10 Kelebihan dan Kekurangan Apple iPad mini 6 (2021)

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Apple kembali meluncurkan produk iPad dengan berukuran mungil, yakni iPad mini generasi ke-6 atau bisa juga disebut iPad mini 2021. iPad mini generasi sebelumnya hadir di tahun 2020. Waktu yang cukup lama untuk menanti generasi berikutnya dilahirkan di pasaran.

Namun, justru karena terpaut dua tahun, pembaruan pada iPad mini 2021 ini sungguh begitu signifikan. Mulai dari performa, kamera, hingga desain bodinya, semua dirombak habis pada generasi ke-5 ini.

Carisinyal pun akhirnya memutuskan untuk beberkan poin kelebihan dan kekurangan iPad mini 2021 agar calon konsumen tahu hal-hal yang bisa diekspektasikan pada tablet ini sebelum membeli. Baca yang di bawah ini untuk tahu selengkapnya.

Spesifikasi Apple iPad Mini 2021

Layar Liquid Retina IPS LCD 8.3 inci
Chipset Apple A15 Bionic
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB, 256 GB
Kamera 12 MP (wide)
Baterai Li-Ion 5124 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan Apple iPad Mini 2021

Apakah iPad mini 2021 layak menjadi pilihan tablet untuk menemani keseharian Anda dalam hiburan dan produktivitas? Simak poin-poin kelebihan berikut, ya!

1. Rancang Bangun Bodi yang Tipis dan Ringan

Sesuai dengan namanya, Apple iPad mini memang dirancang sebagai pilihan tablet yang punya ukuran lebih kecil, sehingga memudahkan perangkat untuk muat di dalam kantong ataupun tas dengan lebih mudah.

Maka, jangan heran jika iPad mini ini terasa begitu ringan saat dipegang. Bahkan saat dibandingkan dengan iPad mini 2019 yang jadi generasi pendahulunya, iPad mini 2021 ini memiliki bobot yang lebih ringan.

Ya, iPad mini 2021 diketahui punya bobot 293 gram untuk versi WiFi dan 297 gram untuk versi seluler. Di sisi lain, bobot iPad mini 2019 sedikit lebih berat yakni 300,5 gram untuk model WiFi dan 308,2 gram untuk model seluler (3G/LTE).

Ini membuktikan bahwa iPad mini 2021 mendapatkan peningkatan dari segi bobot dibandingkan predesornya. Akan tetapi, hal ini berimbas pada ketebalan bodi yang lebih besar.

Sementara iPad mini 2019 hanya setebal 6,1 mm, iPad mini 2021 terasa sedikit lebih bongsor dengan ketebalan 6,3 mm. Namun, untungnya perbedaan kedua angka ini sangat sedikit. Adapun dimensi panjang dan lebar iPad mini 2021 jadi lebih kecil, yakni 195.4 x 134.8 mm ketimbang iPad mini 2019 dengan dimensi 203.2 x 134.8 mm.

Padahal iPad mini 2021 punya ukuran layar lebih besar (8.3 inci) dibandingkan iPad mini 2019 dengan ukuran layar 7.9 inci, namun justru bodi varian 2021 ini mampu dibuat lebih kecil. Ini tentunya berkat absennya tombol Home, sehingga bezel atas dan bawahnya jadi lebih tipis untuk menampilkan layar lebih lebar pada bodi yang lebih compact.

Jika dilihat dari perbedaan keduanya, jelas Apple bertujuan untuk memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan lagi bagi pengguna yang tidak menyukai tablet besar. Dengan bodi yang semain ringan, diharapkan pengguna dapat mengoperasikan perangkat dalam waktu lebih panjang tanpa membuat tangan pegal.

2. Kinerja Chipset yang Memuaskan

A15 Bionic

Tidak dapat dipungkiri bahwa chipset yang digunakan produk Apple selalu selangkah lebih maju dibandingkan para pesaingnya dari kubu Android. Tidak terkecuali chipset Apple A15 Bionic yang mengotaki iPad mini 2021.

Ia hadir dengan teknologi Superfast Neural Engine 16 inti yang dapat menunjang 15,8 triliun pengoperasian per detik, peningkatan dibanding Apple A14 Bionic yang hanya mendukung 11 triliun pengoperasian per detik.

Apple A15 Bionic ini menampung sebanyak 15 miliar transistor dan dikemas dengan ISP baru yang memiliki peningkatan dari segi kemampuan fotografinya. Chipset gahar tersebut dibangun dengan konfigurasi 6 inti yang terdiri dari dua unit berperforma tinggi bernama Avalanche serta dua unit hemat daya bernama Blizzard.

Ini adalah chipset yang sama yang mengotaki iPhone 13 series, meski begitu kemampuan clock speed pada iPad mini 6 ini hanyalah 2,93 GHz dibandingkan iPhone 13 Pro dengan frekuensi 3,23 GHz, menurut pelansiran dari Notebookcheck.

Sebagai tambahan, Apple turut mengklaim bahwa Apple A15 Bionic yang menempati jeroan iPad mini 2021 (generasi ke-6) ini punya performa 40% lebih cepat ketimbang Apple A12 Bionic yang mengotaki iPad mini 2019 (generasi ke-5).

Sumber: GSM Arena

Kedua bagan di atas menunjukkan hasil benchmark Geekbench 5 dari iPad mini 6 pada pengujian single-core (1578 poin) dan juga multi-core (4476 poin). Kedua angka tersebut amat mengejutkan, rupanya iPad mini 6 keluaran 2021 ini mampu mengalahkan Samsung Galaxy Tab S7+ yang notabene merupakan tablet flagship dari kubu Android yang jadi pesaingnya.

3. Hadir dengan Port USB-C

Satu peningkatan yang teramat diapresiasi pada iPad mini 6 ini adalah port pengisian daya. Ini adalah kali pertama iPad mini dilengkapi dengan port USB-C dan bukan lagi port Lightning seperti iPad mini 5 (2019).

Mengapa USB-C dianggap lebih baik? Pasalnya, hampir semua perangkat smartphone ataupun tablet di dunia menawarkan port USB-C juga. Memiliki port yang universal, USB-C niscaya lebih kompatibel dengan begitu banyak aksesoris pihak ketiga. Lain halnya dengan Lightning yang ekosistem aksesorisnya tentu tidak sesolid USB-C.

Bukan itu saja, port USB-C pada iPad mini 2016 juga mendukung antarmuka DisplayPort 1.2 sehingga memungkinkan pengguna untuk meng-extend tampilan layar iPad ke monitor eksternal. Dari segi performanya, USB-C 3.1 Gen 1 port milik iPad mini 6 hadir dengan kecepatan transfer data hingga 5 GB per detik.

4. Ketahanan Baterai yang Lumayan Awet

Oke, mungkin akan banyak calon konsumen yang skeptis dengan ketahanan baterai perangkat ini karena ada embel-embel "mini" di namanya. Memang, umumnya baterai berkapasitas besar cenderung tidak akan muat pada perangkat berbodi ramping, sebuah hal yang jadi salah satu penyebab minimnya minat pada iPhone 12 mini di tahun 2020.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram