carisinyal web banner retina

10 Apple iPad Terbaru dan Spesifikasinya (Agustus 2022)

Apple merupakan salah satu perusahaan penghasil produk elektronik terbesar di dunia. Mereka sukses sebagai salah satu produsen komputer, contohnya laptop MacBook. Di divisi ponsel, mereka merupakan salah satu penguasa pasar melalui iPhone series.

Selain sukses dengan MacBook dan iPhone, Apple juga memiliki beragam seri tablet yang dinamakan dengan iPad. Mereka memulainya di 2010 lewat iPad generasi pertama

Dari situ, muncul beragam generasi-generasi berikutnya pada lini seri yang berbeda-beda. Berikut adalah daftar seri iPad beserta perbedaannya dengan seri-seri lainnya.

  • iPad reguler. Ini adalah seri iPad yang dipasarkan untuk segmen harga entry level, dengan spesifikasi yang dibuat lebih sederhana namun tetap mencirikan kualitas khas Apple.
  • iPad Air. Secara ukuran, tablet ini menyerupai iPad reguler namun seri ini cenderung punya fitur-fitur yang lebih kekinian dibandingkan iPad reguler, dengan jenis chipset yang lebih gahar, kamera dengan resolusi lebih tinggi, dan juga desain yang lebih mengikuti zaman. Dari segi bobot, iPad Air ini bahkan bisa lebih ringan ketimbang iPad reguler meski pada ukuran layar yang sama.
  • iPad mini. Sebagian orang berpikir kalau iPad mini adalah iPad reguler versi kecil. Padahal, bukan. Ia adalah versi mungil dari iPad Air, karena memang berada di segmen harga yang sama dengan iPad Air. Fitur-fitur dan spesifikasinya kurang lebih sama, namun iPad mini ditujukan untuk konsumen yang lebih menyukai form factor yang lebih ringkas dan ringan.
  • iPad Pro. Rajanya iPad. Semua hal-hal terbaik yang bisa didapatkan pada sebuah iPad pasti dimiliki oleh seri Pro ini. Biasanya, ia pun hadir dengan dua varian ukuran, contohnya seperti varian 10 inci dan 12 inci. iPad Pro tidak hanya unggul di antara seri iPad lainnya, tapi juga menghadirkan performa dan spesifikasi unggulan.

Nah, seri-seri iPad ini senantiasa di-upgrade oleh Apple secara periodik. Dan setiap ada generasi yang baru keluar, generasi sebelumnya otomatis disetop produksinya. Meski begitu, calon konsumen tetap dapat membeli iPad generasi lama melalui kanal distribusi rekanan Apple di Indonesia.

Apakah Anda penasaran dengan iPad-iPad keluaran terbaru? Jangan khawatir, Carisinyal akan beberkan deretan produk iPad sesuai dengan tahun perilisannya, sekaligus dengan spesifikasi, harga rilis, dan juga fitur-fitur menariknya.

1. Apple iPad Air (2022)

Apple iPad Air (2022)
Layar Liquid Retina IPS LCD 10.9 inci
Chipset Apple M1
RAM 8 GB
Memori Internal 64 GB, 256 GB
Kamera 12 MP (wide)
Baterai Li-Ion 7606 mAh
Harga Saat Rilis Rp 10.999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Apple telah meluncurkan generasi berikutnya dari seri iPad Air pada kuartal pertama tahun 2022. Tablet besutan Apple ini memiliki dapur pacu yang sangat bertenaga karena disokong oleh chipset Apple M1. Sekadar informasi, Apple M1 merupakan chipset yang juga mentenagai MacBook Air terbaru.

Keputusan untuk hadirkan Apple M1 pada seri iPad generasi ke-5 ini terbilang unik. Soalnya, biasanya iPad Air series menggunakan chipset yang sama dengan yang digunakan iPhone terbaru di tahun yang sama. Contohnya, seperti iPad Air 4 keluaran 2020 yang gunakan Apple Bionic A14.

Dari segi ukuran layar, iPad Air 5 ini tidak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya yaitu mengusung dimensi 10,9 inci pada resolusi 1640 x 2360 piksel. Layar tersebut juga sama-sama mengusung panel Liquid Retina IPS LCD yang mendukung kecerahan tipikal hingga 500 nit.

Salah satu peningkatan yang paling menarik untuk dibahas adalah fitur Center Stage pada kamera selfie. Menggunakan kamera depan 12 MP dengan FOV 122 derajat, tablet akan memuat lebih banyak subjek dalam satu frame.

Fitur Center Stage juga akan senantiasa menjaga agar wajah subjek berada di tengah-tengah. Dan apabila kamera depan melacak keberadaan orang lain yang baru masuk frame, kamera akan melakukan zoom out guna mendapatkan komposisi yang lebih proporsional.

Dimensi bodi dari iPad Air 5 ini tidak alami perubahan dari sebelumnya, yakni memiliki panjang 247,6 mm, lebar 178,5 mm, dengan ketebalan 6,1 mm. Pun pada tampilan desain bodinya, iPad Air 5 masih tampil sama seperti iPad Air 4 yang dirilis dua tahun sebelumnya.

Kendati demikian, iPad Air 5 ini merupakan generasi pertama yang mendukung jaringan konektivitas seluler 5G, memiliki banderol harga rilis mulai dari Rp13,9 jutaan (WiFi + 5G). Sedangkan jika Anda memilih varian yang WiFi-only, Anda hanya perlu keluarkan kocek Rp10,9 jutaan.

iPad Air 5 ini juga turut mendukung penggunaan Apple Pencil generasi ke-2 dan Magic Keyboard. Namun sayangnya kedua aksesoris ini dijual terpisah.

Jadi, iPad Air 5 keluaran tahun 2022 ini cocok digunakan oleh siapa? Well, mengingat ia hadir dengan tenaga Apple M1 yang setara dengan laptop premium, ia akan menjadi teman setia saat bermain gim berat.

Bukan hanya itu, kemampuan pengolahan grafisnya juga top-notch, niscaya cocok digunakan untuk rendering grafis tingkat dewa saat membuat konten YouTube.

2. iPad mini (2021)

ipad mini 2021
Layar Liquid Retina IPS LCD 8.3 inci
Chipset Apple A15 Bionic
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB, 256 GB
Kamera 12 MP (wide)
Baterai Li-Ion 5124 mAh
Harga Saat Rilis Rp 8.600.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kecil-kecil cabai rawit, itulah peribahasa yang pas untuk mendeskripsikan seri iPad Mini yang dilahirkan pada tahun 2021 ini. Berbekal chipset Apple A15 Bionic, pengguna dijamin akan mendapatkan performa di luar dugaan baik itu saat memainkan game berat maupun melakukan pengeditan gambar dan video.


Ini juga merupakan tablet mini dengan desain bezel layar tipis untuk memberikan tampilan penuh. Kini menonton film dan series kesukaan bisa dirasakan dengan lebih khidmat. Memiliki kecerahan puncak 500 nit dengan balutan TrueTone, tablet bisa menyesuaikan pencerahan dan warna sesuai dengan kondisi sekitar.

Digunakan di luar ruangan juga tidak masalah, karena tingkat kecerahannya yang tinggi membuat tulisan dan gambar tetap mudah dilihat indera visual di bawah terik matahari. Ingin mencatat dan menggambar dengan praktis? Tinggal beli Apple Pencil secara terpisah dan tempelkan pada samping bodi secara magnetis. Stylus siap digunakan kapan saja Anda butuhkan.

Kehadiran Apple A15 Bionic dengan konfigurasi hexa core, sungguh memberikan performa 40 persen lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya. Pun dengan sokongan GPU lima inti yang hadirkan kecepatan performa 80 persen lebih baik, Anda niscaya bisa melakukan aktivitas grafis dengan begitu mudahnya.

Beralih ke sisi kamera, Anda pasti dibuat takjub olehnya. Terutama saat melakukan kegiatan online meeting. Pasalnya, kamera depannya mengusung lensa ultralebar yang dapat menangkap lebih banyak subjek pada satu frame. Fitur Center Stage turut hadir untuk memastikan pengguna tetap berada di tengah frame, apapun yang terjadi.

Terdapat pula konektivitas USB-C dan WiFi 6 untuk kemudahan Anda dalam mengisikan daya, mencolokkan aksesoris atau peripheral tertentu, serta melakukan pengunduhan dan pengunggahan dengan koneksi kilat. iPad Mini generasi ke-6 yang hadir di 2021 ini tersedia pula dalam dua varian, WIFi-only dan WiFi + 5G. Tertarik?

3. iPad 10.2 (2021)

Apple-iPad-10.2_
Layar Retina IPS LCD 10.2 inci
Chipset Apple A13 Bionic
RAM 3 GB
Memori Internal 64 GB, 256 GB
Kamera 8 MP (wide)
Baterai Li-Ion 8557 mAh
Harga Saat Rilis Rp 4.599.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Siapa bilang harus keluarkan budget besar untuk memiliki produk Apple terkini? Buktinya, Anda bisa mendapatkan iPad 10.2 (2021) dengan kocek yang lumayan terjangkau, lho! Akan tetapi, tentu saja spesifikasinya pun tidak semewah varian iPad lainnya, ya.

Sebagai anggota segmen entry level, iPad generasi ke-9 ini mengantongi chipset yang terbilang powerful di kelasnya, yakni Apple A13 Bionic. Yang bikin menggiurkannya, chipset yang sama juga dipakai oleh Apple iPhone 11 series. Jadi, Anda sudah bisa mendapatkan performa smartphone seharga 10 jutaan pada tablet seharga 6 jutaan. Worth it, bukan?

Sama seperti iPad mini 2021, tablet ini juga menghadirkan dukungan terhadap stylus bernama Apple Pencil, namun dengan generasi yang berbeda. Alih-alih menggunakan Apple Pencil generasi kedua yang dapat dicas secara magnetis, pengguna harus rela mengandalkan Apple Pencil generasi pertama yang dicas melalui lubang port.

Dan omong-omong lubang port, tablet ini menyediakan port Lightning alih-alih USB Tipe-C. Sebuah hal yang mungkin akan sedikit merepotkan pengguna, mengingat aksesoris yang kompatibel dengan Lightning tidak sebanyak USB-C.

Perangkat tablet ini juga sudah tidak lagi membawakan sistem operasi iOS dan kini hadir dengan sistem operasi sendiri, yakni iPadOS yang menghadirkan antarmuka lebih nyaman untuk kemudahan multitugas dan menampilkan banyak jendela dalam waktu bersamaan.

4. iPad Pro 12.9 (2021)

Apple iPad Pro 12.9 (2021)_
Layar Liquid Retina XDR mini-LED LCD 12.9 inci
Chipset Apple M1
RAM 8 GB, 16 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera 12 MP (wide) 10 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 10758 mAh
Harga Saat Rilis Rp 14.499.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Anda sungguh tidak dapat membayangkan betapa powerful-nya chipset yang dimiliki iPad Pro 12.9 (2021). Mengusung chipset Apple M1 dengan kemampuan neural engine serta unified memory architecture yang ditingkatkan, tablet ini bahkan lebih bertenaga dibandingkan laptop dengan prosesor AMD dan Intel terbaik.

Apple M1 juga turut digunakan oleh MacBook Air dan Pro, lho! Jadi, tidak heran jika kinerjanya memang setara laptop. Kinerja sebuas ini sungguh begitu terasa saat memainkan game-game super berat seperti Genshin Impact atau saat menjalankan aplikasi emulator.

Satu hal lain yang sama layaknya untuk di-notice adalah sisi layar yang menggunakan Liquid Retina XDR dengan kontras rasio 1.000.000:1. Bukan itu saja, layar pun memiliki tingkat kecerahan mencapai 1000 nit dan bahkan bisa mencapai 1600 nit dari segi peak brightness. Untuk berikan pergerakan layar yang mulus, teknologi ProMotion 120 Hz pun diberikan.

Beragam fitur lainnya yang patut diapresiasi adalah keberadaan USB-C Thunderbolt 3 yang memungkinkan tampilan layar untuk di-extend ke monitor eksternal pada resolusi 4K. Seolah tidak cukup, perangkat mengusung konektivitas 5G dan WiFi 6 untuk kemudahan berinternet yang lebih lancar. Berminat memilikinya?

5. iPad Pro 11 (2021)

Apple iPad Pro 11 (2021)_
Layar Liquid Retina IPS LCD 11 inci
Chipset Apple M1
RAM 8 GB, 16 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera 12 MP (wide) 10 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 7538 mAh
Harga Saat Rilis Rp 14.499.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Selain dari iPad Pro berukuran 12.9 inci, Apple turut merilis varian Pro lainnya pada ukuran lebih kecil yakni 11 inci. Perbedaan spesifikasi keduanya tidak hanya terletak pada ukuran melainkan juga pada panel layar.

Ya, varian 11 inci ini tidak menghadirkan panel Liquid Retina XDR Display yang mengandung lebih dari 10.000 mini LED dan 2500 zona dimming lokal. Ia justru hanya dibekali dengan Liquid Retina Display biasa, memiliki tingkat kecerahan 600 nit (peak brightness) dan gamut warna P3.

Meskipun kualitas layarnya agak menurun dari varian 12,9 inci, tetap saja masih terbilang bagus dibandingkan dengan kebanyakan tablet pesaingnya. Selain itu, setidaknya ia masih membawakan ProMotion 120 Hz untuk laju penyegaran yang dua kali lipat lebih tinggi dari 60 Hz konvensional.

Tidak lupa, bagian kamera iPad Pro generasi kelima ini mengusung sensor ToF 3D LiDAR Scanner yang dapat meningkatkan pengalaman AR.

Lensa depannya pun kini mengusung fungsi ultralebar yang memiliki FOV 122 derajat, serta memiliki fitur Center Stage yang akan terus menjaga subjek agar tetap di tengah sekalipun sedang bergerak ke sana ke mari.

iPad Pro 5th gen berukuran 11 inci ini cocok bila Anda mematok budget lebih sedikit, tidak begitu mempermasalahkan layar yang kualitasnya diturunkan, atau menginginkan tablet dengan sisi portabilitas lebih unggul.

6. iPad Air (2020)

Apple iPad Air 2020
Layar Liquid Retina IPS LCD 10.9 inci
Chipset Apple A14 Bionic
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB, 256 GB
Kamera 12 MP (wide)
Baterai Li-Ion 7606 mAh
Harga Saat Rilis Rp 11.099.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Jika dilihat dari segi ukuran dan portabilitas, iPad Air adalah seri yang mirip dengan iPad reguler. Bedanya, fitur-fitur Air ini "meminjam" beberapa spesifikasi Pro. Alhasil ini membuat iPad Air 2020 berada pada segmen harga yang lebih mahal dibanding iPad biasa.

Ini adalah kali pertama iPad Air dirilis tanpa tombol Home, sehingga bezelnya pun terlihat begitu tipis. Lalu bagaimana dengan sensor sidik jarinya? Well, kini diletakkan pada bagian atas bodi, menyatu dengan tombol Sleep/Wake yang berada di pojok atas kanan bodi.

Bukan itu saja hal baru yang ditawarkannya, kini iPad Air membawakan konektivitas USB Tipe-C alih-alih Lightning port. Port ini mengusung kecepatan transfer hingga 5 Gbit dan kemampuan DisplayPort pada monitor eksternal hingga resolusi 4K.

Meski iPad Air generasi ke-4 ini dirilis pada tahun 2020, namun ia menggunakan chipset yang lebih terkini ketimbang iPad keluaran 2021. Yap, chispetnya merupakan Apple A14 Bionic yang mengusung konfigurasi hexa core, mengandung lebih dari 11,9 miliar transistor untuk kemampuan performa lebih cepat sekaligus efisiensi daya lebih unggul.

7. iPad 10.2 (2020)

iPad 10.2 (2020)
Layar Retina IPS LCD 10.2 inci
Chipset Apple A12 Bionic
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB, 128 GB
Kamera 8 MP (wide)
Baterai Li-Ion 8827 mAh
Harga Saat Rilis Rp 6.299.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Hadir sebagai predesor iPad 10.2 (2021), tentu saja Anda akan menemukan spesifikasi yang lebih sederhana pada iPad 10.2 (2020) yang merupakan generasi ke-8 ini.

Perbedaannya dengan generasi ke-9 yang hadir di tahun 2021 sebenarnya tidak begitu banyak. Toh, keduanya masih belum meninggalkan tombol Home sebagai rumah bagi Touch ID dan sebagai sarana navigasi.

Perbedaan paling kentara terlihat pada sisi performa chipset dan juga kameranya, di mana iPad 8 ini menggunakan Apple A12 Bionic yang berlari pada konfigurasi hexa core dengan frekuensi maksimal 2.5 GHz. Peningkatan chipset ini terbilang cukup signifikan dibandingkan iPad 7 yang masih gunakan Apple A10 Fusion.

Lalu, di bagian depannya terdapat kamera selfie yang terbilang outdated jika dilihat dari standar zaman sekarang, karena memiliki resolusi 1,2 MP saja dan tidak mengusung fungsi ultrawide seperti iPad 9.

Untuk diketahui, iPad 10.2 (2020) ini juga sempat menerima resepsi yang buruk karena resolusi kamera 1,2 MP ini tidak pernah meningkat sejak kemunculan iPad generasi ke-4 di tahun 2012.

iPad 4 ini juga masih mengusung tipe koneksi port Lightning ketimbang USB-C, serta mendukung penggunaan stylus Apple Pencil generasi pertama.

8. iPad Pro 12.9 (2020)

iPad Pro 12.9 (2020)
Layar IPS LCD 12.9 inci
Chipset Apple A12Z Bionic
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera 12 MP (wide) 10 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 9720 mAh
Harga Saat Rilis Rp 18.999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Penasaran dengan iPad Pro yang dikeluarkan tahun 2020? Simaklah beberapa kelebihan iPad Pro generasi ke-4 ini. Perangkat tersebut menghadirkan prosesor Apple A12Z dengan konfgurasi delapan inti. Prosesor ini mencakup kehadiran inti Vortex (2.5 GHz) sebanyak empat buah serta inti hemat daya Tempest (1.6 GHz) sebanyak empat buah.

iPad Pro yang merupakan tablet mewah tersebut juga turut dikemas dengan sensor LiDAR Scanner yang dapat meningkatkan berbagai pengalaman yang menggunakan AR. Fitur yang juga dimiliki oleh suksesornya yakni iPad Pro 5 (2021).

Tablet ini juga mengusung port pengisian daya USB Tipe-C, namun sayangnya belum hadir dengan antarmuka Thunderbolt 3 seperti varian 2021. Yang pasti, pengguna tentu akan merasakan benefit dari iPad Pro ini ketimbang iPad biasa yang masih gunakan Lightning. Pasalnya, USB Tipe-C lebih kompatibel dengan banyak aksesoris pihak ketiga.

9. iPad Pro 11 (2020)

Apple iPad Pro 11 (2020)
Layar IPS LCD 11.0 inci
Chipset Apple A12Z Bionic
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera 12 MP (wide) 10 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 7537 mAh
Harga Saat Rilis Rp 15.499.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Yap, sama seperti varian 2021-nya, varian iPad Pro 2020 juga hadir dalam dua versi yaitu 12.9 inci dan juga 11 inci. Sungguh sedikit sekali perbedaan di antara keduanya. Pada bagian performa, port, konektivitas, dan sebagainya, Anda bisa menganggap keduanya merupakan tablet yang sama.

Namun tentu saja, ukuran layar 11 inci juga membuatnya memilki resolusi layar lebih kecil juga. Sama-sama hadir dengan panel IPS LCD, iPad Pro generasi ke-4 ini memiliki kapasitas baterai yang sedikit lebih kecil.

Dan pastinya, bobot bodi juga jadi lebih ringan (471 gram, model WiFi) ketimbang varian 12.9 inci (641 gram, model WiFi). Pastinya, iPad Pro ini akan lebih cocok untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi.

10. iPad 10.2 (2019)

Apple iPad 10.2 2019
Layar IPS LCD 10.2 inci
Chipset Apple A10 Fusion
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB, 128 GB
Kamera 8 MP (wide)
Baterai Li-Po 8827 mAh
Harga Saat Rilis Rp 6.199.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, apakah iPad 10.2 keluaran 2019 masih memiliki spefikasi yang relevan di masa sekarang? Jawabannya sebenarnya kembali lagi ke kebutuhan apa yang Anda cari. Yang pasti, dengan layar Retina Display IPS LCD yang cerah dan prosesor Apple A10 Fusion yang masih terbilang oke, ini merupakan iPad entry-level yang cocok untuk kebutuhan pelajar ataupun mahasiswa.

Ia memang tidak hadir dengan fitur-fitur kekinian seperti ProMotion 120 Hz ataupun fitur Center Stage pada kamera depan, namun kemampuan kameranya tetap terbilang layak untuk seukuran produk Apple. Toh ukuran layarnya pun kini lebih baik dibandingkan iPad 2018, menawarkan bentang 10.2 inci alih-alih 9,7 inci.

Belum lagi, ini adalah seri iPad reguler pertama yang sudah mengantongi sistem operasi iPadOS 13.1 saat rilis, memudahkan Anda dalam melaksanakan banyak kegiatan dalam sekali waktu.

Tidak lupa, iPad ini juga masih menyediakan port 3.5mm jack audio port yang sudah banyak ditinggalkan oleh produk-produk terbaru. Dengan begini, Anda masih bisa rasakan nikmatnya mendengarkan earphone di iPad tanpa harus pakai adapter.

Seperti iPad series pada umumnya, varian inipun hadir dengan dua model yakni WiFi-only dan WiFi + seluler LTE. Tablet ini dikemas juga dengan baterai berkapasitas 32.9 Whr atau sekitar 8827 mAh pada tipe LiPo, diklaim mampu mentenagai perangkat hingga 10 jam pada aktivitas multimedia.

Itulah daftar produk Apple iPad terbaru yang bisa Anda pilih. Untuk bisa mendapatkan iPad sesuai keinginan, pastikan cek spesifikasi masing-masing produk dan sesuaikan dengan budget serta kebutuhan, ya. Selamat memilih!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram