advertisements
advertisements

SSD berfungsi untuk memberi tambahan kapasitas penyimpanan pada PC atau laptop. Anda pun bisa membeli SSD dengan bebas di pasaran. Akan tetapi, beda merk SSD, beda pula kualitasnya. Kali ini, Carisinyal ingin membantu Anda dalam memilih merk SSD terbaik yang ada saat ini.

Di daftar merk SSD terbaik versi Carisinyal ini, kami hanya akan memberi review mengenai SSD yang berkapasitas 240 – 256 GB. Setiap SSD yang akan dibahas di sini memiliki keunggulannya tersendiri. Ada SSD yang ideal untuk editing foto, game, aplikasi office, dan masih banyak lagi.

Samsung 850 Pro 256 GB 2.5 Inch SATA

advertisements
advertisements

Ini adalah SSD terbaik yang direkomendasikan oleh Carisinyal. Samsung 850 Pro 256 GB 2.5 Inch SATA ini menawarkan kecepatan dan performa yang lebih baik dibanding segala merk SSD kelas menengah lainnya.

Semenjak Samsung mampu membuat komponen sendiri, seperti memori dan chip, mereka mampu untuk membuat komponen yang berkualitas tinggi. Misalnya, SSD ini yang mengusung Chip tri-core dari Samsung untuk memindahkan data memori sekitar 21nm Flash. Ini adalah SSD yang sangat sempurna, memiliki performa baik, dan tidak akan membuat Anda sakit kepala.

Samsung 840 EVO 250 GB 2.5 Inch SATA

Samsung 840 EVO 250 GB 2.5 Inch SATA merk ssd terbaik

Masih membahas SSD terbaik dari Samsung, kali ini kami akan memperkenalkan Samsung 840 EVO 250 GB 2.5 Inch SATA. SSD ini memiliki performa yang hampir sama dengan Samsung 840 Pro. Meskipun beberapa orang menilai bahwa Samsung 840 EVO ini tidak memiliki kualitas sebaik Samsung 840 Pro, tetapi pada kenyataannya SSD ini mampu memberikan kinerja dan keuntungan untuk laptop dari berbagai jenis dan merk.

Disk ini memiliki cache level kedua untuk mempercepat komunikasi antara memori dengan kontroler. SSD ini adalah pemenang dari sektor kecepatan, tetapi tidak terlalu menguras isi dompet Anda.

SanDisk Extreme II 240 GB SATA

SanDisk Extreme II 240 GB SATA

Bagi Anda yang selalu mengutamakan kecepatan, maka SanDisk Extreme II 240 GB SATA ini adalah pilihan yang paling ideal untuk Anda. Sudah lama SanDisk memproduksi memori flash yang besar untuk menawarkan sebuah kecepatan dengan harga yang terjangkau.

SSD ini menggunakan kontroler Marvell 88SS9187-BLD2. Kontroler ini sangat cocok dengan MLC 19nm Flash milik SanDisk ini. Hingga saat ini, SanDisk Extreme II 240 GB SATA diklaim sebagai SSD yang tercepat di pasar SSD kelas menengah.

OCZ Storage Solutions Vector 150 Series

OCZ Storage Solutions Vector 150 Series

Di daftar merk SSD terbaik ini, Carisinyal berfokus untuk memberikan SSD dengan kecepatan yang maksimal untuk Anda. Oleh karena itu, di posisi keempat ini Carisinyal akan merekomendasikan OCZ Storage Solutions Vector 150 Series. Ini adalah SSD yang cukup cepat dan memiliki kontroler sendiri, yakni Barefoot 3.

Kontroler ini tidak hanya berfungsi untuk memberi kecepatan maksimal saja, tetapi juga menjaga drive agar mampu berjalan dalam waktu yang cukup lama. Kontroler tersebut akan memantau memori flash yang buruk dalam drive dan menghentikan penggunaannya secara otomatis. Kecepatan yang ditawarkan OCZ Storage Solutions Vectoe 150 Serius untuk membaca atau menulis data adalah 500 MB/s.

Intel 530 Series 240 GB 2.5 Inch Internal

advertisements

Walaupun Intel 530 Series 240 GB 2.5 Inch Internal bukanlah SSD yang tercepat di pasaran, tetapi SSD ini sangat ideal untuk para profesional dan pekerjaan kantoran. SSD ini cukup handal dan disertai dengan garansi 5 tahun.

advertisements

SSD ini berjalan dengan kontroler SandForce 2281. Kinerja SSD ini lebih cepat dan lebih baik saat membaca data dibanding menulis data. Intel 530 Series 240 GB ini sangat ideal untuk pengguna aplikasi office. Meskipun banyak SSD yang lebih murah, tetapi SSD tersebut tidak dilengkapi dengan garansi yang lama seperti Intel 530 Series 240 GB ini.

Crucial M550 256 GB SATA 2.5 Inch 7 mm

Crucial M550 256 GB SATA 2.5 Inch 7 mm adalah generasi penerus dari versi sebelumnya, yakni M500. Sebagai generasi penerus, tentunya kontroler yang digunakan oleh SSD ini berbeda dengan versi pendahulunya. Crucial M550 menggunakan kontroler Marvell 88SS9189, sedangkan Crucial M500 menggunakan kontroler Marvell 88SS9187.

Upgrade sederhana ini sudah cukup meningkatkan kecepatan membaca sekitar 50 MB/s dan menulis sekitar 100 MB/s. Secara keseluruhan, Crucial M550 ini adalah SSD dengan kriteria yang cukup baik dan harga yang masuk akal. Bahkan, ada garansi 3 tahun yang melengkapi SSD ini.

Intel 730 Series 2.5 Inch Solid State

Intel 730 Series 2.5 Inch Solid State

Tak dapat dipungkiri bahwa Intel 730 Series 2.5 Inch Solid State adalah SSD dengan kinerja yang paling baik di antara beberapa merk SSD lain yang sudah disebutkan di daftar ini sebelumnya. Sayangnya, harga yang mahal membuat Intel 730 Series ini berada di posisi ke-7.

Mengapa Intel 730 Series diklaim sebagai merk SSD terbaik? Karena performa dari SSD ini mampu menandingi aktivitas editing video atau mengembangkan software. Namun, SSD ini juga sangat ideal untuk perangkat yang digunakan untuk gaming, aplikasi office, dan aktivitas multitasking sehari-hari Anda. Jika Anda memiliki budget lebih, tak ada salahnya Anda membeli SSD yang berjalan dengan kontroler Intel generasi ketiga ini.

Corsair Neutron Series GTX 2.5 Inch 240 GB

Corsair Neutron Series GTX 2.5 Inch 240 GB

Berikutnya, ada SSD berkualitas dengan harga yang tergolong masuk akal. Kinerja dari Corsair Neutron Series GTX 2.5 Inch 240 GB ini bisa diadu dengan SSD lain yang sudah kita bahas sebelumnya, tapi urusan harga SSD ini ditawarkan dengan harga yang lebih terjangkau. Ini adalah sebuah SSD modern yang cukup stabil dan membutuhkan konsumsi daya yang rendah, sehingga sangat wajar jika Corsain Neutron Series GTX ini diklaim ideal untuk segala jenis laptop.

Kingston Digital 240 GB SSDNow V300 SATA

Kingston Digital 240 GB SSDNow V300 SATA

Sukses dikenal sebagai merk flashdisk dengan harga ekonomis, kini Kingston membuat SSD berkualitas dengan harga yang terjangkau pula. Kingston Digital 240 GB SSDNow V300 SATA menggunakan kontroler yang cukup tua, tetapi tetap saja SSD ini menawarkan kecepatan 10 kali lebih baik dari hard disk drive standar. SSD Kingston ini adalah yang termurah di dalam daftar merk SSD terbaik ini.

PNY XLR8 SATA 240 GB 6Gbps 2.5 Inch

PNY XLR8 SATA 240 GB 6Gbps 2.5 Inch memiliki kecepatan membaca dan menulis data 500 MB/s. Sekilas, performa kecepatan yang ditawarkan oleh SSD ini memang hampir sama dengan Intel 530 Series, tapi tentu saja harga SSD PNY XLR8 ini lebih murah.

Anda pun mendapat garansi ketika membeli SSD ini. Jika Anda adalah orang yang hanya membutuhkan drive untuk sinkronisasi pada cloud Anda, maka PNY XLR8 SATA 240 GB 6Gbps 2.5 Inch adalah pilihan yang tepat.

Upgrade HDD standar Anda dengan salah satu dari sepuluh merk SSD terbaik ini. Rasakan kinerja dan performa perangkat yang lebih cepat dan prima setelah Anda mengupgrade dengan SSD terbaik rekomendasi dari Carisinyal ini.

Artikel Menarik Lainnya: