carisinyal web banner retina

Wajib Tahu, Ini 10 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Zero 5G 2023

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Smartphone 5G pertama Infinix, Infinix Zero 5G, mendapat sambutan yang bagus dari konsumen. HP yang satu ini mampu menawarkan desain, performa, daya tahan baterai, dan kemampuan kamera yang baik, di kelas harga Rp3 jutaan. Infinix ingin mengulangi kesuksesan yang sama.

Mereka pun mengambil langkah dengan merilis Infinix Zero 5G 2023. Ponsel tersebut mereka rilis secara global pada Desember 2022. Zero 5G 2023 tentu saja bukanlah ponsel yang sama dengan Zero 5G. Bukan cuma namanya yang berbeda, ada beberapa hal baru yang disuntikkan pada Infinix untuk Zero 5G 2023.

Pertanyaannya, apakah perubahan itu membuat HP ini semakin menarik? Jawabannya dapat Anda temukan pada artikel kelebihan dan kekurangan Infinix Zero 5G ini. Rangkuman artikel ini dapat Anda simak pada tabel berikut.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
Kelebihan
Kekurangan
Desain unibody yang seamless
IP rating dan kaca proteksi tidak ada
Layar besar dengan refresh rate 120 Hz
Kamera tele absen
Chipset lebih bertenaga, memori makin besar
Speaker mono, masih Android 12
Kamera dapat diandalkan
Baterai awet yang didukung pengisian cepat
Ada audio jack, slot microSD, dan NFC
Paket penjualan lengkap

Jika Anda perlu penjelasan lebih detail, silakan lanjutkan baca artikel ini sampai selesai. Tampilan spesifikasi utama Infinix Zero 5G 2023 di bawah ini dapat Anda lihat terlebih dahulu sebelum masuk ke pembahasan.

Spesifikasi Infinix Zero 5G 2023

infinix zero 5g 2023
Layar IPS LCD 6.78 inci
Chipset MediaTek Dimensity 920
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan Infinix Zero 5G 2023

Ada banyak kelebihan yang dipunyai Infinix Zero 5G 2023. Namun, Carisinyal hanya memiih tujuh hal yang bisa menjadi key selling point dari HP ini. Apa saja itu? Berikut penjelasannya.

1. Desain Unibody yang Seamless

infinix zero 5g 2023

Infinix Zero 5G 2023 mempertahankan bahasa desain yang disebut Infinix sebagai Uni-curve design. Ciri desain ini terletak pada penutup belakang si ponsel yang menggunakan satu lapis bahan. Bahan tersebut lalu dibentuk sedemikian rupa, sehingga menciptakan lekukan yang lembut (seamless) pada area kamera.

Karena lekukan itu pula, Zero 5G 2023 tidak mempunyai modul kamera. Desain yang seperti ini membuat ponsel terlihat mahal. Lebih lanjut, frame ponsel ini tetap memiliki bentuk datar. Namun, bagian tepi penutup belakang dibuat melengkung agar bodi ponsel tetap enak digenggam.

Adapun Infinix Zero 5G 2023 tersedia dalam tiga pilihan warna: Pearly White, Coral Orange, dan Submariner Black. Dua warna yang disebut terakhir punya tekstur, sedangkan Pearly White memiliki polesan yang mulus. HP ini memiliki dimensi 168,7 x 76,5 x 8,9 mm dengan bobot 201 gram.

2. Layar Besar dengan Refresh Rate 120 Hz

infinix zero 5g 2023

Infinix hobi menyematkan layar besar pada produknya. Tak terkecuali Infinix Zero 5G 2023 ini yang dibekali layar berdiagonal 6,78 inci. Layar ini memakai panel IPS LCD dengan resolusi Full HD+ (1080 x 2460 piksel). Sebagian orang mungkin akan kecewa karena panel yang dipakai bukan OLED.

Namun, kualitas tampilan layar ini masih bisa diterima. Menurut penilaian Chris Barraclough dalam kanal YouTube Tech Spurt, layar si ponsel dapat menampilkan warna yang pekat. Barraclough juga bilang bahwa viewing angle layar Zero 5G 2023 bagus.

Tampilan layar bisa dilihat dengan jelas baik di dalam maupun luar ruangan. Tingkat kecerahan 500 nit terbukti sudah mencukupi. Adapun layar Infinix Zero 5G mendukung refresh rate hingga 120 Hz dan touch sampling rate 240 Hz. Artinya, layar HP ini dapat menampilkan animasi secara mulus dan responsif menerjemahkan sentuhan.

Beberapa fitur disematkan Infinix pada layar HP ini. Di antaranya adalah Eye care mode dan fitur untuk mengubah temperatur warna hingga 10 tingkat. Adapun Infinix Zero 5G 2023 memiliki sertifikasi Widevine L1, sehingga bisa memutar film Netflix dan sejenisnya pada resolusi Full HD.

3. Chipset Lebih Bertenaga, Memori Makin Besar

MediaTek Dimensity 920

Salah satu perubahan besar Infinix Zero 5G 2023 adalah di sektor chipset-nya. Smartphone ini memakai chipset MediaTek Dimensity 920. Pendahulunya menggunakan Dimensity 900. Kedua chipset sebenarnya punya banyak kemiripan.

Pembedanya hanya soal peningkatan dari sisi CPU dan GPU saja. Selebihnya, performanya sama.

DImensity 920 mengandung CPU delapan inti. Rinciannya adalah dua inti Cortex A78 (2,6 GHz) dan enam inti Cortex A55 (2,0 GHz). Lalu SoC ini memiliki GPU Mali-G68 MC4, prosesor gambar dengan dukungan kamera hingga 108 MP, prosesor AI, dan modem internal 5G. Semua komponen disatukan via fabrikasi 6 nm.

RAM 8 GB dan memori internal 256 GB menemani Dimensity 920 di dalam mainboard Zero 5G 2023. Kombinasi ketiganya menghasilkan performa yang keren. Untuk diketahui, konfigurasi 8/256 GB ini mengalami peningkatan dibanding Zero 5G yang hanya 8/128 GB.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan kanal YouTube TeknoLoGue, skor AnTuTu 9 Zero 5G 2023 (Dimensity 920) mencapai 486.940. Skor tersebut terhitung sesuai dengan smartphone kelas menengah pada umumnya.

Dalam penggunaan sehari-hari, Infinix Zero 5G 2023 dapat memanjakan penggunanya. Multi-tasking alias membuka beberapa aplikasi dalam satu waktu tidak akan membuat ponsel ini jadi lemot. Lalu bagaimana kalau dipakai main game?

Chris Barraclough pun menguji si ponsel untuk menjalankan Genshin Impact. Hasilnya, gim berjalan dengan lancar. Hanya, Barraclough tidak menjelaskan setelan grafik apa yang dipakai. Jika berpatokan pada smartphone lain dengan SoC yang sama, HP ini tentu dapat menjalankan Genshin Impact dengan lancar pada setelan "medium 60 fps".

Di pengujian lain, kanal YouTube Kuliah Sore mengetes singkat Infinix Zero 5G 2023 (Dimensity 920) untuk menjalankan PUBG Mobile. Setelan grafik terbuka sampai "HDR - ultra". Namun, kenyamanan nermain didapat ketika mengubah setelan ke "smooth - extreme"

4. Kamera Dapat Diandalkan

infinix zero 5g 2023

Ada tiga kamera yang disematkan pada sisi belakang Infinix Zero 5G 2023. Tiga kamera itu meliputi kamera utama 50 MP, f/1.6; dan dua kamera bonus berupa kamera makro dan lensa kedalaman. Masing-masing beresolusi 2 MP, f/2.4.

Mengapa disebut sebagai kamera bonus? Pasalnya, dua kamera tersebut fungsionalitasnya kurang. Dalam pemaknaan lain, hanya kamera utamanya yang bisa dipakai. Sementara itu, sisi depan HP ini dilengkapi kamera selfie 16 MP, f/2.0.

Infinix tidak menghilangkan ciri khasnya, yakni adanya lampu flash pada kamera depan. Dengan begitu, tidak cuma kamera belakangnya yang punya lampu flash. Sayang, kamera depan ini belum bisa merekam video pada frame rate 60 fps. Kemampuannya mentok di resolusi 1080p (Full HD) 30 fps.

Kamera utamanya keren. Bisa merekam video di resolusi hingga 4K 30 fps. Resolusi 1080p 60 fps juga bisa. Macam-macam fitur disematkan pada aplikasi kamera si ponsel. Di antaranya adalah mode malam, mode pro, dan slow motion hingga 960 fps (interpolasi).

Lalu bagaimana dengan kualitas tangkapan kameranya? Berikut adalah contoh foto yang ditangkap oleh kamera Infinix Zero 5G. Anda bisa menilainya sendiri. Yang pasti, kamera HP ini bisa diandalkan baik di kondisi cahaya yang cukup maupun kurang.

infinix zero 5g 2023Sumber: Tech Spurt
Kamera utama
Infinix zero 5g 2023Sumber: Tech Spurt
Kamera utama - mode malam
infinix zero 5g 2023Sumber: Tech Spurt
Kamera selfie

5. Baterai Awet yang Didukung Pengisian Cepat

infinix zero 5g 2023

Infinix Zero 5G 2023 memakai baterai dan teknologi pengisian cepat yang sama seperti versi 2022-nya. Adalah baterai berkapasitas 5000 mAh dengan dukungan pengisian cepat 33W. Secara teori, baterai ini bisa membuat si ponsel menyala sehari penuh.

Jika dianggap HP ini memiliki efisiensi pemakaian daya seperti Zero 5G, daya tahannya akan mirip. Begitu juga dengan kecepatan pengisiannya mengingat teknologi yang disematkan juga sama.

Dalam pengujian yang dilakukan Jagat Review, Zero 5G dapat bertahan hingga 22 jam 32 menit untuk memutar video lokal 1080p. Masih menurut Jagat Review, mengecas baterai kosong Zero 5G hingga penuh butuh waktu 1 jam 26 menit.

6. Ada Audio Jack, Slot microSD, dan NFC

infinix zero 5g 2023

Ketika banyak brand yang mulai memangkas audio jack 3,5 mm dan slot microSD, Infinix tetap setia mempertahankan dua fitur tersebut. Infinix Zero 5G 2023 ini adalah salah satu produk mereka yang punya audio jack 3,5 mm dan slot microSD.

Adanya audio jack membuat pengguna memiliki solusi audio yang mantap dengan bujet terjangkau. Dengan jalan ini pula, pengguna dapat menikmati suara audio beresolusi tinggi.

Sementara itu, memori internal Zero 5G 2023 yang mencapai 256 GB memang sudah besar. Namun, slot microSD hadir sebagai opsi ekspansi. Anda bisa memanfaatkan microSD sebagai tempat untuk menyimpan file media, sedangkan memori internal dimaksimalkan untuk menyimpan gim dan aplikasi.

Soal NFC, yang dipakai HP ini adalah NFC multifungsi. Artinya NFC pada Infinix Zero 5G 2023 tidak hanya bisa dipakai untuk transfer data dan pembayaran non-tunai. Namun, ia juga bisa dipakai untuk menyalin kredensial kartu akses lift atau hotel. Keberadaan NFC merupakan upgrade karena Zero 5G edisi 2022 belum punya.

7. Paket Penjualan Lengkap

infinix zero 5g 2023

Infinix bukan brand yang pelit. Di dalam boks Infinix Zero 5G 2023 tidak cuma berisi unit ponselnya. Namun, ada macam-macam aksesori yang masuk dalam paket penjualan. Dengan kata lain, paket penjualannya masih lengkap.

Ada lembaran dokumen, SIM ejector, softcase, kabel USB C, dan tentu saja kepala charger 33W. Konsumen pun tidak perlu merogoh kocek lagi untuk membeli softcase dan kepala charger.

Kekurangan Infinix Zero 5G 2023

Berikut ini adalah beberapa poin yang kurang dari Infinix Zero 5G 2023. Anda mungkin punya penilaian lain. Namun, poin-poin berikut tetap perlu dijelaskan agar tidak luput dari perhatian.

1. IP Rating dan Kaca Proteksi Tidak Ada

infinix zero 5g 2023

Infinix Zero 5G tidak punya IP rating atau sertifikasi ketahanan debu dan air. Sertifikasi ini memang tidak wajib ada. Namun, kalau ada, pengguna bisa tenang karena ponselnya sudah dijamin aman saat menghadapi kondisi-kondisi tertentu.

Ketiadaan IP rating dapat dipahami sebagai salah satu strategi Infinix guna memangkas biaya produksi. Selain tidak ada IP rating, HP ini juga tidak diketahui memakai kaca proteksi apa pada bagian depannya. Dengan demikian, Anda tidak dapat mengira-ngira seberapa kuat layar si ponsel saat menghadapi goresan benda tajam dan benturan.

Akan lebih aman jika Anda langsung memasang tempered glass pada layar si ponsel untuk menghindari kejadian yang tak diinginkan.

2. Kamera Tele Absen

infinix zero 5g 2023

Infinix mencabut kamera tele yang sebelumnya ada pada Infinix Zero 5G. Kamera itu lalu diganti dengan kamera makro 2 MP. Keputusan ini cukup disayangkan karena membuat Infinix Zero 5G 2023 hanya memiliki satu kamera belakang yang dapat diandalkan untuk menangkap gambar.

Akan lebih baik jika kamera tele diganti dengan kamera ultrawide, sedangkan sensor kedalaman dihilangkan. Sayangnya, hal itu tidak dilakukan oleh Infinix. Langkah ini kemungkinan besar juga demi memangkas biaya produksi sekaligus menekan harga jual si ponsel.

3. Speaker Mono, Masih Android 12

infinix zero 5g 2023

Infinix Zero 5G 2023 tetap menggunakan speaker mono sebagaimana Infinix Zero 5G. Suara speaker mono bukannya jelek. Namun, tidak ada dinamika yang mampu membuat suara terlihat lebih dramatis.

Hal selanjutnya yang disayangkan adalah sistem operasi yang masih Android 12 berlapis antarmuka XOS 12. Ketika Infinix Zero 5G dirilis, sudah cukup banyak ponsel keluaran awal tahun 2023 yang sudah mengadopsi Android 13.

Jaminan peningkatan sistem operasi di HP ini juga belum jelas. Namun, jika merujuk HP seri Zero lainnya - seperti Zero 20 dan Zero 20 Ultra - Zero 5G 2023 kemungkinan bakal memperoleh satu kali peningkatan sistem operasi, dan pembaruan sistem keamanan hingga tahun kedua setelah rilis.

Simpulan

Infinix Zero 5G 2023 memiliki status sebagai versi penyegar dari Zero 5G. Beberapa peningkatan diberikan buat si ponsel. Misalnya, performa yang lebih unggul, memori internal yang dua kali lebih besar, dan resolusi kamera utama yang meningkat menjadi 50 MP dari yang semula 48 MP.

Hanya, peningkatan tampaknya hanya difokuskan pada sisi performa. Sektor kamera malah dikorbankan. Tidak ada lagi kamera belakang fungsional selain kamera utama. Lalu, meskipun HP ini rilisan tahun 2023, sistem operasi yang dipakainya kurang up-to-date.

Bagaimanapun, Infinix Zero 5G 2023 tetap perlu dipertimbangkan. Khususnya bagi Anda yang memerlukan ponsel bertenaga yang baterainya awet, memorinya besar, serta mendukung konektivitas 5G. Tertarik dengan Infinix Zero 5G 2023?

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram