carisinyal web banner retina

7 Perbedaan Smartphone Redmi A2 dan Redmi A3

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Redmi A3 resmi diperkenalkan pada pasar Indonesia sejak bulan Februari 2024. Ponsel ini berada di rentang harga entry-level, sehingga cocok dimiliki oleh anak-anak, pelajar, atau lansia yang butuh smartphone berkualitas untuk aktivitas ringan sehari-hari.

Walau murah, tampilan bodi belakangnya sama sekali tidak terlihat murahan. Fitur-fiturnya pun banyak yang meningkat dibandingkan Redmi A2 yang rilis pada tahun 2023.

Karena setiap tahun selalu ada peningkatan standar pada kualitas smartphone, lumrah jika banyak yang mengira Redmi A3 hadir dengan berbagai fitur baru ketimbang Redmi A2. Namun yang perlu diingat, kadang HP yang rilis lebih baru belum tentu lebih baik dari HP yang lebih dulu hadir.

Lantas, apa saja yang membedakan Redmi A2 dan Redmi A3? Apakah ada peningkatan dari segi performa? Untuk menjawabnya, bisa disimak pada spesifikasi dan daftar perbedaan berikut ini.

Spesifikasi Redmi A2

Redmi A2
Layar IPS LCD 6.52 inci
Chipset MediaTek Helio G36
RAM 2 GB, 3 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera 8 MP (wide) 0.3 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi Redmi A3

Redmi A3
Layar IPS LCD 6.71 inci
Chipset MediaTek Helio G36
RAM 4 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 8 MP (wide) MP (monochrome)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Perbedaan Redmi A2 dan Redmi A3

Redmi A2 dan Redmi A3 masing-masing menunjukkan kebolehannya di kelas harga entri. Namun, ada sejumlah area yang memang lebih dikuasai Redmi A3. Simak perbedaan keduanya berikut ini.

1. Desain Bodi Berubah Drastis

kamera redmi a2 Cropped_
Desain belakang Redmi A2

Dilihat dari depan, Redmi A2 dan Redmi A3 tampak tidak berbeda. Namun, Redmi A3 sebenarnya punya perbedaan dari sisi bezel dagu yang lebih tipis. Tidak hanya pada dagu, bezel di samping kiri dan kanan juga tampak lebih ramping dibandingkan pada Redmi A2.

Ini karena memang ada perbedaan dari sisi ukuran layar, sehingga Xiaomi pun memutuskan untuk meningkatkan juga rasio bodi-ke-layar menjadi 82,9 persen pada Redmi A3. Meningkat dari yang semula hanya 81 persen pada Redmi A2.

Namun, sayangnya Redmi A3 masih mempertahankan desain poni tetesan air (waterdrop notch) seperti pendahulunya. Tentu akan lebih baik jika berpindah menjadi kamera punch hole agar lebih tampak mewah. Tapi kalau mengingat harganya, poni tetesan air tersebut masih dapat dimaklumi.

Beralih ke sisi belakang, di sinilah perbedaan keduanya semakin kelihatan. Redmi A2 memiliki modul kamera dengan ujung melengkung (rounded edge) berisikan wadah berbentuk pil untuk menampung dua kamera.

Redmi A3
Desain belakang Redmi A3

Sementara, Redmi A3 hadirkan desain yang sama sekali berbeda dengan modul kamera berbentuk lingkaran besar yang diletakkan di tengah. Desain ini Xiaomi namakan sebagai sleek camera deco.

Dengan desain tersebut, Redmi A3 akan semakin dipercaya sebagai ponsel dengan kualitas kamera yang apik. Adapun Redmi A3 juga tersedia dalam dua varian warna yakni Midnight Black dan Star Blue.

Pada Redmi A2, bahan yang melapisi bodi belakangnya merupakan plastik polycarbonate, sama seperti Redmi A3. Hanya saja, Redmi A2 dibekali dengan tekstur yang menyerupai kulit sintetis alias vegan leather. Hal ini otomatis membuat bodi belakangnya terasa nyaman digenggam seperti pada HP flagship.

Opsi eco leather juga turut dimiliki Redmi A3 yang memberikan kenyamanan berlebih saat dipegang, serta tidak mudah dihinggapi noda sidik jari. Selain opsi tersebut, Redmi A3 juga tersedia dalam varian kaca (glass).

Bisa dibilang, tampilan belakang Redmi A2 mengambil inspirasi dari Xiaomi Mi 11 yang merupakan flagship keluaran tahun 2021. Untuk varian warnanya, Redmi A2 tersedia dalam opsi Aqua Blue, Classic Black, dan Sea Green.

Saat Redmi A2 diluncurkan, tidak disebutkan bahwa ponsel tersebut hadir dengan kaca pelindung di layarnya. Ini kontras dengan Redmi A3 yang layarnya dilapisi dengan Gorilla Glass 3, sehingga cenderung aman dari baret ketika tergores. Sayangnya, Gorilla Glass 3 ini belum dapat melindungi layar dari retak akibat terjatuh.

Kini beralih ke bobot dan dimensi, Redmi A2 adalah opsi yang sedikit lebih ringan dibanding penerusnya. Sebab, Redmi A2 memiliki bobot 192 gram di saat Redmi A3 memiliki bobot 193 gram atau 199 gram, tergantung opsi warna yang dipilih.

Namun di antara keduanya, Redmi A3 lebih tipis dengan ketebalan 8,3 mm. Ketebalan ini jauh lebih tipis dibanding Redmi A2 yang setebal 9,1 mm. Adapun untuk dimensi lainnya, Redmi A3 punya panjang 168,3 mm x 76,3 mm. Ini sedikit lebih panjang dari Redmi A2 dengan dimensi 164.9 mm x 76,8 mm.

2. Ada Perbedaan di Sisi Layar

Redmi A3

Redmi A2 dan Redmi A3 sama-sama dibekali panel IPS LCD dengan resolusi 720p. Bedanya, Redmi A2 memiliki ukuran layar 6,52 inci sedangkan Redmi A3 hadir dengan dimensi 6,71 inci.

Diketahui, Redmi A2 hanya dibekali dengan refresh rate 60 Hz standar. Sementara, Redmi A3 kini lebih mulus lagi dengan refresh rate 90 Hz. Hal ini menjadikan Redmi A3 sebagai salah satu HP termurah di dunia yang menghadirkan refresh rate tinggi di harga Rp1 juta lebih sedikit.

Dan seperti yang sempat disinggung sebelumnya, layar Redmi A3 memiliki lapisan kaca Gorilla Glass 3 yang membuatnya lebih tahan terhadap goresan. Fitur yang tidak dimiliki oleh Redmi A2.

3. Wi-Fi 4 vs. Wi-Fi 5

Redmi A3

Untuk dapat merasakan jaringan internet yang kencang, dibutuhkan versi Wi-Fi terbaru. Dalam hal ini, Redmi A2 akan membuat pengguna kesulitan mendapatkan jaringan yang bagus karena hanya dukung Wi-Fi 4.

Wi-Fi 4 pada Redmi A2 hanya dapat terhubung ke pita jaringan 2,4 GHz. Jaringan ini punya keunggulan dari sisi jarak yang bisa dijangkau serta sinyalnya tidak mudah terganggu oleh penghalang.

Namun, Wi-Fi 4 (802.11 a/b/g/n) hanya mendukung kecepatan maksimal hingga 600 Mbps sementara Wi-Fi 5 (802.11ac) mendukung hingga 6.933 Mbps (hampir mendekati 7 Gbps).

Selain itu, jika Anda berada di tempat publik yang menggunakan router 5 GHz, kemungkinan Redmi A2 atau perangkat lain yang hanya dukung Wi-Fi 4 tidak akan dapat mengenali nama Wi-Fi di tempat tersebut.

Redmi A3 juga memiliki versi Bluetooth 5.3 yang lebih modern dibandingkan Redmi A2 yang hanya pakai Bluetooth 5.0. Versi 5.3 adalah salah satu yang paling baru di tahun 2024, memiliki efisiensi daya lebih tinggi, jangkauan lebih luas, serta delay yang lebih minim.

4. Port MicroUSB vs. USB-C

kamera Redmi A3

Redmi A2 masih dibekali dengan port pengisian microUSB 2.0. Ini merupakan port lawas yang memiliki bentuk seperti trapesium. Sedangkan, Redmi A3 hadir dengan port pengisian USB-C 2.0 yang memiliki bentuk simetris.

Kehadiran USB-C pada Redmi A3 tampaknya didorong oleh mandat Uni Eropa yang mengharuskan seluruh alat elektronik menggunakan USB-C port. Port USB-C lebih mudah digunakan karena bentuknya yang simetris, ketimbang microUSB yang mewajibkan pengguna menyesuaikan orientasi ujung kabel agar berhasil masuk ke port.

5. Kini Redmi A3 Memiliki Sensor Sidik Jari di Samping

Redmi A3

Redmi A2 dan A3 tidak memiliki sensor yang lengkap. Tanpa giroskop, kompas, infrared, dan juga proksimitas. Namun, kini Redmi A3 disertai dengan sensor sidik jari yang berada di samping (side-mounted fingerprint).

Dengan sensor ini, pengguna tidak perlu lagi hanya mengandalkan face unlock saat membuka kunci layar. Anda juga bisa menempelkan jari pada sensor untuk dapat mengakses isi ponsel dengan cepat. Fitur sensor sidik jari ini sayangnya absen pada Redmi A2.

6. Dirilis dengan versi Android yang Berbeda

Redmi A2 1_

Kedua ponsel ini sama-sama dirilis dengan Android Go Edition yang dikhususkan untuk ponsel entry-level. Namun, di saat Redmi A2 hadir dengan Android 12 Go Edition, Redmi A3 rilis dengan Android 14 Go Edition.

Android Go adalah versi ringan dari Android reguler, dapat membuka aplikasi 30 persen lebih cepat pada HP entry-level dibandingkan Android biasa. Android Go juga menyisakan ruang lebih banyak pada storage sehingga dapat diisi dengan aplikasi atau gim yang Anda butuhkan.

Secara keseluruhan, fitur-fiturnya tetap sama dengan Android biasa namun ada sedikit pengecualian, yakni tidak bisa menggunakan fitur PIP (picture-in-picture).

Google Play Store juga akan condong mengarahkan Anda untuk menginstal aplikasi Google versi Go Edition, seperti YouTube Go, Gmail Go, Google Go, Maps Go, dan sebagainya.

Hingga saat artikel ini ditulis, saya tidak menemukan pembaruan apa saja yang dihadirkan Android 14 Go Edition dibandingkan Android 12 Go Edition. Namun yang saya tahu, Android 12 Go Edition belum memiliki sejumlah fitur yang ada pada Android 13 Go Edition yakni seperti Material You dan Google Discover.

7. Harga Rilis dan Varian Memori Berbeda

Redmi A3

Saat rilis perdana pada Mei 2023, Redmi A2 dibanderol dengan harga Rp1.149.000 untuk RAM 3/32 GB dan Rp1.249.000 untuk versi RAM 3/64 GB.

Sedangkan, Redmi A3 hanya memiliki satu varian memori saja yakni RAM 4 GB dengan penyimpanan 128 GB. Redmi A3 rilis di Indonesia pada 22 Februari 2024 seharga Rp1.199.000.

Simpulan

Redmi A2 dan Redmi A3 merupakan smartphone kelas entri yang kaya akan fitur. Harganya yang begitu terjangkau membuka peluang lebih lebar untuk khalayak umum merasakan teknologi terkini tanpa terkendala dana.

Di antara keduanya, sungguh tidak ada alasan untuk tetap memilih Redmi A2 dibandingkan Redmi A3 yang jadi penerusnya. Layar Redmi A3 lebih lebar, dan sudah dibekali refresh rate 90 Hz untuk pengalaman scrolling lebih mulus.

Konektivitasnya pun lebih modern dengan Wi-Fi 5 dan port USB-C 2.0 yang bisa membuat Anda hidup lebih praktis. Lalu, desain bodi belakangnya pun sedikit mengingatkan saya akan realme 12 series dengan modul kamera berbentuk lingkaran jumbo.

Bahkan dengan harga yang lebih murah, Redmi A3 juga menawarkan kapasitas storage 128 GB yang lebih lega. RAM-nya pun sudah berada di kapasitas 4 GB agar dapat melakukan multi-tasking dengan baik.

Antara Redmi A2 dan Redmi A3, yang tidak berubah adalah konfigurasi kamera dan jenis chipset yang digunakan. Keduanya disertai Helio G36 yang memiliki kinerja ala kadarnya untuk jalankan aktivitas ringan, tidak untuk gaming berat. Selain itu, keduanya juga sama-sama dilengkapi kamera utama 8 MP dan auxiliary lens 0,08 MP di belakangnya.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram