carisinyal web banner retina

10 HP yang Sedang Trend di Indonesia (Mei 2024)

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Jika Anda adalah salah seorang yang mengikuti perkembangan teknologi, maka Anda tentu selalu up-to-date terhadap smartphone yang sedang tren di Indonesia saat ini.

Di tahun ini, ada banyak varian smartphone yang cukup booming di pasar gadget Indonesia. Tak hanya dari kalangan ponsel high-end saja, HP yang lagi booming tersebut juga berasal dari kelas mid-end dan low-end.

Nah, kali ini Carisinyal akan membahas daftar HP yang lagi trend di Indonesia saat ini. HP ini cukup banyak diperbincangkan oleh masyarakat Indonesia karena beberapa alasan, termasuk fitur-fitur menggoda yang ditawarkannya.

Untuk daftar HP yang sedang tren di Indonesia bisa disimak pada tabel di bawah ini yang kemudian dilanjut dengan pembahasan tiap HP-nya secara detail.

*Daftar ini bisa digeser ke samping
*Silakan klik nama smartphone untuk spesifikasi selengkapnya
Smartphone
Harga
Varian
Kelebihan & Kekurangan

1. POCO X6 Pro 5G

POCO X6 Pro
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset MediaTek Dimensity 8300 Ultra
RAM 12 GB
Memori Internal 512 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

POCO X6 Pro 5G merupakan smartphone kelas menengah dengan performa yang setara flagship. Kendati dirilis dengan harga Rp4,9 juta (SRP), namun chipset-nya sudah menggunakan Dimensity 8300 Ultra dengan skor AnTuTu v10 sebesar 1,4 jutaan poin. Ini menempatkannya pada jajaran HP gaming kelas flagship.

Selain itu, di harganya yang terjangkau tersebut, pengguna disuguhkan storage jumbo 512 GB dengan RAM 12 GB. Adapun pada layarnya mengusung panel OLED cerah dengan teknologi LTPS di ukuran 6,67 inci, serta mendukung resolusi tajam 1,5K. Bukan main, POCO X6 Pro 5G layak dianggap "perusak harga pasar", lantaran mayoritas pesaingnya hanya mentok di layar Full HD+ 1080.

Tak hanya unggulkan performa, sektor fotografinya juga dipikirkan dengan matang. Kamera utamanya memiliki resolusi 67 MP dan disertai penstabil gambar OIS. Ini membantu pengguna hasilkan foto cerah dan detail pada kondisi malam hari.

Pun pada sisi software, POCO X6 Pro 5G merupakan smartphone pertama di Indonesia dengan HyperOS langsung dari pabrikannya. HyperOS ini berjalan pada Android 14, menyajikan tampilan dan fitur yang lebih intuitive dibanding MIUI biasa.

Saat rilis perdana pada 1 Februari 2024, ponsel ini langsung ludes dalam sehari. Pada keesokan harinya tertera bahwa sudah lebih dari 5.000 unit yang terjual. Ini bukti nyata kalau POCO X6 Pro 5G memang banyak diminati masyarakat.

2. Samsung Galaxy S24 Ultra 5G

Samsung Galaxy S24 Ultra
Layar Dynamic AMOLED 2X 6.8 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera 200 MP (wide) 12 MP (ultrawide) 10 MP (telephoto) 50 MP (periscope telephoto)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Samsung Galaxy S24 Ultra 5G adalah rilisan HP flagship dari Samsung untuk tahun 2024. HP ini masih pertahankan ciri khas dari seri-seri pendahulunya, seperti desain layar kotak, kehadiran S Pen dari boks penjualan, hingga beragam sensor melimpah.

Bedanya, kini Galaxy S24 Ultra 5G dipersenjatai fitur "Galaxy AI" yang merupakan umbrella term untuk serangkaian fitur-fitur kecerdasan buatan yang dihadirkan. Beberapa di antaranya adalah Chat Assist dan Note Assist yang dapat memudahkan pengguna dalam komunikasi dan produktivitas.

Lalu, Galaxy S24 Ultra juga memiliki fitur untuk "memotong" subjek dalam foto untuk kemudian digeser posisinya atau diubah ukurannya. Nantinya, sang "bolongan" yang tersisa akibat pemotongan subjek akan diisi secara otomatis menggunakan teknologi AI Generative.

Ada juga fitur Circle to Search yang fungsinya sama seperti Google Lens, yakni untuk mengenali benda pada foto dan mencarikannya di Google Reverse Image. Bedanya, kini Circle to Search tak hanya bekerja pada hasil jepretan foto melainkan pada seluruh gambar yang ditampilkan pada layar, seperti dalam dokumen PDF, browser, ataupun feed Instagram.

Di bagian ketahanan, Galaxy S24 Ultra kini dipersenjatai dengan Gorilla Glass Armor sebagai pelindung layar terkuat. Adapun untuk bahan yang digunakan pada rangka bodi adalah titanium, yang mestinya lebih kuat dibandingkan armour aluminum pada Galaxy S23 Ultra atau Galaxy S24 reguler dan Plus.

Samsung Galaxy S24 Ultra ditopang dengan Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy yang mendukung aktivitas gaming berat serta didukung fitur ray tracing. Untuk penanganan termal, Samsung mengklaim menghadirkan ruang uap (vapor chamber) yang 2x lipat lebih besar dibanding pendahulunya.

Serangkaian kelebihannya turut hadir, seperti Samsung DeX untuk mode desktop terdedikasi, sensor UWB (Ultra Wideband) untuk mencari benda hilang dengan akurasi tinggi, serta layar dengan bezel lebih tipis serta dukung kecerahan puncak lebih tinggi.

Kekurangannya, HP ini masih mempertahankan fast charging 45 watt yang kalah ngebut dibanding mayoritas flagship lain. Bobot dan ukuran bodinya pun bisa saja terlampau besar sehingga membuat sejumlah orang merasa tidak nyaman menggenggamnya dalam waktu lama.

Untuk yang mencari equivalent dari iPhone 15 Pro dari kubu Android, Samsung Galaxy S24 Ultra jelas cocok. Apalagi mengingat masa pembaruan versi Android-nya didukung hingga 7 tahun, membuatnya cocok untuk penggunaan jangka panjang.

3. vivo Y100 5G

vivo y100 5G
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 4 Gen 2
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

vivo Y100 5G hadir untuk meramaikan pasar kelas harga mid-range di tahun 2024. Spesifikasi yang diunggulkan adalah sisi dapur pacu yang ditopang Snapdragon 4 Gen 2 5G, serta kemampuan pengisian daya 80 watt.

Kinerja game pada vivo Y100 5G cukup berdaya saing tinggi dengan GPU Adreno 613 yang kencang. Adapun skor benchmark AnTuTu v10 pada Snapdragon 4 Gen 2 adalah 400 ribuan yang membuatnya cukup pas untuk game masa kini, termasuk Genshin Impact.

vivo Y100 5G juga menyediakan dual stereo speaker yang bisa memaksimalkan impresi suara saat bermain atau menonton, serta mendukung layar AMOLED cerah pada refresh rate 120 Hz.

Di sisi kameranya sudah termasuk sensor utama 50 MP dengan hasil foto jernih, ditambah dengan kamera ultrawide yang bisa menangkap gambar pada bidang pandang lebih luas.

Fast charging 80 watt di smartphone ini diklaim dapat mengisi baterai 5.000 mAh dalam waktu 15 menit untuk mencapai 45 persen. Adapun di bagian bodinya tampak apik dengan kamera punch hole serta ketahanan percikan air IP54.

Secara keseluruhan, HP ini tidak memberikan banyak kekurangan untuk dikeluhkan. Performanya pas buat sehari-hari dan kameranya pun mendukung tipe pemotretan yang beragam. Namun, perlu diperhatikan bahwa HP ini tidak memiliki port audio 3.5 mm dan slot memori eksternal. Kondisi yang cukup unik untuk HP seharga Rp3-4 jutaan.

4. Redmi Note 13 Pro 5G 

Redmi Note 13 Pro 5G
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 7s Gen 2
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera 200 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5100 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Redmi Note 13 Pro 5G menggemparkan industri smartphone dengan kualitasnya yang tinggi di kelas mid-range. Ponsel ini menggunakan layar panel OLED dengan kedalaman warna 12-bit yang biasanya hadir pada HP flagship. TIdak heran kalau Redmi Note 13 Pro 5G jadi salah satu HP paling trending di awal tahun 2024.

Belum lagi, layar tersebut memiliki resolusi 1220p yang selangkah lebih tinggi dibanding 1080p pada mayoritas HP lain di kelas menengah. Adapun sertifikasi layar yang dihadirkan mencakup Dolby Vision dan HDR10+, serta dilapisi dengan Gorilla Glass Victus. Sekali lagi, semua fitur ini lebih sering ditemukan di HP flagship dibanding mid-range.

Lalu, kendati tidak memiliki kamera telefoto, Redmi Note 13 Pro 5G menyajikan kapabilitas zoom yang sangat epik. Saat melakukan in-zoom 2x, hasil gambar sungguh tidak terlihat pecah sama sekali. Ini berkat kamera utama berkekuatan 200 MP super jumbo yang bisa menangkap cahaya lebih banyak lagi, termasuk saat pemotretan malam hari.

Chipset Snapdragon 7s Gen 2 yang "mengotaki" smartphone ini memiliki skor AnTuTu hingga 500 ribuan. Memang tidak sebaik Snapdragon 7 Gen 2 reguler, tapi ini sudah terasa pas untuk mencapai frame rate tinggi di permainan Genshin Impact.

Sementara, RAM-nya menggunakan kapasitas 8 GB serta penyimpanan 256 GB yang lebih dari cukup untuk menampung banyak aplikasi. Xiaomi turut bekali HP ini dengan dukungan versi Android hingga 3 tahun dan patch keamanan selama 4 tahun. Namun, sayangnya HP ini dirilis dengan versi Android 13 yang lawas alih-alih Android 14.

5. realme 12 Pro+ 5G

realme 12 Pro plus
Layar AMOLED 6.7 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 7s Gen 2
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 64 MP (periscope telephoto)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

realme 12 Pro+ 5G dijamin membuat semua mata menoleh berkat kecantikan bodi belakangnya. Pada seri sebelumnya, realme 11 Pro+ 5G, terdapat desain hasil racikan Matteo Menotto selaku mantan perancang tas mewah Gucci.

Nah, pada realme 12 Pro+, perusahaan menggaet Ollivier Savéo yang merupakan desainer jam tangan mewah merk ternama, seperti Swiss dan Rolex. realme 12 Pro+ masih sama seperti pendahulunya, menyediakan modul kamera berbentuk lingkaran besar di tengah-tengah bodi.

Bedanya, kini realme 12 Pro+ mengusung konsep desain luxury watch yang memberikan kesan presisi dan kemewahan. Smartphone ini juga menggunakan bahan material kulit imitasi agar terasa nyaman saat digenggam.

Perihal jeroannya, realme 12 Pro+ hadir dengan layar melengkung OLED pada ukuran 6,67 inci. Adapun refresh rate-nya adalah 120 Hz dengan touch sampling rate 240 Hz untuk pengalaman gaming yang terasa imersif.

Menggunakan Snapdragon 7s Gen 2, ponsel ini memiliki skor AnTuTu v10 di angka 500 ribuan. Kurang lebih performanya tidak beda jauh dengan Redmi Note 13 Pro 5G. HP ini niscaya dapat dijadikan sarana bermain yang bisa diandalkan.

Di sektor fotografi, realme 12 Pro+ pun tidak kalah unggul lantaran punya kamera 64 MP periskop telefoto yang dukung pembesaran optis 3x. Dengan HP ini, pengguna bisa hasilkan foto berkualitas tajam dan jernih saat berada di konser, atau ketika ingin memotret menu restoran cepat saji tanpa beranjak dari meja.

Di luar kelebihannya, realme 11 Pro+ rupanya hanya memiliki sertifikasi tahan debu dan percikan air IP65. Padahal, sejumlah HP kelas menengah lain dari merk Samsung sudah menghadirkan IP67 (tahan kedalaman air).

Absennya port audio 3.5 mm dan slot memori eksternal juga menjadi kekurangan yang patut diperhatikan. Pengguna tidak dapat menghubungkan kabel earphone tanpa bantuan konverter.

6. POCO X6 5G

POCO X6 5G
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 7s Gen 2
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5100 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Pada 1 Februari 2024, selain POCO X6 Pro 5G, pasar Indonesia juga kedatangan varian regulernya di hari yang sama yakni POCO X6 5G. Spesifikasinya tentu tidak kalah menarik, bahkan beberapa di antaranya malah lebih bagus dari versi Pro.

Yang saya maksud adalah jenis lapisan pelindung yang digunakan. Di saat versi Pro pakai Gorilla Glass 5, justru POCO X6 5G reguler menggunakan Gorilla Glass Victus yang lebih baik lagi. Untuk informasi, Victus merupakan generasi lanjutan dari Gorilla Glass 6, dapat bertahan dari kerusakan akibat terjatuh dari ketinggian 2 meter.

Lalu, yang membuat POCO X6 5G semakin menarik adalah performa chipset-nya yang tinggi. Berbekal Snapdragon 7s Gen 2 yang hasilkan skor AnTuTu v10 di angka 500 ribuan, Genshin Impact pun berjalan lancar tanpa frame drop yang mengganggu.

POCO X6 5G turut dibekali Liquid Technology 2.0 dengan ukuran ruang uap (vapor chamber) yang sama dengan yang ada di POCO F5. Ukurannya mencapai 5.000 mm persegi dan sangat efektif menghempaskan panas berlebih saat HP mengerjakan aktivitas berat berdurasi panjang.

Dari segi multimedia, POCO X6 5G justru lebih baik dari Pro karena masih dibekali port audio 3.5 mm. Adapun speaker-nya sudah mengusung konfigurasi ganda untuk hasilkan audio spasial yang imersif.

Terlepas dari semua hal itu ponsel bukan yang terbaik dari sisi konektivitas. POCO X6 5G hanya dikemas dengan Wi-Fi 5 di saat sejumlah HP lain sudah bawakan Wi-Fi 6. Selain itu, POCO X6 5G hanya dibekali MIUI 14 berbasiskan Android 13 yang cukup lawas, kontras dengan versi Pro yang pakai HyperOS berbasiskan Android 14.

7. itel P55 5G

itel P55
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset MediaTek Dimensity 6080
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) MP (AI)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

itel P55 5G menjadi HP Rp1 jutaan perdana di Indonesia yang mengusung konektivitas 5G. Jadi, sudah tidak heran HP ini diserbu layaknya semut menggerayangi gula. Ponsel yang memiliki nama lain itel P55 Power ini ditopang dengan Dimensity 6080, chipset yang biasa ditemukan pada HP Rp2-3 jutaan.

Ponsel kelas entri ini juga menghadirkan performa gegas melebihi mayoritas HP yang ada di harga Rp1 jutaan, sanggup memainkan Grand Theft Auto San Andreas Definitve Edition dan Genshin Impact dengan begitu lancar.

Layarnya pun kendati masih pakai IPS LCD namun sudah dibekali refresh rate 90 Hz untuk pergeseran layar mulus. Kamera utamanya mengusung resolusi 50 MP dan terbukti mampu berikan hasil foto jernih, detail, dan memukau.

Lebih lanjut lagi, itel P55 5G juga menjadi salah satu opsi langka yang menawarkan sensor sidik jari di samping pada rentang Rp1 jutaan. Yang disayangkan, ponsel masih pakai desain waterdrop notch, tidak memiliki NFC, serta durasi charging-nya tergolong lambat. Pun ketersediaan sensornya cukup terbatas karena tidak memiliki giroskop fisik.

Pada intinya, itel P55 5G sangat layak digunakan oleh kaum gaming kere hore. Cocok untuk yang mengharapkan performa HP Rp3 jutaan pada ponsel Rp1 jutaan.

8. Infinix Hot 40 Pro 

Infinix Hot 40 Pro_
Layar IPS LCD 6.78 inci
Chipset MediaTek Helio G99
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 108 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Ponsel Infinix Hot 40 Pro memiliki spesifikasi unggul untuk bermain gim, karena ditopang dengan Helio G99 berfabrikasi 6 nm yang tangguh dan hemat daya. Ponsel ini juga punya sensor kamera utama jumbo 108 MP untuk hasilkan foto memukau di siang hari.

Layarnya sudah dirancang agar berikan kemulusan tinggi saat bermain atau berselancar, didukung dengan refresh rate 120 Hz serta memiliki touch sampling rate 240 Hz. Agar permainan berjalan lebih optimal, tersedia fitur Xboost sebagai peluncur game yang dapat menstabilkan performa.

Infinix Hot 40 Pro juga menghadirkan fitur antarmuka unik bernama Magic Ring, menyerupai Dynamic Island pada iPhone 15. Lalu di sektor konektivitas, Infinix Hot 40 Pro dibekali port audio 3.5 mm, NFC, slot memori eksternal, hingga stereo speaker dengan suara mantap.

Ponsel dengan harga rilis Rp2 jutaan ini cocok dimiliki oleh penggiat game yang punya dana terbatas tapi ingin rasakan performa lancar. Sayangnya, tampilan depan HP ini kurang bagus karena menyisakan bezel tebal di bagian dagu.

9. OPPO Reno11 Pro 5G

OPPO Reno11 Pro 5G
Layar OLED 6.7 inci
Chipset MediaTek Dimensity 8200
RAM 12 GB
Memori Internal 512 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 32 MP (telephoto)
Baterai Li-Po 4600 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

OPPO Reno11 Pro 5G meramaikan pasar smartphone kelas menengah ke atas, dibanderol dengan harga rilis Rp8.999.000. Ponsel ini menyediakan MediaTek Dimensity 8200 yang dipadankan dengan RAM 12 GB dan storage 512 GB, membuatnya layak dijadikan sarana game atau produktivitas.

Walau demikian, performa bukanlah satu-satunya yang ditonjolkan pada HP ini. OPPO Reno11 Pro 5G turut sediakan kamera memadai menggunakan sensor Sony IMX890 berkekuatan 50 MP. Hasil foto pada siang maupun malam hari akan tampak bersinar dan memukau.

Lalu, OPPO juga menyematkan fitur LinkBoost yang bisa memperkuat sinyal jaringan seluler pada ponsel. Terdapat antena 360 derajat dengan jumlah 10 antena yang siap menghilangkan masalah sulit sinyal, misalnya ketika baru keluar dari lift, saat berkendara, atau berada di kerumunan.

Hal menarik lainnya dari OPPO Reno11 Pro 5G adalah kehadiran kamera telefoto 32 MP yang bisa pembesaran optis hingga 2x. Kamera ini sangat berguna untuk menjangkau jarak yang tidak dapat ditempuh kamera biasa, serta menjaga kualitasnya agar tidak buram saat di-zoom.

Lalu, kemampuan perekaman videonya juga sangat apik lantaran dukung 4K di 60 FPS, serta mencakup fitur OIS + EIS untuk menstabilkan gambar dan video. Untuk yang selalu berusaha mengabadikan momen atau berniat ingin menjadi kreator konten profesional, HP ini untuk Anda.

Sejumlah hal tentang OPPO Reno11 Pro 5G yang perlu Anda ketahui mencakup absennya fitur 3.5 mm audio port serta tidak ada slot memori eksternal. Lalu, absennya stereo speaker juga cukup disayangkan.

10.  iQOO 12

iQOO 12
Layar AMOLED 6.78 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3
RAM 16 GB
Memori Internal 512 GB
Kamera 50 MP (wide) 50 MP (ultrawide) 64 MP (periscope telephoto)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

iQOO 12 merupakan smartphone kelas atas pertama di Indonesia yang menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 3. Jadi, performanya saat bermain game tidak perlu diragukan.

Seluruh varian memori pada HP ini juga mengusung UFS 4.0, tidak seperti iQOO 11 yang menyisakan varian terendahnya dengan standar UFS 3.1. Pun pada jenis RAM-nya menggunakan LPDDR5x yang sangat kencang.

Peningkatan iQOO 12 dibanding pendahulunya cukup banyak, termasuk kehadiran kamera periskop telefoto yang sebelumnya hanya telefoto biasa, layar dengan kecerahan puncak lebih tinggi (3.000 nit), hingga kehadiran Wi-FI 7 untuk internet lebih cepat dan stabil.

Smartphone ini dibekali panel LTPO AMOLED dengan refresh rate adaptif 1 Hz hingga 144 Hz. Yang biasanya HP flagship hanya mentok di 120 Hz, layar iQOO 12 akan tampil lebih mulus dengan refresh rate 144 Hz.

Adapun fitur luar biasa lainnya adalah daya charging 120 watt, yang dapat isi baterai hingga penuh dalam waktu 25 menit saja. HP ini tentu akan cocok di tangan orang-orang yang memiliki waktu terbatas pada setiap kesehariannya.

iQOO 12 namun tidak luput dari beberapa kekurangan, seperti absennya wireless charging dan juga port USB-C yang masih versi 2.0. Jadi, jangan harap ada fitur display out pada HP ini.

Rekomendasi HP yang lagi trend ini bisa menjadi referensi jika Anda ingin mengganti ponsel lama Anda dengan yang lebih mutakhir. Dari 10 ponsel ini, manakah ponsel yang paling ingin Anda miliki?

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram