carisinyal web banner retina

10 HP yang Sedang Trend di Indonesia (Juni 2022)

Jika Anda adalah salah seorang yang mengikuti perkembangan teknologi, maka Anda tentu selalu up-to-date terhadap smartphone yang sedang tren di Indonesia saat ini. Di tahun ini, ada banyak varian smartphone yang cukup booming di pasar gadget Indonesia. Tak hanya dari kalangan ponsel high-end saja, HP yang lagi booming tersebut juga berasal dari kelas mid-end dan low-end.

Nah, kali ini Carisinyal akan membahas daftar HP yang lagi trend di Indonesia saat ini. HP ini cukup banyak diperbincangkan oleh masyarakat Indonesia karena beberapa alasan, termasuk fitur-fitur menggoda yang ditawarkannya. Yuk, langsung saja cari tahu daftar selengkapnya berikut ini.

1. Apple iPhone SE 2022 

Apple iPhone SE 2022
Layar - - inci
Chipset -
RAM
Memori Internal
Kamera
Baterai - - mAh
Harga Saat Rilis Rp -
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Untuk dapat memiliki ponsel iPhone dengan harga murah, Anda bisa pertimbangkan iPhone SE generasi ketiga yang dirilis pada tahun 2022. Ia menghadirkan tampilan bodi yang mirip dengan iPhone SE 2020 dan iPhone 8, dengan tombol Home yang sekaligus menjadi sensor pemindai sidik jari (Touch ID) dan bezel yang cukup tebal.

Bedanya, kini iPhone SE 2022 sudah menggunakan chipset yang sama dengan iPhone 13 series, yakni Apple A15 Bionic dengan pergabungan enam prosesor yang mencakup inti Avalanche dan Blizzard pada formasi 2 + 4.

iPhone SE keluaran 2022 ini juga hadir dengan bahan material aluminium ramah lingkungan yang diklaim menggunakan proses peleburan bebas karbon dan berbasis tenaga air. Oleh karena itu, pembuatan ponsel ini hanya akan mengeluarkan emisi berupa oksigen alih-alih gas rumah kaca.

Ini juga merupakan ponsel Apple dengan jaringan seluler 5G termurah, hanya menyuguhkan harga rilis sebesar Rp6 jutaan, harga rilis yang juga dimiliki oleh iPhone SE generasi sebelumnya.

Di bagian layar, mengusung panel Retina IPS LCD berukuran 4,7 inci dengan lapisan kaca ion-strengthened glass serta lapisan oleophoboc coating. Ia mengusung layar dengan resolusi 750 x 1334 piksel dengan aspek rasio 16:9 pada kerapatan 326 ppi. Sementara untuk tingkat kecerahan yang diapat, mencapai angka 625 nit (tipikal).

Ponsel ini turut hadir dengan stereo speaker dengan koneksi jaringan WiFi 6, serta dapat dicas menggunakan port Lightning alih-alih USB Type-C. Mengingat layarnya yang berukuran kecil, ini otomatis membuat bodinya pun begitu ringan untuk digenggam yakni hanya 144 gram dengan ketebalan 7.3 mm.

Keunikan lain dari HP ini adalah sertifikasi IP67 yang membuat ponsel tahan saat terendam di genangan air sedalam hingga 1 meter dalam waktu 30 menit. Tak lupa, agar ponsel bisa bertahan dengan cukup lama. disediakan juga baterai dengan kapasitas 2018 mAh yang dilengkapi fast charging 18 W. Ini membuatnya sanggup dicas sampai 50% dalam waktu 30 menit saja.

2. Samsung Galaxy S22 Ultra 

Samsung Galaxy S22 Ultra 5G
Layar Dynamic AMOLED 2X 6.8 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera 108 MP (wide) 10 MP (periscope telephoto) 10 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Ion 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 17.999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Samsung Galaxy Note series merupakan seri yang selalu ditunggu-tunggu oleh para fans karena menghadirkan S Pen yang enak digunakan untuk navigasi, menulis, ataupun membuat sketsa. Sayangnya, Samsung memutuskan untuk tidak lagi mengeluarkan produk lanjutan pada seri Galaxy Note ini.

Alhasil Samsung pun menyiasati hal ini dengan memberikan dukungan S Pen terhadap layar Galaxy S21 Ultra, meskipun S Pen-nya itu sendiri harus dibeli secara terpisah dan masih menggunakan versi yang sama dengan Galaxy Note20 series. Pun, tidak ada kompartemen khusus pada bodi untuk menaruh S Pen.

Nah, saat Samsung Galaxy S22 Ultra dirilis pada tahun 2022, barulah para konsumen disuguhkan dengan ponsel flagship yang kental akan DNA Galaxy Note. Galaxy Note S22 Ultra telah disertai dengan desain bodi dengan ujung-ujung lancip yang menyerupai Galaxy Note20 series.

Ia pun sudah menyediakan S Pen dari dalam paket penjualan, dan memiliki peningkatan latensi yang semula 9 milidetik pada Note20 series, kini menjadi 2.8 milidetik saja. Penggunaan S Pen pada Galaxy S22 Ultra juga menggunakan teknologi AI prediction point yang dapat memprediksi gerakan S Pen, supaya responsivitasnya bisa dibuat setinggi mungkin.

Samsung Galaxy S22 Ultra juga memiliki beragam keunggulan yang meningkatkan pengalaman pengguna, dengan layar panel Dynamic AMOLED 2X yang dilengkapi HDR10+, refresh rate 120 HZ, dan juga touch sampling rate 240 Hz.

Ia juga merupakan ponsel yang hadirkan kinerja tinggi untuk bermain game, dengan chipst Snapdragon 8 gen 1, RAM LPDDR5 hingga 12 GB dengan memori internal UFS 3.1 hingga 512 GB. Galaxy S22 Ultra juga hadirkan sensor UWB (Ultrawide Band), NFC, fast charging 45 W, dan masih banyak lagi fitur-fitur menarik. Baca kelebihan dan kekurangan Galaxy S22 Ultra untuk info selengkapnya.

3. realme GT2 Pro 

realme gt2 pro
Layar LTPO2 AMOLED 6.7 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen1
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 50 MP (ultrawide) 3 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 9.999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Jangan hanya terpukau dengan spesifikasi super dewa, karena realme GT2 Pro juga menyuguhkan ssuatu yang lebih yakni dari sisi desain yang ergonomis dan ramah lingkungan. Bagaimana tidak? Ia merupakan ponsel flagship pertama yang hadirkan bahan material bio-based, menggunakan kertas daur ulang.


Ia juga merupakan salah satu HP flagship termurah yang hadirkan Snapdragon 8 Gen 1, hadir dengan harga rilis di angka 9 jutaan saja. Sehingga, segala aktivitas harian seperti rendering video ataupun bermain game bisa berjalan dengan lancar tanpa harus baut kantong jebol.

realme GT2 pro juga akan begitu cocok untuk dipakai menonton film karena layarnya yang super jenih, menawarkan panel LTPO 2.0 AMOLED 2K dengan laju penyegaran 120 Hz dan sertifikasi HDR10+. Dengan begini, mata Anda sungguh dimanjakan dengan gerakan isi layar yang dua kali lipat lebih mulus. Cari tahu lebih banyak pada kelebihan dan kekurangan realme GT2 Pro.

4. Samsung Galaxy S22 dan S22 Plus

Galaxy S22 Black
Layar Dynamic AMOLED 2X 6.6 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 10 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Ion 4500 mAh
Harga Saat Rilis Rp 14.999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Tidak seperti varian Ultra yang kental akan DNA Galaxy Note, Anda tetap bisa merasakan kualitas HP flagship pada Galaxy S22 reguler dan Galaxy S22 Plus. Kedua varian ini sama-sama hadirkan panel Dynamic AMOLED 2X dengan refresh rate 120 Hz, namun keduanya berada pada dimensi berbeda.

Galaxy S22 reguler memiliki layar berukuran mungil yakni 6,1 inci pada resolusi Full HD+. Oleh karena itu, ia pun hadir dengan bobot yang begitu ringan di angka 167 gram. Sementara, varian Plus-nya berada pada dimensi layar 6,6 inci FHD+, cocok untuk Anda yang memang prefer ukuran layak untuk menonton Netflix ketimbang sisi portabilitas.

Keduanya memiliki banyak kesamaan, terlebih dari segi kinerja dan fotografi. Mengusung chipset Snapdragon 8 Gen 1, ini juga merupakan kali pertama Samsung hadirkan varian Galaxy S dengan SoC dari Qualcomm alih-alih Exynos di Indonesia.

Juga, Anda dapat menikmati pengalaman memotret yang menyenangkan dengan hasil foto jernih, tajam memukau. Diketahui, kedua varian hadirkan konfigurasi kamera utama 50 MP (f/1.8) dengan Dual Pixel PDAF dan OIS.

Sebagai lensa pendamping, dihadirkan kamera 10 MP (f/2.4) telefoto untuk pemotretan jarak jauh dengan kemampuan 3x zoom optik dan OIS, serta kamera ultrawide 12 MP (f/2.2) untuk memotret pemandangan pada sudut keluasan 120 derajat, dilengkapi dengan fitur Super Steady Video. Tak lupa Anda pun disuguhkan dengan kemampuan perekaman video hingga resolusi 8K pada kecepatan 24 FPS.

5. Redmi Note 11 Series

redmi note 11
Layar AMOLED 6.43 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 680
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.499.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Redmi Note 11 series merupakan ponsel-ponsel entry-level dan mid range yang disebut-sebut sebagai Jawara, hadirkan keunggulan di sisi layar, kinerja, fotografi, dan juga baterai. Beberapa ponsel yang dirilis di Indonesia mencakup Redmi Note 11, Redmi Note 11 Pro, Redmi Note 11 Pro 5G.

Ketiganya sama-sama memiliki baterai kapasitas 5.000 mAh dengan ketahanan yang tinggi, serta hadirkan fast charging 33 W (Redmi Note 11) dan 67 W (Redmi Note 11 Pro dan 11 Pro 5G).

Anda pun dapat merasakan kinerja gaming yang tinggi pada ketiga ponsel, dengan chipset Snapdragon 695 5G pada Note 11 Pro 5G yang tak hanya berikan konektivitas 5G yang stabil tapi juga frame rate tinggi saat bermain game. Chipset ini bahkan disebut-sebut miliki performa lebih tinggi dari beberapa Snapdragon 700 series.

Sementara pada Redmi Note 11 Pro biasa, menggunakan chipset khusus gaming dari MediaTek berupa Helio G96. Sekadar informasi, Helio G96 adalah SoC kelas mid-range yang mampu meraih skor 300ribuan pada AnTuTu v9, menempatkannya pada urutan kedua dengan kinerja tertinggi pada seri Redmi Note 11.

Anda pun disuguhkan dengan Snapdragon 680 4G pada Redmi Note 11 reguler. Mengingat ia dibanderol dengan harga paling murah, tentu wajar jika ia memiliki kinerja paling rendah antara ketiganya (AnTuTu v9 sebesar 200 ribuan).

Namun yang pasti, ketiganya sama-sama menawarkan kemampuan fotografi di atas rata-rata. Redmi Note 11 reguler misalnya, yang sudah hadirkan resolusi kamera utama 50 MP kendati harganya yang hanya 2 jutaan. Begitu pun dengan Redmi Note 11 Pro dan 11 Pro 5G dengan kamera 108 MP, mengusung teknologi Nona Bayar untuk hasilkan output 12 MP.

Ketiga ponsle hadir juga dengan konektivitas yang lebih lengkap ketimbang para pesaingnya, merupakan tiga dari sekian ponsel lain yang masih dibekali port infrared. Kami telah membahas perbedaan ketiga seri ini pada artikel perbedaan Redmi Note 11 series, yuk disimak!

6. Samsung Galaxy A73 

samsung galaxy a73 5g_
Layar Super AMOLED+ 6.7 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 778G
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 108 MP (wide) 12 MP (ultrawide) 5 MP (macro) 5 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 7.799.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Pada akhir Maret 2022, Samsung telah meluncurkan Galaxy A33 dan A53 melalui kanal YouTube resmi mereka. Dan beberapa saat setelah peluncuran keduanya, Samsung pun kembali mengeluarkan Galaxy A73 5G yang bawakan spesifikasi unggul di harga menengah.

Ukuran layarnya sedikit lebih besar ketimbang Galaxy A53 yang berada di angka 6,5 inci, yakni 6,7 inci pada resoousi Full hD+ (1040 x 2400 piksel). Ponsel ini juga mengusung refresh rate 120 Hz pada panel layar Super AMOLED. Selain terlihat cerah dan memanjakan mata, laju penyegaran tinggi akan membuat pegerakan di layar tampil 2x lipat lebih mulus.

Adapun pada sisi dapru pacunya, Galaxy A73 ditopang dengan konfiguasi prosesor octa core yang terdiri atas inti berkekuatan 2.4 GHz dan 1.8 GHz. Sebagai sistem operasinya, perangkat sudah sediakan Android 12 berantarmuka One UI 4.1 dari pabrikannya.

Konfigurasi kamera lengkap turut menjadi daya tarik utama lainnya pada HP ini, membawakan kamera utama 108 MP yang dilengkapi OIS, juga tiga lensa lainnya yang mencakup sensor 12 MP ultrawide, kamera 5 MP makro, dan kamera 5 MP depth sensor.

Menariknya lagi, kamera selfie-nya pun memiliki resolusi yang begitu tinggi yaitu 32 MP. Baik kamera selfie maupun belakang sama-sama hadirkan kemampuan merekam hingga resolusi 4K. Neat, huh? Kini, hasil rekaman video bisa lebih fleksibel untuk diedit.

Ponsel yang hadirkan jaringan seluler 5G ini juga telah dilengkapi dengan sensor NFC, WiFi 6, dan juga Bluetooth 5.0. Adapun untuk sensor jarinya terletak di samping (side-mounted fingerprint). Dengan sokongan baterai 5.000 mAh, Anda juga dijamin bisa menggunakan ponsel hingga seharian penuh. Dan apabila habis, tinggal dicas saja dengan kilat berkat kemampuan fast charging 25 W. Menarik, bukan?

7. Samsung Galaxy A53 

Samsung Galaxy A53 5G
Layar Super AMOLED 6.5 inci
Chipset Exynos 1280
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 12 MP (ultrawide) 5 MP (macro) 5 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 5.999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Sebagai salah satu ponsel mid-range paling epik, Samsung Galxay A53 5G cukup banyak menarik minat para penggemar gawai, khususnya mereka yang mementingkan sisi fotografi di atas segalanya.

Memang, di sisi kamera, ia tidak membawakan peningkatan sama sekali saat dibandingkan dengan Galaxy A52 5G yang jadi pendahulunya. Keduanya membawakan kamera utama 64 MP (f/1.8) yang telah dilengkapi OIS sehingga pengguna akan senantiasa hasilkan foto tanpa blur meski sembari berjalan.

Pada tiga lensa pendampingnya, mencakup kamera 12 MP (f/2.2) ultrawide pada sudut keluasan 123 derajat, kamera makro 5 MP (f/2.4) untuk memotret objek berukuran kecil dari jarak dekat, serta kamera 5 MP (f/2.4) depth sensor untuk memberikan efek bokeh yang berestetika tinggi pada mode portrait.

Kemampuan videografi di HP ini mencapai resolusi 4K dengan frame rate 30 FPS. Sungguh not bad untuk ponsel dengan harga rilis sekitar 6 jutaan.

Oh ya, kini Samsung Galaxy A53 5G tak lagi ditopang dengan Snapdragon 750G maupun snapdragon 775G seperti Galaxy Note A52 dan A52s 5G, melainkan menggunakan SoC besutan Samsung sendiri yaitu Exynos 2380 dengan fabrikasi 5 nanometer. Tertarik?

8. OPPO Reno7 5G

OPPO Reno7 5G (Indonesia)
Layar AMOLED 6.4 inci
Chipset MediaTek Dimensity 900
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Harga Saat Rilis Rp 7.499.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Tentu saja OPPO Reno7 5G yang hadirkan segudang fitur menarik dari sisi fotografi dan pengalaman pengguna ini begitu sukses mendulang tren di kalangan pencinta gawai di Indonesia. Ia hadir dengan fitur kamera Bokeh Flare Portrait yang bisa hasilkan konten video bagaikan DSLR ataupun alat pembuatan video canggih lainnya di industri perfilman.

Fitur tersebut akan memberikan efek background blur pada video, sehingga video bisa terlihat begitu aesthetic dan bernilai tinggi saat diunggah ke Instagram. Selain itu, tersedia juga AI Color Portrait dan AI Monochrome yang dapat menghilangkan warna pada latar belakang, menyisakan subjek foto sebagai satu-satunya yang colorful demi mempertegas emphasis.

Adapun fitur-fitur menarik lainnya seperti Air Gesture agar pengguna bisa melakukan navigasi ataupun mengangkat panggilan telepon hanya dengan lambaian tangan, serta fitur privasi yang otomatis menyembunyikan isi pesan di notifikasi saat ada orang lain yang mengintip.

OPPO Reno7 5G juga dilengkapi dengan segudang spesifikasi unggul di kelas harga menengah, seperti chipset Dimensity 900 5G yang kuat untuk game bergrafis tinggi, layar AMOLED 90 Hz dengan standar HDR10+, serta desain bodi yang begitu ramping pada bobot 173 gram dan ketebalan 7,8 mm.

Tak hanya enak digenggam dalam waktu lama, layarnya pun dirancang untuk memnajakan mata saat menonton ataupun bermain game. Tidak lupa, OPPO Reno7 5G juga menyuguhkan protokol WiFi 6 dan NFC untuk kemudahan dalam beraktivitas sehari-hari. Kunjungi artikel kelebihan dan kekurangan OPPO Reno7 5G untuk info selengkapnya.

9. vivo V23 5G 

vivo v23 5G
Layar AMOLED 6.44 inci
Chipset MediaTek Dimensity 920
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 4200 mAh
Harga Saat Rilis Rp 5.999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Bukan sulap bukan sihir, vivo V23 5G adalah ponsel yang akan membuat siapapun mind-blown karena bodi belakangnya bisa berganti-ganti warna. Kok bisa? Ini karena ia mengusung teknologi Fluorite AG Glass yang pemukaanya bisa berubah warna saat berada di bawah cahaya dari berbagai sudut penglihatan.

Selain itu, perangkat ini juga membawakan kamera yang unggul pada pemotretan malam hari, terlebih pada kamera depan. Ia menghadirkan kamera selfie 50 MP serta kamera ultrawide 8 MP dengan teknologi Night Portrait. Selain itu, tersedia dua lampu LED di depan untuk semakin memberikan pencahayaan ketika sedang selfie di malam hari.

Yang bikin HP ini semakin menarik, ia sudah hadir dengan sistem operasi Android 12 berbalutkan antarmuka Funtouch 12 yang bawakan banyak peningkatan fitur. Adapun dapur pacunya yang begitu gahar didukung oleh Dimensity 920 5G dengan fabrikasi 6 nm dan Expansion RAM 8 GB + 4 GB untuk mendongkrak performa baik saat bermain game maupun ketika membuka aplikasi.

10. Infinix Zero 5G

Infinix Zero 5G
Layar IPS LCD 6.78 inci
Chipset MediaTek Dimensity 900
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 48 MP (wide) 13 MP (telephoto) 2 MP (AI)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 3.599.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Infinix memang tidak pernah bosan merilis HP murah berkualitas di Tanah Air. Akan tetapi, belum ada satupun HP yang dirilis mengantongi konektivitas 5G. Itu mengapa, pengumuman Infinix mengenai kedatangan Infinix Zero 5G lantas membuat para fansnya langsung antusias.

Bagaimana tidak? Ia sudah dibekali dengan Dual 5G SIM dengan Intelligent Switch yang akan senantiasa berikan jaringan internet tercepat kapanpu Anda butuhkan. Infinix bahkan mengklaim kecepatan 5G yang dibawakannya meningkat sebanyak 950% dibandingkan jaringan seluler 4G.

Selain itu, ia turut hadirkan juga protokol WiFi dengan kecepatan unduhan hingga 1.2 Gb per detik, alias sekitar 177% lebih cepat ketimbang WiFi 5 biasa. Hal ini didukung dengan chipset prima Dimenisty 900 5G dengan fabrikasi 6 nm sehingga lebih hemat daya. Pada arstitektur CPU-nya pun, sudah menggunakan inti ARM Cortex A78 berkekuatan 2,4 GHz dengan dukungan RAM LPDDR5 dan UFS 3.1!

Begitu banyak kelebihan yang ia bawakan dari sisi konektivitas dan performanya. Namun meski begitu, Infinix Zero 5G nyatanya tidak begitu unggul dari sisi layar yang masih pakai panel IPS LCD. Well, kami pribadi masih menganggap HP ini layak diacungi jempol dengan harga rilisnya yang hanya sekitar Rp3 jutaan.

Masih penasaran dengan debut HP Infinix 5G pertama di Indonesia ini? Baca 10 kelebihan dan kekurangan Infinix Zero 5G, ya!

Rekomendasi HP yang lagi trend ini bisa menjadi referensi jika Anda ingin mengganti ponsel lama Anda dengan yang lebih mutakhir. Dari 10 ponsel ini, manakah ponsel yang paling ingin Anda miliki?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram