Wajib Tahu, Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan vivo V23e!

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Seperti yang mungkin sudah bisa ditebak khalayak, vivo V series memang tidak pernah mengecewakan perihal kinerja kamera depannya. Sungguh cocok bagi Anda yang hobi vlogging ataupun berkecimpung di dunia kreasi konten profesional.

5 Fast Charging yang Super Ngebut

vivo v23e fast charging 44 w

Nyatanya, vivo V23e selain dirancang untuk memenuhi kebutuhan fotografi, juga dimaksudkan untuk membuat keseharian pengguna menjadi lebih lancar dan produktif. Oleh karena itulah HP ini dibekali dengan kemampuan pengisian daya cepat 44 W yang diklaim dapat mengisi baterai hingga 69% dalam waktu 30 menit.

Kemampuan pengisian tersebut (atau yang biasa disebut fast charging) ternyata alami peningkatan dibandingkan vivo V21e dan vivo 21 yang hanya dibekali daya pengisian 33 W. Kendati begitu sebenarnya peningkatan di dunia nyata tidak begitu signifikan.

Lantas, apakah klaim 69% dalam waktu 30 menit sesuai dengan praktek nyata? Kami melansir dari sebuah video pengujian di YouTube yang diunggah Infofull.

Nyatanya ketika dicas selama 30 menit menggunakan adapter bawaan 11V/4A, daya yang diisi hanyalah 52%. Ya, sedikit lebih rendah dari yang diklaim perusahaan, namun tetap sebuah pengalaman yang cepat di harganya. Sedangkan untuk meraih 100%, membutuhkan waktu sekitar 70 menit.

Lain lagi dengan hasil pengujian yang dilakukan GadgetIn yang mengungkapkan bahwa vivo V23e akan meraih baterai 66% saat diisi selama 30 menit menggunakan casan bawaan 44 W.

Adapun untuk pengisian dari nol hingga full, David GadgetIn menuturkan butuh waktu satu jam (60 menit) pengisian. Ya, hasilnya memang bisa beda-beda tergantung dari kondisi penggunaan, salah satunya seperti tingkatan brightness yang digunakan.

vivo V23e yang mengemas daya pengisian 44 W ini dinilai lebih unggul dibanding salah satu rivalnya, yakni Samsung Galaxy A71 dengan daya 25 W saja. Kendati begitu, vivo V23e ini memang masih kalah dibandingkan POCO X3 GT yang mengemas fast charging 67 W.

6. Dapur Pacu Helio G96 yang Cukup Gahar + Extended RAM

helio g96Sumber: realme

Hadir di rentang harga 4 jutaan, vivo V23e ini memiliki kemampuan dapur pacu yang berdaya saing. Ponsel ini menawarkan SoC (System-on-Chip) berupa MediaTek Helio G96 yang masih terbilang baru saat vivo V23e dirilis.

Ia merupakan versi yang sedikit lebih unggul ketimbang Helio G95 yang performanya sudah teruji pada ponsel-ponsel mid-range ternama, sebut saja realme 8 dan juga Infinix Zero X Pro.

Dari spesifikasinya, Helio G96 sama sekali tidak berubah dibanding Helio G95, sama-sama membawakan konfigurasi octa-core yang mencakup dua unit bertenaga berupa ARM Cortex A76 (2.05 GHz) dan juga enam unit efisiensi yang dinamakan ARM Cortex A55 (2.0 GHz).

Banyak yang mengira Helio G96 lebih baik dari segi pengalaman grafis, walau nyatanya ia justru hadir dengan GPU berupa Mali G57 MC2 yang tenaganya lebih rendah dibanding Mali G76 pada Helio G95. Dari segi frekuensi GPU-nya pun, Helio G96 hanya berada di angka 850 MHz, sedikit lebih rendah dari Helio G95 di angka 900 MHz.

Kendati GPU-nya mengalami penurunan performa, namun Helio G96 mendukung resolusi kamera hingga 108 MP, serta memiliki dukungan juga terhadap layar Full HD+ yang sekaligus menawarkan refresh rate 120 Hz.

Chipset yang dibangun pada proses fabrikasi 12 nanometer tersebut memiliki skor benchmark AnTuTu v9 sebesar 341 ribuan, dengan skor Geekbench 5 yang mencapai 543 (single core) dan 1890 (multi-core). Begitulah yang dilansir dari NanoReview.net.

Jika dilihat-lihat, performanya ini setara dengan Snapdragon 730G (skor AnTuTu v9 sebesar 331 ribuan) atau 720G (336 ribuan). Artinya, secara teknis Helio G96 bisa dibilang sedikit lebih unggul dibandingkan mayoritas HP 4 jutaan lainnya. Tapi performa secara real pasti tidak akan begitu terasa bedanya, sih.

Yang akan membedakan performa HP ini dengan para pesaingnya bukan hanya chipset melainkan juga konfigurasi RAM-nya. Diketahui, vivo V23e menghadirkan RAM sebesar 8 GB LPDDR4x dan memori internal berkapasitas 128 GB berjenis UFS 2.1.

Ditambah lagi, vivo V23e juga mengusung teknologi Extended RAM yang dapat mengalokasikan 4 GB dari memori intenal sebagai tambahan RAM virtual. Sehingga, perangkat pun jadi bisa membuka 25 aplikasi sekaligus dalam sekali waktu.

Dalam hal pengalaman game, vivo V23e ini dapat menunjang permainan seberat Genshin Impact dengan cukup lancar. GadgetIn menuturkan kalau frame rate terendah yang bisa didapatkan saat bermain adalah 28 FPS. Memang bukan pengalaman yang terbaik, namun setidaknya Anda tidak akan menemukan lag atau stutter yang game-breaking banget.

7. Konektivitas Cukup Lengkap

NFC

vivo V23e yang hadir secara resmi di Indonesia memiliki konektivitas yang cukup lengkap, termasuk salah satunya NFC Multifunctions yang dapat digunakan untuk mengecek saldo eMoney ataupun eToll hanya dengan menempelkan kartu ke bodi HP.

Selain itu, NFC pada vivo V23e juga berfungsi untuk menduplikasi kartu akses pintu apartemen atau kantor. Sehingga, Anda tinggal perlu menempelkan ponsel ke scanner setiap kali hendak buka pintu tanpa harus melulu bergantung dengan kartu yang aslinya. Asyik, bukan?

Selain NFC, vivo V23e turut dilengkapi dengan Bluetooth 5.2 yang dapat menunjang transmisi aksesoris audio nirkabel dengan optimal, serta WiFi Dual Band pada protokol 802.11 a/b/g/n/ac. Namun sayangnya, perangkat ini tidak dibekali dengan port 3.5 mm jack audio, sehingga Anda harus siapkan adapter setiap kali mau gunakan earphone kabel.

«1 2 3»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram