Carisinyal / TV / 10 Merk TV Box Android yang Bagus dan Berkualitas 2020

10 Merk TV Box Android yang Bagus dan Berkualitas 2020

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Salah satu inovasi teknologi yang berkembang dan semakin populer di masyarakat adalah TV Box. Perangkat ini mampu menyediakan berbagai hiburan, seperti menonton TV, bermain game, dan lainnya.

Karena datang tanpa layar, maka kamu perlu alat elektronik pendukung lainnya, yaitu TV LED atau LCD yang nantinya dihubungkan dengan kabel HDMI. Di dalam TV Box ini sudah terpasang OS Android di mana kamu bisa menikmati konten-konten yang di bawanya.

Saat ini sudah banyak TV Box Android yang beredar di pasaran. Harganya juga bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga menyentuh angka jutaan. Di bawah ini Carisinyal akan memberikan rekomendasi TV Box Android terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan budget-mu. Langsung saja cek di bawah ini ya.

1. NVIDIA Shield TV

NVIDIA Shield TV

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Cek Harga di Bukalapak

NVIDIA, sebuah merk yang lebih dikenal dengan produk VGA-nya yang berkualitas, juga merilis produk Android TV Box untuk Anda yang ingin merasakan pengalaman berbeda saat menonton TV. Anda dapat menonton berbagai konten yang umum didapatkan pada TV Box – Netflix, YouTube, Amazon Prime Videos, serta berbagai media streaming lainnya.

Tapi ada satu hal yang menonjol dari produk ini, ia menawarkan fitur untuk streaming berbagai game melalui layanan NVIDIA Geforce Now. Anda tidak perlu menginstal game sama sekali – game akan dimuat dari internet secara realtime, mirip seperti layanan streaming film. Sayangnya, hingga saat tulisan ini dibuat, NVIDIA Geforce Now belum tersedia di Indonesia.

Tapi jangan khawatir, NVIDIA Shield TV juga menawarkan berbagai keunggulan lain. Masih bicara soal gaming, ia hadir dengan prosesor NVIDIA® Tegra® X1+ yang sangat unggul untuk menjalankan game.

Anda pun dapat mendownload berbagai judul game konsol keluaran generasi terdahulu (seperti Resident Evil 5, Metal Gear Rising, dsb.) ataupun game-game indie yang menawarkan pengalaman gaming yang menyenangkan.

Karena itulah, tidak salah jika NVIDIA Shield TV ini mampu dikategorikan sebagai konsol gaming seperti PlayStation 4 dan Xbox One. Toh, produk ini turut menyertakan gamepad di dalam kemasannya. Hanya saja, fitur gaming yang ditawarkan memang belum dapat menyaingi konsol-konsol lain.

NVIDIA Shield TV adalah pilihan yang cocok bagi Anda yang menginginkan pengalaman menonton Smart TV dengan resolusi 4K namun bisa berfungsi sebagai konsol gaming ringan. Apabila tertarik, Anda bisa mendapatkannya seharga Rp 5 jutaan.

2. Roku Ultra 4K

Roku Ultra 4K

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Cek Harga di Bukalapak

Sebagai salah satu pilihan Android TV Box terbaik, Roku Ultra hadir dengan segudang keunggulan yang dijamin tidak mengecewakan Anda. Sudah dibekali dengan kemampuan memutar film 4K, Anda mampu merasakan pengalaman menonton dengan kualitas sangat jernih. Perangkat pun dapat dipasang secara wired maupun wireless.

Tidak hanya itu saja, remote yang hadir pada produk ini memiliki tombol shortcut yang bisa dipersonalisasikan sesuai kebutuhan Anda. Produk dengan prosesor quad core ini juga mampu membuka berbagai aplikasi streaming hampir secara instan.

Selain dengan menggunakan shortcut, Anda pun bisa memberikan perintah dengan praktis menggunakan voice control. Menyalakan subtitle dan mencari film tertentu menjadi sangat mudah. Uniknya lagi, ada jack 3,5 mm untuk headset yang terletak pada remote, sehingga Anda dapat menonton TV sendirian tanpa mengganggu anggota keluarga lain.

Intinya, Roku Ultra terlihat jelas berusaha menawarkan kemudahan dan kenyamanan dengan sebaik mungkin. Anda tinggal duduk manis dan melakukan effort seminim mungkin untuk bisa menikmati waktu quality time yang sangat berharga. Dapatkan Android TV Box canggih ini seharga Rp 2 jutaan.

3. Q-BOX Plus

Q-BOX Plus

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Cek Harga di Bukalapak

Q-Box Plus adalah Android TV Box lainnya yang menghadirkan pengalaman menonton selayaknya Smart TV, bahkan lebih baik lagi. Jika biasanya produk lain hanya menawarkan resolusi hingga 4K, Q-Box Plus memiliki dekoder H.265 berkualitas yang mampu memutarkan film dengan resolusi 6K. Anda pun juga bisa menonton film tiga dimensi.

Hal ini tentu diimbangi dengan spesifikasi yang kuat juga – prosesor di dalamnya merupakan Allwinner H6 Quad-Core yang sanggup menawarkan performa mutakhir, sehingga aplikasi yang dibuka pun dapat dijalankan dengan cepat. Tak hanya itu saja, Android yang diusungnya merupakan versi Pie yang menghadirkan stabilitas dan kompatibilitas yang optimal pada berbagai aplikasi.

Ingin tahu fakta yang lebih menariknya lagi? Semua keunggulan yang telah disebutkan dapat Anda nikmati tanpa keluar uang banyak. Ya, harganya sangat terjangkau – hanya di kisaran Rp 600 ribuan hingga Rp 1 juta saja! Sangat worth it untuk produk Android TV box sekelas ini.

4. T95Z Plus

T95Z-Plus

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Cek Harga di Bukalapak

Hadir dengan desain produk yang unik, Android TV box ini juga memiliki fitur serta keunggulan yang dapat dinikmati bersama keluarga. Ia memiliki sistem operasi Android 7.1 serta dibekali prosesor Amlogic S912 octa core – keduanya mampu menjalankan berbagai aplikasi streaming dengan baik dan tanpa kendala.


Untuk mendapatkan kontrol yang lebih nyaman lagi, Anda pun bisa menghubungkan keyboard serta mouse sehingga bisa melakukan navigasi pada TV selayaknya sebuah PC.

Masih bicara soal navigasi, remotenya memiliki beberapa keunggulan seperti pengaturan lampu LED pada perangkat, tombol untuk pengendalian kursor pada layar, kontrol suara, serta ada shortcut untuk langsung terhubung dengan KODI versi 16.1 (aplikasi multiplayer serbaguna). Anda pun bisa melakukan update pada aplikasi KODI ke versi 17 dengan sangat mudah. Jika tertarik, Anda bisa membelinya seharga Rp 600 ribuan (2/16 GB) hingga Rp 1 juta (3/32 GB).

5. ZIDOO H6 PRO

ZIDOO H6 PRO

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Cek Harga di Bukalapak

Hadir juga sebuah TV box berkualitas berbasiskan Android bernama ZIDOO H6 Pro yang memiliki desain bodi elegan. Beberapa keunggulan yang dimilikinya yaitu ia sudah dilengkapi dengan prosesor terbaru Allwinner H6 dengan kecepatan hingga 1,8 GHz. Prosesor ini terbilang salah satu yang terbaik di pasaran Android TV box terbaik.

Tidak hanya itu, ia pun memilikik dukungan Netflix HD serta YouTube 2K sehingga Anda bisa mendapatkan pengalaman streaming dengan ketajaman yang baik. Anda pun dapat menikmati tontonan film dengan resolusi 4K dengan kecepatan 60 FPS tanpa terkendala, serta mendukung berbagai format dan pengaturan codec. 

Sungguh produk yang menawarkan layanan multimedia yang versatile, terlebih dengan aplikasi KODI versi 17 yang diusungnya. Untuk membeli TV box ini, Anda perlu mengeluarkan sebesar Rp 1,5 jutaan.

6. MINIX NEO U1

MINIX NEO U1

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Cek Harga di Bukalapak

Hadir dengan fitur antarmuka yang simpel namun juga tidak minim fitur, MINIX NEO U1 cocok bagi Anda yang menyukai kemudahan. Semua kegiatan yang ingin dilakukan pada TV Anda dibuat sesimpel mungkin hanya dengan beberapa klik tombol serta antarmuka drag-and-drop yang sangat mudah.

Penangkapan sinyal WiFi pada produk ini sangatlah bagus. Meski begitu, ia hadir dengan antena WiFi yang mungkin bisa jadi pengganggu pemandangan. Jika Anda tidak keberatan soal ini, keunggulan pemutaran video 4K serta tampilan warna yang sungguh akurat membuat MINIX NEO U1 sangat layak untuk dimiliki. Anda bisa mendapatkan TV box ini seharga Rp 1,5 jutaan.

7. MX 10 Pro

MX 10 Pro

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Cek Harga di Bukalapak

Performa besar dengan didukung sistem operasi Android 9 – itulah beberapa kelebihan yang dimiliki MX 10 Pro ini. Performanya yang besar ini berkat prosesor Allwinner H6 yang dimilikinya, sehingga mampu menjalankan video 4K dengan kecepatan 60 FPS serta video 6K dengan kecepatan 30 FPS.

Meski brand ini tidak cukup terkenal, MX mampu menghadirkan pengalaman menonton yang sungguh solid. Anda bisa memainkan game dengan grafik medium seperti PUBG Mobile dengan performa cukup baik. Serta, tentu saja alat ini mendukung berbagai media streaming yang umum digunakan seperti Netflix, YouTube, dan masih banyak lagi. Jika tertarik, produk TV box ini memiliki harga sekitar Rp 1 juta.

8. Xiaomi Mi Box S Android TV Box

Xiaomi Mi Box S Android TV Box

Cek Harga di Lazada

Cek Harga di Bukalapak

TV Box Android dari Xiaomi ini datang dengan desain berwarna hitam matte dan body dari plastik. Perangkat ini dilengkapi dengan single LED yang menunjukan apakah Xiaomi Mi Box S sedang aktif atau tidak.

TV Box Android ini ditenagai oleh prosesor empat inti dengan RAM dan ROM masing-masing 2 GB dan 8 GB. Jeroan itu mampu mengoperasikan perangkat ini dengan baik walaupun ruang penyimpanannya cukup terbatas.

Port yang ada di Xiaomi MI Box S antara lain adalah sebuah port USB-A, audio port, dan port HDMI 2.0 yang mampu menghasilkan 4K HDR ke televisi yang terhubung. Remote control yang nyaman digenggam juga sudah termasuk dalam paket penjualan bersama dengan dua baterai AAA.

Xiaomi Mi Box S Android TV Box adalah salah satu pilihan TV Box Android terbaik untuk kamu miliki. Perangkat tersebut berjalan di perangkat lunak terbaru (mungkin masih bisa diperbarui ke depannya ke Android 9 Pie) serta mendukung 4K HDR.

9. T95K Pro Android TV Box

T95K Pro Android TV Box

Cek Harga di Lazada

Cek Harga di Bukalapak

T95K Pro Android TV Box ditenagai dengan prosesor octa core Amlogic S912 dan datang dengan OS Android versi 6.0.1 (mendukung OTA sehingga bisa di-update ke Android versi selanjutnya). Perangkat ini mampu memainkan konten 4K Ultra HD melalui teknologi codec H.265. Selain itu, dengan dukungan RAM 2 GB dan ROM 16 GB, T95K Pro juga mampu merespon dengan cepat, stabil, serta mulus.

Fitur-fitur utama lainnya dari T95K Pro Android TV Box adalah tersedianya konektivitas Bluetooth 4.0, 4K x 2K decoding yang memberikan kesan mengagumkan saat bermain game atau menonton video, 2.4GHz + 5.0GHz dual-band WiFi yang akan dengan mudah terhubung ke berbagai jaringan dengan tipe keamanan apapun, remote control (baterai tidak termasuk), dan lain-lain.

10. Z69 S905X 4K Android TV Box

Z69 S905X 4K Android TV Box

Cek Harga di Lazada

Cek Harga di Bukalapak

Salah satu pilihan terbaik Android TV Box ini mengadopsi sistem Android 6.0 yang menawarkan ribuan aplikasi Android untuk banyak kesenangan. Prosesor Amlogic S905X quad-core dengan GPU Mali 450 penta-core Mali-450 GPU plus 1 GB RAM (atau 2 GB RAM) dan 16 GB ROM mampu menjalankan tugas-tugas, seperti memutar video atau permainan besar dengan lancar dan stabil.

4K di Z69 S905X 4K Android TV Box juga mampu menghemat bandwidth hingga 50 % dan mampu menghadirkan gambar yang tajam dan jelas. Kamu bisa menikmati tontonan tanpa perlu biaya atau batasan. Z69 TV Box juga mendukung KODI, namun kamu harus memasang aplikasi itu sendiri.

Nah, itulah beberapa rekomendasi TV Box Android dari Carisinyal. Daftar di atas datang dengan spesifikasi yang berbeda. TV Box dengan RAM 1 GB dan prosesor empat inti sudah cukup untuk menemanimu menikmati task dasar seperti menonton video standar, browsing, dan lain-lain.

Sedangkan TV Box dengan RAM 2 GB ke atas dan prosesor lebih tinggi mampu memberikan pelayanan yang lebih baik dan lancar. Jadi, pilih saja sesuai kebutuhan dan budget-mu. Jika ingin rekomendasi TV box yang lebih murah, silakan baca artikel 10 TV box Android murah berkualitas ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

9 Responses

  1. Kalau Playbox by MNC Play bagus gak ya, ini katanya yang udah Android Pie 9 ya

    1. Cukup bagus pak, soalnya saya sudah pake. Untuk koneksinya ringan bgt sampe kami kasih kecepatan 512 kbps itu masih lancar tanpa buffering, hanya saja resolusi menurun. Juga tersedia fitur Mirroring HP ke TV dan fitur Google Assistant / Goggle Voice.

  2. Ha ha ha.. ini bukan review.. cuma membandingkan spek yg ada di brosur. Tidak memperlihatkan kelebihan dan kekurangan dari tiap tv box kecuali spek teknisnya. Spek teknis tinggi tidak menjamin tv box berfungsi baik dan nyaman digunakan. Apalagi yang dibandingkan made in china. Penulis sepertinya tidak tahu juga kenapa satu tipe/merek masih menggunakan lollipop sementara yg satu menggunakan android versi 9. Review seharusnya menyampaikan pengalaman sebagai user/pengguna. Setidaknya salah satu dari tipe yg direview. Tapi pada tulisan diatas tidak ada sama sekali. Semuanya disimpulkan baik, cukup, nyaman 🙂

    Tapi lumayanlah, setidaknya saya bisa langsung melihat bbrp tipe dengan spek teknisnya tanpa harus membuka satu per satu di situs jualan online. Cuma saya tidak tahu mengapa 8 tipe diatas saja yg dipilih walaupun sebagian sudah obsolete.

    1. wah makasih komentarnya. Btw, ini bakal kamu update list nya kok sebentar lagi (dari waktu komentar ini dibuat), berdasarkan sumber data. Oh yah daftar ini emang bukan review sih. Tujuannya yah itu, sesuai paragraf terakhir, membantu agar tidak ngecek spesefikasi teknis satu per satu hehe.

      1. Razul Harfi, Ir.MM.MT -DSN berkata:

        Bagus cukup terbantu dan bermamfaat tks

  3. Maaf, ada typo tuh pada jenis yg ke empat “Untuk mendapatkan ***tol yang lebih nyaman lagi, “, mohon segera di update

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *