carisinyal web banner retina

15 HP OPPO dengan RAM 8 GB Terbaru (Januari 2022)

Ditulis oleh Jihan Fauziah - Diperbaharui 15 Januari 2022

OPPO, salah satu produsen ponsel ternama asal Tiongkok ini makin dikenal oleh banyak kalangan pencinta gadget karena tergolong rajin meluncurkan HP-HP andalannya. HP OPPO mampu bersaing dengan banyak ponsel besutan brand lain dengan berbagai fitur dan spesifikasi yang mumpuni.

Tidak heran, banyak orang Indonesia yang mencari HP OPPO, terutama yang punya RAM besar seperti HP OPPO RAM 6 GB misalnya. Terlebih, soal RAM ini, OPPO juga punya fitur menarik yang disebut RAM Expansion. Fitur ini memungkinkan HP OPPO terbaru punya kemampuan menambah kapasitas RAM. Untuk menambah kapasitas RAM ini, Anda bisa cek caranya di artikel "Cara Menambah RAM di HP OPPO".

Tentu saja, HP OPPO dengan RAM yang lebih besar bakal lebih baik. Contohnya adalah yang bakal dibahas kali ini, yakni deretan HP OPPO dengan RAM 8 GB terbaru yang dijual resmi di Indonesia. Deretan HP ini sangat cocok untuk Anda yang butuh performa untuk multitasking ataupun untuk bermain game. Apa sajakah itu? Simak langsung pembahasannya di bawah ini.

1. OPPO A95

OPPO A95
Layar AMOLED 6.43 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 662
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 48 MP (wide) 2 MP (depth) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 3.999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

OPPO A95 adalah smartphone yang pas buat Anda yang belum memerlukan betul teknologi 5G. HP ini termasuk smartphone kelas menengah yang all-rounder. Artinya, hampir semua sektornya cukup oke. Misalnya, di sektor desain, HP ini pas di genggaman dan tidak berat. Bobotnya cuma 175 gram.

Apalagi teknologi OPPO Glow yang melipisi penutup belakangnya membuat HP ini punya jadi cantik, sekaligus menangkal noda sidik jari. Untuk pemakaian harian, OPPO A95 lebih dari cukup. SoC Snapdragon 662 plus RAM 8 GB mampu membuat si ponsel lancar dipakai untuk chatting, browsing, menonton film, sampai main gim.

Layarnya pun sudah pakai AMOLED yang punya reproduksi warna bagus. Sementara itu, meski HP ini cukup ringan, baterai yang dikandung ternyata besar: 5000 mAh. Alhasil, HP ini siap menemani pengguna selama sehari penuh. Tidak ketinggalan ada teknologi pengisian cepat 33W dengan protokol SuperVOOC 2.0. Mengecas 30 menit bikin baterainya terisi 54%, begitu klaim OPPO.

2. OPPO Reno6 5G

OPPO Reno6 5G
Layar AMOLED 6.55 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 870
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 13 MP (telephoto) 16 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Harga Saat Rilis Rp 10.999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Memiliki konektivitas 5G membuat ponsel seri Reno6 ini terlihat lebih menonjol dibanding varian LTE-nya. Tak hanya tawarkan jaringan internet lebih cepat, penggunaan chipset Dimensity 900 juga dinilai sebagai sebuah kelebihan karena performanya jelas di atas Snapdragon 720G pada OPPO Reno6 4G.

Selain suguhkan memori internal 128 GB UFS 2.1 yang terbilang luas, perangkat juga menawarkan RAM 8 GB pada tipe memori LPDDR4x Double Channel dengan frekuensi 2133 MHz. Seberapa banyakpun aplikasi yang Anda miliki, OPPO Reno6 5G terbilang mampu untuk meng-handle-nya dan memanaj agar aplikasi yang berjalan di belakang selalu menyala tanpa ter-kill.

Di balik itu, tersemat juga kartu pengolah grafis ARM Mali G68 MC4 yang terdiri dari 4 core, siap menunjang kebutuhan pengguna akan aplikasi grafis 2D dan 3D dan video playback.

Cocok untuk bermain game, OPPO Reno6 5G juga dilengkapi dengan layar yang nyaris sempurna di kelasnya. Tersedia panel OLED dengan kontras rasio 1000000:1 dengan ruang warna 93,28% DCI-P3.

Layar juga akan memanjakan indera visual pengguna berkat refresh rate 90 Hz dan balutan touch sampling rate 180 Hz untuk responsivitas sentuhan yang lebih cepat.

Memiliki tingkat brightness tipikal 430 nit dan peak brightness 750 nit, Anda tetap bisa nikmati konten visual dengan nyaman sekalipun berada di luar ruangan saat siang hari. Tertarik miliki ponsel seharga 8 jutaan ini?

3. OPPO Reno6 4G

OPPO Reno6 4G
Layar AMOLED 6.4 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 720G
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 4310 mAh
Harga Saat Rilis Rp 5.199.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Tidak sulit menemukan HP dengan RAM 8 GB jika Anda punya modal Rp5 jutaan. OPPO Reno6 4G pun bisa Anda tebus karena ponsel ini dirilis dengan harga jual di kisaran angka tersebut. RAM yang dipakai Reno6 adalah LPDDR4x dengan frekuensi 1866 MHz berjumlah dua keping.

Sebetulnya, 8 GB sudah lebih dari cukup untuk menunjang pemakaian multitasking. Belasan aplikasi dijalankan dalam waktu bersamaan pun bisa ditangani Reno6. Akan tetapi, OPPO membuat HP ini makin perkasa dengan menyuntikkan fitur RAM expansion.

Fitur ini memungkinkan HP memanfaatkan sebagian ruang di memori internal untuk difungsikan sebagai RAM. Alhasil, Reno6 seolah-olah bisa memiliki RAM maksimum 13 GB dengan bantuan fitur ini. Terlepas dari RAM-nya yang besar, OPPO Reno6 tentu ditunjang oleh SoC dan optimasi software yang mumpuni demi meraih performa tertinggi.

Masalah SoC dipercayakan pada Snapdragon 720G yang terkenal andal dalam berbagai tugas. Menjalankan gim-gim berat hingga menjepret foto tajam dengan akurasi tinggi mampu dilakukan OPPO Reno6 berkat adanya SoC tersebut. Untungnya, Snapdragon 720G juga tidak boros daya dalam mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

4. OPPO Reno5 F

OPPO Reno5 F
Layar AMOLED 6.43 inci
Chipset MediaTek Helio P95
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 48 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 4310 mAh
Harga Saat Rilis Rp 4.299.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Dengan RAM 8 GB LPPDR4x, Anda juga bisa menjalankan banyak aktivitias dalam sekali waktu jika sedang sibuk menggunakan OPPO Reno5 F. RAM yang besar ini tentu bukan satu-satunya kelebihan, karena OPPO Reno5 F kaya akan fitur kamera yang menarik untuk kreasi anak muda.

Contohnya saja seperti AI Color Portrait yang mampu mengisolasi subjek foto agar tetap berwarna cerah sementara latar belakangnya dibuat hitam putih.

Sedang ingin melakukan vlogging dengan cara yang tak biasa? Gunakan saja fitur Dual View Video agar bisa merekam pakai kamera depan dan belakang sekaligus.

Menggunakan setup 4 kamera yang ciamik, ucapkan selamat tinggal pada kamera profesional seharga puluhan juta. Anda sudah bisa berlaga bak fotografi sungguhan dengan OPPO Reno5 F yang seharga 4 jutaan ini.

Tertarik? Tunggu dulu, jangan langsung beli. Pastikan Anda sudah baca kelebihan dan kekurangan OPPO Reno5 F yang sudah kami sediakan, ya!

5. OPPO Reno5 5G

Oppo Reno5 5G
Layar AMOLED 6.43 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 765G
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 4300 mAh
Harga Saat Rilis Rp 6.999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Inilah dia, OPPO Reno5 5G, sebuah ponsel teranyar dari OPPO yang mampu mengangkut RAM 8 GB. Bahkan ponsel yang baru saja rilis pada Februari 2021 juga hadir dengan RAM 12 GB, afdal bersama memori internal berkapasitas 128 GB dan 256 GB. Untuk satu unitnya, ponsel ini ditawarkan pada rentang harga Rp4,5 - 6,9 jutaan.

OPPO Reno5 5G sudah diotaki dengan chipset yang begitu kuat di kelas harganya, yakni Snapdragon 765G. Tidak hanya itu, ponsel pintar ini menyuguhkan tampilan grafis yang maksimal berkat GPU Adreno 620. Untuk sumber daya telah ditimbun oleh baterai sebesar 4.300 mAh, juga ditanamkan teknologi fast charging yang kencang yaitu 65 W. Sehingga perangkat hanya perlu mengisi daya hingga penuh kurang dari satu jam.

Menyibak tentang fitur, OPPO Reno5 5G punya fitur yang menarik seperti Fitur Air Control yang berguna memberikan perintah scrolling atau mengangkat panggilan yang masuk saat jari kotor. Adapun Smart Message Privacy, untuk mendeteksi tatapan mata orang di sebelah penggunanya yang melihat ke arah layar.

Wah, keren bukan ponsel pintar di seri Reno ini? Untuk berkenalan lebih jauh dengan perangkat ini, Anda juga bisa berkunjungi ke artikel kelebihan dan kekurangan OPPO Reno5 5G.

6. OPPO Reno5

Oppo Reno5 4G
Layar AMOLED 6.4 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 720G
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 4310 mAh
Harga Saat Rilis Rp 4.999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

OPPO Reno5 adalah perangkat yang sukses dan worthy untuk dianggap suksesor dari OPPO Reno4. Sekalipun masih pakai chipset yang sama, nyatanya Snapdragon 720G cukup powerful di kelansya. Ditambah lagi perangkat ini menawarkan RAM 8 GB LPDDR4x sehingga performanya pun bisa lebih meningkat.

OPPO Reno5 juga punya fitur kamera yang sangat fungsional, memungkinkan pengguna untuk melakukan scrolling atau memberikan perintah dengan gesture Air Control tanpa menyentuhkan jari ke layar. Fitur videonya juga tak kalah menarik, ada AI Color Portrait untuk mengisolasi subjek agar jadi satu-satunya yang berwarna, juga AI Mixed Portrait untuk hasilkan video artistik yang keren.

Kendati demikian, bukan artinya OPPO Reno5 tanpa kekurangan karena ponsel ini sayangnya tidak menyuguhkan speaker ganda. Cari tahu lebih lanjut pada artikel kelebihan dan kekurangan OPPO Reno5.

7. OPPO Reno4 F

OPPO Reno4 F
Layar Super AMOLED 6.43 inci
Chipset MediaTek Helio P95
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 48 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 4000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 4.299.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

HP kelas menengah OPPO ini juga telah resmi hadir di Indonesia pada Oktober 2020. Dijual seharga Rp 4,3 jutaan, OPPO Reno4 F menawarkan keunggulan di bagian kamera. Total ada enam buah lensa kamera yang dibawa HP ini, empat di belakang dan dua di depan yang kemampuannya sama-sama dapat diandalkan.

OPPO Reno4 F menampilkan panel Super AMOLED yang jernih, tajam, dan cerah. Untuk mendukung pemakaian di luar ruangan yang cerah, tampilannya memiliki kecerahan tipikal 430 nit dan bisa diatur hingga maksimal 800 nit. Sayangnya OPPO Reno4 F hanya dibekali dengan laju penyegaran standar, yang mana sebagian fans mungking mengharapkan yang lebih tinggi.

Secara keseluruhan memang tidak banyak yang menonjol dari HP ini. Akan tetapi, bagian-bagian utamanya membawa parameter yang masih masuk akal. Akan tetapi, OPPO Reno4 F ini akan lebih hebat lagi jika dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan seperti NFC dan laju penyegaran tinggi.

8. OPPO Reno4 Pro

Oppo Reno4 Pro

Layar Super AMOLED 6.5 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 720G
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 48 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 4000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 7.999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Menyusul versi reguler yang lebih dulu hadir di pasar Tanah Air, OPPO Reno4 Pro pun memunculkan batang hidungnya di Indonesia pada September 2020. Tentu di versi Pro ini Anda akan mendapatkan value lebih tinggi lagi dari harga yang ditawarkan.

Ketimbang OPPO Reno4, versi Pro sudah dibekali dengan refresh rate 90 Hz untuk menampilkan pergerakan layar yang memanjakan indra visual penggunanya. Tak ketinggalan, fast charging-nya pun kian mengalami peningkatan yang asalnya hanya 30 W kini menjadi 65 W.

OPPO Reno4 Pro juga kini menawarkan opsi varian memori internal yang lebih besar, di angka 256 GB. Dikombinasikan dengan RAM 8 GB, tentunya ponsel memiliki kemampuan yang lebih dalam mempercepat loading aplikasi dan beragam kebutuhan lainnya.

Ini adalah pilihan yang menarik bagi Anda yang kurang puas dengan kondisi layar OPPO Reno4 reguler, apalagi karena ponsel ini sudah dibekali kualitas tampilan HDR10 dan terlindungi dengan Corning Gorilla Glass 5.

Tertarik dengan HP ini Jika tertarik, silakan beli HP ini. Namun, sebaiknya membaca artikel kelebihan dan kekurangan OPPO Reno4 Pro berikut ini.

9. OPPO Reno4

Oppo Reno4

Layar OLED 6.4 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 720G
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 48 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 4015 mAh
Harga Saat Rilis Rp 4.999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Ini dia OPPO Reno4 yang dirilis pada Agustus 2020. Selain menghadirkan RAM 8 GB yang tentunya sudah sangat besar untuk melakukan beragam aktivitas modern tanpa membuat HP lemot, OPPO Reno4 juga hadir dengan serangkaian kelebihan di berbagai parameter seperti kamera, chipset, dan juga baterai.

Anda bisa menangkap gambar dengan baik walau kondisi minim pencahayaan, juga lensa tambahan di bagian depan bisa digunakan untuk menjaga notifikasi agar tidak terbaca oleh orang lain yang mengintip.

Layar Super AMOLED yang dihadirkannya juga sungguh memberikan kontras warna yang baik, juga lebih hemat baterai. Selain itu, OPPO Reno4 juga sudah diotaki dengan Snapdragon 720G yang powerful di kelas harganya.

RAM 8 GB miliknya juga turut disertai memori internal 128 GB yang besar, juga masih menghadirkan slot microSD khusus untuk memperluas kapasitas tanpa mengorbankan slot SIM kedua. Yuk miliki ponsel OPPO Reno4 yang dibanderol sekitar Rp5-jutaan ini!

Jika tertarik dengan HP ini, sebaiknya membaca artikel kelebihan dan kekurangan OPPO Reno4 Pro yang bisa jadi referensi sebelum memutuskan untuk membeli HP ini.

10. OPPO A92

Oppo A92
Layar IPS LCD 6.5 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 665
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 48 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (monochrome) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 4.199.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Siapa yang tidak suka dengan baterai besar? HP dengan kapasitas baterai 5000 mAh seperti OPPO A92 mampu menemani keseharian Anda dengan lebih lama. Apalagi, sudah tersedia kemampuan pengisian daya cepat 18 W yang hampir dua kali lipat lebih cepat dari pengisian daya standar.

Resolusi kamera utama belakang juga lumayan besar, yakni 48 MP. Selain lensa utama, ada juga lensa ultra lebar 8 MP untuk mengambil gambar panorama, lensa hitam-putih 2 MP, dan terakhir lensa sensor kedalaman 2 MP untuk menghasilkan efek background blur.

Sementara itu, layar HP ini sudah mengusung Neo-Display yang mengacu pada punch-hole kamera depan 16 MP yang dimilikinya. Sehingga, tampilan layar pun lebih bersih dan terasa sangat lega ketimbang desain layar berponi.

Itu tadi desain bodi bagian depan, bagaimana dengan bodi belakangnya? Sangat bagus tentunya, ini merupakan HP OPPO yang bagian belakangnya bisa memancarkan sinar radiant yang bisa berubah-rubah warna seperti hologram.

Dan karena HP ini termasuk pada daftar, tentu Anda dapat menikmati besaran RAM 8 GB dengan memori internal 128 GB untuk menunjang aktivitas harian. Jangan lupa kunjungi kelebihan dan kekurangan OPPO A92 sebelum membeli.

11. OPPO Reno3 Pro

OPPO Reno3 Pro
Layar Super AMOLED 6.4 inci
Chipset MediaTek Helio P95
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 13 MP (telephoto) 8 MP (ultrawide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 4025 mAh
Harga Saat Rilis Rp 8.999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Inilah HP OPPO dengan RAM 8 GB lainnya yang bisa diandalkan. Selain hadir dengan varian ROM 128 GB, HP ini juga dibekali varian ROM 256 GB. Uniknya, meski ROM-nya sudah besar, OPPO Reno3 Pro didukung dengan triple slot SIM Card sehingga bisa memakai microSD dan kartu SIM kedua sekaligus.

Sebagai HP yang memiliki dua lensa kamera depan, layar OPPO Reno3 Pro mengusung desain Neo-Display dengan tampilan dua lensa di pojok kiri atas dalam bentuk punch-hole. Ini adalah salah satu HP OPPO pilihan terbaik bagi Anda yang ingin tampil kekinian dengan desain layar kece.

Apalagi, tampilan layarnya sangat jernih berkat dukungan panel Super AMOLED yang disertakannya. Selain membuat tampilan layar lebih kontras, layar tipe ini lebih hemat daya baterai ketimbang IPS LCD.

Oh iya, bicara soal baterai, kapasitas baterai Li-Po 4025 mAh yang tersemat di bodinya sudah mengusung teknologi VOOC Flash Charge 4.0 (30W) yang mampu mengisi daya dari nol hingga 50% dalam waktu 20 menit saja. Keren, kan? Untuk info selengkapnya, kunjungi laman kelebihan dan kekurangan OPPO Reno3 Pro.

12. OPPO Reno3

Oppo Reno3
Layar AMOLED 6.4 inci
Chipset MediaTek Helio P90
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 48 MP (wide) 13 MP (telephoto) 8 MP (ultrawide) 2 MP (monochrome)
Baterai Li-Po 4025 mAh
Harga Saat Rilis Rp 5.499.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Merupakan varian reguler dari OPPO Reno3 Pro, tentu Anda akan mengalami sedikit perbedaan dari segi spesifikasi dan fitur. Namun jangan khawatir, Anda tetap bisa menikmati kemudahan multitasking dengan lancar berkat RAM 8 GB-nya.

Hanya ada varian memori internal 128 GB yang bisa diperluas dengan microSDXC. Hanya saja, HP ini hanya memiliki dual slot yang artinya Anda tidak bisa memakai kartu SIM kedua kalau ingin menggunakan memori eksternal.

Layarnya mengalami penurunan dari Super AMOLED menjadi AMOLED saja, namun hal ini tidak lantas membuat layar terlihat jelek. Ia masih mempertahankan kejernihan tampilan dan kontras cahaya yang baik.

Chipset Helio P95 merupakan pilihan dapur pacu yang tersemat pada HP ini. Anda mampu menjalankan berbagai aktivitas biasa ditambah sesi bermain game yang cukup nyaman. Oh iya, pastikan Anda berkunjung ke laman kelebihan dan kekurangan OPPO Reno3 sebelum membeli.

13. OPPO A91

Oppo A91

Layar AMOLED 6.4 inci
Chipset MediaTek Helio P70
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 48 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (monochrome) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 4025 mAh
Harga Saat Rilis Rp 4.000.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Hanya selang beberapa bulan sebelum OPPO A92 meluncur di pasaran, sebenarnya OPPO A91 sudah duluan dirilis. Namun hal ini bukan berarti A92 lebih baik dari A91 atau sebaliknya – keduanya memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing.

Persamaan spesifikasi terlihat dari segi konfigurasi empat kamera dengan resolusi MP yang sama. Paling yang berbeda hanyalah pada besaran bukaan diafragma, focal length, dan ukuran sensor.

Untuk segi desain, A91 masih mengusung desain poni tetesan air dengan lensa depan di tengah atas layar. Dimensinya pun agak sedikit berkurang, yakni 6,4 inci. Meski begitu, HP ini sudah mengusung layar AMOLED alih-alih IPS LCD seperti saudaranya.

Alhasil, HP ini pun mendukung fitur pemindai sidik jari yang tertanam di bawah layar, berbeda dengan A92 yang mengusung side-mounted fingerprint scanner. Apapun pilihan Anda, kedua HP ini jelas sudah didukung kehadiran RAM 8 GB yang dapat diandalkan.

Sebelum Anda memutuskan untuk beli HP OPPO ini, sebaiknya baca juga artikel Kelebihan dan Kekurangan OPPO OPPO A91 sebagai bahan pertimbangan Anda.

14. OPPO Reno2

Oppo Reno2
Layar AMOLED 6.5 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 730G
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 48 MP (wide) 13 MP (telephoto) 8 MP (ultrawide) 2 MP (monochrome)
Baterai Li-Po 4000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 7.999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

OPPO Reno2 adalah HP OPPO terbaru dengan RAM 8 GB yang bisa Anda pilih. HP yang satu ini tentu punya performa yang bagus berkat hadirnya chipset Snapdragon 730G di sektor dapur pacu. Selain bisa menggunakannya untuk aktivitas ringan seperti menonton video di YouTube, Anda juga bisa mengandalkan HP ini untuk bermain game.

Ya, game populer seperti Call of Duty Mobile dan PUBG bisa Anda mainkan dengan lancar di HP yang dibekai layar AMOLED berukuran 6.5 inci ini. Oh ya, OPPO Reno2 punya total lima lensa kamera yang bisa Anda pakai untuk berfoto.

Lensa 48 MP, lensa 8 MP berjenis ultra-wide, lensa telefoto berukuran 13 MP dan lensa B/W untuk foto monokrom sebesar 2 MP. Selain itu, ada juga kamera selfie motorized pop up berukuran 16 MP.

Sayang, desain HP ini tak jauh berbeda dengan OPPO Reno seri sebelumnya. Namun, kalau Anda membutuhkan HP OPPO terbaru dengan baterai 4000 mAh yang terbilang awet, serta punya kamera yang mampu menghasilkan foto yang bagus dan performanya lancar untuk multitasking, maka OPPO Reno2 layak untuk Anda pilih.

Tapi, sebelum Anda memutuskan untuk beli HP OPPO ini, sebaiknya baca juga artikel Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno2 sebagai bahan pertimbangan Anda.

15. OPPO Reno2 F

Oppo Reno2 F
Layar AMOLED 6.5 inci
Chipset MediaTek Helio P70
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 48 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (monochrome) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 4000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 5.399.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Tidak hanya OPPO Reno2, OPPO juga meluncurkan HP OPPO Reno2 F yang merupakan versi 'hemat' dari HP keren tersebut. Berbeda dari HP OPPO Reno2 , seri Reno2 F yang juga dibekali RAM 8 GB  ini menggunakan chipset Mediatek Helio P70.

Meski begitu, keduanya sama-sama memiliki performa yang oke. HP dengan ukuran layar yang sama seperti OPPO Reno2 ini pun mampu menjalankan berbagai aplikasi dengan baik, termasuk game Call of Duty Mobile maupun PUBG.

Salah satu perbedaan lainnya yang ada pada kedua HP ini ada di sektor kamera. OPPO Reno2 F sama-sama memiliki empat lensa kamera utama, namun HP dengan baterai 4000 mAh ini tidak mengantongi lensa telefoto seperti 'saudaranya'.

Bentuk dari kamera motorized pop-up nya pun tak seperti sirip hiu, namun kotak layaknya kamera selfie OPPO K3. Bedanya, kamera selfie OPPO Reno2 F dibekali lampu LED yang bisa diubah warnanya sesuai selera.

Ya, kedua HP terbaru dari OPPO ini nyaris sempurna. Sayang, dibalik bodinya yang amat indah, baik OPPO Reno2 dan Reno2 F tidak memiliki ketahanan terhadap air dan debu. Anda tetap tertarik untuk membeli HP Oppo Reno2 F?

Jangan buru-buru membeli HP ini, ya. Pasalnya, kami juga pernah membahas seputar Kelebihan dan kekurangan OPPO Reno2 F ini sebagai bahan pertimbangan Anda sebelum membelinya.

Itulah daftar HP OPPO dengan RAM 8 GB terbaru yang bisa Anda jadikan pilihan. Semua HP di atas tentu tidak hanya memiliki kelebihan saja, melainkan juga memiliki beberapa kekurangan. Terlepas dari kekurangan yang dimiliki, jika Anda memang tertarik, Anda bisa tetap membeli HP-HP di atas melalui link yang tersedia.

Oh iya, kalau Anda merasa HP RAM 8GB terlalu besar, mungkin Anda bisa cek rekomendasi HP OPPO dengan RAM 4GB ini.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram