas layar setelah game dibuka. Ada macam-macam fungsi yang tersedia pada Game Turbo. Di antaranya adalah memilih setelan mode performa, melakukan screenshot, melihat persentase pemakaian CPU, serta melihat fps yang berjalan.

redmi note 11 pro

Kini saatnya membahas pengalaman saat bermain game. Sebagai catatan, setiap game dimainkan selama kurang lebih 20 menit. Selain itu, mode performance pada Game Turbo diaktifkan. Adapun data fps dan temperatur yang kami peroleh berasal dari sistem monitor.

Sistem monitor dapat diaktifkan setelah opsi pengembang (developer options) dibuka. Cara mengaktifkan fitur ini yakni dengan masuk ke Additional Settings pada menu Settings, pilih Developer Options, cari Power Monitor, lalu klik Start pada kolom Frame Rate Monitor Tools.

Hasil pengujian menunjukkan bahwa game Mobile Legends dapat berjalan lancar pada setelan grafik Ultra dan refresh rate High. Frame rate pun cukup stabil di sekitar 50-60 fps.

Hanya, gara-gara setelan grafik mentok kanan tersebut, HP jadi lebih cepat panas. Efeknya adalah muncul peringatan seperti gambar berikut yang isinya anjuran untuk menurunkan setelan grafik.

Redmi Note 11 Pro

Lalu Need For Speed No Limits juga dapat berjalan dengan lancar. Tidak ada menu setelan grafik pada gim ini. Frame rate yang bisa diraih pun konstan di 60 fps.

Redmi Note 11 Pro

Selanjutnya, kami memainkan Subway Surfers. Refresh rate layar kami setel terlebih dulu di 120 Hz dengan harapan memperoleh fps yang lebih tinggi. Hanya saja, refresh rate langsung turun ke angka 60 Hz begitu gim ini dibuka. Alhasil gim berjalan dengan frame rate mentok di 60 fps.

Redmi Note 11 Pro

Terakhir, Genshin Impact kami mainkan pada setelan grafik lowest-60 fps. Hasilnya ternyata tidak terlalu bagus. Pengalaman yang cukup menyenangkan seperti saat menguji POCO M4 Pro tidak kami temui di HP ini. Padahal kedua ponsel memakai SoC yang sama.

Masalah ini muncul kemungkinan karena optimasi software MIUI yang belum beres pada Redmi Note 11 Pro. Sehingga performa SoC Helio G96 yang sebenarnya cukup oke belum bisa keluar secara optimal.

Redmi Note 11 Pro

Temperatur Redmi Note 11 Pro segera meningkat setelah Genshin Impact dibuka. Titik terpanas berada di sekitar area modul kamera. Temperatur tertinggi yang tercatat selama kami memainkan gim ini adalah 48,1°C.

Saat gim ini dimainkan, gameplay terasa kurang lancar karena frame rate mengalami fluktuasi tinggi antara 40 dan 20-an fps. Angka itu kami peroleh saat sedang berjalan menyusuri denah. Kalau sedang bertarung, frame rate yang dicapai makin rendah dengan kisaran 27 sampai 12 fps.

Sangat disarankan untuk menurunkan setelan grafik ke lowest-30 fps. Dengan setelan grafik tersebut, frame rate lebih stabil di kisaran 20-an fps, sehingga sendatan bisa berkurang.

Kamera

Redmi Note 11 Pro

Konfigurasi kamera Redmi Note 11 Pro tidak banyak mengalami perubahan dibanding Redmi Note 10 Pro. Di sektor belakang, HP ini masih mempunyai empat jenis kamera.

Ada kamera utama auto fokus 108 MP dengan bukaan f/1.9, kamera ultrawide fixed focus 8 MP (f/2.2) dengan sudut pandang 118°, serta kamera makro dan sensor kedalaman yang masing-masing beresolusi 2 MP dengan bukaan f/2.4.

Keempat kamera belakang tersebut ditemani satu lampu flash. Sementara itu, di sektor depan ada kamera selfie 16 MP dengan bukaan f/2.4.

Redmi menyebut bahwa kamera utama HP ini memakai sensor Samsung ISOCELL HM2. Sensor ini memiliki ukuran 1/1,52 inci. Tiap satu piksel gambar yang dihasilkan sensor ini memiliki ukuran 0,7 mikro meter.

Secara default, kamera utama Redmi Note 11 Pro menghasilkan foto dengan resolusi 12 MP. Foto dengan resolusi 108 MP bisa diciptakan melalui teknologi 9-in-1 binning. Ukuran tiap pikselnya pun naik jadi 2,1 mikro meter.

Soal videografi, kamera utama HP ini dapat merekam video hingga resolusi Full HD (1080p) 30 fps. Begitu juga dengan kamera ultrawide dan kamera selfie-nya. Sementara itu, kamera makro mentok di resolusi 720p 30 fps.

Berbagai fitur pun disematkan pada aplikasi kamera si ponsel. Misalnya, mode malam, mode potret, short video, slow motion, time lapse, dan long exposure. Mode Pro juga ada untuk foto dan video.

Mode pro dapat dipakai oleh kamera utama, kamera ultrawide, dan kamera makro. Di dalam mode ini Anda bisa mengubah ISO, shutter speed, wide balance, fokus, dan nilai eksposur. Anda juga bisa mengamil foto dengan format RAW melalui Mode Pro.

Secara umum, hasil jepretan kamera Redmi Note 11 Pro sudah baik. Karakter warna antarkamera mirip alias tidak mengalami pergeseran berarti. Kami cukup puas dengan tangkapan kamera utama dan kamera ultrawide-nya pada kondisi pencahayaan cukup.

kamera utama redmi note 11 pro
Jepretan kamera utama
kamera utama redmi note 11 pro
Jepretan kamera utama - mode 108 MP

Foto yang dihasilkan memiliki detail tinggi, eksposurnya pas, serta menampilkan rentang dinamis yang cukup luas. Adapun foto jepretan mode 108 MP di kamera utama juga sama-sama bagus, tetapi detailnya jauh lebih tinggi. Meski begitu, ukuran foto jadi super besar.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram