Mengupas Lengkap Perbedaan realme 8 dan realme 8 5G

Ditulis oleh M. Lukman Ardiansyah

Dengan jeroan yang terpasang pada masing-masing dari kedua perangkat realme tersebut pastinya akan memproduksi nilai AnTuTu v8 berbeda. Misal untuk realme 8 berhasil mengumpulkan skor 300.840, sedangkan realme 8 5G cukup puas dengan perolehan AnTuTu v8 sebesar 250.000. Dapat dipastikan kalau kinerja realme 8 lebih ciamik dibandingkan dengan realme 8 5G.

4. Petarungan pada Sistem Kamera

realme-8-5G Camera Carisinyal

Pada sektor kamera depan realme 8 dan realme 8 5G mendapatkan resolusi yang seimbang yaitu 16 MP. Namun, untuk aperture-nya realme 8 5G lebih unggul dengan ukuran f/2.1. Sedangkan, realme 8 edisi standar berukuran f/2.5 yang mana efek bokehnya tidak sedetail milik realme 8 5G.

Selain itu, fitur yang dihadirkan pada kamera depan realme 8 lebih banyak antara lain HDR dan panorma dengan sistem videografinya beresolusi 1080p@30/120fps didampingi oleh teknologi gyro-EIS. Berbeda dengan realme 8 5G yang harus sabar karena hanya punya satu fitur bernama HDR dan konfigurasi 1080p@30fps untuk merekam video.

Sensor yang ada pada kamera utama milik realme 8 terdiri dari empat sensor di antaranya yaitu 64 MP dengan bukaan f/1.8 tersemat di lensa premier, 8 MP berdiafragma f/2.3 sebagai lensa ultrawide, dan sepasang 2 MP untuk lensa makro maupun kedalaman. Lalu, kamera utamanya dimeriahkan dengan fitur LED flash, HDR, dan panorama.

Sebagai perangkat kembar, kamera utama punya realme 8 5G juga menghadirkan fitur yang tetapi tidak dengan jumlah sensornya. Pada realme 8 5G mengusung triple camera yang terdiri dari lensa wide berukuran 48 MP f/1.8 serta lensa makro dan lensa kedalaman beresolusi 2 MP dengan aperture f/2.4.

Nah, untuk kemampuan merekam momen tampaknya sistem videografi dari realme 8 lebih dapat diandalkan karena terdiri dari resolusi 4K@30fps, 1080p@30/60/120fps, dan teknologi gyro-EIS yang berguna agar proses merekam video tidak goyang dan tetap seimbang. Sementara, realme 8 5G lagi-lagi harus sabar dengan kepemilikan satu resolusi saja yang berukuran 1080p@30fps.

5. Konektivitas, Warna, dan Harga

5. NFC

Tidak hanya poin-poin perbedaan yang telah diutarakan di atas ternyata kedua ponsel realme ini masih menyimpan beberapa divergensi minor.

Seperti pada sistem navigasi, realme 8 5G lebih banyak kerja sama dengan beberapa perusahaan mulai dari A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, hingga QZSS. Sedangkan, realme 8 hanya terdiri dari sistem saja yaitu A-GPS, GLONASS, dan BDS.

Selain diberkati dengan teknologi 5G, realme 8 5G juga menghadirkan fitur NFC (Near-Field Communication) yang salah satunya manfaatnya yaitu dapat membantu urusan transaksi digital.

Tampaknya realme 8 harus gigit jari karena belum disokong oleh teknologi 5G dan NFC. Tetapi pengguna realme 8 masih bisa menikmati FM Radio jika dibandingkan dengan realme 8 5G.

Keduanya mempersembahkan sensor kompas, proksimiti, gyro, pemindai sidik jari, dan akselerometer. Namun, untuk sidik jari ada sedikit perbedaan dalam urusan tata letaknya. Pemindai sidik jari realme 8 dapat diakses di bawah layar dan secara optik, sementara realme 8 5G meletakkan sidik jarinya di sisi bingkai.

Perangkat realme 8 edisi standar hadir dalam dua varian warna antara lain Cyber Silver dan Cyber Black. Lain halnya dengan realme 8 5G yang menyuguhkan corak yang terdiri dari dua pilihan yaitu Supersonic Blue dan Supersonic Black. Jangan tanya, warna-warna yang disuguhkan realme tentunya memiliki kesan yang elegan dan futuristik.

Berikutnya terkait harga sudah pasti akan terjadi pertarungan. Calon pengguna yang berminat membawa pulang realme 8 harus rela mengeluarkan tabungannya sebanyak Rp3,59 juta untuk tipe 8/128 GB. Sedangkan, realme 8 5G dibanderol dengan harga Rp3,2 juta per unitnya untuk model berkapasitas 8/128 GB.

Simpulan

Dari penjabaran di atas bahwa realme 8 mempunyai badan yang lebih ringan, kualitas panel yang membahana, jeroan dengan nilai AnTuTu yang tinggi, jumlah sensor kamera yang banyak, dan masih memiliki fitur FM Radio.

Sedangkan, realme 8 5G unggul dalam bidang dimensi yang lebih besar, laju penyegaran yang kencang, pilihan memori yang banyak, punya sistem navigasi yang beragam, dan memiliki fitur NFC.

Demikianlah pembahasan mengenai perbedaan realme 8 dan realme 8 5G yang diharapkan dapat memberikan wawasan dan membatu kamu yang sedang dilema memilih salah satu di antara kedua ponsel realme tersebut. Terus ikuti Carisinyal agar kamu tidak ketinggalan berita seputar teknologi dan perkembangan ponsel pintar, yah!

«1 2
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram